MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

March 14, 2019

Arti Status Pengiriman J&T Express / JNT

Baca Artikel Lainnya

J&T Express adalah jasa ekspedisi pengiriman yang baru di Indonesia. Sebagai jasa ekspedisi yang baru, tentunya banyak hal yang dilakukan J&T Express untuk lebih dikenal dan dipercaya masyarakat para pembeli online maupun pebisnis online.



Mereka menggunakan sistem sentralisasi untuk distribusi dan penerimaan paket. Tempat tersebut dikenal dengan nama Drop Point. Fungsi dari drop point sendiri jelas sebagai penghubung baik menerima paket dari pengirim, mengoleksi paket dari sprinter atau kurir, sekaligus melakukan pengiriman paket. Dengan sistem satu konter satu kurir J&T Express pun mampu menjangkau seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke, tanpa ada perantara. Artinya mereka memang berkomitmen langsung menyapa para konsumen.

Perusahaan ini punya bos baru: Robin Lo. Sebelum jadi orang nomor satu di Global Jet Express, dia menjabat sebagai direktur.Robin ditunjuk menjadi Chief Executive Officer (CEO) Global Jet Express menggantikan Jet Lee yang notabene adalah pendiri perusahaan ini. Tugas berat dan menantang jelas akan dia hadapi untuk melebarkan pasar J&T Express.


Untuk masalah pelacakan J&T Express ini , mereka mengaku lebih detil bila dibandingkan dengan yang lain. Mereka menawarkan sistem pelacakan yang disebut dengan “Real Time Tracking System”.


Kelebihan lain dari J&T sebagai jasa pengiriman terletak pada waktu operasionalnya, yakni dalam setahun mereka akan berkerja selama 365 hari, tanpa libur. Buktinya saja, jika kamu perhatikan baik hari besar seperti Hari Raya, Tahun Baru, atau Natal mereka akan tetep buka. Dan yang terpenting,  meski sedang tanggal merah, pengiriman paket ke rumah konsumen akan tetap dilakukan lho, begitu pun dengan pengambilan paket.

Service Code: EZ
J&T Express / JNT hanya melayani 1 durasi pengiriman
Estimasi pengiriman tergantung pada jarak dan tujuan / lokasi pengiriman. Untuk pengiriman satu/satu provinsi satu kota estimasi 1-2 hari, untuk beda provinsi estimasi sekitar 3-4 hari.

Barang yang dilarang dikirim menggunakan J&T

Senjata Api
Segala jenis amunisi, senjata api, peluru, granat, bom, dll.

Bahan Peledak
Bahan mudah meledak seperti bahan peledak & detonator, mesiu, petasan, dll.


Bahan Mudah Terbakar
Semua jenis bahan yang mudah terbakar, termasuk cairan, gas dan kimia padat. Seperti bensin, minyak tanah, alkohol, pernis, bahan bakar diesel, aerosol/tabung semprot, korek api, gas holder, fosfor, sulfur, korek api, dll.

Narkoba
Semua jenis obat-obatan narkotika seperti opium (termasuk bunga, tunas dan daun opium), morn, kokain, heroin, ganja, shabu, efedrin, dan produk-produk terkait lainnya.

Bahan Kimia
Semua jenis bahan korosif seperti asam sulfat, asam klorida, asam nitrat, pelarut organik, pestisida, hidrogen peroksida, dan bahan kimia berbahaya lainnya.

Radioaktif
Berbagai jenis unsur radioaktif dan penyimpanannya, seperti uranium, kobalt, radium dan plutonium.

Bahan Propaganda
Barang yang membahayakan keamanan nasional dan stabilitas publikasi untuk sosial dan politik seperti bahan propaganda dan bahan pencetakannya, dll

Organ
Berbagai barang yang dapat membahayakan kesehatan, seperti tulang hewan atau anggota badan lainnya, organ hewan, kulit binatang yang belum diproses, dan tulang hewan tanpa atau sebelum diproses dengan aman.


Dilarang Hukum
Barang yang dilarang untuk diedarkan sesuai dengan hukum dan peraturan negara seperti dokumen, informasi rahasia negara, mata uang, uang palsu, semua jenis kertas surat berharga, senjata replika, senjata tajam, barang seni, hewan langka dan produk jadi.


Bahan Kemasan yang Tidak Pantas
Barang dengan kemasan yang tidak pantas, yang bisa membahayakan, menyebabkan polusi, atau barang yang dapat mencemari pengiriman lainnya, parsial atau total.


