Baca Artikel Lainnya
Era ketika uang tunai sedikit demi sedikit mulai tergantikan dengan dompet digital (e-wallet). Salah satu dompet digital yang terkenal adalah DANA. Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu perlu tahu kode virtual account DANA dari berbagai bank supaya bisa top up / transfer saldo dengan lancar.
Dana adalah layanan keuangan digital yang berbasis di Jakarta, Indonesia, yang berperan sebagai pembayaran digital untuk menggantikan dompet konvensional / uang tunai
Kode virtual account adalah kode yang harus diinputkan ketika kamu top up saldo dompet digital melalui media transfer bank. Untuk aplikasi DANA, setiap bank memiliki kode yang berbeda-beda. Berikut adalah daftar lengkapnya.
Hindari topup melalui mesin ATM untuk hindari gagal Topup DANA , karena kualitas jaringan internet setiap mesin ATM berbeda-beda ada yang lemot adayang ngebut
Top Up DANA via Flip
kamu yang ingin top up DANA secara mudah, tanpa harus menggunakan kode-kode virtual account seperti di atas. Kamu bisa memanfaatkan layanan Flip Digital Product Top Up E-Wallet. Caranya gampang, cukup masuk ke aplikasi Flip, tap menu “Transfer”, pilih “E-Wallet”, lalu klik DANA. Tinggal masukkan nomor DANA tanpa kode virtual account, isi jumlah nominal top up, lanjutkan dengan memilih metode transfer sesuai rekening bank yang dimiliki.
Bank BRI
Jika ingin mengisi saldo DANA melalui BRI atau Bank Rakyat Indonesia, kamu harus memasukkan kode virtual account berikut ini: **88810** diikuti dengan nomor DANA yang terdaftar. Biasanya berupa nomor ponsel yang didaftarkan ketika membuat akun DANA. Layanan virtual account BRI dikenal dengan sebutan BRIVA, sehingga kamu bisa membayar tagihan top up saldo DANA lewat layanan tersebut.
Saat diminta kode tagihan, masukkan kode virtual account DANA di atas diikuti nomor tujuan. Selanjutnya sistem akan menampilkan nama pemilik akun DANA yang terdaftar.
- Buka aplikasi BRI Mobile / internet Banking
- Registrasi atau jika sudah, lakukan login
- Pada menu utama, pilih menu BRIVA
- Pilih sumber DANA nomor rekening
- Masukkan kode 8881 dan dilanjut dengan nomor ponsel (Misal: 88810813xxxxxxxx)
- Masukkan nominal top up dan klik Lanjut
Bank Mandiri
Kode virtual account untuk aplikasi DANA dari **Bank Mandiri** adalah **89508**. Selanjutnya, kode ini diikuti dengan nomor DANA yang terdaftar ketika hendak top up saldo. Caranya tidak terlalu berbeda dengan proses isi saldo melalui bank lain. Hanya saja, Bank Mandiri punya virtual account sendiri, yaitu fitur Multi Payment.
Jika ingin top up saldo DANA lewat Bank Mandiri, pastikan untuk memilih Multi Payment, kemudian masukkan kode virtual account dompet digital DANA Bank Mandiri diikuti nomor akun DANA yang terdaftar. Lanjutkan hingga proses transaksi selesai, dan saldo DANA kamu pun berhasil diisi.
- Buka aplikasi Mobile Banking Mandiri / internet Banking
- Registrasi atau jika sudah, lakukan login
- Pilih menu utama dan klik menu Pembayaran
- Pilih Buat Pembayaran Baru
- Klik menu Multipayment dan cari DANA Top Up
- Masukkan kode 89508 dan diikuti nomor HP
- Masukkan nominal top up dan klik Lanjut
Bank BCA
Isi saldo DANA lewat layanan **Bank Central Asia** atau BCA akan semakin mudah jika kamu tahu kode virtual account yang diperlukan. Kode yang dimaksud yaitu **3901**, dan selanjutnya diikuti dengan nomor DANA yang berlaku. Untuk top up DANA melalui BCA, kamu bisa memanfaatkan layanan BCA Virtual Account.
Cara menggunakannya pun mudah, seperti proses transfer antar-rekening bank. Cukup memilih BCA Virtual Account, masukkan kode tagihan berupa kode virtual account DANA dari BCA dan nomor yang terdaftar. Lanjutkan sampai prosesnya selesai.
