MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

May 14, 2016

Arti Status Pengiriman (Tracking) Paket Pos Indonesia

Baca Artikel Lainnya

mpc
Pos Indonesia merupakan sebuah badan usaha milik negara Indonesia yang bergerak di bidang layanan pos. Saat ini, bentuk badan usaha Pos Indonesia merupakan perseroan terbatas dan sering disebut dengan PT. Pos Indonesia. 

Salah satu keunggulan Pos dibanding jasa kurir lainnya adalah memiliki kantor Pos yang banyak diseluruh wilayah Indonesia di Kota mupun di daerah terpencil. Sehingga paket lebih bisa cepat sampai di lokasi tujuan

JENIS LAYANAN PAKETPOS :



PAKET POS EXPRESS (Estimasi 1-2 hari setelah tanggal kirim)

JENIS LAYANAN POS EXPRESS :


Pos Express

Kiriman Sehari Sampai, PASTI

Pos Express merupakan layanan PREMIUM milik Pos Indonesia untuk pengiriman cepat dan aman dengan jangkauan luas ke seluruh kota Propinsi wilayah Indonesia. Layanan ini dapat menjadi pilihan tepat dan terpercaya untuk mengirim paket, dokumen, surat serta barang dagangan online.

Keunggulan

  1. Layanan ini termasuk layanan premium yang tersedia di semua cabang Utama KantorPos di seluruh Indonesia ;
  2. Memiliki waktu tempuh dengan estimasi kiriman maksimal satu hari sampai sejak barang diposkan ;
  3. Layanan dengan tarif kompetitif dan mampu bersaing dengan jasa pengiriman lain ;
  4. Terdapat asuransi atau jaminan, yakni jaminan kehilangan atau kerusakan kiriman dan pemberian ganti rugi ;
  5. Memiliki fitur lacak status kiriman sehingga posisi dan status kiriman dapat dilacak melalui web resmi Pos Indonesia di www.posindonesia.co.id atau HaloPos 161 ;
  6. Tersedia layanan pick up service untuk pelanggan khusus.

Karakteristik

  1. Maksimal berat kiriman yang dapat diterima adalah 30 kg ;
  2. Maksimal ukuran yang ditetapkan baik kiriman yang berbentuk kotak, gulungan panjang maupun yang tidak beraturan adalah sebagai berikut: 2(lebar + tinggi) ≤ 400 cm, dengan dimensi terpanjang maksimal 150 cm.
  3. Besar tarif ditentukan dengan cara sebagai berikut:
  • Menggunakan berat aktual kiriman ;
  • Menggunakan hitungan volumetrik untuk kotak atau gulungan yang dikonversikan menjadi berat dengan rumusan (panjang x lebar x tinggi x 1 kg) : Rp 6.000.

   4. Penyerahan kiriman dapat disesuaikan dengan permintaan pelanggan, yaitu :

  • Kiriman diantar ke alamat peneriman ;
  • Kiriman bisa diambil di Kantorpos tujuan.

   5. Standar Waktu Penyerahan (SWP) adalah H+1 hari.


Pos Kilat Khusus

Jaringan Luas dan Terpercaya

Pos Kilat Khusus merupakan layanan milik Pos Indonesia untuk pengiriman aman dan cepat dengan jangkauan luas ke seluruh wilayah Indonesia. Layanan ini dapat menjadi pilihan tepat dan terpercaya untuk mengirimkan paket, dokumen, surat serta barang dagangan online.

Keunggulan

  1. Layanan ini tersedia di semua cabang Pos Indonesia di seluruh Indonesia ;
  2. Memiliki jaringan terluas hingga ke seluruh pelosok Indonesia ;
  3. Layanan dengan tarif yang lebih hemat serta kompetitif ;
  4. Terdapat asuransi atau jaminan, yakni jaminan kehilangan atau kerusakan kiriman dan   pemberian ganti rugi ;
  5. Memiliki fitur lacak status kiriman sehingga posisi dan status kiriman dapat dilacak melalui web resmi Pos Indonesia di www.posindonesia.co.id atau HaloPos 161 ;
  6. Tersedia layanan pick up service untuk pelanggan khusus.

Karakteristik

  1. Maksimal berat kiriman yang dapat diterima adalah 30 kg ;
  2. Maksimal ukuran yang ditetapkan baik kiriman yang berbentuk kotak, gulungan panjang  maupun yang tidak beraturan adalah sebagai berikut: 2(lebar + tinggi) ≤ 400 cm, dengan dimensi terpanjang maksimal 150 cm.
  3. Besar tarif ditentukan dengan cara sebagai berikut:
  • Menggunakan berat aktual kiriman ;
  • Menggunakan hitungan volumetrik untuk kotak atau gulungan yang dikonversikan menjadi berat dengan rumusan (panjang x lebar x tinggi x 1 kg) : Rp 6.000.

   4. Penyerahan kiriman dapat disesuaikan dengan permintaan pelanggan, yaitu :

  • Kiriman diantar ke alamat penerima.
  • Kiriman bisa diambil di Kantorpos tujuan.

   5. Standar Waktu Penyerahan (SWP) H+2 sampai dengan H+7 hari.


Pos Jumbo Ekonomi



Pos Jumbo Ekonomi merupakan layanan milik Pos Indonesia dengan tarif tingkat berat pertama dimulai dari 3 Kg dan setiap satu Kilogram berikutnya sampai dengan tingkat berat 30 Kg.

