January 2, 2013

WOW ! Windows 8 Bisa Dikontrol Menggunakan Mata !

Tobii Rex adalah sebuah prototipe aksesoris komputer yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol dan navigasi menu pada PC dengan sistem operasi Windows 8 menggunakan gerakan mata melalui teknologi eye-tracking yang bernama Gaze.

Kemampuan aksesoris Tobii Rex ini tak jauh beda dengan teknologi yang sebelumnya pernah muncul, sebut saja Microsoft Kinect eye-tracking atau Leap Motion. Tobii sendiri adalah sebuah perusahaan dibailk teknologi eye-tracking Gaze Technology yang hadir di ajang CES 2012 dan CeBIT 2012 lalu.

http://rack.2.mshcdn.com/media/ZgkyMDEzLzAxLzAyLzk1L1RvYmlpX1JFWF9MLjk2YjFkLmpwZwpwCXRodW1iCTg1MHg1OTA+CmUJanBn/a7dccae5/228/Tobii_REX_Limited-Edition---close-up-on-Win-8-desktop.jpg

Tobii Rex berbentuk mirip tongkat ini dapat dipasang secara landscape di monitor pada komputer bersistem operasi Windows 8. Aksesoris Tobii Rex ini menggunakan port USB (Universal Serial Bus) untuk berkomunikasi dengan komputer.

Tak hanya itu, Tobii mengatakan bahwa aksesoris Tobii Rex ini tidak bermaksud menggantikan input tradisional komputer, tapi menambah media input dan pengguna dapat menggunakan Tobii Rex ini bersamaan dengan perangkat input lain seperti mouse dan keyboard.

Tobii Rex ini bekerja dengan mendeteksi gerakan bola mata menggunakan teknologi Gaze eye-tracking technology. Sayangnya, aksesoris Tobii Rex ini belum dijual untuk konsumen karena Tobii Rex saat ini masih terus dikembangkan.

Pembesut Tobii Rex, yakni Tobii mengatakan bahwa pihaknya telah memproduksi Tobii Rex sebanyak 5000 unit saja yang dijual kepada pengembang dengan harga yang cukup mahal, yakni USD $995 atau Rp 9 jutaan. hal yang sama juga dilakukan oleh perusahaan dengan teknologi serupa seperti Kinect dan Leam Motion.

Seperti yang dilansir dari The Verge (02/01/2013), diharapkan ketika Tobii Rex diluncurkan ke pasar konsumen mampu memenuhi ekspektasi pengguna, yakni sistem eye-tracking yang responsif. Tampkanya teknologi ini juga bukan pengganti touchscreen, bayangkan saja Anda memainkan game Angry Birds menggunakan gerakan bola mata melalui Tobii Rex.

 
Like us on Facebook