KEKURANGAN J&T

  • saat ini J&T Express hanya melakukan pengiriman domestik atau hanya di Indonesia saja, tidak menerima kiriman dari dan ke luar negeri, 
  • Saat artikel ini ditulis. Tarif lebih mahal ke daerah tertentu dibandingkan dengan jasa kurir lainnya dan belum menjangkau daerah pelosok / jauh dari kota



KELEBIHAN J&T
Saat artikel ini ditulis kelebihannya adalah paket akan di repacking oleh pihak J&T untuk memastikan lagi paket dalam kondisi seaman-amannya saat nanti dikirimkan ke penerima. Cek dulu barang , Jika kondisi seal / segel berlogo J&T rusak jangan diterima karena kemungkinan sudah dibuka sebelumnya


Jika kamu sebagai penjual Online, 

pengiriman dengan J&T bisa menggunakan Sistem Resi Otomatis

1. Cetak / Print Label  Nomor Booking

Cetak label berisi barcode kode booking pengiriman yang ada dari marketplace. Tempelkan label / hasil print tadi ke paket yang akan dikirim atau tulis kode booking pada paket dengan (penulisan dengan pulpen/spidol beresiko salah karakter angka/huruf).

Informasi penting mengenai sistem resi otomatis:

  • Drop-off atau pick-up kurir harus dilakukan maksimum 3 jam sebelum jatuh tempo konfirmasi pengiriman. Usahakan sebelum jam 03.00 sore agar paket masuk ke gudang utama di kota pengirim
  • Pastikan ketika kurir datang untuk mengambil paket Nomer HP/WA aktif dijawab. Jika TIDAK DIJAWAB MAKA PROSES PICKUP akan dibatalkan
  • Nomor resi otomatis terisi maksimum 1x24 jam setelah kurir datang atau kamu mendatangi Agen J&T dengan cara memindai/scan kode booking atau barcode yang telah diprint.
  • Pantau status pesanan Anda di halaman Daftar Transaksi. / Situs resmi J&T
  • Waktu pesan kurir J&T adalah setiap hari Senin - Sabtu pukul 10:00-15:00 WIB. Pesan kurir di luar waktu yang telah ditentukan akan diproses mengikuti ketentuan waktu pesan kurir J&T.
  • Pastikan kamu sudah selesai packing paket, cetak dan tempelkan bukti cetak kode booking sebelum kurir datang menjemput paket.
  • Kurir J&T akan datang paling lambat 3 jam setelah pelapak melakukan pesan kurir.
  • Serahkan paket kiriman, tunjukkan kode booking / scan barcode untuk verifikasi pemesanan penjemputan barang.
  • Jika kurir J&T sudah datang dan kamu tidak menyerahkan paket dalam waktu 15 menit, maka kurir J&T akan membatalkan penjemputan.

Beberapa keuntungan yang didapatkan pelapak jika menggunakan fitur resi otomatis dari J&T Express:
  • Kurir J&T dapat mengambil barang langsung ke alamatmu dengan memilih jenis pengiriman Kurir Jemput Barang. Jenis pengiriman ini dapat dilakukan setiap hari Senin-Minggu pukul 08.00-20.00 (kecuali hari libur nasional).
  • Pelapak tidak perlu input nomor resi, sehingga meminimalisir risiko kesalahan dalam menginput resi secara manual.
  • Pelapak tidak perlu membayarkan ongkos kirim saat mengirim barang via J&T Express karena pembayaran biaya pengiriman akan dilakukan oleh Bukalapak ke pihak J&T Express. Jika pengirim membayarkan uang karena jumlah paket karena banyak, maka itu akan masuk uang tips pada kurir / Agen J&T


CARA LACAK RESI J&T EXPRESS / JnT


  • Kunjungi situs https://jet.co.id/track
  • Masukan nomer resi yg diberikan oleh penjual
  • Klik Tombol "Lacak" atau "Track"




Arti Status Pengiriman / Tracking J&T Express


Kode Pesanan Terdaftar
Penjual online menggunakan fitur jemput paket, Paket tersebut akan dijemput / di pickup oleh kurir/sprinter  . Jika kamu sebagai penjual pastikan paket sudah dipacking dengan baik dan aman dan tidak melanggar, pastikan ada orang jika kurir J&T datang untuk mengambil paket


Menunggu Penjemputan dari JNT
Kurir penjemput paket belum datang ke lokasi/rumah untuk mengambil barang dari penjual online/pihak pengirim barang

