September 14, 2015

Penipuan BlackPanda Kaskus di FJB yang Sedang Heboh

Belakangan ini di Kaskus ramai tentang korban penipuan jual beli yang dilakukan oleh RW atau rekber online BlackPanda. RW ini dikabarkan sudah menipu ratusan orang di forum itu. Hal itu diungkapkan oleh akun redbox.online.


Rekberblackpanda adalah jasa penitipan dana untuk pembeli dan penjual di FJB maupun di marketplace online lain yang akan melakukan transaksi online dan tidak bisa bertemu secara fisik. Apabila transaksi sukses, dana akan diserahkan ke penjual dengan cara transfer rekening. Apabila gagal, adana akan dikembalikan kepada pembeli. Dengan peraturan dan mekanisme yang sudah kami atur dan disebutkan di tulisan selanjutnya. Aman untuk pihak pembeli, karena dana tetap aman di rekberblackpanda[dot]com sampai barang yang dikirim tiba ditangan dan sesuai dengan penjelasan penjual. Nyaman bagi pihak penjual, karena pada saat barang dikirim, dana sudah benar-benar masuk di REKBER BLACKPANDA. Selain itu dengan menggunakan jasa kami, penjual bisa memberikan pilihan kepada calon pembeli dalam melakukan transaksi yang ujung-ujungnya keuntungan/profit dalam berjualan bisa segera diperoleh.

REKBER BLACKPANDA dikelola oleh Blackpanda Corpindo yang sebelumnya sudah hadir di fjb Kaskus. Dalam perkembangannya, faktor kemanan dan privasi menjadi hal yang dibutuhkan dalam transaksi jual beli online. Sehingga lahirlah rekberblackpanda[dot]com, yang lebih independen, fleksibel, namun tetap mengedepankan faktor keamanan bagi penjual dan pembeli. Dan tentunya memenuhi rasa keadilan bagi kedua belah pihak.

REKBER BLACKPANDA menggunakan protokol keamanan SSL yang dikeluarkan oleh GeoTRUST, penyedia SSL Certificate yang terpercaya didunia sehingga data yang mengalir adalah benar-benar dari anda untuk kami dan dari kami untuk anda, menghindari intervensi pihak ketiga.
REKBER BLACKPANDA siap menjadi partner bagi pembeli dan penjual online dari forum FJB maupun marketplace online lain sesuai ketentuan layanan. Kami berkomitmen menjadi penyedia layanan mediasi transaksi online yang menghadirkan layanan prima dan handal dengan tarif layanan yang terjangkau. Untuk mewujudkan komitmen itu, REKBER BLACKPANDA melayani transaksi 6 hari dalam seminggu mulai pukul 08.00 - 16.00 (sabtu 09:00-12.00, minggu dan libur nasional tutup).

Legalitas

 rekberblackpanda[dot]com adalah CV. Blackpanda Corpindo. Didirikan dihadapan notaris Christiana Inawati, SH berkedudukan di Surabaya tanggal 20 April 2011 dan disahkan oleh Pengadilan Negeri Surabaya tanggal 4 Mei 2011

