MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

May 22, 2023

Argentina vs Indonesia 2023 FIFA Matchday

Baca Artikel Lainnya

Timnas Indonesia dipastikan akan menghadapi Argentina pada pertandingan FIFA Matchday yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada 19 Juni mendatang.Kepastian tersebut diumumkan oleh Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) dan akun media sosial resmi timnas Argentina pada Senin (22/5) pagi WIB.




"Pertandingan persahabatan yang dikonfirmasi. 15 Juni [Argentina] vs Australia di Beijing. Kemudian 19 Juni vs Indonesia di Jakarta," tulis akun Twitter timnas Argentina. 


Satu lawan lainnya disebut-sebut Argentina. Hanya saja belum ada kepastian soal uji coba tersebut.

Namun Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri memastikan Timnas Indonesia akan memulai pemusatan latihan (TC) pada 6 Juni mendatang guna menghadapi laga FIFA Matchday.

Hal tersebut diungkapkan Indra seusai pawai juara Timnas Indonesia U-22 yang meraih medali emas SEA Games 2023 pada Jumat (19/5) siang.

Bahkan Indra dan Shin Tae Yong telah menyerahkan daftar nama pemain yang akan dipanggil dalam pemusatan latihan. Hal tersebut langsung dikabarkan ke Erick Thohir.

"Tadi sudah telepon lewat Jeje nama-nama pemain yang akan dipanggil di FIFA Matchday. Saya juga sudah lapor ke pak ketum sebagai Dirtek, nanti tanggal 6 akan ada rencana persiapan," kata Indra.

Argentina akan memainkan dua laga uji coba di Asia pada FIFA Matchday. Juara Piala Dunia 2022 tersebut bakal berjumpa Indonesia pada 19 Juni 2023. Sebelum ke Jakarta, Argentina akan bersua Australia di Beijing China.


Siapa yang Dipanggil Shin Tae-yong?

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, memberi informasi soal persiapan Timnas Indonesia menyambut FIFA Matchday edisi Juni 2023. Menurutnya, pelatih Shin Tae-yong sudah menyetor nama-nama pemain yang akan dipanggil membela Skuad Garuda.

"Saya sudah berkomunikasi lewat Jeje (Jeoin Seok-seo, penerjemah Shin Tae-yong), menyampaikan nama-nama pemain yang akan dipanggil Timnas Indonesia untuk FIFA Matchday," ujar Indra Sjafri.

Indra tidak menyebut siapa saja pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk duel lawan Argentina.

Namun, Indra menyebut bahwa pemain yang dipanggil Shin Tae-yong akan mulai berlatih pada 6 Juni 2023. "Saya sudah laporkan juga ke Pak Ketua PSSI," tegas pria yang membawa Indonesia meraih emas sepak bola SEA Games 2023 itu.


Sebelum melawan Argentina pada 19 Juni 2023 di Jakarta, PSSI sudah bisa memastikan bahwa Timnas Indonesia akan menghadapi Timnas Palestina dalam FIFA Matchday Juni 2023.

Timnas Indonesia akan beruji coba dengan negara berperingkat 93 dunia itu di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada 14 Juni 2023.

‘’Saya sudah komunikasi dengan Presiden Federasi Sepak Bola Palestina, dan mereka sudah setuju untuk laga FIFA matchday pada tanggal 14 Juni 2023," ujar Ketua PSSI, Erick Thohir.


Pertanyaan besar yang pasti muncul dari Timnas Indonesia vs Argentina pada FIFA Matchday, 19 Juni mendatang, adalah apakah Lionel Messi hadir dan bermain di Jakarta?

Setelah Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) memastikan laga persahabatan melawan Indonesia, Minggu (21/5) waktu setempat, muncul pertanyaan apakah Lionel Scaloni akan membawa Messi dalam Tur Asia bulan depan.

