July 20, 2017

Manfaat Minum Air Hangat Bagi Tubuh

Minum air hangat sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.  Saat bangun pagi dan saat perut dalam keadaan kosong, mengkonsumi air putih hangat sangat berpengaruh pada kesehatan. Ahli gizi klinis dan pakar kesehatan media dalam ilmu pangan dan gizi Stella Metsovas mengatakan minum air hangat di pagi hari atau ditambah dengan rendaman lemon yang kaya polifenol atau dengan teh, terbukti mengurangi aktivitas radikal bebas di tubuh.



"Minum air hangat meningkatkan pengencangan usus dan ini membantu pencernaan dan mengatur pergerakan usus jadi baik untuk kesehatan tubuh ,"  kata Stella seperti dikutip  Life Hack.

Nah, berikut ini enam  manfaat  minum air putih hangat yang baik bagi tubuh:

1. Mencegah Penuaan Dini
Keberadaan racun dalam tubuh bisa membuat penuaan lebih cepat menjadi kenyataan. Ketika racun menumpuk di tubuh, ia akan rentan terhadap penyakit dan penuaan. Nah, air hangat bisa membantu membersihkan tubuh dari racun. Selanjutnya, bisa membantu memperbaiki sel kulit yang bisa menyebabkan peningkatan elastisitas kulit Anda.

2. Mengurangi Rasa Sakit
Obat alami yang ampuh untuk mengurangi rasa sakit akibat kram menstruasi adalah air hangat. Ini melemaskan otot-otot perut dan membantu meringankan nyeri haid. Selain itu, air hangat adalah obat yang efektif untuk semua jenis kram karena meningkatkan sirkulasi kapiler dan membantu merilekskan otot-otot di tubuh.

3. Menurunkan Berat Badan
Air hangat meningkatkan suhu tubuh yang pada gilirannya meningkatkan tingkat metabolisme. Peningkatan aktivitas metabolik memberi tubuh kemampuan untuk membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Jika Anda memulai hari, meminum segelas air hangat dengan lemon akan membantu tubuh memecah jaringan adiposa (atau lemak tubuh) di tubuh. Air hangat dengan lemon juga mengendalikan keinginan untuk makan karena lemon mengandung serat pektin.

4. Memperbaiki Pencernaan
Jika Anda minum segelas air hangat di pagi hari, Anda akan merangsang sistem pencernaan dan membantu tubuh untuk lebih cepat mencerna dan menghilangkan makanan. Namun, jika Anda meminum air dingin setelah makan justru bisa menjadi kontraproduktif.

Air dingin mengeraskan minyak dan lemak dalam makanan yang baru saja Anda makan. Hal ini menciptakan timbunan lemak dan membuat pencernaan menjadi lebih sulit. Anda lebih baik mengganti segelas air dingin dengan yang hangat.

5. Meningkatkan sirkulasi darah
Akumulasi deposit di sistem saraf dan timbunan lemak di tubuh dieliminasi saat Anda meminum segelas air hangat. Proses ini membantu membuang racun yang ada di seluruh tubuh yang pada gilirannya membantu sirkulasi darah. Air hangat juga bersifat rileks, membantu melonggarkan otot, menghilangkan sirkulasi yang buruk, dan membantu aliran darah.

6. Mempercepat Tidur di Malam Hari

Saat Anda menyesap air hangat saat makan, terutama saat makan malam dan sebelum tidur, Anda akan membantu tubuh menjadi rileks dan menenangkan saraf. Pada gilirannya, ini bisa membantu menginduksi tidur. Ini juga akan membantu menghentikan keinginan malam hari dan menyebabkan peremajaan di pagi hari.






references by sindonews

 
Like us on Facebook