July 30, 2017

Cara Sederhana Hindari Gigitan Nyamuk

Musim dengan hawa panas pun tiba. Seperti biasa, tamu tak diundang nyamuk pun dengan sigap berdatangan masuk ke rumah kita. Bentuknya yang kecil dengan suara mendenging yang mengganggu, sering kali membuat kita jengkel.


Tak hanya itu, gigitannya bisa membuat kita gatal-gatal. Dan, nyamuk ini pun membawa penyakit berbahaya seperti Chikungunya dan Demam Berdarah. Untuk menangkis serangannya di dalam rumah, kita bisa membakar obat nyamuk atau menyemprotkan obat nyamuk. Tapi, bagaimana jika kita berada di luar ruangan?

Salah satu caranya adalah dengan mengontrol apa yang kita makan. Sejumlah makanan tertentu ternyata mampu mengusir nyamuk dari tubuh kita secara alamiah. Dikutip dari TNN, itu disebabkan makanan-makanan ini punya bau yang tidak disukai nyamuk. Apa saja? Berikut ulasannya!

1. Bawang putih dan bawang merah
Dua bahan makanan ini memang kondang bisa menghalau nyamuk. Bawang merah dan bawang putih membuat Anda merilis senyawa bernama allicin saat menyantapnya. Jika ingin mendapatkan manfaatnya, Anda bisa menyantapnya dalam kondisi mentah atau tambahkan pada makanan Anda.

2. Cuka sari apel
Nyamuk biasanya tidak menyukai bau yang dikeluarkan tubuh Anda setelah Anda mengonsumsi cuka sari apel. Makanan ini mengubah bau normal tubuh Anda untuk membuatnya tidak disukai nyamuk. Konsumsilah satu sendok teh cuka apel tiap hari baik dengan cara meminumnya atau menambahkannya ke dalam madu, sup atau salad.

3. Cabai 
Kalau Anda suka cabai, maka inilah bonusnya: bahan makanan ini menghalau nyamuk. Cabai mengandung capsaicin, senyawa yang memproduksi panas yang membantu menghalau nyamuk. Tambahkan cabai dalam makanan favorit Anda dan Anda pun bebas nyamuk.

4. Serai 
Serai mengandung minyak yang disebut citronella, yang kondang mampu menghalau serangga. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara menambahkannya dalam sup atau kari.

5. Kacang-kacangan, lentil dan tomat
Tiga bahan makanan ini sama-sama mengandung thiamine, komponen yang membuat Anda merilis bau pengusir serangga. Tambahkan ketiga bahan makanan ini pada makanan Anda, maka Anda pun bisa terbebas dari gangguan nyamuk.

6. Vitamin B
Menurut Empire State Lyme Disease Association, vitamin ini mengubah bau tubuh Anda untuk mengusir nyamuk. Sumber vitamin ini termasuk susu, kacang, oat, jeruk dan kacang polong.



FAKTA SEPUTAR NYAMUK

 Anda memang mangsa menggiurkan untuk perusuh kecil ini. Selain meninggalkan bekas luka gigitan merah dan gatal, apa lagi yang Anda ketahui tentang tamu tak diundang ini?
Hanya Nyamuk Betina yang Menggigit
Terdapat sekitar 3.500 spesies penghisap darah kecil ini yang tersebar hampir di seluruh belahan dunia. Akan tetapi, tidak semua nyamuk melihat Anda sebagai mangsa menggiurkan. Walaupun nyamuk jantan dan betina sama-sama mengisap nektar dan getah tumbuhan untuk sumber nutrisi, hanya nyamuk betina yang mengisap darah untuk reproduksi telur.

Nyamuk Menyukai Warna Lebih Gelap
Warna hitam dapat saja membuat Anda tampak langsing, namun jika Anda berupaya menghindari serangan nyamuk, lebih baik pilih pakaian berwarna terang karena nyamuk tertarik pada warna yang lebih gelap.

Beberapa Orang Cenderung Lebih Banyak Digigit Nyamuk Daripada yang Lain
Apabila Anda kerap digigiti nyamuk sementara orang di sekitar Anda tidak, itu mungkin karena hewan beterbangan tersebut tertarik dengan bahan kimia tertentu dari tubuh Anda. Nyamuk tertarik dengan zat-zat seperti karbon dioksida yang dikeluarkan saat Anda mengembuskan napas serta asam laktat yang terdapat pada keringat Anda.

Nyamuk Lebih Aktif Saat Bulan Purnama
Jadi, manusia serigala, mayat hidup, dan nyamuk masih bersaudara? Yang jelas, bulan purnama bertanggung jawab atas beragam kejadian aneh, baik yang nyata maupun tidak. Ilmuwan mungkin tidak pernah melihat mayat hidup, tetapi mereka tahu pasti bahwa nyamuk itu nyata—dan bulan purnama meningkatkan keaktifan nyamuk hingga 500%!

Nyamuk Hanya Memerlukan 14,5 Mililiter Air untuk Berkembang Biak
Nyamuk lebih memilih untuk bertelur di permukaan air yang tenang atau kubangan air atau tanah basah, dan tidak membutuhkan banyak air untuk melakukannya. Faktanya, untuk berkembang, beberapa jenis nyamuk yang belum dewasa hanya memerlukan air sebanyak satu sendok makan, jumlah yang dapat terkumpul dengan mudah dalam ban bekas, kolam anak, lubang di batang pohon, kolam mandi burung, cawan di bawah pot bunga—bahkan dalam tutup botol.


