MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

September 19, 2015

Kenapa Toko Dalam Status Moderasi Tokopedia?

Baca Artikel Lainnya

Sedang berbelanja di tokopedia atau sebagai penjual di tokopedia kok kenapa ada status/pemberitahuan/peringatan:
Toko dalam status moderasi Demi keamanan dan kenyamanan Anda, kami sarankan untuk tidak melakukan transaksi secara langsung terhadap toko yang sedang dalam status moderasi. Tokopedia tidak bertanggung jawab atas segala transaksi yang terjadi di luar situs kami.



Atau jika toko tersebut dalam status pengawasan Admin Tokopdia, tentang berbagai aktifitas maupun transaksi yang sedang pemilik toko tersebut lakukan. maka akan muncul
Produk ini berada dalam pengawasan. Saat ini produk tidak dapat dipesan. Produk dapat kembali dipesan setelah pengawasan selesai dilakukan dan notifikasi ini menghilang.

Toko Sedang Dalam Pengawasan
Demi keamanan, harap tidak bertransaksi dengan toko ini melalui media apapun.

 

Toko Sedang Dalam Pengawasan

Toko ini sedang tidak bisa menerima pesanan untuk sementara. Kunjungi lagi nanti, ya!


Toko Ditutup Permanen Karena Pelanggaran

Demi keamanan, harap tidak bertransaksi dengan toko ini melalui media apapun.



Jika produk toko Anda dinyatakan dalam pengawasan, maka Anda perlu pastikan bahwa produk tersebut apa benar melanggar Syarat dan Ketentuan Tokopedia.

Tokopedia memerlukan waktu untuk mengetahui produk Anda terlebih dahulu agar dapat memastikan bahwa produk yang Anda jual tidak melanggar syarat dan ketentuan Tokopedia. Pada saat produk berstatus dalam pengawasan, pembeli tidak dapat memilih produk tersebut dan melakukan pemesanan.

Jika ingin mengkonfirmasikan hal ini, Anda dapat menghubungi Customer Care Tokopedia.


Tokopedia menyediakan etalase untuk toko online Anda secara gratis dan mudah dikelola. Hanya saja demi kenyamanan semua pengunjung, maka ada tindakan moderasi untuk produk-produk yang belum / tidak sesuai dengan kriteria etalase Tokopedia. Tindakan moderasi bisa berupa pemindahan produk ke gudang, moderasi toko (produk tidak tampil di directory maupun di hasil pencarian), penghapusan produk, hingga penutupan toko secara permanen.


Untuk itu berikut panduan menata etalase yang baik dan benar, yang bisa dijadikan acuan dan tips sehingga toko online Anda memiliki etalase yang baik. Berikut ini adalah penyebabnya kenapa muncul

Berjualan bukan beriklan

Produk pada etalase toko Anda adalah produk yang memang ingin Anda jual melalui media Tokopedia.

Tokopedia tidak berfungsi sebagai tempat promosi, tetapi berfungsi sebagai tempat terjadinya transaksi. Oleh sebab itu setiap produk yang ditata di etalase toko online Anda, haruslah merupakan produk yang memang ingin Anda jual melalui Tokopedia.
Beberapa hal yang termasuk pelanggaran untuk poin ini antara lain:
  • Memanfaatkan etalase produk Anda untuk iklan/MENGUNJUNGI ke website lain/TRANSAKSI DILUAR TOKOPEDIA.
  • Deskripsi produk, foto produk, nama toko, deskripsi toko, tagline toko dan logo toko mengacu ke cara menghubungi Anda melalui media-media lain.
    Kami mengerti perlunya media komunikasi dengan pembeli, untuk itu kami telah menyediakan fitur Talk About It sebagai wadah diskusi dan tanya jawab yang transparan antara penjual dengan pembeli.
Harga adalah fixed-price

Harga yang Anda pasang adalah harga akhir diluar ongkos kirim, karena sistem Tokopedia otomatis menghitung semuanya dan membebankan kepada pembeli. Dengan harga fixed-price dan terendah yang bisa Anda berikan, transaksi bisa langsung terjadi tanpa harus terjadi tawar-menawar berkepanjangan yang pastinya akan membuang waktu Anda.

Penyesuaian kategori produk

Produk yang Anda jual haruslah sesuai dengan kategori produk yang tepat untuk memudahkan pembeli dalam mencari produk yang diinginkan. Jika Anda tidak memasukkan produk ke dalam kategori yang tepat, maka produk akan digudangkan.

