Baca Artikel Lainnya
- Kota Besar: 2-4 hari
- Kabupaten / Daerah Pelosok: Estimasi Lebih dari 10 hari
Jika kamu sebagai penjual Online atau Pengirim Paket. Usahakan paket kamu dikirim sebelum jam 12.00 WIB agar paket tidak menginap lama di Agen Wahana dan langsung dibawa ke Gudang Besar Wahana kota Pengirim
Wahana Ekspress menawarkan berbagai jasa ekspedisi seperti berikut
Pick-up order Paket Wahana
Wahana adalah layanan untuk menyediakan jasa kurir yang siap mengambil paket maupun dokumen kiriman anda, sehingga lebih menghemat waktu dan tenaga anda. Ada beberapa informasi penting yang harus anda ketahui terkait dengan pengiriman barang , yaitu :
- Pastikan untuk mengisi alamat tujuan, Kode Pos, Kelurahan dan Kecamatan dengan benar.
- Nilai barang yang diinput adalah nilai barang yang sebenarnya dan akan menjadi acuan penggantian kehilangan.
- Wahana tidak menerima kiriman berupa Handphone (HP), Original Dokumen (STNK, BPKB , SIM, KTP dan lain-lain).
- Paket dengan nilan Rp. 1.000.000 ke atas wajib diperiksa isi bersama pengirim dan foto isi barang tersebut.
- Paket kemasan tidak mudah rusak.. Pihak penjual/pengirim harus mem-packingnya dengan aman agar tidak merusak paket lainnya
- Paket Elektronik harus sudah dipacking peti kayu, atau dengan aman agar tidak terjadi kerusakaan saat proses pengiriman baik rusak oleh hujan atau tertindih paket lainnya.
Hubugi Agen WAHANA Terdekat dengan Lokasi rumahmu apakah menerima PickUp Order/ Jemput paket kerumah atau tidaknya.
Sebelum mengirim paket,
- Tuliskan Alamat Pengirim dan Alamat Penerima dengan sangat Jelas.
- (Nama Kompleks /Kantor, Jalan/Gang, RT, RW, Nama Blok, Nama Desa/kelurahan, Kecamatan) ,
- Packing dengan Aman agar barang tidak mudah dibuka dan aman dari benturan atau guncangan/hujan dan lainnya
- Setiap paket / barang yang akan dikirim, PT. Wahana Prestasi Logistik berhak mendapatkan informasi dari pengirim mengenai keterangan isi barang. Begitu pula Pengirim wajib menginformasikan isi dari paket barang yang dikirim secara jelas dan terperinci.
- Untuk barang kiriman yang tidak sesuai dengan keterangan isi barang yang tercantum didalam Tanda Terima Kiriman (TTK) PT. Wahana Prestasi Logistik, maka pengirim bertanggung jawab atas akibat yang disebabkan oleh barang yang dikirim.
- Segala resiko pengiriman menjadi tanggung jawab pengirim.
- Dikarenakan satu dan lain hal PT. Wahana Prestasi Logistik berhak dan tanpa persetujuan pengirim untuk membuka paket kiriman apabila terdapat indikasi mencurigakan mengenai isi kiriman.
- Nilai pertanggungan atas barang kiriman sampai dengan Rp 299.000, biaya pertanggungan menjadi beban PT. Wahana Prestasi Logistik. Untuk nilai pertanggungan diatas atau sama dengan Rp.299.000 sampai Rp.9.999.999, biaya pertanggungan menjadi beban pembayaran pihak pengirim yang ditetapkan oleh PT. Wahana Prestasi Logistik yakni sebesar 0,5% dari nilai pertanggungan. Nilai pertanggungan maksimum per Tanda terima kiriman (TTK) tujuan Singapura Rp. 3.000.000.
- Wahana Prestasi Logistik berhak dan tanpa persetujuan pengirim untuk menggunakan sarana transportasi apapun dalam melakukan pengiriman paket.
- Berat maksimum per koli adalah 50 Kg. Untuk Berat maksimum tujuan Singapura per koli adalah 30 Kg.
- Paket/Barang dengan berat 0.2 kilogram maka akan mengikuti pembulatan kilogram keatas. Untuk tujuan Singapura 001 kilogram akan mengikuti pembulatan kg keatas.
- Perhitungan kilogram didasarkan atas berat ditimbang atau berat secara volumetrik (diambil yang terberat).
- Maksimal volume dimensi paket/barang yang dikirim oleh PT Wahana Prestasi Logistik adalah : 150 x 60 x 60 cm . Untuk pengiriman Jawa, Bali dan via laut per koli adalah 199 x 99 x 99 cm
- Wahana Prestasi Logistik hanya menerima dan menyerahkan paket berdasarkan jumlah koli, bukan berdasarkan jumlah isi didalamnya. Apabila terjadi kehilangan terhadap isi dalam maka PT. Wahana Prestasi Logistik tidak bertanggung jawab terhadap kekurangan tersebut.