Dalam Proses - Kota Pengirim
[NAMA KOTA/LOKASI]:Paket telah diterima oleh [NAMA DAERAH/LOKASI]

Kendala Pengiriman JNT. Hubungi (021) 8066-1888 / jntcallcenter@jet.co.id
Paket tersebut belum diambil/dipickup oleh kurir karena alasan tertentu, atau paket tersebut melanggar syarat & ketentuan barang yang diperbolehkan dikirim menggunakan J&T. Hubungi Penjual atau tanyakan ke nomer telepon JNT atau ke sosial media resmi J&T

Dalam Proses - Kota Pengirim
Paket sedang berada dikota asal penjual/pengirim untuk nantinya disimpan di gudang pusat kota Pengirim paket

Dalam Proses - Transit
Paket sedang dalam proses perjalanan ke kota penerima/alamat yg tertera di paket

NAMA DAERAH:Paket disimpan di gudang J5
Paket disimpan didalam Gudang/daerah terdekat alamat Penerima dan akan masuk antrian kirim


Dalam Proses - Kota Penerima
NAMA DAERAH/LOKASI:Paket akan dikirim ke alamat penerima 
Paket sudah berada di kota penerima paket, paket akan menunggu daftar antrian kirim oleh J&T


Delivered
Paket sudah sampai ditangan penerima paket, periksa nama orang yang ada disana

atau


Berikut adalah urutan tracking status jika status paket/barang berhasil terkirim 

is working on【Bermasalah】scan / sedang menjalankanBermasalah】scan
barang tidak dapat diproses karena ada beberapa masalah yang membuat barang tersebut tidak memungkinkan untuk diantarkan, bisa karena salah lokasi/alamat, barang melanggar ketentuan J&T. Biasanya ini terjadi karena ada masalah pada alamat yang tidak jelas, paket berisi barang yang dilarang dikirm J&T, barang tercecer/packing tidak bagus, salah Drop Point saat proses penyortiran, dan lain sebagainya.

【NAMA DAERAH/KANTOR J&T】from【NAMA DAERAH/KANTOR J&T】has been picked up
Paket sudah diambil dan dibawa oleh kurir untuk disimpan digudang terdekat dengan daerah/lokasi pengirim paket

by【NAMA DAERAH/KANTOR J&T】send package【NAMA DAERAH/KANTOR/GUDANG J&T】
Paket sudah diambil dan dibawa oleh kurir untuk disimpan digudang Utama daerah/lokasi kamu

by【NAMA DAERAH/KANTOR J&T】send package【NAMA_GATEWAY】
Paket sudah diambil dan dibawa oleh Truk/mobil untuk disimpan digudang perbatasan daerah/lokasi/Kota kamu

package is successfully delivered to destination【NAMA_GATEWAY】
Paket sudah sampai di gudang yang dekat dengan perbatasan/daerah/kota/lokasi yang tertera di paket

by【NAMA_GATEWAY】send package【NAMA_GATEWAY】
Paket sudah sampai di gudang yang dekat dengan perbatasan/daerah/kota/lokasi yang tertera di paket, atau akan diterusakan lagi ke gudang J&T yang lebih dekat lagi dengan lokasi yg tertera di paka


package is successfully delivered to destination【NAMA_GATEWAY】
Paket sudah sampai di gudang yang dekat dengan perbatasan/daerah/kota/lokasi yang tertera di paket



by【NAMA_GATEWAY】send package【NAMA DAERAH/KECAMATAN】
Paket sudah sampai di Gudang utama Kota yang tertera di dalam paket, Paket akan dikirimkan ke gudang/kecamatan J&T yang terdekat dengan alamat yang tertera di paket

package is successfully delivered to destination【NAMA DAERAH/KECAMATAN
Paket sudah sampai di Gudang/kantor/gudang/kecamatan J&T yang tertera di dalam paket, Paket akan dikirimkan ke yang terdekat dengan alamat yang tertera di paket




NAMA DAERAH/NAMA KECAMATAN】sprinter【Nama Kurir/ Sprinter】is sending
Paket sedang dibawa kurir/sprinter untuk dikiirmkan ke alama penerima yang tertera di paket, pastikan Nomer HP AKTIF/DIJAWAB JIKA KURIR MENELEPON, Pintu rumah/gerbang utama tidak ditutup dan menjawab jika ada kurir yg datang/berteriak, Pastikan ada orang/titip pesan ke teman/tetangga jika ada kurir yg datang