Pisah produk berdasarkan model, warna, ukuran, dan harga dengan baik

Apabila anda memiliki produk dengan model, warna, atau ukuran yang berbeda, pisahlah masing-masing produk sesuai dengan model, warna, atau ukuran.
Hal ini akan memudahkan terjadinya order yang sudah jelas deskripsi barang yang diinginkan, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman. Pembeli ketika memasukkan produk ke keranjang belanja, sudah dengan wujud model, warna, dan ukuran yang diinginkan.
Contoh menata produk pada etalase yang salah:
Penataan produk seperti ini salah

Contoh menata produk pada etalase yang benar:
Penataan produk seperti ini benar


Bisa dikirimkan dengan kurir-pengiriman yang didukung Tokopedia

Produk harus berwujud barang fisik yang bisa dikirimkan melalui kurir pengiriman yang didukung oleh sistem Tokopedia.

Salah satu metode verifikasi transaksi Tokopedia untuk pengalaman belanja yang lebih aman adalah penjual harus menginput nomor resi setelah mengirimkan barang, sehingga baik pembeli maupun penjual bisa melakukan tracking-order secara berkala untuk mengetahui status terakhir barang yang dibeli. Oleh sebab itu barang-barang yang diperdagangkan haruslah barang yang memang bisa dikirimkan melalui kurir pengiriman yang didukung oleh Tokopedia

Tidak Memajang & Bukan Barang  Bajakan Di Etalase Toko atau Pelanggaran Merk

Tidak berupa jasa

Tokopedia berfungsi sebagai mediator antara penjual dan pembeli dengan visi menyediakan tempat bertransaksi online yang lebih aman. Khusus kategori jasa, transaksi yang dilakukan tidak mudah diverifikasi. Oleh sebab itu untuk saat ini, kami belum bisa menerima etalase dengan produk yang termasuk kategori jasa.

Maksimal harga satuan produk adalah 25 juta rupiah

Batasan harga per produk adalah Rp. 25.000.000,-
Apabila Anda memiliki produk dengan harga diatas limit yang kami sediakan, untuk sementara belum bisa kami tampung di etalase Tokopedia.

Tidak bebas ongkos kirim

Jangan menata etalase dengan keterangan deskripsi Bebas Ongkos Kirim.
Ongkos kirim secara otomatis akan dihitung oleh sistem Tokopedia tergantung berat kemasan, asal toko, dan alamat tujuan pengiriman. Sehingga saat ini belum memungkinkan untuk memasarkan produk Anda dengan bebas ongkos kirim. Jika Anda berniat meniadakan ongkos kirim untuk barang Anda, maka silahkan mengurangi harga barang jualan Anda.


Barang Ready Stock

Barang Ready Stock dan tidak bersifat Pre Order.
Untuk saat ini, Tokopedia juga hanya mendukung penjualan barang yang sudah bersifat ready stock. Ke depannya kami akan menyediakan fitur Pre-Order juga. Hanya saja sebelum fitur tersebut kami sediakan, semua etalase yang dibangun di Tokopedia harus untuk barang yang memang sudah ready stock.


PENATAAN ETALASE

  1. Penjual dilarang mempergunakan etalase (termasuk dan tidak tebatas pada informasi toko dan informasi barang) sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke halaman situs lain diluar situs Tokopedia.
  2. Penjual dilarang memberikan data kontak pribadi dengan maksud untuk melakukan transaksi secara langsung kepada Pembeli / calon Pembeli.
  3. Penjual dilarang memberikan keterangan (informasi toko dan/atau Barang) selain/diluar daripada keterangan toko dan/atau Barang yang bersangkutan.
  4. Penjual wajib memisahkan tiap-tiap Barang yang memiliki warna, ukuran, dan harga yang berbeda. Tidak boleh ada barang/produk yang sama
  5. Penjual tidak diperkenankan memperdagangkan jasa, atau Barang non-fisik.
  6. Batasan harga maksimal satuan untuk Barang yang dapat ditawarkan adalah Rp.50.000.000,-
  7. Tokopedia memiliki kewenangan mengambil-alih sub-domain toko Penjual jika akun Penjual sudah tidak aktif lebih dari 1 tahun, dan/atau pemilik merek dagang resmi (sesuai dengan Daftar Umum Merek di Indonesia) dengan nama yang sama dengan sub-domain Penjual melakukan klaim terhadapnya dikarenakan mereka ingin menggunakan sub-domain tersebut.
  8. Tokopedia memiliki kewenangan untuk mengubah nama dan/atau memakai nama Toko dan/atau domain Pengguna untuk kepentingan internal Tokopedia.


