MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

February 11, 2023

Terlalu Banyak Aturan, Mesin Pencari Google Mulai Ditinggalkan

Baca Artikel Lainnya

Belakangan Google dibikin ketar-ketir dengan ChatGPT, platform chatbot berbasis kecerdasan dari OpenAi. ChatGPT disematkan di mesin pencarian milik Microsoft, Bing. Dengan adanya ChatGPT di Bing, Google yang selama ini memonopoli industri mesin pencari bisa terancam.

Selain fitur ChatGPT baru, pengguna bisa mendapatkan beberapa hal lain melalui mesin pencari Bing. Misalnya saja, beranda yang tidak hanya menampilkan foto, tetapi juga dilengkapi infografis yang unik dan bermanfaat. nBerikut ini alasan Google bakal bisa kalah dari Microsoft, dikutip dari PCMag, Jumat (10/2/2023).


 

 

 

Menjawab pertanyaan dengan AI

Mengalahkan Google dengan menambahkan fungsionalitas seperti ChatGPT ke mesin pencari, menjadi salah satu alasan Microsoft bisa lebih unggul dari Google.

Fitur ini muncul untuk semua pengguna, tetapi Anda harus masuk daftar tunggu untuk benar-benar menggunakannya.

Sambil menunggu, Anda bisa melihat AI mengetik jawaban seolah-olah sedang memikirkannya setelah membuka pemilih Obrolan untuk pencarian. Langkah ini akan membuka bilah sisi Obrolan yang mulai mengetik jawaban

 

Wallpaper baru yang cantik

Di Bing, pengguna akan sering melihat gambar di beranda yang menginspirasi, indah, dan mendidik setiap hari. Jika Anda beruntung, Anda akan melihat video yang lebih interaktif menggantikan foto. Terkadang muncul video seperti air bergerak, lanskap, atau pemandangan langit. Terkadang ada juga opsi untuk mendengar suara yang terkait dengan gambar beranda.

Beranda Bing lebih dari sekadar gambar, ia juga menawarkan berita, cuaca, dan harga saham, serta tautan ke versi online aplikasi Microsoft Office. 


Halaman hasil yang lebih berguna

Selian menampilkan apa yang dicari, beberapa tahun yang lalu, Bing memelopori fitur di mana bisa memperlihatkan jawaban dari perspektif yang berbeda. Jadi jika mengetikan pertanyaan di Bing, seperti "apakah hot yoga baik untuk Anda?" Bing menunjukkan panel pro dan kontra yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

Hadiah

Hadiah atau reward bisa menjadi alasan orang pindah menggunakan Bing. Sebab mereka berbagi sebagian keuntungan dengan pengguna dalam bentuk Microsoft Points, yang Anda peroleh dengan mencari, mengikuti kuis berita online, atau bahkan dengan menggunakan browser Edge.

Anda dapat menukarkan poin dengan hadiah mulai dari kartu hadiah Amazon, Starbucks, atau Xbox, undian untuk produk Surface dan Xbox. Juga bisa digunakan untuk donasi ke organisasi seperti Boys and Girls Club of America, Team Rubicon Disaster Response, atau Nature Conservancy.

Untuk waktu yang lama, Google News memiliki keunggulan yang kuat dalam menampilkan berita tren terbaru, tetapi Bing telah meningkatkan kualitasnya di bagian ini.

Navigasi topik yang disediakan jelas dan tepat waktu. Tampilan topik yang sedang tren juga ditampilkan di gambar utama dan ringkasan dengan tautan ke berbagai sumber.

Hasil real time

Jika ada event besar, Bing menyajikan halaman hasil yang ditata dengan jelas yang menunjukkan semua informasi yang relevan.

Hal yang sama berlaku untuk pemilu, penghargaan hiburan seperti Oscar, dan banyak acara olahraga, seperti Super Bowl dan March Madness.

Pencarian video yang lebih unggul

Antarmuka hasil pencarian video di Bing jauh lebih berguna daripada 10 link Google dengan thumbnail.

Mengklik tautan Video di bagian atas halaman utama akan menampilkan eksplorasi konten yang sedang tren, serta umpan hasil personalisasi dan video apa pun yang telah Anda simpan. Namun hasil yang ditampilkan, sumbernya tetap berasal dari YouTube.

Peta

Bing juga punya fitur peta digital. Fiturnya cukup lengkap dengan petunjuk arah, tampilan jalan, lalu lintas, dan pencarian bisnis lokal lengkap dengan peringkat dan foto Yelp. Bing Maps juga memanfaatkan data dari Here Maps, aplikasi peta hebat lainnya.

Office Online

Seperti Google, Microsoft menawarkan aplikasi produktivitas online, termasuk versi Word, Excel, dan PowerPoint yang sangat mirip dengan versi desktop mereka.

Juga ada aplikasi pencatat OneNote dan Sway, pembuat presentasi web sederhana, yang semuanya hanya dengan sekali klik dari beranda Bing.

Perkiraan cuaca

Saat merencanakan perjalanan, Anda psti ingin mengetahui suhu rata-rata dan curah hujan selama bulan yang direncanakan untuk bepergian. Bing menampilkan grafik batang untuk setiap bulan.







 
Like us on Facebook