Baca Artikel Lainnya
Belakangan ini, marak beredar di media sosial video yang memperlihatkan konsumen e-commerce marah-marah dan melampiaskannya kepada kurir lantaran barang yang dipesannya tidak sesuai harapan atau karena ulan penjual penipu. Mereka memesan barang tersebut dengan metode pembayaran cash on delivery (COD), sehingga kurir harus menunggu pembayaran dari konsumen dulu baru bisa menyelesaikan tugasnya.
Dalam video-video yang beredar, beragam perlakukan kasar diterima kurir COD. Mulai dari makian hingga ancaman menggunakan senjata api, senjata tajam
Berikut adalah S&K yang berlaku untuk COD di Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak yang dikutip dari laman resmi masing-masing, Rabu (26/05/2021):
SHOPEE
- Pastikan wilayah Anda (alamat pengiriman) mencakup pada area jangkauan (jika menggunakan Shopee Express & Standar Express)
- Pastikan penjual sudah mengaktifkan opsi COD di barang dagangan, bisa dilihat pada opsi jasa kirim yang ada pada halaman produk
- Pembeli diharuskan membayar terlebih dulu (harga produk, ongkir, dan biaya penanganan) sebelum menerima barang dari kurir
- Apabila pembeli tidak membayar dalam 2x kirim (jangka waktu 60 hari), maka secara otomatis akan diblokir dari layanan pembayaran COD Shopee
- Biaya penanganan dari Shopee berbeda-beda. Untuk pengguna baru (pertama kali checkout) dikenakan 0 persen biaya. Untuk pengguna biasa dikenakan 2 persen biaya. Dan untuk dropshipper dikenakan 8 persen biaya
- Opsi bayar di tempat (COD) berlaku untuk produk dengan maksimum harga Rp3.000.000.
- Pembeli harus melakukan pembayaran ke kurir sebelum menerima/membuka paket.
- Pembeli yang melakukan penolakan pembayaran atau tidak ada di tempat saat kurir mengirim paket 2x mendatangi rumah dalam 60 hari akan diblokir dari sistem pembayaran COD.
- Per 9 April 2021, metode pembayaran COD dikenakan biaya penanganan yang berlaku untuk seluruh Pengguna Shopee.
- Untuk pesanan COD pertama s/d ke-6 kali akan dikenakan biaya penanganan sebesar 0%. Khusus Pengguna lama, biaya penanganan akan dihitung secara prorata, yaitu berdasarkan jumlah transaksi COD yang telah digunakan sebelum tanggal 25 Januari 2021 (contoh: jika Pengguna telah memesan 3 kali sebelum tanggal 25 Januari 2021, biaya penanganan sebesar 0% hanya akan berlaku pada pesanan ke-4 s/d ke-6).
- Untuk pesanan COD ke-7 kali dan seterusnya akan dikenakan biaya penanganan sebesar 3%.
- Pengguna yang teridentifikasi sebagai Dropshipper, baik dengan mengaktifkan tombol fitur dropship ataupun yang teridentifikasi pernah melakukan transaksi COD ke lebih dari 3 alamat yang berbeda, akan dikenakan biaya penanganan sebesar 9%.
- Penjual yang teridentifikasi secara sistem memiliki pesanan dropship melebihi pesanan normal, maka seluruh pesanannya akan dikenakan biaya penanganan sebesar 9%.
- Pembeli yang teridentifikasi menggunakan Browser PC/Komputer ataupun Mobile Web saat melakukan checkout akan dikenakan biaya penanganan sebesar 9%.
- Pesanan masih dalam masa Garansi Shopee. Anda juga dapat memperpanjang Garansi Shopee sebanyak satu kali selama 3 hari dengan klik pada rincian Perpanjang Garansi Shopee pesanan.
- Anda belum melakukan konfirmasi penerimaan pesanan atau belum klik Pesanan Diterima.
Berikut merupakan langkah untuk mengajukan pengembalian dana:
Klik tab Dikirim.
Masuk halaman Rincian Pesanan.
Klik Ajukan Pengembalian.
Pilih barang yang ingin Anda kembalikan.
Klik Alasan dan pilih alasan pengajuan Anda.
Masukkan alamat email Anda.
Klik Kirimkan.