JENIS BARANG


Sebelum melakukan transfer atau bertransaksi di Tokopedia, perhatikan hal-hal berikut, agar uang yg kamu transfer tidak tertahan atau tak bisa ditarik ke Rekening alias Hangus
  • Jika kamu sebagai PENJUAL: Perhatikan barang-barang yg akan kamu JUAL
  • Jika kamu sebagai PEMBELI. Perhatikan barang-barang yg akan kamu BELI

Berikut ini adalah daftar jenis kategori Barang yang dilarang untuk diperdagangkan/diperjualbelikan di Situs Tokopedia:
  1. Segala jenis kosmetik, obat - obatan termasuk obat - obatan terlarang sebagaimana diatur dalam Undang - Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, terutama obat dan zat lain, terlepas dari apakah kepemilikan dan pemasaran zat dan bahan kimia tersebut dilarang oleh hukum atau tidak, obat - obatan yang memerlukan resep dokter, obat bius dan sejenisnya, makanan, dan minuman yang membahayakan kesehatan dan keselamatan penggunanya, serta tanpa izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
  2. Media berbentuk CD/DVD/VCD, atau media rekam lain yang bertentangan dengan undang-undang hak cipta. Termasuk di dalamnya adalah yang memuat film, musik, permainan (game), atau perangkat lunak (software) bajakan.
  3. Barang dewasa penunjang kegiatan seksual termasuk namun tidak terbatas pada obat kuat, obat perangsang, alat bantu seks, Barang berbau pornografi, dan obat-obatan dewasa, kecuali untuk alat kesehatan (kontrasepsi) yang diizinkan untuk diperjual belikan oleh peraturan hukum yang berlaku di Indonesia.
  4. Minuman beralkohol.
  5. Iklan.
  6. Segala bentuk tulisan yang dapat berpengaruh negatif terhadap pemakaian situs ini.
  7. Pakaian dalam bekas.
  8. Senjata api, senjata tajam, dan segala macam senjata.
  9. Dokumen pemerintahan dan perjalanan.
  10. Seragam pemerintahan.
  11. Bagian/Organ manusia.
  12. Mailing list dan informasi pribadi.
  13. Barang-Barang yang melecehkan pihak/ras tertentu atau dapat merendahkan martabat orang lain.
  14. Pestisida.
  15. Atribut kepolisian.
  16. Barang hasil tindak pencurian.
  17. Pembuka kunci dan segala aksesori penunjang tindakan perampokan/pencurian/kejahatan.
  18. Barang yang dapat dan atau mudah meledak, menyala atau terbakar sendiri.
  19. Barang cetakan/rekaman yang isinya dapat mengganggu keamanan & ketertiban serta stabilitas nasional.
  20. Hewan.
  21. Uang tunai.
  22. Perlengkapan dan peralatan judi.
  23. Jimat-jimat, benda-benda yang diklaim berkekuatan gaib dan memberi ilmu kesaktian.
  24. Barang dengan hak Distribusi Eksklusif yang hanya dapat diperdagangkan dengan sistem penjualan langsung oleh penjual resmi dan/atau Barang dengan sistem penjualan Multi Level Marketing.
  25. Segala jenis Barang lain yang bertentangan/membahayakan dengan peraturan jasa ekspedisi pengiriman Barang Indonesia.
  26. Barang-Barang lain yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.


Muncul Inbox/ Chat Di Akun Tokopedia Kamu 

Terima kasih telah memilih layanan Tokopedia untuk bertransaksi.
Notifikasi ini dikirimkan secara otomatis (sistem) untuk menginformasikan kepada Anda bahwa konten dan/atau produk yang Anda unggah terdapat laporan dugaan pelanggaran Syarat dan Ketentuan penggunaan situs Tokopedia, yaitu laporan dugaan pelanggaran hak cipta.
Oleh karena itu, saat ini konten dan/atau produk yang Anda unggah dengan brand Altium Designer, kami turunkan/nonaktifkan dari etalase toko Anda berdasarkan ketentuan pada poin [K] terkait Jenis Barang https://www.tokopedia.com/terms.pl#item
Jika Anda merasa keberatan dan/atau ingin melakukan bantahan, Anda bisa menghubungi perwakilan pihak Pelapor yang bersangkutan melalui:
XXXXXXX
XXXXXXX
Demi kenyamanan dalam menggunakan situs Tokopedia, kami menghimbau Anda agar dapat memperhatikan dengan baik setiap ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan Transaksi yang berlaku di Tokopedia.
Terima kasih,
Tim Tokopedia