Keunggulan

  1. Layanan ini tersedia di semua cabang Pos Indonesia di seluruh Indonesia ;
  2. Memiliki jaringan terluas hingga ke seluruh pelosok Indonesia ;
  3. Layanan dengan tarif yang ekonomis serta kompetitif ;
  4. Terdapat asuransi atau jaminan, yakni jaminan kehilangan atau kerusakan kiriman dan   pemberian ganti rugi ;
  5. Memiliki fitur lacak status kiriman sehingga posisi dan status kiriman dapat dilacak melalui web resmi Pos Indonesia di www.posindonesia.co.id atau HaloPos 161 ;
  6. Tersedia layanan pick up service untuk pelanggan khusus.

Karakteristik

  1. Maksimal berat kiriman yang dapat diterima adalah 30 kg ;
  2. Maksimal ukuran yang ditetapkan baik kiriman yang berbentuk kotak, gulungan panjang  maupun yang tidak beraturan adalah sebagai berikut: 2(lebar + tinggi) ≤ 400 cm, dengan dimensi terpanjang maksimal 150 cm ;
  3. Besar tarif ditentukan dengan cara sebagai berikut:
  • Menggunakan berat aktual kiriman ;
  • Menggunakan hitungan volumetrik untuk kotak atau gulungan yang dikonversikan menjadi berat dengan rumusan (panjang x lebar x tinggi x 1 kg) : Rp 6.000

  4. Penyerahan kiriman dapat disesuaikan dengan permintaan pelanggan, yaitu :

  • Kiriman diantar ke alamat penerima.
  • Kiriman bisa diambil di Kantorpos tujuan.
  • Paket dapat dikirim oleh pihak Pos sesuai dengan daerah yang dituju, untuk beberapa daerah akan dikenakan biaya tambahan.

  5. Standar Waktu Penyerahan (SWP) adalah Maksimal H+14 ;


Q9 Sameday Service

Solusi Terbaik untuk kamu !

Q9 Sameday Service merupakan layanan TERBAIK milik Pos Indonesia yang mampu mendukung kelancaran usaha pembisnis online dan pelaku UKM. Q9 Sameday Service adalah layanan pengiriman dagangan online, paket, dokumen dan surat yang cepat dan aman dalam kota (khusus Pulau Jawa) dan Ibu kota Propinsi untuk kota-kota di luar Pulau Jawa, dengan batas waktu sampai maksimal 9 jam dan batas akhir pengiriman sampai pukul 16.00 waktu setempat.

Keunggulan

  1. Tarif yang Premium, dihitung per-Kg dengan tingkat berat maksimal paket 5 Kg ;
  2. Layanan Q9 Sameday Service bisa dilakukan di loket Kantorpos dan Agenpos ;
  3. Tersedianya layanan Pick Up Service Gratis oleh pasukan O-Ranger dengan menghubungi Call Center 161 yang siap melayani 24 jam ;
  4. Tersedianya layanan COD (Cash On Delivery) atau bayar di lokasi tujuan dengan persetujuan dari pengirim, dengan dilengkapi Aplikasi Payment Posgiro Mobile ;
  5. Tersedianya Notifikasi yang akan dikirim kepada penerima barang sesaat setelah kiriman diPos-kan melalui loket Kantorpos, O-Ranger dan Agenpos ;
  6. Terdapat asuransi atau jaminan, yakni jaminan kehilangan atau kerusakan kiriman dan pemberian ganti rugi ;  
  7. Memiliki fitur Lacak Status Kiriman sehingga posisi dan status kiriman dapat dilacak melalui :

           web resmi Pos Indonesia di : posindonesia.co.id  atau  di  Halo Pos 161


  • Pick up service disediakan bagi pengiriman POSEXPRESS dalam jumlah tertentu.

JARINGAN NASIONAL POSEXPRESS SAAT INI MELIPUTI :

Sumatera dan Riau
Medan, Padang, Pekanbaru, Tanjungpinang, Batam, Palembang, Pangkalpinang, Bandarlampung, Jambi, Bengkulu
DKI Jakarta
Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Taman Fatahillah, Jakarta Selatan, Jakarta Mampang, Jakarta Timur, Jakarta Jatinegara, Jakarta Utara
Jawa Barat dan Banten
Tangerang, Ciputat, Bogor, Depok, Sawangan, Cibinong, Bekasi, Pondok Gede, Serang, Cilegon, Bandung, Cimahi, Ujungberung, Soreang, Purwakarta, Cirebon
Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta
Semarang, Semarang Erlangga, Jogjakarta, Solo
Jawa Timur
Surabaya, Surabaya Selatan, Malang, Sidoarjo
Bali dan Nusa Tenggara
Denpasar, Denpasar Sanglah, Mataram
Kalimantan
Banjarmasin, Balikpapan, Pontianak
Sulawesi
Makassar, Manado + jaringan regional di 106 kota di seluruh Indonesia


PAKET POS KILAT KHUSUS (Estimasi 2-4 hari setelah tanggal kirim)