Hingga kini Scaloni belum mengumumkan daftar nama pemain yang akan dibawa untuk melawan Australia di Beijing, China, pada 15 Juni, dan melawan Indonesia di Jakarta pada 19 Juni mendatang.


Namun peluang Messi untuk masuk skuad cukup besar. Ada beberapa faktor yang bisa membuat Scaloni membawa Messi untuk melawan Australia dan Indonesia.

Pertama, kompetisi Ligue 1 sudah berakhir pada awal Juni 2023. Paris Saint-Germain (PSG) akan menjalani laga terakhir melawan Clermont pada 4 Juni mendatang. Selain itu dalam FIFA Matchday sebuah klub harus melepas pemainnya yang dipanggil tim nasional.

Faktor kedua, Asia merupakan pasar yang penting bagi sejumlah sponsor timnas Argentina, termasuk Adidas dan Coca-cola, termasuk China dan Indonesia. Kondisi itu membuat sponsor Tim Tango ingin Scaloni membawa pemain terbaiknya dalam laga bulan depan.

Namun peluang Messi untuk masuk skuad cukup besar. Ada beberapa faktor yang bisa membuat Scaloni membawa Messi untuk melawan Australia dan Indonesia.

Pertama, kompetisi Ligue 1 sudah berakhir pada awal Juni 2023. Paris Saint-Germain (PSG) akan menjalani laga terakhir melawan Clermont pada 4 Juni mendatang. Selain itu dalam FIFA Matchday sebuah klub harus melepas pemainnya yang dipanggil tim nasional.

Faktor kedua, Asia merupakan pasar yang penting bagi sejumlah sponsor timnas Argentina, termasuk Adidas dan Coca-cola, termasuk China dan Indonesia. Kondisi itu membuat sponsor Tim Tango ingin Scaloni membawa pemain terbaiknya dalam laga bulan depan.

Mengutip dari laman sportstars.id, Senin (22/05/2023), saat ini Argentina telah menetapkan tarif paket laga mereka sebesar Rp90 miliar. Hal tersebut yang kemudian menjadi sorotan dan pertimbangan bagi PSSI.

"Pihak promotor Indonesia sedang berusaha deal. Kalau sampai deal Rp90 miliar kemungkinan harga tiket sangat mahal. Bisa ditaksir hingga Rp1 juta per laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Lain cerita kalau ada sponsor yang bantu, nilai jual tiket laga bisa berkurang," ucap Akmal melalui laman sportstars.id, Senin (22/05/2023).

Kini pihak promotor Indonesia dikabarkan tengah berusaha mencapai kesepakatan. Ada China dan Bangladesh yang saat ini masih menjadi pesaing kuat Indonesia. Diketahui China siap dengan dana hingga ratusan miliar berkat sokongan sponsor Wanda Group.

Sementara Federasi Sepak Bola Bangladesh akan dibantu pemerintah dalam upaya peningkatan pariwisata mereka. Jika kesepakatan tersebut berhasil dicapai dengan Rp90 miliar, maka tiket laga akan melambung.

pertandingan persahabatan ini akan menjadi yang terakhir bagi Timnas Argentina sebelum dimulainya Kualifikasi Amerika Selatan untuk Piala Dunia berikutnya.

Kontes kualifikasi akan dimulai pada bulan September: Albiceleste akan bertemu Ekuador dan kemudian mereka akan menghadapi Bolivia di La Paz.

Scaloni dan euforia Timnas Argentina usai Piala Dunia: "Anda harus menikmatinya, akan mahal untuk mengulanginya," kata Scaloni dikutip dari TyC Sports

Kapan Tiket Indonesia Vs Argentina Dijual?


Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan timnas Indonesia akan bertanding melawan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), pada 19 Juni 2023. Erick mengatakan kedatangan timnas Argentina akan lebih booming dari perebutan tiket konser Coldplay. Lalu kapan tiket Indonesia Vs Argentina bisa dibeli? 