Jika kamu sebagai pihak yang dirugikan oleh Toko pada Tokopedia, entah mengenai hak cipta, hak jual atau pelanggaran lainnya, kamu bisa menghubungi akun Facebook, Twitter atau email resmi Tokopedia disertai bukti, foto maupun video untuk nanti ditindaklanjuti atau dibawa ke ranah hukum/pengadilan, sertakan LINK WEB URL TOKO/PRODUK TERSEBUT saat melapor ke Akun sosial media Tokopedia seperti facebook atau Twitter nya

Atau jika hal yang serius, kamu juga bisa membawa pemilik toko (penjual) maupun situs Tokopedia keranah hukum/pengadilan dan meminta ganti rugi perihal laporan hak cipta yang tidak direspon atau tidak ditindaklanjuti. atau Toko yang dilaporkan masih bisa berjualan di Tokopedia dan jangn lupa sertakan screenshoot foto toko yang melanggar tersebut

Jika kamu menang di pengadilan atas gugatan yang dilayangkan ke Tokopedia, mungkin kamu bisa menang ratusan juta, Milyaran atau Triliyunan sesuai tuntutan hukum yang dilayangkan kepada pemilik Toko yang dilaporkan juga pada Pihak Pembeli (Customer) yg membeli Produk tersebut ataupun pada Tokopedia sebagai uang ganti rugi

Bisa-bisa kamu kaya mendadak, kan lumayan bwt modal nikah ^-^

karena toko penjual dan juga pembeli di Tokopedia memiliki data telepon, Nomor Invoice transaksi maupun rekening bank yang akan mudah ditelusuri pemiliknya untuk dimeja hijaukan



Cara atau Prosedur Pelaporan HAK MEREK/HAK CIPTA/PEMBAJAKAN di Tokopedia
Salah satu Logo, Merk, Nama Produk yang kamu jual atau produksi mungkin memiliki hak cipta dan hanya dijual disitus resminya. Sehingga tokomu dilakukan moderasi atau pengawasan
Tokopedia adalah pasar atau mall online (Costumer to Costumer Marketplace) dimana transaksi jual-beli yang terjadi adalah antar pengguna situs Tokopedia. Setiap produk yang dijual melalui situs Tokopedia diunggah, ditawarkan, dan diperjualbelikan secara mandiri oleh masing-masing Pengguna Tokopedia (user generated content), yang dapat bertindak sebagai Penjual maupun Pembeli. Apabila Anda menemukan konten di Tokopedia yang mungkin melanggar Hak Kekayaan Intelektual ("HKI") milik Anda, maka Anda dapat melapor kepada kami melalui formulir daring yang telah tersedia. Kami akan meninjau laporan tersebut dengan teliti dan dapat melakukan tindak lanjut berupa penurunan konten. Anda wajib melakukan pelaporan sesuai dengan prosedur dan formulir yang telah kami sediakan DISINI Formulir yang sesuai dan lengkap akan memastikan bahwa kami memiliki semua informasi yang diperlukan untuk melakukan pemeriksaan yang dibutuhkan dan melakukan tindak lanjut terhadap laporan Anda.
Catatan: Mengajukan klaim permohonan penghapusan konten penawaran produk adalah tindakan serius yang dapat melibatkan proses hukum kedepannya. Dengan melakukan pelaporan melalui formulir daring yang telah kami sediakan, Anda memberikan persetujuan kepada Tokopedia untuk menyimpan laporan Anda dan memberikan informasi Anda berupa Nama, Perusahaan, Jabatan, Alamat Email, serta Nomor Telepon kepada pihak yang Anda laporkan. Anda dengan ini menyatakan akan bertanggungjawab penuh atas akibat hukum yang dapat terjadi dikemudian hari akibat tindakan ini.





Kenapa Toko saya dimoderasi?
Tokopedia melakukan moderasi terhadap toko-toko yang dianggap telah melanggar syarat dan ketentuan Tokopedia. Jika toko dimoderasi, kamu bisa langsung klik tombol Mohon Buka yang ada di halaman toko. Tulis permohonan untuk membuka toko kembali di kolom keterangan, lalu klik Simpan.