- Buka aplikasi BCA Mobile /internet Banking
- Lakukan registrasi atau jika sudah, langsung login
- Pada menu utama, pilih menu m-transfer
- Lalu klik BCA Virtual Account
- Masukkan kode 3901 dan diikuti nomor ponsel (Misal: 39010858xxxxxxxx)
- Masukkan nominal saldo dan pilih OK
Bank BNI
Bank Nasional Indonesia atau BNI juga punya kode virtual account untuk pembayaran tagihan top up dompet digital. Untuk DANA, kode virtual account-nya ialah **8881** diikuti dengan nomor akun DANA aktif. Jika ingin mencoba, kamu bisa memilih fitur Virtual Account Billing agar bisa memasukkan kode tagihan tersebut. Setelah itu, masukkan nominal jumlah top up, dan ikuti prosesnya sampai selesai.
- Buka aplikasi BNI Mobile Banking/internet Banking
- Registrasi atau login dan masuk ke menu utama
- Klik menu Transfer
- Pilih menu Virtual Billing Account
- Masukkan kode 8810 dan diikuti nomor HP
- Masukkan nominal saldo dan pilih OK.
Bank Panin
Kamu pengguna Bank Panin atau PaninBank, dan ingin top up saldo DANA? Tak perlu bingung, cukup gunakan kode virtual account DANA dari PaninBank ini: **8100**, diikuti nomor DANA terdaftar yang aktif. Layanan virtual account di PaninBank bisa kamu temukan melalui menu Pembayaran/Top Up, lalu pilih “Lainnya”, kemudian “E-Commerce”, dan pilih DANA. Masukkan kode virtual account, nomor DANA, dan ikuti proses hingga selesai.
- Buka aplikasi Mobile Panin / internet banking
- Cari menu Pembayaran dan pilih Virtual Account
- Lalu klik Create New dan pilih rekening sebagai sumber dana
- Masukkan kode 8100 diikuti nomor HP
- Klik Lanjut dan masukkan nominal top up
- Konfirmasi transaksi dan masukkan PIN
Bank BTPN
Bank Tabungan Pensiunan Nasional atau lebih dikenal dengan sebutan BTPN juga bisa digunakan untuk mengisi saldo dompet digital DANA. Caranya hampir sama dengan proses pada bank lain, yaitu menggunakan layanan virtual account. Pada Bank BTPN, top up saldo DANA bisa dilakukan lewat menu “Transfer”, lalu pilih “Tabungan”. Setelah itu, tinggal memasukkan kode virtual account DANA dari BTPN, yaitu **8000009**, diikuti dengan nomor DANA. Kemudian, masukkan jumlah nominal, dan lanjutkan sampai prosesnya selesai.
Kode transfer DANA dari BTPN adalah 8000009 dan diikuti nomor ponsel DANA. Misalnya, 80000090895xxxxxxxx. Kamu bisa top up menggunakan aplikasi Jenius dengan cara berikut ini.
- Buka aplikasi Jenius
- Registrasi atau lakukan login
- Pada menu utama, pilih menut Top Up e-Wallet
- Pilih DANA dan masukkan nomor ponsel DANA
- Jangan lupa ceklis pilihan Simpan ke Daftar e-Wallet
- Masukkan nominal top up dan klik Lanjut
Bank CIMB Niaga
Untuk para nasabah Bank CIMB Niaga, kamu bisa mengisi saldo DANA menggunakan kode virtual account **8059**, diikuti nomor DANA. Prosesnya sama seperti proses transfer sesama rekening CIMB Niaga, ganti nomor rekening tujuan dengan kode virtual account DANA dan nomor DANA aktif.
- Buka aplikasi CIMB Clicks / internet banking
- Registrasi atau jika sudah, langsung login
- Pada menu utama, pilih menu Transfer dan cari menu Transfer Dari
- Masukkan kode 8059 diikuti nomor HP tanpa angka 0 di depannya
- Masukkan nominal top up dan pilih opsi Lanjut
Bank Permata
- Buka aplikasi PermataMobile X
- Registrasi atau langsung login
- Pada menu utama, pilih menu Bayar Tagihan dan pilih Akun Virtual
- Masukkan kode 8528 diikuti nomor HP tanpa angka 0 di depannya
- Pilih Lanjut dan pilih Jumlah Lainnya
- Tentukan Rekening yang menjadi sumber dana
- Masukkan nominal top up dan pilih OK
- Terakhir, pilih opsi Konfirmasi Pembayaran
Bank Syariah Indonesia / Bank BSI
Sebelum melakukan top up DANA, pastikan Anda sudah meng-update aplikasi BSI Mobile terbaru. Pastikan koneksi internet tidak lemot dan stabil. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini:
- Buka aplikasi BSI Mobile di smartphone Anda atau / internet Banking.