           Layanan produk unggulan pengiriman barang dengan waktu tempuh lebih cepat
           dalam jaringan nasional terbatas
           Pengiriman barang melalui PAKETPOS KILAT KHUSUS saat ini tersedia
           di 1.800 kota/kabupaten di Indonesia

PAKET POS KILAT
           Layanan pengiriman barang dengan waktu tempuh cepat dalam jaringan yang lebih luas
           Pengiriman barang melalui PAKETPOS KILAT saat ini telah menjangkau lebih
           dari 3.200 kabupaten dan kecamatan di seluruh Indonesia

PAKETPOS BIASA (Estimasi 2-7 hari setelah tanggal kirim) cocok untuk yang diluar pulau jawa & daerah pelosok atau paket yang besar namun ingin ongkos kirim
           Layanan pengiriman barang dengan tarif paling ekonomis.
           Pengiriman barang melalui PAKETPOS BIASA saat ini telah menjangkau lebih
           dari 3.600 titik layanan yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia
Layanan ini tidak ada lagi di Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya, padahal layanan ini sanagt cocok untuk paket-paket besar namun harga ongkos kirim yang ekonomis/murah


PAKETPOS JUMBO
           Layanan domestik untuk barang kiriman dengan berat 50kg hingga 150kg.
           Pengiriman barang melalui PAKETPOS JUMBO saat ini telah menjangkau lebih
           dari 149 kota/kabupaten di Indonesia

PICKUP PAKET/ AMBIL/JEMPUT PAKET KE RUMAH

Pos Indonesia menyediakan layanan POS Pick Up! Informasi lebih lanjut, hubungi Kantorpos terdekat. Jenis kiriman berupa perabot/peralatan rumah tangga atau kantor, sepeda motor, hasil industri dan sebagainya

Tarif sangat kompetitif dengan garansi keamanan barang, karena setiap transaksi berbasis computerized sehingga dapat terlacak (track and trace system. Untuk kiriman yang hilangatau rusak diberikan jaminan ganti rugi.

Layanan tambahan dapat diberikan sesuai dengan kebutuhan pelanggan, antara lain berupa pick up service, antaran ke  alamatu tujuan, berita acara penyerahannya

O-Ranger merupakan tim yang dibentuk Pos Indonesia untuk melakukan layanan penjemputan barang (pick up service) di masing-masing area.

O-Ranger berasal dari kata Orange, yang merupakan warna lambang dari Pos Indonesia, dan juga terdiri dari 2 kata yaitu “O” dan “Ranger”

Keuntungan bergabung menjadi bagian dari O-Ranger :

Mengembangkan potensi dalam diri Anda, baik kemampuan teknis maupun softskill, dengan tak lepas dari bimbingan orang-orang terpercaya kami. Bekerja bersama para pemimpin Pos Indonesia dan membina kerja sama tim yang baik.
Memperluas jaringan sosial Anda.





Pos Indonesia merupakan sebuah badan usaha milik negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang layanan pos. Dalam mendukung para pebisnis Usaha Kecil Menengah (UKM), Pos Indonesia dan DHL Express Indonesia memperpanjang kerja sama Express Mail Service (EMS) ke luar negeri. Tujuannya selain itu, Pos Indonesia juga ingin meningkatkan dan memperbaiki akses jaringan global agar lebih efektif dan efiesien. Cara mengirim barang lewat Pos Indonesia juga lebih praktis. Yuk, intip 3 cara mengirim barang lewat Pos Indonesia berikut ini:

Tahap 1
Cara mengirim barang lewat Pos Indonesia yang pertama, siapkan barang yang akan kita kirim, misal handphone. Kemas menggunakan kardus kemudian balut dengan styrofoam dan bubble wrap agar barang bebas dari kerusakan hingga sampai di tempat tujuan.

Tahap 2
Untuk penulisan nama, alamat pengirim dan penerima harus sesuai prosedurya walaupun saat ini penulisan alamat tujuan dan alamat pengirim sering terbali-balik. Tulis identitas pengirim dan penerima di atas sisi yang berbeda pada kemasan barang Anda.

Tahap 3

Kalau sudah melakukan kedua cara mengirim barang lewat Pos Indonesia sebelumnya, langsung bawa barang yang hendak Anda kirim ke Pos Indonesia terdekat. Untuk kebijakan ongkos kirim, jika barang Anda di bawah 1 kg akan dihitung seharga ongkos kirim 1 kg pula.

JIKA KAMU SEBAGAI PENJUAL ONLINE, SEBELUM MENINGGALKAN KANTOR POS / AGEN POS. PASTIKAN ALAMAT YANG DI RESI SESUAI ALAMAT YANG TERTEMPEL DIPAKET

Arti Status Kiriman paket pos indonesia :


Perhatikan juga Kolom Keterangan tambahan yg ada di situs Web Posnya

Posting loket: Artinya kiriman  sudah diterima di loket/cabang kantor pos dan akan segera  di proses diberangkatkan  ke gudang  sortir kantorpos pusat di kota asal pengirim.

Puri Kirim: Kiriman dalam proses keberangkatan menuju kantorpos tujuan.

Puri Terima: Artinya kiriman sudah diterima atau sudah tiba di kantor pos tujuan dan akan segera diantar ke alamat.