Admin tokopedia akan megecek ulang apakah toko milik kamu tidak melakukan pelanggaran. Jika melakukan pelanggaran berulang/diulangi maka Toko kamu akan di Moderasi Permanen sehingga uang dana/saldo/transaksi tidak bisa diambil ke rekening dengan kata lain Hangus
Info lengkap seputar moderasi toko, silakan hubungi Customer Care Tokopedia

Jika kamu sebagai pembeli

  • Berhati-hatilah bertransaksi dengan toko yg muncul status tersebut, jika tidak ingin kena tipu, barang tidak sesuai (cacat, rusak,dan lainnya), pernah bermasalah dengan pembeli di tokopedia. 
  • Jangan lakukan transaksi dengan toko tersebut & transfer apalagi ke rekening diluar sistem Tokopedia apalagi via NO HP/PIN BBM dan sejenisnya. 
  • Hindari membeli/bertransaksi barang yg dilarang dijualbelikan di Tokopedia yang sudah disebutkan diatas jika tak ingin terkena / ikut-ikutan terasangkut masalah hukum. karena data pribadi/transaksi kamu akan ada di database Tokopedia sehingga sangat mudah jika Kepolisian meminta data kamu pada Tokopedia, maupun juga saat kamu memberi Review/Ulasan produk tersebut, jik suatu saat produk/barang yang kamu beli dimeja hijaukan oleh pemilik Hak Cipta atau orang yang mempersoalkan sang pemilik Toko di Tokopedia

Jika  kamu sebagai penjual

  • Berhati-hati menjual/memajang produk di etalase toko kamu, Lampirkan Foto fisik barang yang akan dijual dengan benar, bukan foto milik orang lain.  Karena foto tersebut bisa mengandung hak cipta yang mungkin dilaporkan oleh pemilik foto aslinya ke jalur hukum
  •  Menjual barang yang memiliki Hak cipta berupa desain/Logo/Ikon tanpa izin
  • Jaga kepercayaan pelanggan, kualitas produk, hubungan/layanan dengan pembeli. Solusi/Garansi jika barang rusak/hilang oleh kurir atau salah kirim barang. 
  • Jangan membuka dua toko atau Lebih di Tokopedia
  • Jangan melakukan kecurangan terhadap pembeli. 
  • Harus online minimal setiap hari, minimal untuk merespon pembeli. 
  • Jangan menggunakan Nama Toko yang sudah memiliki Hak Cipta
  • Segera input resi ke Tokopedia setelah diverifikasi, Cek ulang Resi yang dimasukan agar sesuai dan tidak terjadi salah input/ketik ke sistem Tokopedia
  • Jangan memasukan Nomer Resi Fiktif atau Resi Palsu. Sistem Tokopedia terhubung otomatis dengan beberapa sistem tracking jasa pengiriman barang.






Penalti Reputasi Toko


Sistem pengurangan nilai Reputasi Toko (penalti) akan diberlakukan apabila penjual melakukan hal berikut:
  •   jika tidak merespon pesanan baru yang masuk selama 1 hari.
  •   jika Tim Resolusi memutuskan penjual bersalah atas kendala di Pusat Resolusi.
  •  sampai dengan  jika nomor resi tidak valid atau menjual produk dengan penamaan dan detail yang tidak jelas.
  • User-added imagejika pesanan peluang Anda dibatalkan di Pusat Resolusi.
  •  jika transaksi melanggar syarat dan ketentuan yang berlaku.
Angka pengurangan poin bergantung dengan badge yang dimiliki oleh penjual, terutama untuk kedua hal berikut:
  • Ignore Shipping, dimana penjual menerima order tetapi tidak melakukan shipping / tidak memasuki resi shipping dalam waktu 2 hari.
  • Reject Shipping, dimana penjual membatalkan pesanan pada saat konfirmasi pengiriman.
User-added image

sayang sekali jika Reputasi/Bintang sudah banyak, review, dan juga penjualan produk sudah banyak, tapi harus kena status moderasi tersebut. atau bahkan akun tokopedia, nomer rekening tabungan kalian di blokir, dan uang dikembalikan ke pembeli sementara barang sudah dikirim. atau Transaksi dan juga Saldo/Uang akan/bisa hangus !!


Terhitung mulai 14 Maret 2016, TOKO kamu otomatis akan dinon-aktifkan otomatis oleh sistem TOKOPEDIA 

jika kamu tidak login ke TOKOPEDIA dalam waktu 7 hari. 

Usahakan Tokomu login minimal 2 kali dalam sehari, dan membalas diskusi/inbox dari customer.


