March 22, 2015

Tips Cara Mengupas Udang Agar Enak

Udang adalah makhluk kecil yang hidup di dasar laut. Mereka memiliki kulit luar yang sangat keras, dan biasanya agak sulit untuk dibersihkan sendiri di rumah. Ketika Anda membeli udang di toko, biasanya bagian kepala dan kulit ataupun buntut sudah dibersihkan.



Namun sebenarnya, ada cara yang lebih mudah untuk Anda jika ingin mengupas dan membersihkan udang sendiri di rumah. Seperti dilansir Kitchn, berikut dua metode dalam mengupas dan membersihkan udang.

Metode pertama, dengan tangan.
Pertama, tarik kaki  dan kulit udang secara bersamaan hingga terlepas dari badan udang. Anda bisa membersihkan kulit udang tanpa menarik kakinya namun agar lebih bersih, lebih baik tarik keduanya.



Untuk memudahkan, gunakan ibu jari Anda dan arahkan ke bagian dalam kulit, kemudian tarik hingga kulit retak, sehingga kulit akan mudah terlepas dari tubuh udang.

Selanjutnya, bagian ekor. Biasanya ekor udang kerap dibiarkan ada ketika dimasak, namun jika ingin mudah dalam memakannya, cubit ekor kemudian tarik perlahan hingga ekor terlepas. Pastikan bahwa tubuh udang benar-benar bersih dan hanya daging yang tersisa.







1. Pilih udang segar

Saat akan membeli udang, pilihlah udang yang masih segar dan ukurannya besar-besar agar mudah dikupas. Cari udang yang kepalanya masih utuh (belum putus) dan berwarna cerah mengkilap.

2. Tekan bagian kepala udang

kepala udang
Patahkan kepala udang – Pamasa Boga
Patahkan kepala udang dengan cara menekannya dari bawa ke atas, tapi jangan sampai putus dari badannya. Tujuannya agar Anda mudah mengupas kulit di tubuh udang sampai keekor.

3. Buka kulit udang

trik mengupas udang
Buka kulit punggung udang – Pamasa Boga
Anda bisa mulai mengupas kulit udang dengan cara membukanya terlebih dulu. Caranya, letakkan kedua jari telunjuk di ruas punggung udang bagian tengah. Tarik berlawanan arah sampai kulitnya terbuka.

4. Tarik kulit sampai terlepas

cara mengupas udang
Tarik kulit sampai terlepas – Pamasa Boga
Setelah terbuka, sekarang tarik kulit punggung udang hingga terlepas dari dagingnya. Lakukan secara perlahan agar daging udang tidak rusak.

5. Bersihkan ekor

trik kupas udang
Cara bersihkan ekor udang – Pamasa Boga




Metode kedua, dengan gunting dapur.
Potong memanjang bagian atas udang dengan gunting dengan cara memasukkan ujung gunting ke sisi bagian atas antara udang dan kulit, kemudian potong kulit sepanjang tubuh udang dan berhenti di bagian ekor.

Setelah kulit digunting dan terbagi dua, kupas kedua sisi dari kulit tersebut dengan menggunakan tangan kemudian buang. Untuk membersihkan ekornya, tidak ada cara khusus dengan menggunakan gunting. Tetaplah cubit ekor kemudian tarik perlahan hingga ekor benar-benar terlepas dan bersih.












references by sindonews, ciricara

 
Like us on Facebook