MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

June 12, 2019

Tak Ingin Kalah NVidia Ray Tracing, AMD Ikut Buat Ray Tracing

Baca Artikel Lainnya

Teknologi Ray Tracing saat ini menjadi buah bibir para gamer di seluruh dunia. Tren ini dimulai pada saat Nvidia memperkenalkan jajaran GPU RTX mereka, yang memiliki menawarkan teknologi tersebut di dalam GPU mereka. Namun ternyata, saat ini tidak hanya Nvidia saja yang akan memiliki teknologi tersebut. Hal ini dikarenakan AMD belakangan ini sudah mulai membicarakan memasukkan teknologi tersebut di dalam GPU mereka.


Dan benar saja, pada saat meluncurkan dua GPU terbaru mereka, yakni Radeon RX 5700 dan RX 5700 XT, AMD membicarakan sedikit mengenai Ray Tracing. Kabarnya, mereka sudah mengembangkan suite mereka sendiri untuk mendukung Ray Tracing.

Menurut visi mereka, arsitektur GCN dan RDNA saat ini akan sudah dapat mendukung menjalankan teknologi Ray Tracing. Mereka dapat melakukannya di level shader melalui teknologi ProRender.

Saat ini, modul ProRender sebagian besar sudah diselesaikan dan akan segera didistribusikan kepada para pengembang gim. Sayang, masih belum diketahui kapan kita akan dapat merasakan Ray Tracing di GPU AMD.

Wccftech (11/6/2019) melaporkan, dalam RDNA generasi berikutnya yang seharusnya diluncurkan pada 2020 yang menggunakan teknologi fabrikasi 7nm +, AMD akan membawa Ray Tracing yang didukung perangkat keras dengan efek pencahayaan tertentu untuk gaming real time.

AMD juga akan memungkinkan Ray Tracing adegan penuh yang akan dimanfaatkan melalui komputasi awan.




Ray tracing itu sendiri merupakan teknik rendering untuk menghasilkan gambar dengan menelusuri jalur cahaya sebagai piksel dalam bidang gambar dan mensimulasikan efek dari pertemuannya dengan objek virtual. Teknik ini mampu menghasilkan tingkat realisme visual yang sangat tinggi, biasanya lebih tinggi daripada metode rujukan scanline biasa, tetapi juga akan membutuhkan biaya komputasi yang lebih besar.

Teknologi Ray tracing menurut banyak kalangan sebenarnya paling cocok untuk aplikasi di mana gambar dapat ditampilkan secara perlahan, seperti pada gambar diam dan efek visual film dan televisi, dan lebih kurang cocok untuk aplikasi real-time seperti video game di mana kecepatan sangat penting. Namun, Nvidia ingin mendobrak semua hal tersebut, dimana upaya terbaru mereka justru ingin memberikan sesuatu yang jauh lebih luar biasa dalam hal gaming, dan salah satunya dihadirkan dalam GPU terbaru RTX Series.

 
Like us on Facebook