MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

September 10, 2018

Cara Cek & Mengetahui Sparepart/Onderdil Honda Asli Atau Palsu

Baca Artikel Lainnya

Banyaknya pengguna motor Honda tentu saja bukan tanpa alasan. Ada berbagai kelebihan yang diberikan oleh motor merk Honda ini. Misalnya desain motor yang bagus, performa yang mantap hingga harganya yang jauh lebih bagus dibandingkan merk motor lainnya. Karena larisnya ini tak sedikit oknum yang memanfaatkannya untuk mengedarkan onderdil palsu. Jika Anda menerima onderdil palsu tentu saja sangat rugi bukan? Karena itulah Anda sebaiknya harus bisa membedakan antara onderdil motor Honda asli dengan yang palsu.



Harga

Hal yang paling mudah untuk membedakan antara onderdil Honda asli dengan yang palsu adalah dengan melihat harga jualnya. Onderdil yang asli biasanya dijual sesuai dengan harga standar yang disarankan. Sedangkan onderdil yang palsu harganya biasanya jauh lebih murah. Bahkan bisa dibilang terlampau murah untuk onderdil sekelas merk Honda. Harga yang cukup murah inilah yang biasanya membuat pembeli tergiur tanpa memperhatikan apakah produk tersebut asli ataukah palsu.

Kemasan

Selanjutnya Anda bisa melihat kemasan onderdil motor Honda yang akan dibeli. Kemasan onderdil yang asli biasanya jauh lebih bagus. Tulisan dan ejaan hurufnya juga lebih jelas. Berbeda dengan onderdil yang palsu biasanya kemasannya sangat pucat dan kadang ejaan merk Honda yang tertera juga kurang jelas. Untuk itulah sebaiknya perhatikan kemasan secara mendetil. Kemasan onderdil asli biasanya juga membungkus spare part dengan sangat rapi dan tertutup. Sehingga kualitasnya tetap terjamin hingga Anda terima.

Komponen

Setelah membeli suku cadang sebaiknya segera buka kemasan dan lakukan pengecekan. Pengecekan ini dimaksudkan untuk melihat wujud asli dari onderdil yang dibeli. Onderdil yang asli tentu saja terbuat dari bahan yang berkualitas dan tidak murahan. Berbeda dengan suku cadang palsu yang biasanya terbuat dari bahan kualitas rendah. Untuk mengetahui kualitas onderdil asli dan onderdil palsu Anda bisa melihat dan memegang suku cadang kendaraan Honda yang Anda beli.
Mencari onderdil motor Honda di pasaran bukan hal yang sulit, ada banyak sekali tawarannya bahkan bervariasi harga. Namun juga demikian, apakah benar itu dibuat oleh perusahaan Honda asli, atau hanya dikhususkan bagi motor Honda, padahal barangnya bukan ori. Biasanya untuk barang tiruan atau tak asli sendiri yang sering disebut sebagai onderdil aspal juga ada kelas-kelasnya, diantaranya adalah:
  • Kelas 1, ia dikenal juga dengan istilah OEM, yaitu barang yang sebenarnya asli, sama persis dengan yang baru. Hanya saja dibuat oleh perusahaan lain, bukan dari Honda asli. Ia masih menjamin kualitasnya, ketahanan lama namun dengan harga yang lebih murah dari ORI.
  • Kelas 2, bagian tengah-tengah artinya memang bukan produk yang sama kualitasnya, pembuatnya sendiri juga perusahaan berbeda. Harganya cenderung lebih murah dibandingkan dengan imitasi kelas 1, namun dari segi kualitas juga lebih low.
  • Kelas 3, untuk barang aspal kelas 3 ini tak ada jaminan apakah produk tersebut baru atau tidak, karena memang ia hanya dijual dengan harga yang lebih murah, tampilan juga berbeda dengan kelas-kelas yang lainnya. tak hanya itu kebanyakan adalah barang rusak yang diperbaiki kemudian dijual kembali, sehingga tak menjamin kualitasnya. Meskipun murah namun hati-hati jika ingin membeli.

Adapun beberapa hal yang dapat Anda gunakan untuk membedakan mana onderdil asli dan palsu, diantaranya adalah:
  1. Kemasan, dari bagian bungkus meski sama persis, namun sebenarnya ada beberapa hal yang dapat digunakan untuk membedakan. Di bagian dalam khususnya barang asli ada tanda-tanda hologram. Kemudian onderdil yang asli juga kerap kali menggunakan tulisan berbahasa Inggris dan Jepang sesuai dengan negara pembuatnya.
  2. Garansi, barang yang asli akan memberikan garansi hingga beberapa bukan. Namun produk tak ori hanya akan berikan garansi toko itupun Cuma 1 hari saja. Lebih mudah dengan jaminan asli adalah membeli di toko yang ada label ‘genuine part’ nya.
  3. Harga, harga juga bisa dijadikan sebagai pembeda apakah produk tersebut asli atau tidak, jika ternyata tawaran harganya sangat murah di bawah standard pasaran sudah pasti produk tersebut palsu.
  4. Barang asli umumnya hanya dijual di toko-toko resmi saja, karena untuk penjual biasa tak akan mampu menjangkau harganya. Apalagi pada kelas masyarakat bawah.
  5. Daya Tahan Spare Part, Spare art Original memiliki daya tahan lebih lama, sedangkan yang Asli  tapi Palsu memiliki umur yang pendek 
  6. Cek lebih dulu, Pastikan bahwa barang yang diterima atau yang akan dipasang di AHASS Resmi sebelum dipasangkan ke motor kamu tidak rusak segel, hologram atau kemasannya, atau dengan kata lain masih terbungkus rapat  Kalau sudah rusak kamu bisa menolaknya sebelum dipasangkan
  7. Kalau kamu sudah ganti spare parts di AHASS Resmi Honda namun barang yang kamu ganti tersebut tidak awet atau cepat rusak padahal pemakaian normal atau masalah motor kamu jadi bertambah banyak. Lebih baik kamu tidak datang lagi ke bengkel tersebut,
  8. Kalau mau beli yang KW, lebih baik yang KW sekalain karena ada merknya. Kalau bwli versi KW namun dibungkus dengan kemasahna Honda AHM tentu akan sangat merugikan karena kita tidak tau itu butaan mana.