Antaran/ PROSES ANTAR: Artinya kiriman sedang diantar oleh kurir/petugas pos indonesia. Jika status ini ada pada resi yang kamu miliki, Pastikan ada orang dirumah yang standby atau titip pesan ke teman//tetangga/security/satpam kalau ada kurir Pos yg datang ke rumah/kantor. sementara rumah kosong atau kamu lagi gk ada di tempat

Adapun beberapa  arti tentang status pengiriman pos indonesia lainnya yang sering kita jumpai antara lain seperti berikut :


Berangkat ke Kantor Penerusan :
Artinya kiriman dikirimkan ke Kantor Pos Pusatnya.

Berangkat Ke Kantor Pos Tujuan :
Artinya kiriman sudah berangkat dari Kantor pos pusat  yang artinya akan segera dikirim ke kantor pos tujuan.

Selesai Antar :
Kiriman sudah diterima, perhatikan Nama Penerima atau Penerima: Antar Ulang / gagal antar berarti barang gagal di antar karena sebab sebab tertentu.

Manifest Terima :
Artinya kiriman sudah di terima pada suatu bagian dari Kantor Pos yang bertugas  menyalurkan Kiriman Pos, dan untuk di lanjukan ke Proses selanjutnya seperti  Antaran, Manifest Serah dari Kantor Pos Cabang di Kota tempat pengiriman, Sederhananya paket kamu sudah diterima di Gudang Kantor Pos Pusat di Daerahmu .Perhatikan lokasi Kota/Kabupaten yang muncul di tracking online
contoh

  • Status Manifest Terima MPC Bandung, artinya paket sudah ada di Kantor Pos Mail Processing Center Bandung
  • Jika statusnya masih di MPC dengan nama kota/daerah tempat tinggalmu, artinya paket sedang disorting/menunggu jadwal pengiriman



Manifest Serah :
Artinya kiriman sudah di serahkan pada bagian lainnya untuk di proses, atau dapat di artikan  kiriman di maksud sedang di proses berangkatkan ke Kantor Pos Pusat Kota tujuan alamat dari alamat penerima. Sederhananya paket kamu sudah diterima di Gudang Kantor Pos Pusat di Daerahmu untuk diproses dan dikirimkan ke Kantor Pos terdekat dengan lokasi rumahmu

contoh
  • Status Manifest Terima MPC Bandung / SPPBANDUNG 40400, artinya paket sudah ada di Kantor Pos Mail Processing Center Bandung
  • Jika statusnya masih di MPC dengan nama kota/daerah tempat tinggalmu artinya paket sedang disorting/menunggu jadwal pengiriman/masih dalam perjalanan antar kota atau pulau untuk diteruskan  ke Kantor Pos terdekat dengan lokasi rumahmu



Sedangkan Keterangan untuk Status kiriman yang sudah Berhasil di Antar sebagai atau sampai tujuan dengan penerima berikut :


Diri sendiri   :
Artinya diterima oleh orang yang ditujukan dalam kriman tersebut,atau sipemilik nama dan alamat tersebut

Sekretaris/ recepcionist :
Artinya kiriman diterima oleh sekretaris penerima atau oleh resepsionis di alamat penerima

Rekan kerja/pegawai :
Artinya kiriman telah diterima oleh rekan kerja Penerima atau Pegawai/Teman kerja. Cek nama yang tertera

Satpam :
Artinya kiriman diterima oleh satpam pada alamat tersebut

Mail room :
Artinya kiriman telah diterima oleh petugas mailroom alamat tersebut

Orang serumah :
Artinya kiriman telah diterima oleh orang yang serumah  dengan rumah penerima pada alamat tersebut

Pembantu :
Artinya kiriman telah diterima oleh pembantu rumah penerima

Pemilik Kos/Asrama :
Artinya kiriman telah diterima oleh Pemilik Kos/ Asarama tempat alamat penerima

Suami/istri :
Artinya kiriman telah diterima oleh istri atau suami penerima kiriman

Yang diberi kuasa :
Artinya kiriman telah diterima oleh orang yang dikuasakan/diberi kuasa  untuk menerima kiriman tersebut (biasanya petugas kantor Pos terdekat dengan lokasi rumah kamu) dikarenakan suatu hal. Cek nama yang tertera di tracking Pos.
 
Petugas PO Box :
Artinya kiriman telah diterima oleh Petugas PO Box  alamat yang ditujukan

Dipanggil
Penerima paket meminta paket diambil sendiri dikantor pos tertentu, atau karena berbagai fkator/hal. Hubungi kantor pos terdekat



Berikut Keterangan/ Penyebab untuk Status kiriman Gagal Antar :

Kirim/Antar Ulang
artinya belum sempat terkirim ke lokasi rumah tujuan dikarenakan jam kerja kurir sudah habis, karena kondisi cuaca, rumah kosong. Atau karena lokasi alamat penerima terlalu jauh dengan lokasi kantor pos terdekat dan hal lainnya. Biasanya akan dikirim besok/lusa.. Jika hari yang sama alamat tujuan kosong, biasanya paket akan disimpan di kantor Pos terdekat dengan lokasi rumah. Jika 3 hari belum terima datangi kantor pos terdekat dengan rumah kamu

