January 2, 2013

Tips Mengatasi Rambut Yang Beruban Putih Saat Remaja

Masih remaja sudah tumbuh uban di kepala? Tentu bukan hal yang menyenangkan. Kenali penyebabnya, dan cari solusi terbaik agar uban tak makin banyak.

http://www.doktercantik.com/wp-content/uploads/2012/08/Rambut-Beruban-Pada-Wanita.jpg

Ingin tahu apa saja penyebab munculnya uban diusia dini? Berikut diantaranya:

  • Kelainan kelenjar tiroid

Penelitian yang diadakan oleh Universitas Michigan mengatakan bahwa kelainan di kelenjar tiroid bisa memicu ketidakseimbangan hormon. Jika terhadi hipotiroid, maka uban akan muncul walau usia Anda masih muda.
  •     Kurang vitamin

Kurang vitamin B dapat menyebabkan terjadinya gangguan pigmen di rambut. Akibatnya, pigmen warna hitam menjadi berkurang dan menyebabkan rambut berubah menjadi putih.
  •     Keturunan

Gen yang membuat sel-sel rambut memproduksi warna atau pigmen dipengaruhi pula oleh faktor bawaan atau keturunan. Jika pada garis keturunan Anda terdapat orang-orang dengan usia muda namun beruban, maka ada kemungkinan Anda juga mengalaminya.
  •     Kurangnya sebum

Sebum adalah zat yang berfungsi melembabkan rambut. Jika Kekurangan zat ini, maka rambut akan berubah kering dan berubah warna menjadi putih atau abu-abu.
  •     Rokok dan alkohol

Kedua hal ini adalah salah satu pemicu munculnya uban pada remaja. Jadi sebisa mungkin, remaja tak menyentuh rokok serta alkohol.


Tips Mengatasi Rambut Beruban di Usia Muda



Rambut beruban saat usia masih muda kerap menimbulkan rasa minder. Sebab,  dari sisi penampilan mungkin membuat orang lain berasumsi bahwa Anda sudah tidak muda lagi. Penyebab keluarnya uban bisa dipengaruhi oleh faktor keturunan dan gaya hidup. Dan, kemunculan uban barangkali masih bisa diatasi dengan tips berikut ini:


http://www.flexmedia.co.id/wp-content/uploads/2012/11/81034_pria_takut_botak_663_382.jpg

  • Jauhi stres. 
Penyakit mental ini sangat mengganggu keseimbangan tubuh bila dipelihara. Termasuk, stres dapat berpengaruh pada proses produksi pigmen. Saat Anda banyak stres dan produksi pigmen terganggu, maka rambut pun tidak mendapatkan warna aslinya. Uban segera memenuhi rambut Anda. Oleh karena itu, jika hidup Anda cukup dengan dengan lingkungan stres, carilah cara untuk dapat sejenak melakukan rileksasi. Anda bisa bermeditasi atau berolahraga untuk mengembalikan kesegaran fisik dan pikiran.
    
  • Manfaatkan labu untuk memulihkan pigmen rambut dan menguatkan akarnya. Anda bisa memotong labu dan merendamnya dengan minyak kelapa. Biarkan selama tiga hari. Selanjutnya, rebus campuran tersebut hingga muncul ampas berwarna hitam. Setelah dingin, gunakan ampas hitam tersebut untuk diterapkan pada kulit kepala dan biarkan beberapa saat. Akhiri dengan membilas rambut sampai bersih.

  • Konsumsi berbagai makanan sehat yang kaya dengan nutrisi ini:  protein, zat besi, yodium mineral, vitamin A, dan vitamin B. Anda bisa memperolehnya secara alami dari sayuran dan buah-buahan. Masukkan jenis makanan sehat dengan memperbanyak kandungan nutrisi tersebut untuk mengatasi masalah uban dari dalam.








references by sidomi



 
Like us on Facebook