Hologram

Dihologram kita bisa bedain mana yang asli mana yang aspal, kalo dilihat dari bentuk dan ukuran serta hologramnya secara kasat mata emang sama ga ada bedanya. Terus bagai mana cara membedakan nya ya gampang biasanya kalo hologram yang asli kalo diklet pasti ada bekas kletannya di kertas atau ada hologram yang ketinggalan biasanya kaaya sarang tawon, nah kalo yang aspal juga suka ada yang gitu tapi jarang. yang selanjutnya cara penempatan hologramnya biasanya yang asli ditempelnya di bagian plastik press setengah dikertas setengah nah kalo yang aspal biasanya dia ditempel di kertas semua jadi posisinya berada di bawah plastik press.


Tulisan Barcode

Biasanya yang asli tuh warnanya jelas yah kalo yang aspal warna hitamnya kurang hitam dan tulisannya pun biasanya agak pudar pemirsa jenis hurufnya pun beda biasanya kalo yang asli pake huruf arial Bold kalo yang aspal pake huruf yang beda lagi



Itulah berbagai tips dalam membedakan antara suku cadang kendaraan Honda asli dengan yang palsu. Tapi sebenarnya untuk mendapatkan suku cadang kendaraan Honda yang asli ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Antara lain:
  • Belilah di bengkel resmi dari kendaraan Honda yaitu AHASS. Bengkel resmi Honda tentu saja tersebar ke seluruh penjuru nusantara.
  • Jangan mudah tergiur dengan harga spare part yang murah. Jika perlu lakukan survei sebelum membeli agar mendapatkan spare part asli dengan harga yang semestinya.
  • Memperhatikan kemasan suku cadang juga perlu karena ini merupakan hal yang paling mudah untuk mendapatkan suku cadang motor yang asli.
  • Jika membeli spare part secara online Anda harus lebih teliti dalam memilih marketplace atau toko online. Pastikan hanya membeli di toko online yang benar-benar terpercaya.
  • Membeli online ataupun offline Anda harus tetap memperhatikan garansi yang berlaku. Karena spare part yang asli selalu memiliki garansi yang berlaku selama beberapa waktu.



Kepala Mekanik Big Wing Astra Motor BSD, Kukuh Aristiawan, berbagi tipsnya.

Hal pertama bisa dilihat dari kemasannya. Kampas rem palsu punya kemasan yang sama dengan asli, tapi jika diperhatikan pasti terlihat bedanya. Pada kemasan asli, terdapat hologram dengan bayangan logo HGP dan AHM. Sedangkan yang palsu cuma hologram.

"Dua hal yang paling mudah membedakannya, pertama dari tekstur kampasnya. Biasanya yang asli, permukaannya lebih halus dan yang palsu permukaannya kasar. Bahan kampas remnya juga beda," lanjut Kukuh.

biasanya yang palsu kampasnya lebih keras dibandingkan yang asli. Cara ceknya, bisa dicongkel pakai obeng, tapi bukan berarti yang asli bakal lebih cepat habis kampasnya karena lebih empuk.



Honda Genuine Parts




Spare Parts Asli Motor Honda

Honda Genuine Parts siap menjaga performa dan kualitas motor Honda. Honda Genuine Parts merupakan suku cadang asli Honda yang direkomendasikan oleh PT. Astra Honda Motor, sehingga menjamin keaslian motor Honda Anda karena Honda Genuine Parts sama dengan yang terpasang pada motor Honda baru.

Honda Genuine Parts memiliki karakteristik kemasan berwarna merah beserta logo AHM pada kemasannya.

Mengapa Honda Genuine Parts Penting Bagi Motor Anda?

Lebih Aman
Material Honda Genuine Part terbuat dari bahan yang sudah diuji kualitasnya.

Lebih Awet
Menggunakan komponen berkualitas tinggi sehingga tahan lebih lama.


Kualitas Honda
Honda Genuine Parts sama dengan yang terpasang pada motor Honda baru.
Lebih Hemat Biaya
Dengan usia pemakaian yang lebih lama, Honda Genuine Parts dapat menghemat biaya perawatan motor Anda.


Lebih Mudah Didapat
Honda Genuine Parts dapat dicari di jaringan resmi Honda Genuine Parts di seluruh Indonesia.


Lebih Ramah Lingkungan
Bahan dasar Honda Genuine Parts terdiri dari campuran bahan-bahan berkualitas dan ramah lingkungan (bebas Asbes).


customer care
ASTRA-HONDA.COM: 
Jl. Laksda Yos Sudarso - Sunter 1
Jakarta 14350, Indonesia
Tel. 0811-9-500-989

Akun Facebook Resmi AHM



references by ototopik,  astra-hond

 
Like us on Facebook