Alamat tidak Jelas :
Artinya alamat yang tertera pada kiriman tidak jelas atau tidak lengkap sehingga tidak memungkinkan untuk menemukan alamat tersebut. Jika statusnya seperti ini segera datangi kantor Pos yg tertera di Tracking Pos tersebut., karena biasanya lewat dari 2 atau 3 harian [KIRIMAN DALAM KOTA] atau 7-14 harian [KIRIMAN LUAR KOTA/LUAR PULAU]. Paket tersebut akan dikembalikan ke alamat pengirim yg tercantum dipaket atau Paket akan dikembalikan ke Gudang Kantor Pos dikota asal Pengirim paket

Penerima Tidak dikenal :/ TIDAK DIKENAL / TDK DIKENAL
Artinya kiriman sudah di antar di alamat yang tertera oleh kurir Pos, namun orang yang memiliki alamat tersebut baik tetangga atau rumah lokasi tujuan tidak mengenal nama dalam kiriman tersebut. Jika statusnya seperti ini segera datangi kantor Pos yg tertera di Tracking Pos tersebut., karena biasanya lewat dari 2 atau 3 harian [KIRIMAN DALAM KOTA] atau 7-14 harian [KIRIMAN LUAR KOTA/LUAR PULAU]. Paket tersebut akan dikembalikan ke alamat pengirim yg tercantum dipaket atau Paket akan dikembalikan ke Gudang Kantor Pos dikota asal Pengirim paket

Pindah alamat :
Artinya kiriman sudah di antarkan ke alamat, namun di dapatkan keterangan kalau sipenerima sudah pindah alamat

Meninggal dunia :
Artinya keterangan yang didapatkan pada alamat atau disekitar alamat kalau si penerima sudah meninggal

Rumah Kosong :
Artinya kiriman sudah diantar, namun rumah Kosong/tutup  dan tidak ada orang yang akan diserahkan kiriman tersebut

Ditolak :
Artinya kiriman sudah di antar kurir ke alamat namun ditolak oleh Penerima dilokasi, salah satu alasan, nama pengirim tidak dikenal, salah alamat atau ditolak oleh Penerima paket yang tertera di alamat

Kiriman dengan nomor tersebut tidak ada : 
Artinya ada kesalahan dalam mengentri/input nomor resi  kiriman, coba dicek kembali nomor kiriman tersebut kepada penjual. Biasanya nomer resi yang diberikan akan muncul 1 hari setelah tanggal pengiriman

Luar Batas Antaran

Lokasi rumah penerima paket terlalu jauh dari Kantor Pos terdekat, saran Datangi Kantor Pos. Jika merasa jarak Kantor Pos dengan rumah kamu dekat. Biasanya ini sering terjadi diidaerah pegunungan atau daerah terpencil yang jauh dari kota. kamu bisa berikan komplain ke Facebook atau Twitter resmi Kantor Pos agar kurir bersangkutan diberikan teguran jika merasa jarak kantor pos tidak terlalu jauh dengan lokasi rumahmu. Jika statusnya seperti ini segera datangi kantor Pos yg tertera di Tracking Pos tersebut., karena biasanya lewat dari 2 atau 3 harian [KIRIMAN DALAM KOTA] atau 7-14 harian [KIRIMAN LUAR KOTA/LUAR PULAU]. Paket tersebut akan dikembalikan ke alamat pengirim yg tercantum dipaket atau Paket akan dikembalikan ke Gudang Kantor Pos dikota asal Pengirim paket


UPDATE 2018


Cara membaca Update  Resi Online disitus Resmi Pos nya dari proses awal dikirim oleh penjual adalah dari BAWAH ke ATAS


Penerimaan di loket [NAMA AGEN POS/KANTOR POS]
Paket baru dikirimkan dan  masih dalam proses input di Loket Kantor Pos atau Agen Pos . Perhatikan kode Agen/Kantor Posnya yg tertera di tracking , itu adalah kode lokasi paket sedang berada Jika anda sebagai pengirim, pastikan Noresi/barcode terbaca dengan jelas sebelum meninggalkan kantor pos


Diteruskan ke Hub [NAMA KANTOR POS/GUDANG]
Paket dalam proses penjadwalan /antrian kirim ke gudang Kantor Pos di Kota pengiriman Perhatikan kode Kantor Posnya yg tertera di tracking , itu adalah kode lokasi paket sedang berada


Tiba di Hub [NAMA KANTOR POS/GUDANG]
Paket sudah tiba ke gudang Kantor Pos di Kota pengiriman dan akan masuk antrian kirim / penjadwalan kirim ke Gudang Kantor Pos Kota tujuan pengiriman Perhatikan Nama atau kode Kantor Posnya yg tertera di tracking , itu adalah kode lokasi kantor paket sedang berada

Diteruskan ke Kantor Antaran [NAMA KANTOR POS]
Paket sedang dalam perjalanan kirim ke Gudang Kantor Pos Kota tujuan yang terdekat dengan lokasi /rumah  atau alamat pengiriman yang tertera di paket Perhatikan nama Kantor Pos dan kode Kantor Posnya yg tertera di tracking , itu adalah kode lokasi paket sedang berada



Tiba di Kantor Antaran [NAMA KANTOR POS]
Paket sudah tiba di  Gudang Kantor Pos Kota tujuan yang terdekat dengan lokasi alamat pengiriman yang tertera di paket pengiriman dan akan masuk penjadwalan/antaran kirim Perhatikan kode Kantor Posnya yg tertera di tracking , itu adalah kode lokasi paket sedang berada


