May 23, 2014

Superkomputer Tercepat Di Dunia Saat Ini Menggunakan Linux Ubuntu

TianHe-2, superkomputer tercepat di dunia ini ternyata menggunakan sistem operasi Ubuntu Linux. Hal ini mengejutkan mengingat Canonical selama ini merilis distro Ubuntu Linux yang fokus pada pengguna desktop dan server. Varian Ubuntu Linux yang digunakan oleh superkomputer TianHe-2 adalah Ubuntu OpenStack.

http://www.digitaljournal.com/img/5/9/2/8/1/2/i/1/5/1/p-large/tianhe.JPG
“Ubuntu OpenStack berjalan pada 256 node kinerja tinggi dan ini akan tumbuh menjadi lebih dari 6400 node dalam beberapa bulan mendatang. Node akan tersedia untuk departemen pemerintah di provinsi Guangdong serta mitra NUDT lainnya untuk analisis, sensus, dan aplikasi e-Government.”
“Baik OpenStack maupun Juju yang merupakan alat orkestrasi Ubuntu, akan berjalan di TianHe-2 untuk memungkinkan mitra NUDT dan afiliasi untuk secara cepat menyebarkan dan mengelola lingkungan awan kinerja yang sangat tinggi,” menurut rilis resminya.
http://www.extremetech.com/wp-content/uploads/2013/06/tianhe-2-compute-node-diagram.jpg


Canonical sendiri akhir-akhir ini cukup gencar mendorong pemerintah China untuk mengadopsi sistem operasi Ubuntu Linux untuk menggantikan Windows XP yang telah berakhir dukungannya. Hal ini terlihat dengan lahirnya Ubuntu Kylin yang dirancang khusus untuk pengguna komputer di China.

Superkomputer Tianhe-2 ini ditenagai oleh kombinasi prosesor Intel Xeon generasi Ivy Bridge dan co-prosesor Xeon Phi untuk menghasilkan kinerja yang tinggi. Berdasarkan hasil benchmark yang dilekukan menggunakan Linpac, kinerja yang dihasilkan oleh Tianhe-2 mencapai 33.86 PetaFLOPS dengan konsumsi daya mencapai 17.808 kW.

Seperti yang kita ketahui, Xeon Phi yang dulunya disebut dengan Knight Corner ini adalah co-prosesor yang dikembangkan Intel yang mengusung hingga lebih dari 50 core untuk tiap unitnya. Sayangnya, tak diketahui berapa jumlah prosesor Xeon dan Xeon Phi yang digunakan pada superkomputer Tianhe-2, seperti yang dilansir dari Softpedia.

 http://www.china-defense-mashup.com/wp-content/uploads/2013/06/tianhe-2-super-computer.jpg












references by sidomi

 
Like us on Facebook