Baca Artikel Lainnya
Jika kamu sebagai penjual, pengiriman dengan SiCepat bisa menggunakan Sistem Resi Otomatis / Pickup atau mendatangi Agen Sicepat terdekat dengan rumah
1. Cetak Label / Nomor Booking / Kode Booking
Cetak / Print label berisi barcode dan kode booking pengiriman dari marketplace tempat kamu berjualan. Tempelkan label tersebut ke paket yang akan dikirim atau tulis kode pada paket,
Jika musim hujan, lindungi label hasil print yg ditempel tersebut dengan solasi bening agar tidak luntur ataupun sobek kena air hujan. Nantinya barcode tersebut akan discan menggunakan smartphone atau alat khusus oleh petugas SiCepat saat proses sorting di Gudang
Isi berat sesuai atau mendekati hitungan dimensi + berat yang sebenarnya, jangan dikurangi karena saldo kamu bisa terpotong karena akan dihitung+timbang ulang untuk paket-paket besar saat berada digudang sicepat
Informasi penting mengenai sistem resi otomatis:
- Drop-off atau pick-up kurir harus dilakukan maksimum 3 jam sebelum jatuh tempo konfirmasi pengiriman.
- Nomor resi otomatis terisi maksimum 1x24 jam setelah kurir memindai kode booking.
- Pantau status pesanan Anda di halaman Daftar Transaksi. / Situs resmi SiCepat
Kamu bisa memesan/ Pickup kurir SiCepat setiap hari (Senin - Minggu) mulai pukul 07:00 - 16:00 WIB dengan detail cut-off time sebagai berikut :
- Pemesanan kurir request pickup pada pukul 07:00 - 16:00 WIB, maka paket akan dijemput oleh kurir pada hari yang sama, dengan waktu penjemputan maksimal pada pukul 20:00 WIB.
- Pemesanan kurir request pickup di atas pukul 16:00 WIB, maka paket akan dijemput kurir SiCepat pada keesokan harinya.
PASTIKAN NO HP/ WHATSAPP AKTIF DAN MENJAWAB JIKA ADA KURIR YG MENELEPON. SMS, ATAU WA DAN PASTIKAN ADA ORANG DIRUMAH/LOKASI KAMU UNTUK MENYERAHKAN PAKETNYA KE KURIR SICEPAT YANG SUDAH DATANG
Layanan Pickup, estimasi kurir sampai di alamat penjemputan 24 jam dari waktu Request Pickup.
Kode Status Pengiriman Paket
Berikut istilah-istilah dalam layanan pengiriman yang perlu untuk dipahami saat memantau pengiriman paket.
Paket belum dipickup / diambil oleh kurir sicepat, Penjual online tersebut menggunakan jasa jemput paket, artinya kurir yg mendatangi penjual untuk selanjutnya nanti paket diambil dan akan dikirim ke Gudang KOTA PENGIRIM
- Manifested
- On Transit
- On Process
- Diterima di Perwakilan (ROD/Received on Destination)
- Delivered
- Antar Ulang (AU)
- Bad address (BA)
- Misroute
- CODA (Closed Once Delivery Attempt)
- Cnee Unknown
- On Schedule Delivery
- NTH (Not Home)
Penjual Online meminta request Jemput paket, nantinya kurir SiCepat akan menghubungi sangf penjual untuk mengambil paket. Jika kamu sebagai penjual, Pastikan Paket sudah dipacking dengan baik, dan label penerima ./ kode booking terbaca dengan jelas dan terhindar dari luntur terkena air hujan
PAKET GAGAL DIAMBIL SIGESIT [NAMA KURIR]
Paket belum terambil oleh kurir karena alasan tertentu. Silahkan tunggu 1 x 24 Jam dari jam dan waktu kamu melakukan permintaan Pickup / Request Pick Up. Jika paket belum diambil kurir melebihi waktu tersebut, hubungi akun sosial media resmi SiCepat
KALAU 2 X24 JAM PAKET KAMU TIDAK DIPICKUP, KEMUNGKINAN KUALITAS JASA KURIR BAGIAN PICK UP DI DAERAHMU BURUK DAN TIDAK BISA TEPAT WAKTU. KAMU BISA DROP KE GUDANG SICEPAT,