"Ya tunggu sabar. Ini baru selesai ditinjau venuenya, Rabu (24/5/2023). Makanya sekarang baru percaya diri, habis ditinjau AFA (Federasi Sepak Bola Argentina)," ujar Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir kepada wartawan.

Selain memeriksa venue stadion GBK, Erick Thohir juga memastikanpada 16-20 Juni tidak boleh ada yang memakai stadion GBK.

"Ini Lionel Messi latihan ada lobang gak di tempat latihannya, cedera enggak? Nah itu standar ya yang ditinjau. Jadi saya hanya bicara mereka (AFA) melihat seluruh fasilitas hari ini, tempat latihan bola, dan semua," katanya.

Perwakilan AFA yang meninjau SUGBK yaitu Pablo Sebastian Wergifker (Supporter of Oltre Cunsulting Account), Daniel Cabrera (Team Manager of Argentina), dan Maria Cristina Russo (Oltre Consulting Account).

Daniel Cabrera pun memberikan penilaian positif soal SUGBK. Menurutnya, venue berkapasitas 77,193 tempat duduk itu cocok untuk menggelar uji coba timnas Indonesia vs Argentina.


Media Argentina: Messi Putuskan Akan Ikut Lawan Australia dan Indonesia


Media Argentina, El Destape, mengklaim Messi sudah membuat keputusan terkait dua uji coba melawan Australia dan Timnas Indonesia. Keputusan itu diungkap Messi kepada pelatih Argentina, Lionel Scaloni, dan Federasi Sepak Bola Argentina (AFA).

"Lionel Messi sudah membuat keputusan bersama timnas Argentina jelang persahabatan melawan Australia dan Indonesia di dua pertandingan FIFA Matchday."

"Sang kapten, juara dunia di Qatar 2022, sudah memberitahu kepada AFA dan Lionel Scaloni, tentang apa yang akan dia lakukan dalam pertandingan Juni 2023," tulis El Destape.

Messi disebut akan ikut skuad timnas Argentina untuk melawan Australia dan Indonesia, meski tidak ada poin krusial yang diperebutkan Tim Tango.

El Destape juga mengklaim Scaloni akan membawa tim terbaik dalam Tur Asia, kecuali Lisandro Martinez yang dipastikan absen karena cedera.

"Striker PSG [Messi] sudah memberitahu bahwa dia akan hadir dalam dua pertandingan itu [lawan Australia dan Indonesia] meski faktanya tidak ada poin yang dipertaruhkan."

"Selain itu La Scaloneta akan datang dengan hampir kekuatan penuh, kecuali Lisandro Martinez yang mengalami cedera bersama Manchester United. Pemain muda Alejandro Garnacho juga akan kembali ke tim nasional," tulis El Destape.

Sebelumnya Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyakini timnas Argentina akan membawa tim terbaik saat melawan Indonesia, meski tidak mengungkap status kedatangan Messi.

"Kalau soal pemain bintang Argentina, saya serahkan kepada AFA tim Argentina sendiri. Tapi saya percaya Argentina akan menyiapkan tim terbaiknya. Kita juga bawa tim terbaik," kata Erick.


INFO Tiket Indonesia vs Argentina

Ada empat kategori tiket yang dijual untuk menonton pertandingan Timnas Indonesia vs Argentina, berikut rinciannya:

- Kategori 3: Rp 600.000
- Kategori 2: Rp 1,2 juta
- Kategori 1: Rp 2,5 juta
- VIP Barat-Timur: Rp 4,25 juta

 

Cara Beli Tiket Indonesia vs Argentina

Ketua PSSI Erick Thohir menyebut penjualan tiket resmi dibuka mulai 5 Juni mendatang. Namun, penjualan di hari tersebut khusus nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI). 

"Pembelian tiket bisa lewat website PSSI dan Tiket.com baik melalui aplikasi dan mobile bisa. Kick-off 7.30 WIB [malam]," kata Erick.

Adapun jumlah tiket yang akan dijual mencapai 60 ribu lembar atau di bawah dari kapasitas Stadion GBK sebesar 78.000 kursi.

