MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

October 30, 2018

Tips Agar Tak Cepat Sakit Saat Kehujanan

Baca Artikel Lainnya

Ketika musim hujan tiba, banyak yang kehujanan karena tidak mempersiapkan diri ketika hujan mengguyur dengan deras. Entah karena lupa bawa payung, mantel, atau di jalan sudah keburu basah jadi tanggung kalau mampir buat berteduh.



Ketika kehujanan, tubuh rentan terkena pilek, flu bahkan demam. Enggak pengin dong aktivitas jadi terganggu karena sedang sakit.  Bagaimana cara menghindarinya?

Mandi dengan air hangat
Segera setelah tiba di rumah, lepas pakaian basahmu agar udara dingin tidak merembes ke paru-paru sehingga memicu batuk. Setelah itu, mandi dengan air hangat untuk membersihkan tubuh dari kuman yang menempel.

Jangan lupa, gosok kaki dengan garam untuk menyingkirkan bakteri yang bisa saja terdapat dari genangan air dan jalan berlumpur. Pastikan untuk menggunakan sabun antiseptik untuk proteksi tambahan.


Keringkan rambut dengan benar
Saat rambut basah, pastikan mengeringkannya dengan benar dengan hairdryer atau di gosok dengan handuk sampai rembesan air benar-benar hilang. Rambut yang basah dan tidak dikeringkan dengan baik akan rentan pilek dan flu.

Minuman hangat untuk menjaga suhu tubuh
Ketika kehujanan, suhu tubuh bisa turun yang menyebabkan kedinginan hingga menggigil. Meminum sesuatu yang hangat dapat menjadi salah satu solusi agar terhindar dari sakit.

Minuman hangat juga dapat membersihkan dahak yang terkumpul di rongga hidung dan tenggorokan. Selain minuman hangat, sup juga bisa menjadi alternatif pilihan lain yang bisa kamu coba.

Jangan lupa minum air putih
Air putih selain menjaga tubuh tetap terhidrasi juga secara tidak langsung bermanfaat untuk mengobati penyakit. Tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat menjadi imun untuk menghadapi virus pilek dan flu.

Air putih dapat membersihkan tubuh dan kotoran melalui urin. Meski aturan delapan gelas sehari tidak wajib, kamu tetap harus rutin meminum air putih ya.


Menjaga pola makan

Risiko flu biasanya meningkat seiring turunnya suhu di lingkungan sekitar. Beberapa asupan yang bisa mencegah flu adalah berbagai jenis sayur, buah, produk berbahan susu, jamur, dan cokelat hitam. Tubuh juga harus menerima kecukupan cairan dengan minum air hangat, saat tenggorokan terasa kering.


Cukup istirahat
Istirahat terutama tidur memungkinkan tubuh lekas mengganti sel yang tua dan rusak, sehingga memiliki daya imun yang lebih baik. Periset tentang tidur Patrick Fuller dari Harvard Medical School menyarankan mematikan semua sumber cahaya, olahraga 20 menit, dan menghindari kopi di sore hari supaya lebih mudah tidur dan bangun di waktu yang sama.



Olahraga
Hujan atau panas tak jadi alasan untuk berhenti olahraga. Beberapa riset dalam British Journal of Sports Medicine menyatakan, aktivitas fisik bisa mencegah atau mengurangi risiko terkena flu. Olahraga juga bisa memperkudat daya tahan tubuh untuk mengantisipasi serangan infeksi.






references by detikhealth

 
Like us on Facebook