ATAU KALAU LOKASI DROP TERLALU JAUH SEBAIKNYA KAMU MATIKAN PILIHAN KURIR SICEPAT DI TOKOMU AGAR TIDAK DIMARAHI PEMBELI atau PEMBELI PADA KABUR KE TOKO SIBELAH KARENA KUALITAS LAYANAN KURIR PIKCUP DI DAERAHMU BURUK KARENA PAKET AKAN JADI LAMA SAMPAI ATAU TIDAK BERGERAK DAN REPUTASI TOKOMU DI ECOMMERCE DAN OFFFLINE AKAN JADI JELEK
PAKET TELAH DI INPUT (MANIFESTED) DI [NAMA DAERAH]
Paket sudah dikirimkan oleh penjual dan sudah masuk sistem Sicepat.. sedang berada di Counter SiCepat di Kota atau Daerah Penjual / Pengirim Paket
PAKET TELAH DI TERIMA DI [NAMA KOTA] [NAMA DAERAH]
Paket sudah ada di Gudang Pusat Penjual atau Pengirim Paket
PAKET TELAH DI TERIMA DI [NAMA KOTA] [NAMA DAERAH]
Paket sudah ada di Gudang, dan masuk antrian kirim dan dikirim ke Gudang yg lebih dekat dengan alamat Penerima
PAKET DIBAWA [SIGESIT - NAMA KURIR]
Paket sudah dibawa kurir dan dalam proses pengantaran ke alamat penerima, pastikan Nomer HP AKTIF/DIJAWAB JIKA KURIR MENELEPON, Pintu rumah/gerbang utama tidak ditutup dan menjawab jika ada kurir yg datang/berteriak, Pastikan ada orang/titip pesan ke teman/tetangga jika ada kurir yg datang dan akan pergi keluar rumah sebentar maupun lama untuk paket dititipkan ke teman tetangga tersebut
PAKET DITERIMA OLEH [NAMA ORANG/PENERIMA - (YBS) YANG BERSANGKUTAN]
Paket telah selesai diterima
ATAU
Terima permintaan pick up dari [Nama Orang / Pengorder/ Penjual ]
Paket sedang menunggu pengambilan kurir SiCepat yg nantinya akan datang ke rumah Penjual untuk mengambil paket
PAKET TELAH DI DROP DI [Nama Daerah /Tempat] atau Paket telah di drop di gerai [Nama Daerah /Tempat]:DROP atau Paket telah diterima oleh dropoff point Bandung
Paket sedang diambil oleh kurir dari tempat asal Penjual
PAKET TELAH DI TERIMA DI [Nama Daerah /Tempat] atau Paket telah sampai di [NAMA LOKASI] tempat sortir
Paket sedang berada di gudang Sicepat dari tempat asal Penjual / Pembeli/ penerima paket
Dalam Proses - Kota Pengirim
Paket masih berada di Kota pengirim Paket/ Penjual Online
Paket telah di pick up oleh [SIGESIT -nama kurir]
Paket sudah dibawa / dipickup dari tempat asal Penjual
Paket gagal di pick up oleh [SIGESIT - NAMA KURIR]. Ket: Not Enough Time:UNPICK
Paket tidak dipickup kurir SiCepat karena jam operasional sudah melewati jam kerja kurir. Paket akan dipikup/diambiil ulang keesokan harinya
Paket gagal diambil sigesit [Nama Kurir]:UNPICK
Paket tidak dipickup kurir SiCepat karena lain hal, kurir terlambat datang, tidak ada orang dilokasi penjual online saat akan pickup dan hal lainnya. Paket akan dipickup ulang 1 x 24 jam, pastikan ada orang dirumah untuk menyerahkan paket dan Nomor HP aktif untuk menjawab
Paket gagal diambil sigesit [Nama Kurir]:UNPICK: Penjual memutuskan antar paket ke gerai / Ket: Drop ke Gerai:UNPICK
Kurir sicepat sudah datang ke lokasi penjual/pengirim paket, namun sang penjual/pengirim memutuskan akan mengirim ke Drop point, atau agen sicepat terdekat. Biasanya ini dilakukan karena penjual online paket pembelinya banyak sehingga kesulitan mencari paket dengan resi yg dimaksud/dicari kurir untuk dipickup atau memutuskan untuk kirim sendiri he Gudang Sicepat terdekat
Paket gagal di pick up oleh [SIGESIT - Nama Kurir Sicepat]. Ket: Reschedule by Seller atau Paket gagal di pick up oleh [SIGESIT - NAMA KURIR]. Ket: Penjual minta penjadwalan ulang pick-up. Silakan berkoordinasi dengan pembeli terkait kelanjutan pengiriman melalui Chat. Kurir akan melakukan pick-up ulang besok.