Kebijakan dan juga hal-hal lainnya yang tidak boleh dilakukan silahkan kunjungi situs resminya disini https://www.tokopedia.com/terms.pl


Kalau kamu sebagai pembeli, lebih baik kirim email Tokopedianya
sertakan Nomer Invoice juga kronologi kejadiannya.
Biasanya 1 x 24 jam akan dibalas..
Sertakan Nama Tokonya dan juga Link Produk tempat transaksi Toko pesanan kamu di Moderasi

Jika kamu sudah pernah terkena moderasi dan diaktifkan kembali, tetapi kamu megulangi kesalahan yang sama dengan menjual barang-barang yang dilarang berdasarkan syarat dan ketentuan Tokopedia, tokomu bisa dinonaktifkan secara permanen. Tentunya tidak mau dong jika hal itu sampai terjadi? Ayo jadi seller berprestasi dan sukses dengan mengikuti semua prosedur berjualan di Tokopedia dengan baik dan benar!

Apa saja produk yang dilarang dijual di Tokopedia?

1. Pelanggaran HAKI & Produk MLM

Produk yang dijual melanggar hak kekayaan intelektual, hak cipta, merek dagang, atau hak milik lainnya dalam tipe apapun (logo, produk, slogan, dll) atau produk yang dijual berupa barang dengan hak distribusi eksklusif yang hanya dapat diperdagangkan dengan sistem penjualan MLM.
Contoh: Menjual produk MLM  

2. Produk Dewasa & Pornografi

Produk dengan gambar, judul, atau deskripsi yang melanggar norma kesusilaan dalam masyarakat.
  • Obat untuk Aktivitas Seksual
Produk berupa obat perangsang atau obat/zat yang tujuan penggunaannya untuk menunjang aktivitas seksual atau pembesar alat kelamin yang tidak memiliki izin edar BPOM ataupun yang peredarannya dibatasi oleh ketentuan hukum yang berlaku. Untuk pengecekan izin edar sebuah produk obat, silakan klik di sini.
  • Gambar Produk Sensual
Produk tidak melanggar Syarat dan Ketentuan Tokopedia, tetapi menggunakan gambar yang menunjukkan atau menggambarkan pose/gerakan yang sensual. Untuk produk pakaian dalam dan pakaian renang, mohon untuk menggunakan manekin atau tidak menggunakan model sama sekali sebagai gambar produk tersebut.
  • Gambar Barang Menyerupai Alat Vital
Produk yang dijual menggunakan gambar menyerupai alat vital manusia.
  • Mengandung Unsur Pornografi
Segala macam produk yang mengandung tingkah laku erotis dan aksi seksual, termasuk tetapi tidak terbatas pada lukisan, gambar, tulisan, maupun media digital lain seperti hard disk, CD/DVD, dan flash disk.

3. Produk Ilegal & Berbahaya

Menjual produk yang dilarang dalam syarat dan ketentuan Tokopedia.
  • Uang tunai
Produk berupa segala jenis mata uang, termasuk tetapi tidak terbatas pada valuta asing.
  • Meterai
Produk berupa segala jenis meterai, terutama untuk meterai yang masih berlaku berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Dokumen resmi
Produk berupa dokumen resmi yang hanya dapat diperoleh berdasarkan izin dari pihak yang menerbitkan dokumen resmi tersebut atau pemerintah/instansi yang berwenang, termasuk tetapi tidak terbatas pada Akta Kelahiran, Sertifikat Tanah, Sertifikat TOEFL, Ijazah, Surat Dokter, Kwitansi, STNK, BPKB, dan blanko e-KTP.
  • Produk mistis
Produk berupa jimat-jimat atau benda yang diklaim berkekuatan gaib dan memberi ilmu kesaktian, termasuk tetapi tidak terbatas pada santet, pesugihan, jenglot, susuk, dan lain-lain.
  • Senjata
Produk berupa senjata, termasuk tetapi tidak terbatas pada senjata api, senjata tajam, pisau lipat, pedang samurai, dan senapan angin, beserta segala jenis perlengkapannya. Tidak termasuk perkakas atau peralatan rumah tangga.
  • Bahan Peledak
Produk yang dapat menghasilkan daya ledakan secara besar dalam rentang waktu singkat, termasuk tetapi tidak terbatas pada bahan-bahan untuk merakitnya.
  • Obat / Kosmetik Berbahaya
Produk berupa kosmetik, obat keras, obat bius, obat yang memerlukan resep dokter atau obat yang tidak memiliki izin edar dari BPOM. Untuk pengecekan izin edar sebuah produk obat, silakan klik di sini.
  • Narkotika
Produk berupa narkotika, psikotropika dan/atau bahan adiktif yang dilarang ataupun dibatasi peredarannya, berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Minuman Beralkohol
Produk berupa minuman yang mengandung kadar alkohol pada komposisinya.
  • Hewan
Produk berupa hewan hidup dan bagian tubuh hewan, termasuk tetapi tidak terbatas pada hewan yang dilarang/dilindungi oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Produk Nonfisik
Produk yang tidak dapat dikirimkan melalui jasa ekspedisi sehingga tidak dapat dilakukan pengawasan oleh Tokopedia terkait pengiriman barangnya, termasuk tetapi tidak terbatas pada produk voucher telepon, listrik, game, kredit digital, segala macam tiket (kereta api, pesawat), akun games, media sosial, dan mailing list.
  • Tiket Pertunjukan
Produk berupa tiket pertunjukan, termasuk tetapi tidak terbatas pada tiket konser dan tiket sirkus, baik fisik maupun nonfisik.