- PT Wahana Prestasi Logistik tidak bertanggung jawab atas Kerusakan dan kadaluarsa makanan akibat keterlambatan pengantaran.
- Wahana Prestasi Logistik tidak bertanggung jawab dan melepaskan diri dari keterlibatan atas kehilangan apabila terjadi permasalahan yang diluar kontrol pihak PT. Wahana Prestasi Logistik yaitu Force majeure seperti
- huru-hara dan bencana alam;
- Kebakaran dan banjir;
- Peperangan, pembajakan, teroris, dan kejadian-kejadian sejenisnya;
- Terjadinya penahanan atau penyitaan serta pemusnahan terhadap suatu jenis barang kiriman oleh instansi pemerintah yang berwenang (bea cukai, karantina, kejaksaan dan instansi lainnya);
- Kekacauan yang terjadi di jaringan darat, laut, dan udara;
- Terjadinya kesalahan teknis dari penerbangan ataupun pelayaran sehingga mengakibatkan kerugian non-material.
- Apabila pengirim / penerima melanggar ketentuan hukum yang berlaku (C.Q. DEPARPOSTEL) di wilayah Indonesia, maka PT. Wahana Prestasi Logistik tidak bertanggung jawab atas pelanggaran yang dilakukan oleh pengirim
- Uang tunai atau surat-surat berharga (seperti cek, giro, efek, obligasi, saham, voucher, sertifikat, tiket pesawat, B/L, L/C, credit card, passport, ijazah asli, dokumen tender, dokumen invoice, buku nikah asli, KTP, NPWP, STNK asli, BPKB asli dan surat berharga sejenisnya);
- Barang perhiasan dan barang berharga lainnya (emas, berlian);
- Minuman keras, Narkotika dan obat – obat terlarang;
- Barang yang dianggap bernilai tinggi (lukisan, keramik ataupun barang-barang yang dianggap bersejarah);
- Binatang hidup, tanaman hidup atau makanan yang mudah basi atau rusak;
- Abu tubuh dan organ manusia;
- Barang mudah meledak, terbakar, atau barang yang menimbulkan bau serta barang-barang yang dapat merusak barang lainnya;
- Barang cetakan maupun rekaman dalam bentuk kaset / cd / vcd / dvd yang bertentangan dengan nilai kesusilaan/pornografi;
- Bagian – bagian dari hewan langka yang telah mati / diawetkan;
- Limbah
- Makanan basah dengan expired date rendah.
- Cairan dan gel dalam bentuk apapun.
- Benda yang berisi gas, aerosol dan sejenisnya.
- Senjata tajam, senjata api termasuk kategori mainan airsoft gun;
- Mesin yang menggunakan bahan bakar
- Benda yang mudah korosi, magnetic dan mengandung baterai
- Benda yang bisa beroksidasi.
- Bahan atau Barang yang mudah menyala / terbakar.
- Barang yang mudah meledak.
- Barang yang mengandung bakteri dan virus.
- Barang yang mengandung radio aktif.
- Barang beracun dan mudah menular.
- Bahan atau zat berbahaya lainnya.
- Bahan atau zat Tanpa surat surat / MSDS ( master sheet data safety ).
- Wahana Prestasi Logistik hanya melakukan 2x (dua kali) proses pengantaran ke alamat penerima. Apabila alamat tidak dapat ditemukan, maka paket tersebut akan disimpan di kantor cabang PT. Wahana Prestasi Logistik.
- Merujuk poin 1(satu) diatas/pengantaran selanjutnya, PT. Wahana Prestasi Logistik akan mengenakan biaya tambahan apabila:
- Paket hendak dikembalikan ke kota asal. PT. Wahana Prestasi logistik akan mengenakan biaya tambahan sebesar biaya pengiriman dari kota tujuan ke kota asal.
- Paket hendak dikirim kembali ke alamat yang sebenarnya. PT. Wahana Prestasi Logistik akan mengenakan biaya tambahan sebesar biaya pengiriman lokasi kota terakhir ke kota tujuan.
- Kesalahan dalam penulisan kecamatan / kota tujuan oleh pengirim yang menyebabkan paket tidak dapat terkirim/diterima ke/di alamat yang dituju, maka pengirim / penerima wajib melunasi kekurangan total biaya ke alamat yang sebenarnya.
- Paket REJECT X RAY akan dikenakan biaya kirim ulang retur ke alamat pengirim/agen.
- Untuk fisik barang yang tidak lolos / Reject x-ray dan bilamana terjadi nya pelanggaran berat atas isi kiriman maka paket akan di lakukan penahanan oleh petugas terkait bandara dan menjadi tanggung jawab dari pihak pengirim sepenuhnya.
- Wahana Prestasi Logistik tidak bertanggung jawab atas kerusakan paket.