Kurir gagal melakukan pickup. Pesanan akan dipickup ulang dalam 1x24 jam ke depan. Untuk keterangan lebih lanjut hubungi CS SiCepat di (021) 502 00050 ATAU
Paket tidak dipickup kurir SiCepat karena lain hal, kurir terlambat datang, tidak ada orang dilokasi penjual online saat akan pickup, alaamt sulit dicari, , Cuaca hujan deras/banjirm atas permintaan penjual pengirim paket dan hal lainnya. Paket akan dipickup ulang 1 x 24 jam, pastikan ada orang dirumah untuk menyerahkan paket dan Nomor HP aktif untuk menjawab kurir
PAKET TELAH DI INPUT (MANIFESTED) DI [Nama Daerah /Tempat]
Paket sedang berada di gudang Utama Kota pengirim paket, dan dalam proses sortir untuk dikirim ke alamat tujuan
Paket keluar dari [NAMA DAERAH / WILAYAH]
Dalam Proses - Transit
Paket sedang dalam perjalanan dari kota asal ke kota tujuan penerima yg tertera di paket
Dalam Proses - Kota Penerima
Paket sudah berada di kota alamat yg tertera di paket
PAKET DIBAWA [SIGESIT - NAMA KURIR] atau
Paket telah di pick up oleh [SIGESIT - NAMA KURIR]
Paket sedang dibawa kurir untuk diantarkan ke alamat yg tertera di paket, pastikan nomor handphone selalu dipegang dan aktif jika kurir keslitan mencari alamat. pastikan ada orang dirumah dan menjawab ketika kurir datang atau titip pesan ke tetangga jika akan pergi keluar rumah sebentar ataupun waktu lama untuk dititipkan ke tetangga/teman
Paket telah di pick up oleh [SIGESIT - ]
Paket telah selesai/ diterima oleh penerima paket [Nama Penerima]
Paket diterima Yang bersangkutan atau keluarga
PAKET DITERIMA OLEH [XXXXXXX TETANGGA - (TTG) TETANGGA]
Paket diterima/dititipkan ke Tetangga dikarenakan Alamat rumah penerima Paket tidaj\k ada dirumah/rumah kosong/tidak menjawab ketika kurir datang atau alamat tidak jelas
JIKA PAKET BELUM/GAGAL DITERIMA KETERANGANNYA ADALAH
Paket di kembalikan di [NAMA DAERAH/LOKASI] - (NTH) Not At Home:NTH (Not At Home)
Paket dikembalikan ke kantor Sicepat yang terdekat dengan Lokasi penerima paket karena penerima tidak ada di Rumah
Paket di kembalikan di [NAMA DAERAH/LOKASI] - (BA) Bad Address
Paket dikembalikan ke Gudang Sicepat lokasi pengirim paket karena alamat penerima tidak jelas, tidak dikenal dilingkuangan tempat tinggal, tidak lengkap, atau salah nama desa/kelurahan , kecamatan, kodepos berdasar data yang menempel di paket
Paket di kembalikan di [NAMA DAERAH/LOKASI] - AU Antar Ulang
Paket akan diantar ulang oleh kurir. Pastiakan ada orang yg menunggu dirumah jika ada kurir yg berteriak atau mengetuk pintu
Paket di kembalikan di NAMA DAERAH - (CC) Criss Cross
Paket terjadi salah pengiriman, bisa karena Penerima Paket/Pembeli yg salah menuliskan alamat atau karena paket salah saat sortir di Gudang SiCepat dan terbawa ke Gudang tujuan yg salah. Hubungi pihak Akun Resmi Facebook SiCEPAT agar paket dikirimkan sesuai ke alamat. Beritahukan resinya dan alamat yg benarnya
Criss Cross , Paket dikembalikan di Pergudangan [NAMA DAERAH/KOTA]
- Suatu keadaan dimana nama dan alamat yang tertera pada nomor kiriman ternyata tidak sama dengan nama dan alamat yang tertulis di paket.
