December 9, 2013

Grace Hopper, Penemu Bahasa Pemrograman Cobol

Google menampilkan seorang perempuan hebat bernama Grace Hopper sebagai tema pada tampilan Google Doodle hari ini. Siapakah dia?


Hari ini, Senin, 9 Desember 2013, raksasa internet AS itu memperingati hari lahir Grace Hopper yang ke-107 tahun pada tampilan Google Doodle di halaman depan mesin pencarinya. Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui siapa Grace Hopper itu.



Grace Hopper dilahirkan di New York, AS, pada 9 Desember 1906. Pemilik nama lengkap Grace Brewster Murray Hopper ini adalah Laksamana Angkatan Laut AS yang juga merupakan seorang ilmuwan komputer.

Hopper adalah pelopor dari bahasa pemrograman komputer modern COBOL yang diciptakan pada tahun 1959. COBOL, singkatan dari Common Business Oriented Language, adalah sebuah bahasa pemrograman generasi ketiga.
Sesuai dengan namanya, maka COBOL mempunyai fungsi menyelesaikan berbagai masalah yang berhubungan dengan perdagangan, seperti sistem pengelolaan keuangan, laporan pengeluaran sebuah perusahaan dan lain-lain.

Sebelum menciptakan COBOL, Hopper juga memimpin tim dalam mengreasikan dua bahasa pemrograman kompter pertama, yakni MATH-MATIC dan FLOW-MATIC.

Hopper bergabung ke Angkatan Laut AS pada tahun 1943 di era Perang Dunia II. Saat itu ia sudah memiliki gelar Ph.D di bidang matematika dari Yale University, AS.

Karirnya di Angkatan Laut berkembang pesat seiring kecerdasannya di bidang komputer dan sains. Sehingga di penghujung karirnya di Angkatan Laut, Hopper dipercaya menyandang pangkat Laksamana, yang setara dengan pangkat Jenderal di Angkatan Darat.

Namanya pun kemudian diabadikan sebagai nama sebuah kapal perang milik Angkatan Laut AS yakni USS Hopper (DDG-70).

Di bidang komputer, nama Hopper juga diabadikan untuk superkomputer milik NERSC (National Energy Research Scientific Computing Center) dan sebuah ruangan di Chalmers University of Technology di Gothenburg, Swedia.

Grace Hopper meninggal pada 1 Januari 1992 di Virginia, AS, dalam usia 85 tahun. Sepanjang hidupnya, Hopper telah menerima sekitar 40 gelar kehormatan dari berbagai universitas di seluruh dunia.







references by inilah

 
Like us on Facebook