4. Promosi Pihak / Produk Lain

Produk mengandung unsur promosi situs, toko, atau pihak lain di luar Tokopedia.
  • Menawarkan Jasa
Produk berupa penawaran atas jasa yang tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan produk dari satu pihak ke pihak lainnya.
  • Berupa Testimoni
Produk berupa pengakuan dari pihak tertentu yang mengandung informasi, ucapan terima kasih, pertanyaan, kekecewaan, dan/atau kepuasan bertransaksi, baik dalam gambar maupun judul produk.
  • Iklan ke Situs/ Toko Lain
Produk mengandung iklan, termasuk tetapi tidak terbatas pada iklan dan promosi situs lain, kompetitor Tokopedia, toko lain, yang disampaikan melalui konten, gambar, dan/atau deskripsi produk.

Konten yang Tidak Memenuhi Standar:

1. Kualitas Produk Tidak Sesuai Standar

  • Foto Tidak Sesuai Standar
Foto produk dengan tampilan tidak jelas, terpotong, terdapat lebih dari satu watermark sehingga menutupi foto produk, tidak menunjukan detail produk, serta memuat lebih dari satu logo atau hal lain yang dapat mengakibatkan pengalaman berbelanja yang buruk dari pembeli di Tokopedia.
  • Judul Tidak Sesuai Ketentuan
Judul produk tidak relevan, menggunakan terlalu banyak sinonim, serta tidak mengikuti aturan struktur penamaan judul produk seperti berikut: Jenis produk + Merk + Keterangan ataupun dengan urutan Merek + Jenis Produk + Keterangan (contoh yang benar: Dompet Pria Brand xx kulit sapi asli hitam)
Contoh: Tas selempang tas slempang pria sling bag backpack kanvas
  • Deskripsi Tidak Detail
Deskripsi produk yang dimasukan tidak menjelaskan manfaat dan fungsi dari produk, serta tidak menjelaskan produk secara detail seperti bahan, ukuran, warna dan hal lain.

2. Harga Tidak Wajar

Toko yang memasang harga yang berbeda jauh dengan harga rata-rata produk yang sama. Berikut pelanggaran-pelanggaran yang berkaitan dengan peraturan ini:
  • Indikasi Penipuan
Produk memiliki harga yang terlalu rendah sehingga berpotensi disalahgunakan untuk upaya penipuan.
Contoh: Harga sepeda yang dijual jauh berada di bawah harga pasar.
Contoh harga pasar sepeda:
  • Indikasi Manipulasi
Produk memiliki harga yang tidak wajar sehingga dapat disalahgunakan untuk manipulasi transaksi, perbandingan harga yang tidak adil, dan kecurangan lainnya yang dapat merugikan pengguna Tokopedia yang lain.
ContohProduk dijual dengan sangat murah dan/atau sangat mahal dari harga pasaran produk di Tokopedia.  

3. Salah Kategori

Memasukkan produk di kategori yang tidak sesuai.
Contoh: Menjual Makanan dalam kategori Handphone & Tablet

4. Duplikasi Produk Tanpa Izin (Foto)

Menggunakan gambar, judul, atau deskripsi produk yang dimiliki toko atau pihak lain.

