September 6, 2017

Jumlah Pengguna Aktif Facebook 2017 Semakin Tinggi

Sebuah laporan mengungkap pengguna aktif media sosial, di mana menempatkan Facebook sebagai juaranya. Bagaimana yang lainnya? Bukan hal yang mengejutkan bila Facebook menempati posisi teratas. Apalagi jumlah penggunanya saat ini yang telah mencapai lebih miliaran. Yang terbilang menarik ada di posisi runner-up yang tercatat ditempati YouTube.



Ini membuktikan kalau makin banyak orang yang tertarik dengan tampilan visual atau video. Sama seperti Facebook, rata-rata pengguna aktif layanan berbagi video ini lebih dari 1,2 miliar akun per bulan Agustus 2017.

Sementara di posisi ketiga diisi oleh WhatsApp dan Facebook Messenger. Laporan yang dibuat oleh sebuah organisasi bernama We Are Social ini mencatatkan kalau rata-rata ada 1,2 miliar orang menggunakan kedua layanan pesan instan kepunyaan Facebook itu di bulan Agustus.

Beralih ke peringkat selanjutnya, layanan pesan instan asal China, WeChat sukses mendulang pengguna aktif dengan jumlah rata-rata 930 juta orang.

Sedangkan Instagram harus puas berada di posisi keenam. Media sosial yang lagi-lagi juga milik Facebook ini pengguna aktifnya berada di angka rata-rata 700 juta orang di Agustus 2017. Instagram berada setingkat di bawah layanan QQ yang juga asal China yang rata-rata pengguna aktifnya mencapai 861 juta akun.

Twitter sendiri berada di peringkat Sembilan dengan hanya sebanyak 320 juta pengguna aktif yang menggunakan layanan miliknya.

Yang paling prihatin mungkin adalah BlackBerry Messenger (BBM). Per Agustus 2017, hanya sekitar 63 juta pengguna aktif yang dimiliki layanan ini. Namun ini terbilang lumayan mengingat BBM sudah tak lagi populer.

Aplikasi BBM bahkan tak lebih baik dari Telegram yang sepanjang Agustus digunakan oleh 106 juta pengguna aktif. Layanan andalan BlackBerry itu hanya menang dari KakaoTalk dengan pengguna aktif sebesar 49 juta akun.

Semakin banyak media sosial bermunculan, semakin banyak pula hadir berbagai fitur pilihan untuk mengakomodasi berbagai keperluan pengguna dalam mem-posting konten.

Kini, mempublikasikan konten di media sosial, tak melulu sekadar tulisan atau foto. Para pengguna media sosial aktif juga dapat mempublikasikan video di akun media sosial mereka, mulai dari video pendek ataupun video live (real time) yang dapat menggambarkan situasi terkini yang terjadi pada kehidupan si empunya akun.

Facebook sebagai media sosial dengan pengguna terbanyak di Indonesia saat ini memungkinkan para penggunanya untuk menyebarkan video mereka secara langsung melalui fitur Facebook Live. Kehadiran fitur yang satu ini sangat membantu meningkatkan views video yang dipublikasikan di Facebook.

Kehadiran fitur ini dapat dimanfaatkan oleh para pengguna Facebook aktif untuk meningkatkan popularitas mereka di media sosial. Hal ini akan menjadi penting bagi mereka yang juga menggunakan Facebook sebagai media untuk berbisnis.


Facebook Mulai Sediakan Fitur 'Watch' 


 Facebook sudah membuka akses untuk fitur Watch untuk seluruh pengguna di Amerika Serikat, setelah menguji coba secara terbatas bagi konsumen di sana sekira sebulan lalu. Watch dapat dinikmati di tab baru melalui aplikasi mobile, desktop untuk berlangganan serial favorit atau melihat-melihat video di News Feed, seperti dilansir dari laman Tech Crunch.

Pengguna yang sudah mendapatkan akses ke Facebook Watch akan melihat ikon TV di bar navigasi untuk versi mobile dan desktop. Facebook menawarkan berbagai video konten di Watch, dalam kategori antara lain “Today’s Spotlight”, “New This Week”, “Popular Now”, “What Friends Are Watching”, “Most Talked About”, “Suggested For You” dan video panjang “10 Minutes Or More”.

Saat ini, konten paling banyak disiarkan di Facebook Watch berupa reality show dari perusahaan mitra mereka. Informasi yang beredar sebelumnya mengungkapkan, Facebook telah berencana mencari atau memproduksi konten video asli, atau setidaknya video tersebut dapat di-hosting ke media sosial besutan Mark Zuckerberg itu. Facebook telah mengumumkan fitur baru yang disebut dengan Facebook Watch. Watch merupakan platform baru untuk sebuah pertunjukan di media sosial Facebook.

Tontonan ini akan tersedia untuk perangkat ponsel, desktop, dan laptop, serta aplikasi di televisi pintar. Acara yang akan disajikan akan berupa siaran live dan juga siaran yang telah direkam sebelumnya. Acara juga akan tersedia dalam berbagai tema dan alur cerita. Untuk membantu para penggunanya mengikuti acara yang mereka ikuti, Watch akan hadir dengan fitur Watchlist atau daftar watch sehingga para pengguna tidak akan pernah kehilangan episode terakhir yang mereka tonton sebelumnya.



rerences by detik, beritagar, okezone

 
Like us on Facebook