Kebijakan layanan

  1. Gunakan dan manfaatkan fasilitas pengiriman komentar ditiap detil transaksi untuk interaksi antara penjual, pembeli, dan admin mengenai kondisi transaksi yang bersangkutan.
  2. Penjual dan Pembeli sepakat menggunakan jasa Rekber Blackpanda.
  3. Pembeli transfer dana ke rekening Blackpanda berupa harga barang ditambah biaya jasa, setelah transfer silahkan konfirmasi dengan cara post di thread ini atau mengisi form di https://rekberblackpanda[dot]com (pilih salah satu saja), Format dan contoh konfirmasi di thread sudah disediakan di bawah.
  4. Setelah dana masuk, Blackpanda akan mengkonfirmasi kepada Penjual untuk mengirim barang kepada Pembeli.
  5. Penjual mengirim barang kepada Pembeli.
  6. Barang tiba ditujuan, Pembeli konfirmasi ke Blackpanda bahwa barang sudah diterima dan dana boleh diteruskan ke Penjual.
  7. Blackpanda akan meneruskan dana ke Penjual, maksimal 3x24 jam setelah konfirmasi dari Pembeli.
  8. Dana diterima oleh penjual, transaksi selesai.
  9. Bila ternyata barang yang diterima oleh Pembeli tidak sesuai dengan yang dijelaskan oleh Penjual. Pembeli bisa melaporkan ke Blackpanda agar dana di hold hingga ada kesepakatan dengan Penjual. Dalam proses negosiasi, Blackpanda tidak akan turut campur. Setelah ada kesepakatan, dana akan diteruskan sesuai dengan instruksi kedua belah pihak.
  10. Apabila transaksi BATAL atas kesepakatan Pembeli dan Penjual, dana akan dikembalikan kepada pembeli. Tentunya setelah dipotong biaya jasa.
  11. Blackpanda berhak menolak transaksi apabila dirasa meragukan, tanpa memberitahukan alasannya.
  12. Blackpanda tidak bertanggungjawab atas isi barang yang diperdagangkan. Segala akibat yang ditimbulkan oleh pengiriman, ketidak sesuaian spek dan jenis barang, adalah tanggung jawab pembeli dan penjual, bukan Blackpanda.
  13. Dengan menggunakan jasa Blackpanda, Pembeli maupun Penjual menyatakan tunduk dan mematuhi peraturan dari kami.

"Rekap data korban BlackPanda (RW). Ayo kumpul! Di sini saya hanya membantu merekap, tidak ada jaminan apakah RW akan merefund semua dana agan. mau ditindak lanjuti bagaimana saya juga ga tau," tulisnya kemarin, Sabtu (12/9).


"Bagi yang sudah ditransfer oleh Black Panda, mohon juga tetap rajin mengupdate, jangan main tinggal pergi ya," imbuhnya.

Tak tanggung-tanggung kabarnya, RW ini pernah membawa kabur duit Rp 35 juta dari korbannya. Dari beberapa informasi dari postingan di Kaskus, RW atau BlackPanda ini tinggal di Surabaya.

"Untuk pihak berwajib daerah Jawa Timur khususnya Surabaya lebih baik temukan Roy Duluan sebelum para korban mengambil tindakan HUKUM RIMBA," tulis dari akun Bisbet.

Sementara itu, mereka juga berteriak kasus ini tak sampai menguap begitu saja seperti kasus-kasus sebelumnya.

Beberapa contoh kasus yg menguap di kaskus antara lain kasus penipuan Lucky a.k.a utakutik store dengan nilai penipuan milyaran di forum investasi kaskus, REKBER revand87, salah satu Regional Leader yg sampai saat ini tidak jelas rimbanya, serta salah satu moderator kaskus yang melarikan dana investasi kaskuser.

Terhadap pengelola Kaskus, mereka pun mengharapkan agar Kaskus juga ikut turun tangan.

"TOLONG KASKUS
KAMI DISINI ADALAH KORBAN KETIDAK PROFESSIONALAN BP
KAMI DISINI TIDAK MENGHARAPKAN DANA KAMI DIBAYAR OLEH KASKUS,,,TAPI KAMI DISINI HANYA BUTUH TANGGUNG JAWAB DAN STATEMENT YG JELAS MENGENAI KONDISI YG SEBENARY DAN KAPAN KAMI BISA TAHU DANA KAMI BISA BALIK... KAMI HANYA BUTUH STATEMENT YG JELAS DAN BISA DIPERCAYA, DAN KAMI INGIN KASKUS MENGAMBIL ALIH MASALAH INI DAN TURUN TANGAN UNTUK MENCARI FAKTA SEBENARY DAN MEMBERIKAN INFONYA KE KAMI
HANYA ITU
JGN KAMI DIBIARKAN MENANYAKAN, MENERKA, MEMBAYANGKAN, MEMBUAT SUGESTI SENDIRI KARENA KETIDAK ADANYA INFORMASI MENGENAI DUID KAMI
KAMI JUGA BUTUH MAKAN, KAMI JUGA BUTUH DUID, DAN KAMI JUGA BUTUH WAKTU YG HABIS DAN SIA2 UNTUK MENGURUSIN HAL SEMACAM INI KARENA KETIDAKJELASAN SAMPEK SEKARANG

KASKUS ADALAH FORUM YG BESAR, SEHARUSNYA PUNYA TANGGUNG JAWAB YG BESAR

REGARD,
SALAM KASKUSER"
From:..indojunkers..