Diterima oleh Penerima Paket
Nama Daerah/Lokasi:Paket telah diterima
Paket telah selesai dikirimkan oleh kurir ke Penerima Paket yang tertera pada alamat yang menempel di paket

atau 

1GATEWAYGateway adalah kota atau lokasi gudang dimana paket akan disortir sebelum nantinya diteruskan ke alamat penerima. Pada J&T biasanya terdapat KODEKOTA_GATEWAY (contoh = SBY_GATEWAY) yang mengartikan paketnya sudah sampai ke gudang kota tersebut
2SPRINTERSprinter memiliki arti kurir J&T, biasanya terdapat nama sprinter yang tercantum ketika cek resi
3ON DELIVERYArti on delivery J&T adalah paketan sedang dalam proses pengiriman
4NOMOR PELACAKAN DIBUATNomor pelacakan dibuat J&T artinya nomor resi sudah tersedia dan akan siap digunakan
5FIND DROP POINTArtinya proses pencairan untuk menuju ke lokasi gudang J&T
6DROP POINTMemiliki arti agen J&T pada tiap wilayah yang berfungsi menghubungkan langsung dengan pelanggan
7PAKET AKAN DIKIRIMKAN KE DROP POINTPaket akan dikirimkan ke drop point artinya paketan sudah dikonfirmasi dan akan diantarkan ke agen J&T terdekat
8PAKET TELAH SAMPAI DI DROP POINTPaket telah sampai di drop point artinya paketan sudah masuk ke agen J&T
9DROP CENTERArti drop center J&T adalah gudang pusat penyortiran barang berdasarkan daerah tujuan
10PAKET TELAH SAMPAI DI DROP CENTERPaket telah sampai di drop center artinya telah sampai ke gudang sortir J&T
11SHIPPING RATESLayanan untuk melihat ongkos kirim dari J&T
12PAKET SUDAH SAMPAI TUJUANMemiliki arti barang sudah sampai ke lokasi tertentu mencakup transit maupun kota tujuan
13PAKET SUDAH DITERIMAPaketan telah diterima dan sampai tujuan
14SUDAH DITERIMAPaketan sudah diserahkan ke penerima dan pengiriman selesai dilakukan
15SPRINTER SEDANG MENGIRIMPunya arti kurir telah sampai ke drop point kemudian mengirimkan ke alamat tujuan
16SCANAdalah penambahan informasi paketan yang sudah diproses kemudian statusnya diupdate
17SEDANG MENJALANKAN SIMPAN SCANSementara waktu barang disimpan pada lokasi drop point kemudian menunggi jadwal pengiriman selanjutnya
18SEDANG MENJALANKAN BERMASALAH SCANBarang sampai ke drop point tetapi belum dapat diproses karena penyebab sistem error, salah sorting, isi mencurigakan dan lain sebagainya
19SIMPANArti status pengiriman J&T ini adalah barang belum dapat diantar sehingga sementara disimpan pada drop point
20BERMASALAHTerjadi masalah pengiriman seperti misalnya alamat tujuan tidak ditemukan, kesalahan nama dan lain sebagainya
21PICK UPKurir J&T akan melakukan proses penjemputan paket
22HAS BEEN PICKED UPBarang sudah diambil kurir J&T dari tangan pengirim
23ON HOLDArti status on hold J&T adalah paket sementara ditahan karena penyebab tertentu
24INVALID AIRWAY BILLNomor resi yang dimasukkan salah ataupun terjadi error pada server J&T
25PACKAGE IS SUCCESSFULLY DELIVERED TO DESTINATIONPengiriman berhasil dilakukan sampai ke lokasi tujuan
26HAS BEEN RECEIVED, RECEIVER NAMEBarang sudah diterima dan akan tercantum namanya


Arti Status Bermasalah J&T
Paket/ barang Anda sedang bermasalah.  status ini muncul karena alamat tujuan tidak jelas atau salah, bisa juga karena kurir belum menemukan alamat/susah dicari, telepon tidak dijawab ketika kurir menghubungi, ketika kurir berteriak tidak ada yang membuka kanpintu/pagar, rumah kosong. atau bisa juga karena isi paket melanggar ketentuan J&T . dan hal-hal lainnya, atau terpending karena bencana alam, pengiriman paket sedang overload dan hal lainnya. silahkan segera hubungi pihak JNT /J&T 


CONTACT PERSON OFFICE J&T EXPRESS








address:Landmark Pluit
Unit B1 Floor 8,9,10
Jl. Pluit Selatan Raya, Jakarta Utara, 14450
Phone:021-8066-1888
E-Mail:jntcallcenter@jet.co.id

 
Like us on Facebook