Permintaan pengembalian dana Anda bersifat pengajuan. Setelah mengajukannya, status pesanan akan masuk pada masa menunggu konfirmasi Penjual. Jika tidak ada respons dari Penjual selama 3 hari, maka Anda diberikan waktu 5 hari untuk melakukan pengembalian barang ke alamat pengembalian pihak Penjual. Setelah mengembalikan barang, Anda dapat memasukkan informasi pengembalian barang pada halaman Rincian Pengembalian. Namun, apabila pengajuan ditolak oleh Penjual, maka status pesanan akan masuk pada tahap banding. Pembeli dan Penjual dapat mengirimkan bukti berupa foto, screenshot maupun video yang dapat menguatkan pengajuan melalui Pusat Resolusi Shopee.
TOKOPEDIA
- Pembeli membayarkan kepada kurir pada saat pesanan tiba di tujuan sesuai dengan nominal yang tertera pada faktur tagihan;
- Pembeli tidak diperbolehkan membuka paket/kiriman barang hingga memberikan uang pembayaran kepada kurir;
- Pembeli dapat melakukan pengembalian barang atau retur apabila belum membuka paket/kiriman barang. Apabila pembeli melakukan retur tanpa membuka paket, maka tidak perlu memberikan uang pembayaran kepada kurir;
- Apabila Pembeli sudah membuka paket/kiriman barang dan ingin melakukan retur, maka Pembeli wajib membayar semua pesanan kepada kurir dan mengajukan komplain pengembalian barang atau retur kepada Penjual melalui Pusat Resolusi.
- Apabila dalam 60 hari Pembeli melakukan pembatalan transaksi yang menggunakan fitur COD sebanyak 2 kali atau Pembeli tidak ada di tempat pada saat kurir melakukan pengiriman paket sebanyak 2 kali maka fitur COD Pembeli akan dinonaktifkan dari pilihan metode pembayaran Pembeli oleh Tokopedia.
- Apabila Pembeli sudah membuka paket/kiriman Barang dan ingin melakukan pengembalian Barang atau retur, maka Pembeli wajib membayar semua pesanan kepada Mitra Kurir dan mengajukan komplain pengembalian Barang atau retur kepada Penjual melalui Pusat Resolusi.
- Apabila Pembeli melakukan pembelian lebih dari 1 (satu) Barang dalam 1 (satu) paket/kiriman dan bermaksud untuk melakukan pengembalian Barang atau retur, maka Pembeli harus mengembalikan semua Barang tersebut melalui Mitra Kurir, atau apabila ingin melakukan pengembalian Barang atau retur terhadap sebagian Barang, maka Pembeli wajib membayar semua pesanan terlebih dulu kemudian mengajukan komplain melalui Pusat Resolusi.
- Apabila pengembalian Barang atau retur diajukan melalui Pusat Resolusi, maka biaya layanan tidak dapat dikembalikan.
- Apabila pengembalian Barang atau retur dilakukan sesuai dengan Syarat dan Ketentuan ini, Tokopedia akan menanggung ongkos kirim dan pengembalian Barang atau retur dari Pembeli ke Penjual dan sebaliknya.
- Apabila dalam 60 (enam puluh) hari Pembeli melakukan pembatalan transaksi yang menggunakan fitur COD “Bayar Di Tempat” sebanyak 2 (dua) kali atau Pembeli tidak ada ditempat pada saat kurir melakukan pengiriman paket sebanyak 2 (dua) kali maka fitur Bayar Di Tempat Pembeli akan dinonaktifkan dari pilihan metode pembayaran Pembeli oleh Tokopedia.
BUKALAPAK
- Dalam satu transaksi COD, Minimal belanja mulai dari Rp30.000 hingga Rp2.000.000.
- Pembeli tidak dapat melakukan permintaan perubahan waktu penerimaan barang.
- Pembeli yang melakukan penolakan pembayaran atau tidak ada di tempat saat kurir melakukan percobaan pengiriman paket 3x dalam 7 hari akan diblokir dari sistem metode pembayaran COD.
- Pembeli harus melakukan pembayaran secara tunai dan penuh sesuai yang ada pada detail tagihan atau label pengiriman ke kurir sebelum menerima/ membuka paket.
- Pembeli tidak diperbolehkan membuka pesanan sebelum menyelesaikan pembayaran. Apabila setelah menerima barang, terdapat kendala pada paket pembeli dapat melakukan ajukan bantuan di BukaBantuan.
- Metode pembayaran COD dikenakan biaya admin sebesar 1,1 persen dengan minimum biaya admin ialah Rp2.000 dari nilai harga barang.
Lazada
- Dalam satu transaksi COD, Maksimal belanja hingga Rp5.000.000.
- Pembeli tidak dapat melakukan permintaan perubahan waktu penerimaan barang.