Gue jelasin modus si Roy aka Blackpanda. Ini pandangan gue sebagai seorang lawyer di daerah gue.

Duit kalian semua dikembalikan dulu masing2 Rp 250 ribu dulu, supaya kalau ada yg lapor polisi dia masih bisa bebas alias tidak ditahan.
Karena kasus kalian ini masuk ranah perdata, bukan pidana. Kasus kalian ini hanya wanprestasi/ ingkar janji, bukan penipuan.
Dia dianggap dititipi uang utk pembayaran dan uang tersebut ternyata dia gunakan utk kepentingan pribadi. Jadi itu bukan penipuan, tp ingkar janji saja.
Selama di kantor polisi nanti, dia bilang bisa menyanggupi pembayaran dan ada itikad baik mengembalikan, ya polisi tdk punya kuasa utk mememenjarakan dia.
Toh sudah dia buktikan dikembalikan dicicil Rp 250 rb masing2 walau entah sampai batas waktu kapan nggak bisa dipaksa polisi krn polisi tahu memang si Roy tdk ada uangnya.
Kalian tunggu aja bbrp tahun dicicil itu uang kalian, kemudian kasus ini perlahan menguap dan menghilang.
Uang kalian itu tdk bakal bs balik lg. Kalian juga yg salah, tidak seharusnya asal percaya saja titip uang ke orang yg tidak dikenal.
Roy si Panda tahu betul situasi hukum di Indonesia ini, makanya dia tenang2 aja sampai sekarang, dan sll akan mengulangi lagi.

Salam,

Indojunkers




Rekap Data Korban BlackPanda (Roy Widya)


Saat artikel ini ditulis sudah mencapai Setengah Miliar. DOWNLOAD DATA ->  http://adf.ly/1OF0fP
TOTAL DANA YG NYANGKUT:




509,536,586

Penipuan BlackPanda, Kaskus angkat bicara


Kaskuser belakangan ini sedang ramai memperbincangkan soal kasus penipuan di Kaskus. Kali ini tentang korban penipuan jual beli yang dilakukan oleh RW atau rekening bersama (rekber) online BlackPanda. RW ini dikabarkan sudah menipu ratusan orang di forum itu. Pihak Kaskus pun ikut angkat bicara mengenai peristiwa ini.

Menurut founder Kaskus, Andrew Darwis mengatakan bahwa pihaknya sedang berusaha melakukan mediasi antara Kaskuser dengan pihak rekber BlackPanda.

"Iya, kita lagi bantu mediasi dan komunikasi antara Kaskuser sama pemilik rekber blackpanda," ujarnya kepada Merdeka.com melalui pesan singkat, Minggu (13/9).

Andrew melanjutkan kasus ini tentu saja membuat mereka yang kehilangan uangnya marah besar sehingga ada thread 'wanted dead or alive'. "Yang duitnya hilang pada marah. Makanya sampe ada thread wanted dead or alive," imbuhnya.

Sejauh ini, berdasarkan sepengetahuannya, pihak yang dirugikan belum melaporkan ke kepolisian. Namun, jika ada yang sudah melaporkan ke pihak yang berwajib, Kaskus bersedia memberikan data-datanya.

"Itu tergantung laporan dari Kaskuser, karena Kaskus bukan korban jadi gak bisa lapor ke polisi. Tapi, nanti kalau sudah ada laporan polisi, kemudian polisi minta data dan lain sebagainya, baru kita kasih," tuturnya.

Sebenarnya kata dia, Kaskus sendiri sudah memiliki official rekber. Namun, belum dibuka untuk semua Kaskuser. Sayang, dia tidak menyebutkan mengapa rekber itu belum dibuka bagi seluruh Kaskuser.

"Kita sebenernya udah ada official rekber. Tapi emang belum di open untuk semua Kaskuser. Harapannya supaya gak ada kejadian seperti ini lagi," jelasnya.