- Login menggunakan password atau sidik jari.
- Pilih menu "Top Up e-Wallet". Pilih "DANA".
- Masukkan kode/ID DANA atau nomor HP yang didaftarkan di aplikasi DANA.
- Klik "Selanjutnya". Masukkan nominal top up DANA yang diinginkan.
- Masukkan PIN BSI Mobile Anda. Akan muncul detail transaksi top up DANA.
- Klik "Selanjutnya" untuk menyelesaikan transaksi top up DANA. Bukti transaksi akan muncul di layar.
Bank Lainnya
Selain lewat bank-bank yang disebutkan sebelumnya, pengisian saldo DANA via rekening bank lainnya bisa dilakukan dengan kode virtual account **8528**, diikuti nomor DANA terdaftar.
Jika kamu memiliki bank selain dari daftar bank yang disebutkan di atas, jangan khawatir. DANA juga menyediakan layanan top up saldo dari bank lainnya.
Kode transfer DANA untuk bank lainnya adalah 8528 dan diikuti nomor ponsel DANA, tapi tanpa memakai angka 0 pada digit pertama nomor ponsel. Misalnya, 8528 878xxxxxxxx. Kamu bisa memakai mesin ATM untuk melakukan top up saldo DANA.
Selain lewat Bank kamu juga dapat melakukan topupo dana melalui berbagai cara misal , eccomer, Alfamart, Indomaret, Kantor Pos dan lainnya
1. Cara Top Up DANA via Alfamart
Apakah bisa isi DANA di Alfamart? Tentu saja, bahkan sangat disarankan karena prosesnya sangat mudah. Bahkan, saat ini gerai Alfamart sudah tersebar hampir di seluruh Indonesia. Untuk caranya, perhatikan penjelasan berikut ini.
- Datang ke Alfamart
- Sampaikan ke kasir kalau mau isi saldo DANA
- Setelah itu berikan nomor rekening DANA
- Kalau lupa nomornya, silahkan buka aplikasi DANA dan masuk ke menu “Isi Saldo”
- Pilih opsi Alfamart, Alfamidi, Dan+Dan, Lawson
- Nah, nomor DANA kamu yang berwarna orange
- Jika sudah, kasih tahu berapa saldo yang ingin kamu isi
- Terakhir, silahkan tunggu konfirmasi dari kasir
Selain mudah, ini termasuk cara top up DANA tanpa biaya admin, karena Alfamart masih membebaskan pengisian saldo dompet digital DANA untuk nominal Rp50.000 dan kelipatannya.
2. Cara Top Up DANA dari ShopeePay, OVO, dan GoPay
Selanjutnya, kamu juga bisa top up DANA dari e-wallet lain. Karena langkah-langkahnya tak jauh berbeda, kami gabungkan saja jadi satu, ya. Berikut panduan lengkap cara isi saldo DANA lewat ShopeePay, OVO, dan GoPay.
- Pertama buka OVO, GoPay, atau ShopeePay
- Kemudian pilih menu Transfer – Rekening Bank
- Pada kolom Bank Tujuan, pilih CIMB NIAGA
- Selanjutnya masukkan kode bank 8059 dan nomor DANA kamu (8059085760246117)
- Lalu isi kolom Nominal Transfer sesuai keinginan
- Jika sudah, klik Lanjutkan
- Pastikan kembali informasi rekening sudah benar, dan klik Transfer
- Terakhir masukkan PIN e-wallet kamu
Cara Top Up DANA di Kantor Pos
Terakhir, karena sudah menjalin kerjasama dengan Kantor Pos, pengguna DANA bisa melakukan top up di jasa pengiriman milik BUMN ini. Simak langkah-langkah cara isi saldo DANA di Kantor Pos berikut ini.
- Pertama datangi Kantor Pos Pusat di kotamu
- Jika sudah sampai, langsung masuk dan bilang ke kasir mau top up DANA
- Kemudian berikan nomor rekening DANA dan nominal top up
- Terakhir, ikuti saja instruksi dari kasir
Setelah itu tunggu hingga transaksi selesai, biasanya kurang dari 2 menit saldo sudah masuk. Untuk minimal top up DANA di Kantor Pos, kamu bisa memilih kelipatan Rp50.000.