Proses Antar [NAMA KANTOR POS]
Paket sedang dalam proses antaran kirim dan dibawa oleh kurir Pos. Perhatikan kode Kantor Posnya yg tertera di tracking , itu adalah kode lokasi paket sedang berada. Pastikan Penerima paket mengaktifkan WA/No handphone dan menjawab jika kurir datang ke rumah/berteriak atau menghubungi melalui Handphone/WA



Selesai Antar
Paket sudah selesai diantar, perhatiakan nama penerima atau orang yg menerima paket. Jika paket belum merasa menerima silahkan datangi langsung kode kantor pos yang tertera disana . Baca ulang arti status yg sudah ditulis diblog ini dibagian atas antara status BERHASIL dan GAGAL KIRIM








catatan: 
  • biasanya H-2 dan H+3 Idul fitri, seluruh paket akan disimpan digudang kantor pos, karena peraturan pemerintah yg melarang angkutan barang melintas selama arus mudik dan arus balik sehingga paket akan masuk antrian daftar kirim & menjadi lama sampai ke tangan kamu, Ditunggu aja hingga H+7 Idul Fitri.
  • Sama seperti jasa kurir lainnya, Biasanya mendekati hari Natal dan Akhir tahun baru, paket-paket tujuan keluar Pulau jawa menggunakan jasa Pesawat Terbang akan mengalami kepadatan gudang akibat pengiriman yg tinggi dari masyarakat, dan juga larangan melintas sejumlah triuk kargo oleh pemerintah pada tanggal-tanggal tertentu. sehingga akan mengalami keterlambatan sampai ditangan penerima. 
  • Sebaiknya Hindari berbelanja Online seminggu pada tanggal mendekati tanggal 25 dan akhir desember dan awal-awal minggu pertama Tahun baru terutama yang berada di luar pulau Jawa, jika kamu benar-benar membutuhkan barang tersebut, lebih baik beli secara Offline. untuk menghindari paket lama sampai ditangan


Barang-Barang yang Dilarang untuk Dikirim Melalui Layanan Paket Pos

Sesuai Ketentuan International Air Transport Association (IATA), barang-barang yang dilarang diangkut dengan pesawat disebut Dangerous Goods. Pengertian Dangerous Goods adalah benda atau zat yang bersiko membahayakan kesehatan, keselamatan, asset atau lingkungan dan tertera dalam daftar International Air Transpot Association Dangerious Goods Regulation atau yang diklasifikasikan sebagai DG menurut IATA DG.

Jenis-jenis barang yang tegrolong dalam Dangerious Goods adalah sebagai berikut:

  1. Explosives (benda/bahan peledak)
  2. Semua jenis gas, flammable gas (gas yang mudah terbakar),   non flammable gas (gas yang tidak mudah terbakar), Toxic gas (gas yang beracun), dan Non Toxic gas (gas yang tidak beracun).
  3. Flammable liquid (cairan yang mudah terbakar).
  4. Berbagai jenis solid; Flammable Solid (benda padat mudah terbakar), Spontaniously Combustible (benda yang mudah terbakar secara spontan), Dangerous When Wet (Benda yang berbahaya ketika basah).
  5. Oxcider; Oxidizer (bahan oxidator), organic peroxide (peroxida organik).
  6. Toxic; Toxic (racun), infectious substances (zat yang dapat menular).
  7. Radioactive (bahan radioaktif).
  8. Corrosives (bahan yang dapat menimbulkan kerusakan/karat).
  9. Misscleaneous DG (barang berbahaya lainnya)
Jika Dangerous Goods tidak boleh dikirim lewat angkutan pesawat, maka Barang Larangan sama sekali tidak boleh dikirim lewat Pos. Barang Larangan adalah barang yang dapat membahayakan kiriman lain, lingkungan atau keselamatan orang dan tertera dalam Undang-Undang Republik Indonesia.
Yang termasuk kategori Barang Larangan dikirim lewat Kantor Pos adalah:
  1. Narkotika, psikotropika dan obat-obat terlarang lainnya.
  2. Barang yang mudah meledak atau amunisi.
  3. Barang yang mudah terbakar.
  4. Senjata, senjata api asli, replika maupun suku cadangnya.
  5. Barang yang mudah rusak dan mencemari lingkungan
  6. Barang yang melanggar kesusilaan
  7. Barang yang sifat pembungkusnya dapat membahayakan keselamatan orang, dapat mengotori dan merusak kiriman lain
  8. Binatang hidup, kecuali dikirim oleh lembaga-lembara resmi.
  9. Bahan biologis yang mudah busuk dan mudah menularkan penyakit
  10. Uang, surat berharga, emas, perak, permata, perhiasan dan barang berharga lainnya.
  11. Barang palsu dan/atau dipalsukan, banderol-banderol, sticker pajak palsu.
  12. Barang yang dilarang masuk negara tujuan sesuai dengan peraturan negara setempat.
  13. Barang cetakan yang tidak mencantumkan penerbit, atau tulisan yang bersifat menghasut, memfitnah, upaya sabotase terhadap pihak tertentu atau Pemerintah yang sah.
  14. Jasad manusia sebagian atau utuh.
  15. Barang-barang lainnya yang menurut peraturan perundang-undangan dinyatakan terlarang 

Untuk lebih jelasnya silahkan tanyakan dulu petugas loket apakah bisa atau tidak mengrimkan paket yang akan dikirim. Sebutkan dengan benar & jujur isi paket yg akan kamu kirim. Karena jika tidak lolos X-RAY Bandara, maka paket akan dikembalikan ke Kantor Pos Pusat di kota asal pengirim

Untuk menghindari adanya kiriman terlarang di Kantor Pos maka setiap pengiriman barang melalui Kantor Pos maka pengirim harus mengisi Formulir Pernyataan Isi Kiriman :


Dengan mengisi formulir tersebut maka Pengirim menjamin bahwa isi kiriman cocok dan sesuai dengan pernyataan yang telah ditulis dalam formulir tersebut.