Terkait kasus Blackpanda yang saat ini lagi ramai dibicarakan, maka
KASKUS (PT. Darta Media Indonesia) mau memberikan beberapa info bahwa :

 1. KASKUS tidak memiliki hubungan secara profesional dengan Rekber "blackpanda" atau rekber manapun yang ada di KASKUS. Akun Rekber "blackpanda" merupakan member KASKUS, maka dari itu setiap MEMBER bertanggung jawab secara pribadi dan penuh atas KONTEN yang ditulis dan diterbitkannya di KASKUS, dan MEMBER setuju untuk membebaskan serta tidak membebani KASKUS beserta PENGELOLA atas segala klaim yang terjadi yang disebabkan oleh KONTEN yang ditulis dan diterbitkannya di KASKUS (hal ini sudah dicantumkan dalamTerms of Service KASKUS).

2. KASKUS menghimbau Kaskuser yang dananya masih tertahan di Blackpanda untuk membuat laporan ke pihak berwajib terdekat (bisa Polres atau Polda) sesuai dengan lokasi Agan bertransaksi online. Berikut ada referensi tata cara membuat laporan penipuan online --> Cara membuat laporan penipuan online. Jika sudah selesai membuat laporan, Agan akan mendapatkan Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) sebagai bukti tertulis sudah melapor pada pihak yang berwajib. Jadi STPL Agan jangan sampai hilang ya!

3. KASKUS akan membantu dengan menyediakan data atau informasi yang dibutuhkan oleh pihak Kepolisian.

REKBER BLACKPANDA KASKUS AKHIRNYA ANGKAT BICARA
Akun rekening bersama (rekber) Blackpanda angkat bicara tentang dugaan penipuan di Kaskus. Ia berdalih hilangnya dana Rp515 juta dikarenakan telah terjadi kesalahan pembukuan.
Hal itu diungkapkan oleh Blackpanda di thread yang biasa ia gunakan untuk mencatat konfirmasi dari pembeli dan penjual di forum jual beli Kaskus FJB. Akan tetapi saat ini thread tersebut telah diambil alih oleh manajemen Kaskus.
“Pengumuman! Rekber Blackpanda sementara stop dulu melayani transaksi. Dikarenakan adanya selisih antara pembukuan kami dan saldo di bank. Saat ini kami sedang melakukan audit. Perkembangan lebih lanjut akan kami kbri,” ungkap Blackpanda sebagaimana dikutip Solopos.com dari Kaskus, Selasa (15/9/2015).
Lebih lanjut, Blackpanda juga mengaku telah mentransfer sejumlah dana ke hampir seluruh rekening korban. Kendati ia belum mengembalikan dana itu sepenuhnya, ia mengaku hal tersebut dilakukan sebagai bukti bahwa ia tidak lari dari tanggung jawab.
“Pagi ini dan kemarin Blackpanda trf ke hampir semua rekening tujuan. Walau tidak fullmhn nominal tersebut diterima dulu sebagai itikad bahwa saya masih mengurusi dan tetap sanggup membayar sampai dana agan2 lunas,” imbuh Blackpanda.
Benar saja, dari 173 laporan pelarian dana, 39 di antaranya telah menerima transfer dana refunddari Blackpanda yang besarannya beragam mulai Rp250.000 hingga Rp1 juta. Dengan demikian dana yang masih tertahan oleh Blackpanda sekitar Rp505,1 juta.
Partnership Manager Kaskus Networks, Quary Mitratama, mengaku sangat menyayangkan tindakan yang dilakukan Blackpanda. Akan tetapi ia berharap kasus penipuan di Kaskus kali ini dapat diselesaikan secara kekeluargaan.
“Kasus-kasus sebelumya bisa diselesaikan secara kekeluargaan, tapi yang ini menjadi ramai sekali karena nominalnya besar. Padahal sebelumnya Blackpanda termasuk rekber terpercaya,” tutur Quary seperti dilansir laman Liputan6.
Layanan rekening bersama atau rekber yang selama ini ada di Kaskus, bukan merupakan layanan resmi dari Kaskus. Ini merupakan layanan yang diinisiasi dan disediakan para pengguna Kaskus.

