May 11, 2017

Dampak Kurang Tidur Bagi Ginjal

Kekurangan tidur tidak hanya menyebabkan mata mengantuk dan tubuh lemas. Lebih dari itu, kurang tidur dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Jadi, jangan biasakan tidur larut malam, karena berdampak langsung terhadap ginjal Anda.


Selain itu, ada sejumlah kebiasaan lain yang dapat merusak ginjal Anda. Berikut kebiasaan yang dapat merusak ginjal seperti dilansir dari laman Boldsky:

Tidak cukup hidrasi 

Asupan air telah terbukti menjadi obat mujarab untuk banyak masalah, salah satunya kesehatan ginjal. Organ ini membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh, dengan membuang racun dan sodium yang tidak diinginkan melalui asupan air. Hal ini membantu mengurangi risiko batu ginjal dan gagal ginjal di kemudian hari.

Merokok 

Umumnya, merokok dikaitkan dengan kerusakan paru-paru atau jantung secara langsung, namun juga berdampak pada kesehatan ginjal. Hal ini karena merokok dapat menyebabkan banyak protein dalam urine, yang merupakan peringatan untuk kesehatan ginjal Anda.

Kurang tidur 

Seseorang harus tidur 6-8 jam agar tubuh lebih segar di esok hari. Selama tidur, tubuh melakukan banyak pekerjaan, yang terpenting adalah pembaharuan jaringan organ. Mengabaikan aktivitas penting ini akan menyebabkan degenerasi ginjal, peningkatan tekanan darah dan penurunan kesehatan secara umum.

Kurang olahraga 

Olahraga memiliki efek positif pada tubuh manusia, termasuk bagi kesehatan ginjal. Hal ini membantu membuang racun dan mengatur keseimbangan aciran di seluruh sistem dengan meningkatkan metabolisme dan kekuatan.

Menahan buang air kecil 

Seringkali kita kebelet buang air kecil, tapi sedang sibuk mengerjakan pekerjaan atau tugas, sehingga tanpa sadar menahannya. Tapi, kebiasaan ini bisa membahayakan bagi ginjal Anda. Karena, menahan buang air kecil meningkatkan tekanan urine di ginjal dan bisa menyebabkan gagal ginjal.




references by okezone

 
Like us on Facebook