5. Spam Produk

Menjual produk dengan deskripsi, judul, atau gambar yang sama/serupa berulang kali. Jika produk memiliki banyak warna, disarankan untuk menggunakan fitur varian agar dapat mempermudah pembeli untuk mencari produk sesuai dengan keinginan.
Contoh:


  1. Mengarahkan Pembeli untuk Bertransaksi di Luar Tokopedia
    Agar kepercayaan antara penjual dan Pembeli terjaga dengan baik, seluruh proses jual beli harus dilakukan di Tokopedia. Kamu tidak boleh mengajak Pembeli untuk bertransaksi di luar Tokopedia. Proses transaksi di Tokopedia lebih mudah dan aman baik dari sisi Penjual dan Pembeli.
    Contoh: Mengajak calon Pembeli untuk bertransaksi atau berkomunikasi lewat saluran pribadi atau Whatsapp.
    User-added image
  2. Menyalahgunakan Data Pembeli
    Untuk menjaga identitas dan kerahasiaan data Pembeli, Penjual tidak diperbolehkan untuk menggunakan data Pembeli seperti alamat atau nomor telepon untuk kepentingan lain selain pengiriman. Tokopedia selalu berupaya untuk memberikan pengalaman bertransaksi yang baik sehingga Penjual tidak perlu untuk menghubungi Pembeli melalui kontak pribadi. Kamu dapat menghubungi calon Pembeli melalui fitur Chat yang disediakan.
    User-added image
  3. Ada Indikasi Manipulasi
    Adanya indikasi manipulasi transaksi melalui penjualan tinggi yang mencurigakan, tidak adanya resi pengiriman yang valid, dan ketidakwajaran lainnya demi memperoleh keuntungan pribadi (promo, reputasi produk, reputasi toko, dan lain-lain).
    Indikasi manipulasi ini juga termasuk kerja sama antara penjual dan Pembeli untuk memanipulasi transaksi guna mendapatkan keuntungan promo yang merugikan Tokopedia.
    Contoh: Toko yang baru buka, tetapi langsung memiliki banyak produk dan sudah melakukan puluhan transaksi.
    User-added image
  4. Ada Indikasi Toko Menipu Pembeli
    Sebagai Penjual, kamu tidak boleh meminta kode verifikasi, password, atau upaya lain yang dapat merugikan Pembeli. Aktivitas seperti itu akan diduga sebagai indikasi untuk menipu Pembeli.
    Contoh: Penjual meminta kode verifikasi atau kode OTP yang dikirimkan melalui SMS.
    User-added image
  1. Menjual Produk yang Dilarang & Konten Tidak Memenuhi Standar
    Menjual produk yang dilarang atau mengandung konten yang tidak memenuhi standar dalam Syarat dan Ketentuan Tokopedia. Pelajari Syarat dan Ketentuan Tokopedia di sini.
    Contoh: Toko menjual produk-produk senjata api.
    User-added image
  2. Duplikasi Toko
    Penjual terindikasi meniru produk toko lain dengan deskripsi, judul, atau gambar yang sama/serupa. Atau penjual terindikasi sistem tokopedia membuka dua toko
    Contoh: Penjual membuat satu atau lebih toko yang mengandung deskripsi dan gambar produk serupa dengan toko lainnya.
    User-added image
  3. Performa Toko yang Buruk 
    Moderasi toko juga dapat terjadi akibat performa toko yang buruk. Aktivitas yang dapat membuat performa toko buruk antara lain toko sering menolak pesanan, memasukkan jumlah stok produk yang tidak sesuai, atau hal lain yang mengakibatkan pengalaman Pembeli yang buruk saat bertransaksi di Tokopedia.
    Contoh: Menulis jumlah tertentu pada keterangan stok barang padahal sebenarnya kosong.
    User-added image
  4. Terhubung ke Akun yang Mencurigakan
    Adanya indikasi toko berhubungan dengan akun-akun mencurigakan yang melanggar Syarat dan Ketentuan Tokopedia, serta berpotensi digunakan sebagai sarana manipulasi.
    Contoh: Akun memiliki deskripsi toko yang tidak jelas.
    User-added image
 

Catatan:

  1. Info selengkapnya seputar produk yang dilarang silakan cek di sini.
  2. Selain produk terlarang, Tokopedia juga akan menghapus produk yang terdapat watermark dari toko lain.
  3. Untuk mencegah toko kamu dimoderasi, mohon untuk selalu perhatikan Syarat dan Ketentuan Tokopedia poin B karena Tokopedia akan secara otomatis menghapus produk kamu apabila tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan.




Semoga membantu.. ^-^






BUY ME A COFFEE ??

transfer berapapun silahkan :)

ke rekening BANK SYRIAH INDONESIA BSI  
atau Transfer TUNAI ke Kantor Bank  terdekat

atas nama: AGUNG YULY DIYANTORO
No. Rekening : 3269702750
KODE TRASNFER 451




ATAU SCAN DONASI KE DANA






 
Like us on Facebook