February 20, 2015

Fitur Baru Windows 10, Login Menggunakan Retina Mata & Sidik Jari

Setelah sebelumnya pada Windows 8/8.1 juga telah disediakan fitur login menggunakan gesture picture password


Microsoft tidak hanya memberikan yang terbaik untuk smartphone  Windows Phone dan personal computer (PC) dengan Windows 10. Perusahaan teknologi ternama itu juga memberikan inovasi canggih untuk keamanan sebagai pelengkap Windows 10.

Seperti dilansir News Softpedia, Selasa (17/2/2015), akses menuju Windows 10 tidak lagi memakai password. Pengguna akan menggunakan pindai atau scan mata untuk log in ke Windows terbaru besutan Microsoft itu.
Itu artinya Microsoft untuk Windows 10 itutelah bergabung dengan perusahaan lain, seperti Google dan Paypal. Mereka sama-sama mendukung Fast Identification Online (Fido), yakni menggunakan otentikasi alternatif berbasis pembaca biometrik pihak ketiga.




Group Program Manager Microsoft, Dustin Ingalls, mengatakan transisi sistem keamanan dari password ke cara biometrik adalah sebuah tantangan. Dia juga mengklaim sistem tersebut akan lebih aman dibanding password.
Peluncuran Windows 10 yang mendukung Fido adalah langkah pertama menuju peningkatan keamanan. “Kami bekerja sama dengan beberapa mitra industri utama untuk mengubah otentikasi serta mengembangkannya. 

Memperhitungkan sistem itu lebih detail dan terukur untuk menciptakan sistem yang lebih aman bagi pengguna layanan online,” ujar dia.
Sistem biometrik bukan hanya scan mata, bisa juga dengan sidik jari yang telah diterapkan beberapa perusahaan seperti Google dan Apple. Microsoft memilih pindai retina untuk Windows 10.






 
Like us on Facebook