Seseorang yang membeli barang dari penjual di Kaskus, dapat memanfaatkan penyedia rekber yang telah disepakati kedua pihak. Pembeli akan mentransfer dana sesuai harga yang dijual pedagang. Rekber akan mentransfer sejumlah kecil uang kepada pedagang dan memintanya mengirim barang sesuai pesanan pembeli. Setelah barang sampai di tangan pembeli, barulah penyedia rekber akan mentransfer sisa dana kepada penjual.

Dari jasa ini, penyedia rekber akan mendapatkan komisi sesuai kesepakatan.

Selain rekber, sejumlah cara pembayaran yang berlaku di Kaskus adalah cash on delivery (CoD) atau transfer langsung bagi pengguna yang sudah saling percaya.


Kasus-Kasus Sebelum-sebelumnya yang heboh di Kaskus, belum terselesaikan:
1. Lucky a.k.a Utakutik store dengan nilai penipuan milyaran di forum investasi kaskus

m.kaskus.co.id/thread/000000000000000013939239/investasi-untuk-utakutikstore-profit-2

2. REKBER Revand87, salah satu Regional Leader yg sampai saat ini tidak jelas rimbanya

http://m.kaskus.co.id/thread/000000000000000011639094/penipuan-46-juta-oleh-rekber-revand87/

3. Samu-samu, moderator, bawa kabur duit investasi kaskuser hilang tak berbekas

http://archive.kaskus.co.id/thread/15194327/

4. Sichilya, moderator, bawa kabur duit turnamen futsal dan buka trit judi di Soccer Room lalu gunakan mod tools untuk ubah skor ketika dia kalah

http://m.kaskus.co.id/post/5185a97f542acfd234000004#post5185a97f542acfd234000004

http://debate-club.org/forum/main-forum/1179-sichilya-adalah-moderator-paling-anjing-sepanjang-masa

5. Hen-X, moderator, bawa kabur uang kaos.

http://archive.kaskus.co.id/thread/1156200/20#22

6. Deannova, dua kali nipu kaskuser dengan investasi bodong. Sekali sebagai moderator dan sekali sebagai regional leader Depok.

http://forum.idws.id/threads/info-eki-deannova-eks-moderator-kaskus-dan-rl-depok-kaskus-menipu-uang-orang.161161/

7. Blackpanda, rekber yang bawa kabur duit 800juta lebih.

http://m.kaskus.co.id/thread/55f259a3d89b09a9378b456e/wanted-dead-or-alive--roy-widya-aka-blackpanda/

8. Gegep, moderator. Unban InRealLife tanpa izin regional leader Bekasi.

http://m.kaskus.co.id/thread/53294df259cb1711548b4703/maaf-pandangan-pribadi-saya-terhadap-masalah-regional-bekasi-vs-gegep-yg-lg-rame

9. Lord_Nara, super moderator. Jualan id iso dengan mod tools. Setelah dipecat, hack id Davina, co-admin dan gunakan tools admin untuk ngebot dan jualan id iso.

http://m.kaskus.co.id/thread/5235229b8327cf2c4e000000/bagaimana-kasus-dan-kabar-mantan-moderator-davina

10. Gibonk, Regional Leader Bekasi, nipu anak-anak regional.

http://archive.kaskus.co.id/thread/13683252/

11. KemaluanLelaki, Regional Leader KalSel, penipuan handphone.

http://fjb.m.kaskus.co.id/product/50bbb4541c7608f158000035/surat-terbuka-buat-id-kemaluanlelaki/1

12. Cutie_Girl, moderator, nilep uang baksos.

http://archive.kaskus.co.id/thread/901014/0/askkasus-eks--momod-cutiegirl-alias-dita-yg-nilep-uang-baksos

13. Sknhd69, moderator HTT. Nipu duit kaos

http://m.kaskus.co.id/thread/521ce56a4f6ea1bd6e000007/surat-terbuka-utk-sdr-rizky-aka-sknhd69-moderator-htt

14. Flower, rekber, nipu pengguna rekbernya.

http://archive.kaskus.co.id/thread/15438827/

15. Amacraft, moderator forum bisnis. Kerugian kaskuser: miliaran.

http://m.kaskus.co.id/thread/50fe72658027cf557d000009/penyelesaian-aries-amacraft-dan-investornya/

silahkan ditambahkan.