Untuk pengiriman Dangerous Goods bisa menggunakan layanan perlakuan khusus. Info lebih lanjut dapat ditanyakan di Kantor Pos setempat.

Agar pesanan sampai dengan selamat ke tujuan, Tuliskan data alamat selengkap-lengkapnya dan pastikan sudah benar sebelum dikirim ke loket atau dipickup kurir O Ranger.

Nama Lengkap/Nama Panggilan:

Alamat Lengkap (Jl, Gang, Dusun, Desa, kelurahan, kecamatan, RT, RW, Nomer rumah, Kode pos, dan patokan / ciri rumah, dekat dengan bangunan, toko, warung, nama perumahan, nama kantor dan keterangan lain-lain agar mudah dicari)




Jika 1 minggu setelah tanggal dikirim, paket belum diterima. 
(hari minggu/Libur dan tanggal merah tidak masuk hitungan waktu kirim dan tidak ada antaran pengiriman)
  • Cek resi kamu secara online disitus remsI Pos, kemudian baca status akhir mengenai paket tersebut, Baca pada kolom KETERANGAN
  • Cek dan Tanyakan dulu ke tetangga/rumah yang berada didepan maupun samping rumah kamu. sekitar 2-4 rumah yang dekat dengan rumah kamu apakah ada titipan Paket atau Pak Pos yg datang ke rumah saat kamu lagi pergi atau Pintu gerbang/rumah tidak ada yang membuka
  • Tanya Pak RT, biasanya kalau kurirnya udah kenal sama pak RT, sementara nama penerima paket gAk dikenal di daerah tersebut akan dititpkan di Pak RT
  • Hubungi pengirim asal paket
  • Hubungi akun facebook atau twitter Pos Indonesia
  • Datangi Kantor Pos Pusat/Kantor Pos besar terdekat dengan lokasi rumah, biasanya kalau alamat gak jelas + orang yg tertera dipaket gk dikenali tetangga sekitar, gk ada orang dirumah, Pintu gerbang/rumah tidak dibuka ketika ada kurir Pos yang memanggil dan kurir udah datang kembali 3x kerumahmu. Paket akan disimpan di kantor Pos. Jangan lupa bawa KTP/Identitas diri dan nomer resi. Coba tanyakan ke Satpam atau Customer Service yg ada di kantor pos nya kemudian sebutkan nomer resi kamu
  • Jika lokasi tujuan yg tertera di paket adalah kantor/toko/Sekolah/kompleks/kost-Kosatan, biasanya paket akan dititipkan oleh kurir ke Pemilik Kostan/Teman Kostan/Front Office, SATPAM. Coba ditanyakan ke bagian bersangkutan
  • Jika kurir melakukan tanda tangan sendiri, menghilangkan barang atau membuat status penerima palsu, kamu bisa melaporkannya ke Akun Facebook maupun akun Twitter Resmi Mereka. Atau lebih baik kamu datangi kantor Pos tempat pengiriman tersebut lalu temui pimpinan Kantor Posnya
  • Untuk kiriman dari luar Negeri silahkan hubungi dan tanyakan pada Facebook atau Twitter Resmi Bea Cukai. mungkin paket kamu tertahan di Pihak BEA CUKAI



CARA MENGECEK STATUS/TRACKING KIRIMAN POS

  1. Kunjungi situs Pos Indonesia, Klik LINK INI  atau LINK INI Masukan Nomer Resi / No Barcode yang telah diberikan penjual atau diberikan oleh pegawai loket pos. Cek sekali lagi, jika sudah benar masukan kode keamanan yang muncul. Lalu klik tombol Cari.
  2. Atau Jika server sedang DOWN/Maintenance kunjungi di https://cekresi.com/ [DISABLE/MATIKAN DULU ADBLOCK PLUS BROWSER] Masukan Nomer Resi / No Barcode yang telah diberikan penjual atau diberikan oleh pegawai loket pos. Cek sekali lagi, jika sudah benar  Klik Tombol "CEK RESI"  > Pilih/Klik tombol "POS INDONESIA"
  3. Tunggu beberapa detk, maka akan muncul status kiriman paket
  4. Siolahkan dibaca tabelnya, 
  5. Status/ Keberadaan paket kamu sedang berada. kamu bisa melihatnya ada dikolom/Tabel LOKASI. Contoh dikolom LOKASI muncul TANGERANG 15000. Artinya paket sedang berada di Kantor Pos Tangerang 15000, dan pada kolom KETERANGAN menunjukan detail paket tersebut 
  6. Jika paket belum diterima lebih dari 1 minggu, dan pada Kolom STATUS terdapat Tulisan SELESAI ANTAR, baca Kolom KETERANGAN nya disana tertulis apa
  7. Kamu bisa baca tabel pada Kolom LOKASI untuk mengetahui keberadaan paket tersebut sedang disimpan, Copy lokasi tersebut ke Google, tambahkan depannya kata Kantor Pos, Contoh LOKASI: JAKARTATIMUR 13000. maka ketik di Google Kantor Pos JAKARTA TIMUR 13000 di google. Maka akan muncul alamat lokasi Kantor Pos bersangkutan, Kalau tidak tau lokasi bisa cari di Google Maps/ Google Street..Jika sudah ketemu. kamu bisa telepon atau mendatangi alamat Kantor Pos tersebut misal 1 minggu paket kiriman kamu belum diterima sejak tanggal dikirim. Estimasi 1Minggu adalah lokasi kota-kota besar yaaaa.. Untuk Lokasi terpencil/jauh dari kota biasanya akan 1 mingguan lebih