Ada banyak orang yang menyadari bahwa tubuh mereka dianggap sebagai makanan lezat  bagi nyamuk, sehingga lebih sering digigit dibandingkan teman-teman mereka. Ini dia faktor-faktor yang mungkin menyebabkan Anda lebih lezat di mata nyamuk dibandingkan orang lain:

1. Golongan darah

Nyamuk menggigit kita untuk mendapatkan protein dari darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa ada tipe darah tertentu yang lebih menggugah selera nyamuk. Studi menemukan bahwa dalam pengaturan terkontrol, nyamuk yang mendarat di tubuh orang-orang bergolongan darah O jumlahnya dua kali lebih banyak dibandingkan golongan darah A. Selain itu, karena gen tertentu, sekitar 85 persen orang di dunia mengeluarkan sinyal kimiawi yang menunjukkan golongan darah mereka melalui kulit, sementara sisanya tidak. Nyamuk lebih tertarik pada orang yang mengeluarkan sinyal kimiawi dibanding dengan yang tidak.

2. Karbon dioksida

Salah satu kunci nyamuk untuk menentukan target mereka ialah berdasarkan karbon dioksida yang terdapat saat nafas dihembuskan. Mereka menggunakan organ yang disebut maxillary palp untuk melakukannya, dan dapat mendeteksi karbon dioksida dari jarak 164 kaki. Alhasil, orang yang menghembuskan karbon dioksida lebih banyak sepanjang waktu, tentu lebih menarik nyamuk dibanding yang lain. Inilah sebabnya mengapa anak-anak lebih jarang digigit nyamuk dibanding orang dewasa.

3. Aktivitas dan Metabolisme

Selain CO2, nyamuk menemukan korban mereka dalam jarak dekat dengan mencium asam laktat, amoniak dan zat lain yang luruh bersama keringat, serta tertarik dengan orang dengan suhu tubuh yang lebih tinggi. Aktivitas berat yang meningkatkan penumpukan asam laktat dan panas tubuh, membuat Anda lebih lezat di mata nyamuk.

4. Bakteri kulit

Penelitian lain telah menunjukkan bahwa tipe dan jumlah tertentu dari bakteri yang hidup secara alami di kulit manusia berpengaruh terhadap daya tarik kita di mata nyamuk. Pada studi tahun 2011, ilmuwan menemukan bahwa memiliki sejumlah besar beberapa tipe bakteri dapat membuat kulit menjadi lebih menarik bagi nyamuk. Anehnya, jika memiliki banyak bakteria dari tipe yang lebih bervariasi membuat kulit justru kurang menarik bagi nyamuk.

5. Kehamilan

Dalam beberapa studi berbeda, terungkap bahwa wanita hamil dua kali lebih menarik bagi kebanyakan nyamuk. Ada dua faktor penyebabnya: mereka menghembuskan CO2 sekitar 21 persen lebih banyak dan sekitar 1,26 derajat Fahrenheit lebih hangat dibanding yang lainnya.

6. Warna Baju

Ini mungkin agak aneh, tetapi selain mengandalkan indera penciuman, nyamuk juga mengandalkan pengelihatan untuk mencari tahu posisi manusia.

“Memakai baju warna hitam, biru gelap atau merah membuat Anda lebih mudah ditemukan,” kata James Day, ahli entomologi kedokteran di Universitas Florida.


Pada musim kemarau seperti sekarang, bukan hanya cuaca panas yang membuat kita merasa tidak nyaman, melainkan juga banyaknya nyamuk yang berkeliaran. Gigitan nyamuk memang sungguh menyebalkan, belum lagi kalau ternyata nyamuk tersebut adalah pembawa virus demam berdarah.
Ada beberapa mitos seputar perilaku nyamuk yang masih dipercaya. Misalnya, memakai parfum bisa menarik nyamuk, atau nyamuk lebih suka dengan orang bergolongan darah tertentu.

Pisahkan mitos dengan fakta melalui penjelasan dari Joseph Conlon dari Asosiasi Pengendalian Nyamuk Amerika berikut ini.

- Setiap nyamuk pasti menggigit
Salah. Hanya nyamuk betina yang menggigit karena ia butuh darah untuk protein dan energi dalam memproduksi telur. Nyamuk jantan mencari makan dari nektar bunga. Ada juga nyamuk yang tidak menggigit manusia sama sekali karena ia menyasar burung, reptil, dan mamalia lain.

- Nyamuk tertarik pada wangi parfum
Benar. Nyamuk memang mencari nektar bunga sebagai sumber nutrisi gula. Jadi, menurut Conlon, mungkin saja saat kita memakai parfum dengan aroma bunga yang dominan, hal tersebut akan menarik nyamuk untuk menggigit. Bila Anda tak mau jadi sasaran nyamuk, sebaiknya hindari wangi bunga mawar, lavender, atau gardenia.

- Nyamuk lebih suka orang yang banyak makan manis
Salah. Memang benar ada orang yang secara alami lebih menarik bagi nyamuk sehingga banyak yang mengira bahwa itu karena darah mereka lebih punya rasa. Faktanya, mungkin hal itu karena aromanya. Nyamuk menyukai aroma tertentu dari kulit, kehangatan, kelembaban, asam laktat, karbon dioksida, dan faktor lain yang belum dikenali.

"Ketertarikan nyamuk ditentukan oleh aroma seseorang, bukan hanya faktor tunggal. Seperti halnya anjing mendeteksi aroma individual seseorang, demikian pula halnya dengan nyamuk," kata Conlon.






references by sindonews, autan, nbcnews, kompas

 
Like us on Facebook