Kaskus Imbau Korban Rekber Blackpanda Lapor Polisi


"KASKUS mengimbau Kaskuser yang dananya masih tertahan di Blackpanda untuk membuat laporan ke pihak berwajib terdekat (bisa Polres atau Polda) sesuai dengan lokasi Agan bertransaksi online," tulis Kaskus dalam pernyataan resminya di dalam Official Thread oleh CommunityManager.

Kaskus dalam posting-annya juga mengungkapkan bahwa thread khusus ini bertujuan untuk mengumpulkan segala update, data dan info terbaru tentang kasus RekBer Blackpanda. Dengan harapan, semua pihak baik dari kepolisian, korban, kaskuser, Kaskus dapat saling membantu.

Portal komunitas terbesar di Indonesia itu juga menginformasikan tata cara dalam membuat laporan penipuan online. "Jika sudah selesai membuat laporan, Agan akan mendapatkan Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) sebagai bukti tertulis sudah melapor pada pihak yang berwajib," tulis keterangan Kaskus.

Sejak di-posting pada Selasa sore atau 14 September 2015, ratusan posting-an hingga kini membanjiri thread resmi tersebut. Kaskusers mengungkap beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Salah satu member Kaskus 'Celeus' dan 'Andsyaf' mengungkapkan, fasilitas rekening bersama atau rekber perlu diambil alih oleh pihak Kaskus. Dengan demikian, pengelolaan dirasa lebih aman dan lebih terpercaya.



Berikut adalah rangkuman komentar-komentar par kaskuser terhadap kejadian blackpanda:

coupe21
wah turut prihatin gan >,<
tapi emang kaskus udah banyak ditinggal pengguna untuk FJB nya sih
jujur aja omset gw dari kaskus skrg nyaris 0. dulu padahal bagus banget
moga dengan kejadian ini bisa buat mimin bikin rekber official dan juga sistem fjb jadul nya diubah
nawaqi
ane yakin klw spt ini fjb pasti bakalan sepi,
pake jasa rekber- seller pasti ogah
ga pake jasa rekber-buyer pst ragu
dan menjadikan penipu makin getol melancarkan aksinya

Bernandin
berdasarkan pengalaman yg sudah2, biasanya kasus spti ini menguap begitu saja di Kaskus.

careindo.com
Turut berduka Gan! Ane terkejut ga nyangka bisa kejadian begini, store ane pernah beberapa kali transaksi via blackpanda dengan nominal puluhan juta. Akibat kejadian ini jadi mikir 1000x mau terima rekber.

pandaisekali
kaskus...forum ternyaman untuk penipu...
ayo berbenah dong!! jangan sibuk ngurusin dukungan politik aje !!

ArsenalHolics
semoga Kaskus tegas & bijaksana dalam kasus ini, usut tuntas, bagaimanapun TKP kejadian penipuan ini adalah di Kaskus, sudah sepantasnya Kaskus menjadi pihak yg paling bertanggung jawab.

semoga cepet ketemu, digebukin atau dipenjara juga gamasalah.

miux
Tambah lagi gan, saya terkadang heran dengan sikap para moderator kaskus. Mereka yang jualan bener yang thread nya ramai sering dikasih peringatan ndak jelas bahkan digembok segala, padahal sellernya beres ndak pakai tipu, alhamdulillah mereka akhirnya buka lapak ditempat lain. Meskipun saya sering langsung ke Web mereka langsung.

Dari pantauan komentar kaskuser..
Rata-rata sudah tidak percaya lagi di FJB Kaskus untuk melakukan transaksi Jual-Beli..
Terlebih kasus-kasus sebelumnya hilang menguap..
dan tidak ada tindakan tegas dari pihak Kaskus..


references by 
http://adf.ly/1ODIp7

http://adf.ly/1ODIrs

http://adf.ly/1ODIuB

 http://adfoc.us/30410156305791

 
Like us on Facebook