March 3, 2014

TIPS ORANGTUA: Sebelum Si Kecil Masuk TK, Ada 3 Keterampilan yang Harus Dikuasai



http://www.cuplik.com/_adm/gambar/news/Mabis%20TK%202008.JPG

Ketakutan orangtua pada anaknya saat masuk TK memang wajar, maklum ini kali pertama anak masuk dunia semi formal. Biasanya orangtua takut anak tidak memiliki kemampuan menyesuaikan diri dengan teman dan lingkungan sekolah, juga tidak bisa mengurus dirinya.


Sebenarnya skills atau kemampuan-kemampuan apa saja yang musti dipersiapkan orangtua, supaya anak prasekolah siap memasuki jenjang TK? Berikut 3 kemampuan utama yang sebaiknya dimiliki anak saat hendak masuk TK:

1. Kemampuan anak untuk duduk tenang

Salah satu kegiatan yang akan banyak dilakukan anak usia prasekolah di kelas TK adalah duduk bersama untuk mendengarkan cerita atau bernyanyi bersama. Kegiatan duduk bersama ini bertujuan untuk membuat anak lebih tenang, sekaligus membantu melatih konsentrasi anak.

Cara melatih:

Persiapan yang harus ibu lakukan agar si kecil betah duduk anteng bersama teman-temannya di kelas, yaitu dengan melatih anak duduk bersama sambil membaca cerita atau bernyanyi di rumah. Bisa juga dengan membiasakan anak untuk duduk tenang terlebih dahulu saat ingin memberinyasnack atau makan, sehingga anak akan belajar, ia harus duduk dahulu sebelum boleh memakan makanannya.

2. Kemampuan Mandiri
Melatih anak mandiri merupakan salah satu skills yang harus dipersiapkan ibu saat anak masuk prasekolah/TK. Seperti; mengikat tali sepatu sendiri, memakai dan melepas celana anak sendiri saat ingin buang air kecil atau besar, serta menyiapkan peralatan sekolahnya sendiri.

Cara melatih:

Ibu dapat melatih kemandirian si kecil dengan cara yang menyenangkan, misalnya dengan bermain role play seolah kita dan si prasekolah sedang berbelanja baju di mal, dimana anak akan belajar membuka dan memakai baju sendiri.

3. Kemampuan Berbagi

Berbagi adalah salah satu hal yang paling sulit dipelajari anak. Karena itu, untuk mengajarkan berbagi padanya, pertama orangtua harus menjadi contoh berbagi yang baik bagi anak.

Tapi di sekolah merupakan tempat alamiah bagi si prasekolah belajar berbagi, jadi kita tidak perlu terlalu bersikeras dalam hal ini. Yang perlu dilakukan hanya melatih anak untuk meminta terlebih dahulu mainan yang diinginkan dari temannya secara baik-baik, bukan dengan cara merebut.

Dengan menguasai 3 kemampuan ini, anak akan mudah beradaptasi saat masuk taman kanak-kanak.













refernces by kompas

 
Like us on Facebook