MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

October 6, 2023

Kota SUHU Terpanas Indonesia 2023

Baca Artikel Lainnya

Cuaca panas terpantau masih terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Beberapa kota mengalami suhu lebih panas dibanding yang lain. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis daftar kota terpanas di Indonesia pada 4 Oktober 2023 pukul 07.00 WIB hingga 5 Oktober 2023 pukul 07.00 WIB.




Berdasarkan laporan suhu maksimum harian di Indonesia yang dirilis melalui akun Instagram resmi (@infobmkg), Kertajati, Majalengka, Jawa Barat adalah kota terpanas di Indonesia dengan catatan suhu tertinggi 37,4 derajat Celsius.

Sementara itu, posisi kedua sebagai kota terpanas diduduki oleh Jawa Tengah dengan suhu tertinggi 37,2 derajat Celsius. Data tersebut dicatat oleh Stasiun Klimatologi Jawa Tengah.

 

Sedangkan, posisi ketiga kota terpanas di Indonesia diduduki oleh wilayah Tangerang Selatan dengan suhu maksimal 36,3 derajat Celsius. Angka tersebut berdasarkan catatan Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah II di Tangerang Selatan.

Menurut BMKG, ada sejumlah faktor utama penyebab suhu udara panas di Indonesia, yakni musim kemarau, posisi semu matahari yang bergerak ke selatan ekuator, hingga faktor alam lainnya.

 

"Faktor-faktor lain [penyebab suhu udara panas di Indonesia], seperti kecepatan angin, tutupan awan, dan tingkat kelembapan udara juga mempengaruhi kondisi suhu panas di suatu wilayah," papar BMKG dalam unggahan yang berbeda, dikutip Jumat (6/10/2023).


Berikut daftar 10 kota terpanas di Indonesia menurut pantauan stasiun BMKG sepanjang 5-6 Oktober 2023.

  1. Stasiun Meteorologi Kertajati, Jawa Barat: 37,4 derajat Celsius
  2. Stasiun Meteorologi Jawa Tengah: 37,2 derajat Celsius
  3. Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah II: 36,6 derajat Celsius
  4. Stasiun Meteorologi Nangapinoh, Kalimantan Barat: 36,5 derajat Celsius
  5. Stasiun Meteorologi Djalaluddin, Gorontalo: 36,4 derajat Celsius
  6. Stasiun Meteorologi Ahmad Yani, Semarang: 36,3 derajat Celsius
  7. Stasiun Meteorologi Pangsuma, Kalimantan Barat: 36,3 derajat Celsius
  8. Stasiun Meteorologi Sultan Hasanuddin, Sulawesi Selatan: 36,0 derajat Celsius
  9. Stasiun Meteorologi Mutiara Sis-Al Jufri, Sulawesi Tengah: 36,0 derajat Celsius
  10. Stasiun Meteorologi H As. Hanandjoeddin, Kepulauan Bangka Belitung: 35,8 derajat Celcius. 

 

Menurut pernyataan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kota Semarang adalah kota dengan cuaca terpanas di Indonesia dengan suhu mencapai 37 derajat celcius.

Dengan fenomena cuaca yang ekstrem ini, bahkan ada warga kota Semarang yang melakukan eksperimen menggoreng telur tanpa kompor.




Dalam video tersebut, pemilik akun @estiutomoo menaruh wajan di teras rumahnya yang terkena sinar matahari kemudian selanjutnya menuangkan margarin ke wajan tersebut.



 

 

 

 
Like us on Facebook