Selain 5 opsi di atas, kamu juga bisa top up DANA pakai pulsa, tapi tidak kami sarankan karena harus melalui jasa convert. Dimana prosedurnya cukup ribet dan dikenakan biaya rate yang lumayan besar, bahkan hingga 30%.
Cara TopUp Tambah Saldo Dana Di Bukalapak
Bagaimana cara isi saldo DANA melalui aplikasi Bukalapak?
- Pastikan kamu sudah terdaftar akun Bukalapak. jika sudah piunya akun bukalapk Login ke akun Aplikasi Bukalapak di smartphone atau Desktop
- Tap ikon DANA pada layar utama aplikasi Bukalapak.
- Tap ikon DANA pada halaman Saldo Bukalapak.
- Kamu akan diarahkan ke halaman aplikasi DANA, tap Isi Saldo.
- Kamu dapat mengisi Saldo DANA melalui transfer bank, agen, metode pembayaran lainnya dan atau kartu debit yang sudah disimpan melalui fitur Simpan Kartu.
Ikuti proses mengisi saldo hingga selesai. Kamu dapat mengecek pada tab Transaksi untuk melihat status dan riwayat transaksi isi saldo tersebut.
Kenapa Saldo DANA Tidak Masuk Setelah Top Up?
Setelah melakukan topup, biasanya dalam beberapa detik saldo akan masuk ke akun kamu. Namun, pada beberapa kasus ada pengguna yang gagal top up DANA sehingga di bagian saldo tidak ada perubahan.
Kalau kamu sedang mengalami kondisi seperti ini, kemungkinan terjadi lonjakan traffic, jumlah transaksi sangat padat atau ada gangguan pada server DANA saat kamu melakukan transaksi / topup. Untuk mengatasi saldo tidak masuk setelah top up, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.
1. Pastikan dulu kalau nomor DANA sudah sesuai dengan yang terdaftar di aplikasi
2. Perikasa rincian transaksi pada menu Riwayat atau Histori
3. Pastikan Bank yang kamu gunakan sedang tidak dalam perbaikan / error. Kalau saldo rekening Bank kamu sudah berkurang / terpotong dan keluar bukti resi nomor pembayaran artinya Bank tersebut tidak sedang error atau perbaikan. artinya masalah ada di server Dana
4. Hindari melakukan aktifitas transfer/topup pada jam-jam sibuk atau jam dimana biasanya orang bertransaksi seperti sianghari/ sore/malam hari biasanya server DANA akan pending
5. Kalau dua poin di atas sudah sesuai, silahkan tunggu maksimal 3 hari kerja sejak dibuat nomor pelaporan (Hari Sabtu, Munggu dan Libur Nasional tidak masuk dalam perhitungan hari)
6. Hubungi pihak DANA melalui Whatsapp 081911500445 atau email help@dana.id atau Hubungi akun sosial media resmi DANA.
setelah melaporkan keluhan perihal gagalnya pengisian saldo, pihak DANA akan melakukan validasi dan kalau tidak ada kendala, dalam beberapa menit saldo akan diproses dan diteruskan ke akun kamu.
Alamat Kantor DANA e Wallet / Dompet Digital
Alamat Kantor DANA dan Jam Operasionalnya
Untuk melayani pengaduan penggunanya, berikut alamat kantor DANA dan jam operasionalnya sesuai dengan yang dituliskan dalam laman resminya:
- Alamat: PT. Espay Debit Indonesia Koe (DANA), Gedung Capital Place Office Tower, Lantai 18, Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 18, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia. ALAMAT Google MAPS DANA .KLIK DISINI
- Jam Operasional: Setiap hari Senin-Jumat pukul 08.30–17.00 WIB.
Jika uang yang ditrasnfer cukup besar diatas 5 juta sebaiknya jangan gunakan eWallet untuk menghindari kalau gagal topup atau trasnfer tidak tercatat. pastikan selalu menyimpan bukti transaksi /topup sekecil apapun sebagi bukti sah jika suatu saat terkendala
Hindari juga menyimpan uang puluhan juta di eWallet, karena tidak ada bukti / jaminan kalau uang yang kamu simpan bakal aman jika suatu saat hilang atau gagal transaksi.
Karena tujuan ewallet buat pengganti jajan uang tunai / transaksi dibawah 1 juta
ATAU SCAN DONASI KE DANA