"Jumlah tiket yang dijual sebanyak 60 ribuan. Ini tentu berdasarkan aturan sehingga kita harus jaga juga," ucap Erick menambahkan.

Pembelian tiket akan dimulai pada 5 Juni 2023, mula-mula untuk pemegang kartu BRI. Sementara itu, pembelian tiket untuk warga umum bakal dibuka pada 6-7 Juni 2023.


Hak Siar FIFA Matchday Indonesia vs Argentina Resmi Milik RCTI


Kepastian hak siar FIFA Matchday Indonesia vs Argentina telah terjawab pada Senin, 5 Juni 2023 siang ini.

Stasiun televisi RCTI resmi dipercaya oleh PSSI sebagai pemegang hak siar FIFA Matchday antara Indonesia vs Argentina yang akan diselenggarakan pada Senin, 19 Juni 2023 mendatang.

Dini Putri selaku Programming and Acquisition Director MNC Media mengunggah foto bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir sebagai tanda bahwa hak siar FIFA Matchday Indonesia vs Argentina resmi menjadi milik RCTI.

Dilansir dari Instastory akun Instagram @dini.putri21, tampak Dini Putri sedang berfoto bersama Erick Thohir sembari memegang sebuah dokumen kontrak.

Dokumen kontrak tersebut disinyalir kuat merupakan kesepakatan antara RCTI dengan PSSI untuk menyiarkan laga FIFA Matchday antara Indonesia vs Argentina yang akan diselenggarakan bulan ini.

Dalam unggahannya, Dini Putri juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Erick Thohir yang telah memberikan kepercayaan kepada pihaknya untuk menayangkan laga tersebut.

Kepastian RCTI memperoleh hak siar FIFA Matchday antara Indonesia vs Argentina diketahui setelah Dini Putri selaku Programming and Acquisition Director MNC Media mengunggah Instastory saat memperlihatkan dokumen kontrak bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir.


PSSI menjual hak siar FIFA Matchday antara Indonesia vs Argentina dalam satu paket dengan beberapa laga Timnas Garuda lainnya sepanjang tahun 2023 (dimulai sejak bulan Juni).

"Proses bidding yang kita lakukan ini tidak per game, tetapi merupakan kontrak untuk beberapa event internasional," kata Erick Thohir dalam keterangan persnya sebagaimana dilansir Kabar Rakyat dari kanal YouTube PSSI TV pada Senin, 29 Mei 2023.

Sebelum RCTI memastikan hak siar FIFA Matchday antara Indonesia vs Argentina dan beberapa laga Timnas Garuda lainnya, PSSI juga melakukan negosiasi dengan sejumlah media selain MNC Group.

Salah satu media yang disebut-sebut oleh netizen yang juga tertarik memperoleh hak siar laga tersebut adalah Emtek yang menaungi SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Champions TV, Nex Parabola, hingga Vidio.

Pasalnya, Indosiar sempat menayangkan FIFA Matchday antara Indonesia vs Burundi sebagai laga terakhir yang disiarkannya terhitung sejak Emtek menjalin kerja sama dengan PSSI pada tahun 2021 untuk menggantikan posisi Mola TV.

Bahkan, sempat beredar rumor bahwa FIFA Matchday Indonesia vs Argentina akan tayang secara simultan di SCTV dan Indosiar (serta Vidio dan salah satu kanal Champions TV).

Namun rumor tersebut tak terbukti setelah salah satu karyawan marketing SCM (sub-holding Emtek untuk bidang media) menyatakan bahwa pihaknya tak jadi menyiarkan laga tersebut.


Jika mengacu pada keterangan pers PSSI mengenai hak siar FIFA Matchday antara Indonesia vs Argentina, RCTI akan mengawali penayangan laga Timnas Garuda saat menjamu Palestina.

Laga tersebut akan diselenggarakan di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur pada Rabu, 14 Juni 2023 mendatang.