- bisa juga kesalahan dari pihak kurir / pihak sortir di Gudang Sicepat. Sehingga paket salah kirim paket ke gudang yang bukan dekat dengan alamat Penerima yg tertera di paket. Paket akan dikembalikan ke Gudang Utama, lau dikirimkan uang ke gudang terdekat dengan alamat penerima.
- Bisa juga paket tertukar label / resinya
- bisa juga salah dalam penulisan alamat seperti nama desa, kelurahan, kecamatan nomor rumah , RT/RW dan sebagainya yang tertera dipaket, alamat tidak/kurang jelas. Sehingga paket dikembalikan ke kota pengirim yang tertera dipaket
LOST (Hilang)
Paket telah dinyatakan hilang oleh SiCepat. Bisa saat digudang, terjatuh dijalan saat dibawa kurir, dicuri saat motor diparkirkan kurir yg sedang bertugas, atau diambil oknum kurir
Hubungi akun media sosial SiCepat dan minta jelaskan kronologinya
Rutin lakukan tracking setiap harinya, karena jika paket 3 hari ada di lokasi, tapi tidak ada orang yang menerima atau mengambil, maka paket akan dikembalikan ke kota asal Paket dikirim. Estimasi awaktu kirim dihutung sejak paket sudah dipickup oleh kurir SiCepat dari Penjual Online
- Saat musim hujan atau lokasi banjir, Jika kamu membeli dari penjual yg lokasinya banjir atau kamu sebagai penerima dan sedang banjir , maka kemungkinan paket akan lama sampai bagi daerah yang lokasi/daerahnya terimbas banjir yang tidak memungkinkan kurir mempickup atau mengantarkannya dari estimasi yang diberikan Sicepat saat musim panas
- Saat dekati lebaran dan libur tahun baru biasanya akan terjadi overload pengiriman, kemungkinan paket akan lebih lama dar estimasi kirim biasanya
- Perhatikan lokasi jarak kirim. Untuk lokasi luar pulau atau daerah yang jauh dari kota estimasi mungkin bisa lebih dari 3 hari
- Hargai profesi kurir, paket yang request pickup atau dibawa kurir bisa ratusan atau lebih jika sedang ramai, jadi hilangkan kebiasaan memaki atau memarahi kurir. Tunggu maksimal 2 hari setelah estimasi yang biasa dijanjikan layanan sicepat disitus resminya, jika melebihi waktu tersebut kamu bisa tanyakan ke akun resmi facebook sicepat. Jangan nge WA kurir atau meneleponnya karena hal tersebut mengganggu kerjanya dan kemungkinan tidak akan dibalas, kamu tidak bisa ambil sendiri paket ke gudang tanpa persetujuan SiCEPAT
Semakin jauh Gudang Sicepat dengan lokasi rumah kamu, maka kemungkinan paket akan lama diterima
Kantor Pusat SiCepat
Jl. Ir. H. Juanda 3 No. 17-19, RT.008/RW.002, Kel. Kebon Kelapa Kec. Gambir, Jakarta Pusat 10120 |
021-5020-0050
EMAIL: customer.care@sicepat.com
https://www.sicepat.com/contactus
FACEBOOK:
https://www.facebook.com/pg/sicepatekspresofficial/