- Wahana Prestasi Logistik tidak dapat menerima komplain dalam bentuk apapun baik oleh pengirim dan/atau pemilik barang asal bilamana komplain dimaksud diajukan setelah melebihi waktu 30 (tiga puluh) hari sejak barang diterima oleh agen (dibuktikan dengan tanda terima lembar TTK). Dengan demikian, terhadap barang hilang sebagaimana maksud diatas PT. Wahana Prestasi Logistik menganggap proses pekerjaan telah selesai.
- Klaim pengajuan kehilangan hanya dapat diajukan oleh pihak pengirim.
- Klaim pengajuan kehilangan oleh pengirim dapat dilakukan dengan cara email ke claimcs@wahana.com dengan mengisi dan melampirkan:
- Formulir Klaim dalam bentuk surat keterangan yang telah disiapkan.
- Mengisi dengan lengkap surat keterangan sebagaimana butir 1.
- Bukti transaksi jual beli.
- Fotocopy KTP.
- Fotocopy buku rekening (halaman pertama) / Fotocopy yang menyatakan no. rekening sesuai nama yang diterbitkan pihak bank. (Misal: pada KlikBCA / Mobile Banking pada aplikasi halaman informasi rekening bagian informasi saldo)
- Formulir klaim dalam bentuk surat keterangan yang telah disiapkan.
- Mengisi dengan lengkap surat keterangan sebagaimana butir 1.
- Bukti transaksi jual beli.
- Fotocopy KTP pengirim (penanggung jawab) dan Fotocopy KTP pemilik rekening.
- Fotocopy Kartu Keluarga / surat nikah (apabila menggunakan rekening milik keluarga/orang lain).
- Fotocopy buku rekening (halaman pertama) / Fotocopy yang menyatakan no. rekening sesuai nama yang diterbitkan pihak bank. (Misal: pada KlikBCA / Mobile Banking pada aplikasi halaman informasi rekening bagian informasi saldo)
- Dokumen lainnya yang menunjukkan indentitas sah pengirim dan pemilik rekening.
NextDay Dari Jawa Tengah Ke Jabodetabek & Bandung
Diterima di Sales Counter atau Diterima di Sales Counter AGEN WPL [NAMA DAERAH AGEN WAHANA]
Paket sudah dikirimkan oleh Penjual dan sedang berada di Counter/Agen WAHANA kota/Daerah asal Penjual. Kecepatan Pihak Agen dalam mengirim atau mengambil barang akan menetukan kecepatan paket sampai ditangan kamu
Di pickup oleh petugas WAHANA [NAMA DAERAH/LOKASI]
Paket sudah diambil dari AGEN oleh Petugas WAHANA untuk dikirimkan ke Gudang lokasi Kota paket PENGIRIM
Diterima di fasilitas WAHANA atau Diterima di fasilitas HUB
Paket sudah ada di dalam Gudang lokasi Kota paket PENGIRIM / PENJUAL
Pengiriman dari HUB [NAMA DAERAH/LOKASI] ke [NAMA DAERAH/LOKASI]
Paket sedang dalam perjalanan menuju lokasi/Kota Gudang PENGIRIM menuju Gudang PENERIMA di Kota Tujuan, atau berhenti dulu di Gudang Transit
Diterima di fasilitas HUB [ NAMA DAERAH/LOKASI] ATAU
Diterima di fasilitas WAHANA SORTING CENTRE [ NAMA DAERAH/LOKASI]
Paket sudah ada di dalam Gudang UTAMA lokasi Kota PENERIMA, akan masuk daftar antrian pengiriman ke GUDANG TERDEKAT dengan alamat yang tertera dipaket
Diterima di fasilitas [NAMA NAMA DAERAH/LOKASI]
Paket sudah ada di dalam Gudang terdekat dengan alamat PENERIMA yg tertera dipaket, dan akan masuk daftar antrian pengiriman oleh KURIR/Petugas Gudang WAHANA
Belum terkirim. Proses penjadwalan ulang [NAMA NAMA DAERAH/LOKASI]
Paket akan dikirim keesokannya dikarenakan cuaca, waktu jam kuriri yg sudah habis atau karena hal lainnya
Proses pengantaran oleh kurir [NAMA DAERAH], [NAMA KURIR]
Paket sudah dibawa kurir, akan diantarkan ke rumah penerima, aktifkan Handphone dan buka pintu rumah untuk jaga-jaga kurir kesulitan menemukan lokasi rumah atau titip pesan ke teman/tetangga jika akan keluar rumah/tidak ada orang dirumah sewaktu kurir datang
Diterima oleh [Nama Penerima]
Paket sudah berhasil terkirim dan diterima
Jika paket belum sampai dan paket merasa belum diterima berikut adalah
Daftar Nomor Customer Service WAHANA
Hanya bisa dilakukan melalui WhatsAPP, Klik Link Dibawah, Cari Nama Kota,
lalu Klik Tombol WhatsApp..
https://www.wahana.com/Hubungi-CS
Akun Facebook Resmi Wahana
https://www.facebook.com/WahanaExpressOfficial/