- Pembeli yang melakukan penolakan pembayaran atau tidak ada di tempat saat kurir melakukan percobaan pengiriman paket 3x dalam 7 hari akan diblokir dari sistem metode pembayaran COD.
- Pembeli harus melakukan pembayaran secara tunai dan penuh sesuai yang ada pada detail tagihan atau label pengiriman ke kurir sebelum menerima/ membuka paket.
- Pembeli tidak diperbolehkan membuka pesanan sebelum menyelesaikan pembayaran. Apabila setelah menerima barang, terdapat kendala pada paket pembeli dapat melakukan ajukan bantuan
bagaimana jika barang yang dipesan tidak sesuai dengan gambar, bentuk atau ukurannya?
Apakah pembeli harus membuka pesanannya di depan kurir dan kalau tidak sesuai apakah langsung dikembalikan ke kurir?
Jawabannya adalah, Anda tidak perlu membukanya di depan kurir. Pihak kurir hanya bertugas mengantar pesanan Anda dan menerima uang pembayaran dari Anda. Apalagi jika Anda sampai marah-marah ke kurir kalau barangnya tidak sesuai, itu adalah cara yang salah.
Ingat, kurir (seperti JNE, J&T, LEX, Sixepat dll) hanyanya bertugas mengantarkan pesanan sampai ke tangan pembeli. Mereka tidak ada urusannya dengan isi barang. Isi barang adalah tanggung jawab pihak Lazada / Seller (Penjual Online).
Jadi kalau barang ternyata tidak sesuai, solusinya adalah :
Bisa meminta produk pengganti atau pengembalian dana sesuai dengan aturan yang berlaku.
Akan tetapi, Anda tidak bisa serta merta meminta produk penggantinya atau pengembalian dana. Karena pihak Lazada memiliki prosedurnya.
1. Baca Kebijakan Pengembalian Produk
Jadi pertama-tama Anda harus membaca dulu kebijakannya.
Di Lazada sendiri ada 3 kategori jaminan pengembalian produk :
- 7 Hari pengembalian : untuk produk yang dikirim dari luar negeri, contoh Koleksi Taobao, Global Collection
- 14 Hari pengembalian : untuk produk lokal (Non LazzMall)
- 15 Hari pengembalian : untuk produk LazMall
Pastikan dulu produk yang Anda beli termasuk produk yang mana. Dan apakah waktunya masih tercover atau tidak.
2. Mengisi Formulir Pengembalian Produk
Anda tidak bisa langsung mengembalikannya ke Lazada atau ke Seller/Merchant langsung. Anda perlu mengisi formulir pengembalian produk dulu.
Jika produk yang Anda beli adalah produk yang dikirim/disediakan langsung dari Lazada, cara mengisi formulirnya seperti ini >> https://www.lazada.co.id/helpcenter/bagaimana-saya-mengembalikan-produk.html
Jika produk yang ANda beli adalah produk dari Seller/Merchant, cara mengisi formulirnya seperti ini >> https://www.lazada.co.id/helpcenter/bagaimana-proses-pengembalian-barang-langsung-ke-penjual-seller-direct-return-to-merchant.html
Kemudian setelah mengisi formulir, Anda harus mengirimkannya produk yang ingin di return / refund ke Jasa Pengiriman sesuai yang dipilih saat mengisi formulir. Ingat, harus sesuai dengan yang dipilih. Waktunya maksimal 3 hari setelah mengisi formulir pengembalian barang.
3. Patuhi Syarat Pengembalian Barang
Setelah mengisi formulir, Anda bisa langsung kirimkan barangnya ke Lazada atau Seller/Merchant. Nanti alamat tujuannya kemana? Tenang, saat mengisi formulir, nanti akan ada detailnya soal itu. Jadi ikuti saja saat proses pengisian formulir.
Dan jangan lupa untuk mematuhi persyaratan pengembalian barang berikut, agar pengembalian barang Anda sah.
Seperti itu prosedurnya. Dan uniknya belanja di Lazada itu, kalau mau mengembalikan barang itu tidak hanya kalau barangnya rusak/cacat atau tidak sesuai saja. Misalnya ternyata Anda berubah pikiran pun bisa dikembalikan.
Dari tabel di bawah ini sudah jelas syarat barang yang bisa dikembalikan harus bagaimana.
Untuk pengembalian barang dengan alasan Berubah Pikiran, tidak berlaku untuk produk jenis : Digital (Pulsa, dll), Makanan – Minuman atau Keperluan Sehari-hari lainnya, produk ukuran besar (TV, Kulkas, dll), dan produk yang dikirim dari luar negeri.