September 10, 2017

Google Drive Akan Hentikan Dukungan Untuk Pengguna Apple macOS

Aplikasi desktop Google Drive untuk pengguna Mac OS sudah ada sejak lama. Namun menurut laporan resmi dari Google, mereka akan memberhentikan dukungannya terhadap aplikasi Google Drive di perangkat Mac.


Menurut Google, dukungan untuk Google Drive di Mac akan berakhir pada tanggal 11 Desember mendatang, sebagaimana yang Selular rangkum dari Ubergizmo, Jumat (08/09). Walupun dihentikan, pengguna Google Drive di Mac masih dapat menggunakan aplikasi tersebut, namun perusahaan tidak lagi memperbarui atau memberi dukungan di masa yang mendatang.

Sepertinya, Google menginginkan agar para penggunanya beralih ke aplikasi lain mereka, yang baru diluncurkan bulan Juni lalu. Aplikasi ini bernama Backup and Sync, yang menawarkan pengguna untuk mem-backup dan akan mensinkronasi dengan Google Drive.

Hal tersebut bertentangan dengan metode lawas sebelumnya,yakni saat pengguna harus menggunakan Google Drive untuk mem-backup file, dan Google Photo untuk menyimpan foto. Sebagai alternatif, Google juga telah meluncurkan sebuah aplikasi bernama Drive File Stream. Layanan ini lebih ditujukan untuk pengguna bisnis atau perusahaan.

Diketahui, layanan Backup and Sync telah lama diluncurkan, namun baru bulan Juni lalu kembali diumumkan. Perusahaan diketahui menginginkan agar para pengguna beralih untuk menggunakan layanan baru ini.

 Aplikasi Google Drive untuk PC dan Mac sudah ada sejak lama. Pada dasarnya, Google memberi pengguna akses ke akun Drive dan File tanpa harus melalui antarmuka web.

Namun ke depan, akses ini tidak bisa digunakan lagi karena tidak ada pembaharuan yang dilakukan oleh Google.

Informasi dari Ubergizmo, Sabtu (9/9) menyebut, dukungan untuk Google Drive di PC atau Mac akan berakhir mulai tanggal 11 Desember 2017.

Ini berarti pengguna tetap dapat memakai aplikasi tersebut, namun tidak bisa mendapatkan pembaruan atau dukungan lagi secara umum. Tampaknya Google ingin pengguna beralih ke aplikasi lain yang disebut Backup and Sync.


Backup and Sync menjadi pengganti aplikasi Google Drive dan diharapkan memberi pengalaman yang lebih kohesif. Aplikasi ini dirilis ke publik bulan lalu.

Seperti namanya, Backup and Sync akan mem-back-up data di komputer dan mensinkronkannya dengan Google Drive.

Sistem seperti ini bertentangan dengan metode lawas. Sebagai alternatif, Google juga meluncurkan sebuah aplikasi bernama Drive File Stream yang ditujukan bagi pebisnis atau perusahaan.



references by selularid

 
Like us on Facebook