May 7, 2017

Ikut SBMPTN, Jangan Lupa Cetak Kartu Peserta Ujian

Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggri Negeri (SBMPTN) 2017 atau jalur tes akan segera ditutup. Hingga Kamis 4 Mei pukul 16.09 WIB, tercatat 688.748 peserta sudah melakukan log in dan menyimpan datanya secara permanen dalam sistem. Perlu kamu ketahui, tahapan pendaftaran tidak cukup sampai mengisi dan menyimpan data pada sistem. Para peserta harus melanjutkan sampai pada proses pencetakan kartu peserta.


Dengan mencetak kartu peserta, akan terlihat lokasi di mana kamu akan melaksanakan ujian pada 16 Mei mendatang. Berdasarkan data yang sama, dari total jumlah peserta yang sudah mengisi data, sementara baru 686.828 peserta telah mencetak kartu.

Selain untuk mengetahui lokasi ujian, kartu peserta merupakan salah satu persyaratan yang wajib dibawa ketika mengikuti tes SBMPTN. Jadi, jika peserta tidak memiliki kartu peserta karena belum mencetak, maka peserta tersebut tidak dapat mengikuti ujian SBMPTN.

Meski tidak ada ketentuan khusus, para peserta diminta mencetak kartu secara berwarna sehingga foto dan tulisan dapat terbaca dengan jelas. Simpan kartu dengan baik agar tidak hilang. Jika perlu, simpan data kartu pesertanya dalam bentuk hardcopy dan softcopy untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.


Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir mengungkapkan alasan perpanjangan pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 dari 5 sampai dengan 9 Mei pukul 16.00 WIB.

Menurut Nasir, banyak calon mahasiswa, terutama di daerah pelosok, tidak tersedia teknologi informasi yang memadai untuk mendaftar SBMPTN.

"Karenanya, diberikan waktu tambahan. Tujuannya, menjaring mereka yang punya potensi untuk bisa masuk PTN. Di daerah-daerah ini (3T), banyak yang belum terakses (internet)," kata Nasir usai menyampaikan kuliah umum di Universitas Negeri Semarang, Sabtu (6/5/2017).

"Kita harus merawat Indonesia secara baik, dari Sabang sampai Merauke," kata dia lagi.

Meski pendaftaran diperpanjang, tes tertulis SBMPTN tetap dilaksanakan pada 16 Mei 2017, sedangkan pada 17 Mei 2017 ujian praktik untuk program studi tertentu.

Sebelumnya, Ketua Panitia SBMPTN Ravik Karsidi mengatakan perpanjangan pendaftaran itu untuk memberi kesempatan calon mahasiswa dari daerah pelosok yang memiliki keterbatasan akses internet guna mengikuti seleksi masuk PTN.

"Untuk waktu pembayaran diperpanjang hingga Senin, 8 Mei, pukul 16.00 WIB. Sementara untuk pendaftaran diperpanjang hingga Selasa, 9 Mei, pukul 16.00 WIB," kata dia seraya meminta peserta SBMPTN mengecek lokasi ujian minimal sehari sebelum ujian.

Peserta yang lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), kata dia, bisa melakukan registrasi ulang di PTN yang menerima mereka pada 16 Mei 2017, bersamaan dengan tes tertulis SBMPTN.



references by okezone, tirto

 
Like us on Facebook