catatan:
  • Selalu cek resi disitus resminya minimal 1 hari sekali
  • Packing paket yg aman agar kuat benturan/hujan/rusak
  • Lamanya semua tergantung kondisi cuaca/jalanan di daerah kamu Banjir/Kerusakan jalan
  • Kalau kamu mengirim di daerah jauh dari kota / Agen Pos / Daerah terpencil maka biasanya akan lama, tergantung pelayanan Kantor Pos maupun kesigapan Agen Pos di lokasi dekat rumahmu
  • Kesigapan Agen Pos mengirimkan ke Kantor Pos Pusat atau kesigapan Kurir Pos di daerah kamu berpengaruh terhadap lamanya barang sampai ke tangan kamu
  • Semakin kurang lengkap alamat seperti yang sudah disebutkan diatas, maka semakin lama
  • Pastikan tulisan penerima yg tertera dipaket jelas, tidak mudah luntur juga mudah dibaca atau lebih baik di print dan dilapisi solasi/lakban
  • Waktu estimasi kirim dihitung 1 hari setelah paket dikirim/Posting Loket. Pilihlah Agen Pos atau Kantor Pos yang petugasnya sigap mengirimkan seluruh paket-paket pelanggannya  ke kantor Pos Pusat Di Kotamu
  • Cepat sampainya juga tergantung dari kesigapan pengirim asal paket, jika ingin menggunakan Pos Express usahakan dibawah jam 12 siang
  • Jam kerja kurir biasanya antara jam 08.00 Pagi - 16.00 WIB. Pastikan ada orang dirumah atau titip pesan ke temen/tetangga kalau ada pak Pos yang dateng


JAM KERJA KANTOR POS

Kantor Pos Besar: Pukul 08.00 - 22.00 WIB
Kantor Pos Cabang: Pukul 08.00.18.00 WIB

notes: jam kerja bisa berubah, tergantung kantor pos didaerah kalian


Layanan Pos Kilat Khusus:
  • Estimasi sampai 1-2 hari (pengiriman dalam kota)
  • Estimasi sampai 2-4 hari (pengiriman luar kota)
  • Estimasi sampai 3-5 hari (Luar Pulau/Kabupaten)

Layanan Pos Express: Estimasi sampai 1-2 harian (Dalam atau Antar Perkotaan )


RESI OTOMATIS BUKALAPAK

Proses scan atau input resi otomatis hanya bisa dilakukan di Kantor Pos dengan tipe Kantor Pos Pemeriksa di daerahmu bukan Agen Pos. Jika ragu, Tanyakan dulu ke Bagian Customer Service Kantor Pos bersangkutan apakah bisa melakukan kirim resi otomatis di kantor pos tersebut, 

jika bisa, Serahkan paket, petugas akan menginput kode booking dan kamu akan diberikan resi oleh petugas Pos. kamu tidak perlu bayar biaya ongkos kirim, karena akan otomatis terpotong dari transaksi penjualan tersebut



 

Pelanggan Kantor Pos yang memiliki bisnis online kini tidak perlu khawatir lagi untuk urusan pengiriman paket, 

karena Pos Indonesia hadir dengan layanan jemput paket ke rumah/toko, gratis dan tanpa batas minimal. 

Segera hubungi Kantorpos terdekat untuk info lengkapnya!

Say Thanks!



PADA AKHIR TAHUN 2018, 
SEJUMLAH JASA KURIR DI INDONESIA MENGALAMI PENGURANGAN JADWAL PENERBANGAN PESAWAT TERBANG OLEH MASKAPAI PENERBANGAN AKIBAT DARI DAMPAK MELEMAHNYA RUPIAH dan HARGA TIKET PESAWAT YANG MAHAL. SEHINGGA AKAN BERAKIBAT KETERLAMBATAN PAKET YANG DITERIMA PADA DAERAH TERTENTU DI LUAR PULAU JAWA.







SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 pengiriman POS EXPRESS, POS KILAT KHUSUS DAN PAKET JUMBO ANTAR PULAU AKAN ALAMI KETERLAMBATAN DIKARENAKAN RUTE PESAWAT YANG SEPI ATAU DIBATASI PEMERINTAH







berbagai sumber

 
Like us on Facebook