Adapun laga FIFA Matchday antara Indonesia vs Argentina sendiri akan disiarkan langsung oleh RCTI pada Senin, 19 Juni 2023 (rencana kick-off pukul 19.30 WIB).

Setelah FIFA Matchday Indonesia vs Argentina, penayangan laga Timnas Garuda di RCTI tak akan berhenti sampai di situ.

RCTI juga akan menayangkan beberapa laga Timnas Garuda lainnya yang meliputi sebagai berikut:

- FIFA Matchday September 2023

- Kualifikasi Piala Asia U23 2024 (6-12 September 2023)

- Kualifikasi Piala Dunia 2026 (12-17 Oktober 2023)

- FIFA Matchday November 2023

- Dan lain-lain (setidaknya hingga Desember 2023)

Sedangkan untuk laga Timnas Garuda dalam ajang Piala Asia 2023, RCTI memperoleh hak siar dari distributor Football Marketing Asia (FMA) dalam paket kontrak multi-year seluruh event di bawah naungan AFC yang berlaku sejak musim 2021.

Melalui paket hak siar tersebut pula, RCTI berhak untuk menayangkan kompetisi AFC Champions League dan AFC Cup 2023-2024 bersama MNCTV dan iNews (jadwal menyusul) untuk laga Bali United, PSM Makassar, dan kemungkinan Persija Jakarta (jika Bali United atau PSM Makassar lolos ke fase grup AFC Champions League).

Adapun laga Piala AFF U23 2023 rencananya akan disiarkan langsung oleh Emtek yang memperoleh hak siar dari distributor SportFive.




Media Argentina Ikut Kabarkan Lionel Messi Tak ke Indonesia


Kabar Lionel Messi tak datang ke Indonesia ikut didengungkan media Argentina, El Destape. La Pulga hanya akan main 1 pertandingan dalam Tur Argentina di Asia.

Indonesia vs Argentina akan tersaji dalam pertandingan FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senin (19/6/2023). Namun Lionel Messi yang merupakan bintang utama dari tim Tango, disebut-sebut tidak akan ikut serta.

Hal ini pertama kali dihembuskan oleh jurnalis Argentina, yang ikut dikonfirmasi oleh wartawan lain dari negara yang sama. Kini giliran media Argentina yang semakin mengonfirmasi hal ini.

"Timnas Argentina sedang dalam tur Asia, yang merupakan tantangan besar bagi tim yang dipimpin oleh Lionel Scaloni," tulis pemberitaan El Destape.

"Karena akan ada pertandingan di tur yang tidak memiliki kehadiran Lionel Messi. Dalam arti yang sama, Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) akan menambah (pemasukan) beberapa juta dolar," ujarnya menambahkan.

Sebagaimana ditulis El Destape, Lionel Messi hanya akan main satu laga saja. Selain ke Indonesia, Argentina juga ke China untuk melawan Australia pada, Kamis (15/6).

Adapun Messi sudah hadir ke China beberapa waktu lalu untuk persiapan melawan Australia. Setelah laga ini, Messi diklaim tidak ikut rombongan Argentina ke Indonesia.

Dugaannya Messi lebih memilih berlibur di tengah waktu singkat di masa rehat kompetisi sebelum bergabung ke klub Major League Soccer (MLS) Inter Miami. Sementara MLS musim 2023 saat ini sedang berlangsung karena tidak digelar lintas tahun seperti di Eropa.

Penjualan tiket Indonesia vs Argentina sudah berlangsung sejak beberapa waktu lalu. Tak butuh lama, seluruh tiket yang dipersiapkan ludes dibeli. Terbaru, PSSI merilis panduan penukaran tiket FIFA Matchday timnas Indonesia melawan Argentina. 

 

PSSI merilis jadwal dan panduan penukaran tiket laga Timnas Indonesia vs Argentina. Jadwal penukaran tiket akan digelar selama empat hari, mulai dari Jumat (16/6/2023) hingga Senin (19/6/2023).

Publik yang sudah memesan tiket laga tersebut dapat menukarkannya di Wisma Serba Guna GBK. Waktu penukaran tiket akan dimulai pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. Penukaran tiket di hari Jumat (16/6/2023) khusus untuk pemegang tiket kategori 3.

Penukaran tiket pada Sabtu (17/6/2023) dan Minggu (18/6/2023) untuk semua kategori tiket. Penukaran tiket pada hari Senin (19/6/2023) untuk semua kategori tiket, tetapi khusus penonton dari luar Jabodetabek.

Sebagai informasi, E tiket dapat dicetak atau hanya menunjukkan melalui hp. Pembeli WAJIB menunjukkan kartu identitas yang didaftarkan, baik itu KTP, Paspor, atau SIM. Hal itu untuk keperluan verifikasi.

Setelah QR code terverifikasi, e-tiket akan ditukarkan menjadi gelang. Para pembeli akan mendapatkan gelang sesuai dengan kategori tiket yang dibeli. Pencinta sepak bola Tanah Air yang telah memenangkan war ticket diharapkan tidak lupa untuk menukarkan tiketnya nanti.


Lawan Indonesia, Argentina Pakai Pemain Cadangan

Susunan pemain inti timnas Argentina yang akan dihadapi Timnas Indonesia kemungkinan besar akan berbeda dengan daftar starter saat Tim Tango menundukkan Australia.

Argentina menurunkan pemain-pemain top dan turut memperkuat Albiceleste dalam Piala Dunia 2022. Emiliano Martinez, Nicolas Otamendi, Cristian Romero, Marcos Acuna, Rodrigo De Paul, Angel Di Maria, hingga Lionel Messi main sejak menit pertama.

Tiga pemain yang mengisi starting eleven Argentina saat bertemu Australia sudah tak berada dalam rombongan. Messi, Di Maria, dan Otamendi dilaporkan sudah berpisah dari tim arahan Lionel Scaloni.

Selain tiga pemain tersebut, Scaloni pun membocorkan rencananya dalam menghadapi Timnas Indonesia.

"Kami berencana melakukan pergantian secara menyeluruh dan membiarkan anak-anak bermain, karena mereka pantas mendapatkannya dan kami membutuhkan itu untuk tetap menambah pemain," terang Scaloni dikutip dari TycSports.

Dengan demikian, bisa jadi pemain-pemain yang menjadi cadangan dan memiliki caps minim di timnas Argentina bakal menjadi lawan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan.


Daftar pemain Argentina untuk melawan Indonesia

Kiper: Emiliano Martinez (Aston Villa), Geronimo Rulli (Villarreal), Walter Benitez (PSV Eindhoven).

Belakang: Nahuel Molina (Atletico Madrid), German Pezzella (Betis), Cristian Romero (Tottenham), Leonardo Balerdi (Olympique Marseille), Facundo Medina (Lens), Nicolas Tagliafico (Olympique Lyon), Marcos Acuna (Sevilla).

Tengah: Leandro Paredes (Juventus), Enzo Fernandez (Chelsea), Guido Rodriguez (Betis), Rodrigo De Paul (Atletico Madrid), Exequiel Palacios (Bayer Leverkusen), Alexis Mac Allister (Liverpool), Thiago Almada (Atlanta United), Facundo Buonanotte (Brighton), Giovani Lo Celso (Villarreal), Lucas Ocampos (Sevilla).

Depan: Julian Alvarez (Manchester City), Giovanni Simeone (Napoli), Alejandro Garnacho (Manchester United), Nicolas Gonzalez (Fiorentina).



Laga ini sendiri akan dilakukan ketika Liga1 sedang terhenti dan kebugaran dan skilll para pemain masih dibawah performa biasanya. Akankah Indonesia jadi lumbung gol atau timnas Indonesia bisa imbangi Argentina?






 
Like us on Facebook