Baca Artikel Lainnya
Pesan atau notifikasi "Hai Seller, Ada pesanan berpotensi dibatalkan Pesanan INV/2XXXXXXX belum behasil di-pickup hingga 2x24 jam. Pesanan berpotensi dibatalkan pada XX XXX XXXX, pukul XX:XX WIB. Untuk mencegah pembatalan, silakan: 1. Pastikan alamat sudah benar 2. Hubungi kurir secara manual untuk melakukan pick-up ulang 3. Apabila sudah melakukan 2 hal di atas namun belum mendapat kejelasan, hubungi Pusat Bantuan
ATAU PESAN EMAIL SEPERTI BERIKUT
|
||
Pesanan INV/20230515/MPL/XXXXXXX belum behasil di-pickup hingga 2x24 jam. Pesanan berpotensi dibatalkan pada XX XXXX XXXX, pukul 03:17 WIB. Untuk mencegah pembatalan, silakan:
|
||
Hal ini biasanya muncul karena kurir tidak melakukan Pickup paket ke tempatmu tepat waktu sampai batas waktu yang ditentukan sistem Tokopedia
Dampak barang tidak kunjung dikirim / di pickup kurir
- Pembeli merasa kecewa karena barang tidak kunjung datang. Selain berkali-kali bertanya denganmu, pembeli juga akan memberikan rating rendah pada ulasan produkmu.
- Pembeli mengajukan pembatalan pesanan di tokomu yang bisa merugikan tokomu karena paket sudah di packing rapi
- Tokomu berpotensi terkena penalti toko dari Tokopedia karena paket tak kunjung dikirim dan mengulangi hal yang sama dikemudian hari atau dibatalkan otomatis oleh sistem dan saldo akan dikembalikan ke pembeli sementara kamu sudah rugi waktu, rugi dalam proses dan bahan-bahan packing
- Beberapa mitra kurir memiliki SOP (Standard Operational Procedure) untuk membatalkan pick up atas permintaan yang tidak dapat dipenuhi dalam 3x24 jam. Jika resi dibatalkan pihak kurir, transaksimu akan otomatis batal dalam 2x24 jam kecuali dilanjutkan pengiriman menggunakan kurir lain/ tidak menggunakan resi/AWB otomatis (di mana untuk transaksi Bebas Ongkir akan dikenakan penalti). Apabila kamu adalah Official Store, ada kemungkinan kamu akan dikenakan penalti karena pembatalan order yang terjadi dan dilakukan berulang-ulang dikemudian hari.
Langkah apa yang bisa kamu ambil untuk mencegah hal ini terjadi?
- Pastikan stok produk yang ada di etalase masih tersedia dan berada di gudang tempat penjemputan, sehingga pembeli tidak akan membeli barang kosong atau berpotensi perlu menunggu pengiriman dari gudang satu ke gudang lainnya.
- Cocokkan label pengiriman dengan order yang ada di menu “Siap Dikirim” untuk memastikan bahwa kamu sudah melakukan pengemasan seluruh transaksi.
- Hubungi pihak kurir berasngkutan melaui akun facebook atau twiiter resmi. Jika tak ada progress seputar pickup dan tak ada kurir yang datang ke lokasimu dan kejadian telat pickup paket kembali terulang terus di hari-hari berikutnya kamu bisa non-aktifkan atau matikan jasa ekspedisi kurir yang selalu telat melakukan Pickup paket agar reputasi tokomu tak jelek dimata pembeli, diberikan rating buruk oleh pembeli atau dikenakan penalti Toko oleh Tokopedia sehingga produkmu tidakmuncul dipencarian Tokopedia
3. Pastikan barang sudah siap dan sudah dikemas sebelum kamu klik tombol request pick up
4. Lakukan rekap harian bersama pihak kurir, atas barang yang sudah diserahkan kepada pihak kurir dengan pesanan yang masih ada di tab “menunggu pick up” untuk memastikan semua pesanan sudah diproses. Caranya adalah dengan membandingkan nomor resi/bukti pengiriman dengan label pengiriman yang sudah tercetak dan dikirim
Ketika kurir datang, cocokkan orderan yang sudah diserahkan kepada pihak kurir dengan pesanan yang ada di tab “Menunggu pick up”. Caranya, bandingkan nomor resi/bukti pengiriman dengan nomor yang ada di label pengiriman.
5. Jika masih ada paket yang memiliki status “menunggu pick up”, cek
bukti pengiriman/ serah terima paket yang diberikan oleh pihak kurir.
Jika ternyata kamu belum pernah memberikan paket ke pihak kurir, segera
kemas paketmu untuk dikirimkan. Dan infokan ke pembeli bahwa paket masih
dalam proses agar pembeli tidak komplain atau ingin membatalakan pesanan karena proses pickup yang lama
Info lengkap mengenai kurir yang melakukan layanan Pick-up ada di sini.
Jika lebih dari 2X24 jam paket tidak dipickup kurir , maka akan muncul pesan atau Status: Nomor Resi Tidak Valid dan notifikasi berikut ini
Hai Seller, Resi Dibatalkan, Segera Perbarui Nomor Resi
Resi untuk pesanan "XXXXXX ..." dibatalkan, perbarui nomor resi atau ubah kurir apabila mengganti kurir pengiriman. Sistem akan membatalkan pesanan ini jika resi tidak diperbarui hingga HARI BULAN, JAM
Seller perlu ganti kurir pengiriman
Pesanan akan dibatalkan dan uang akan kembali jika Seller belum ganti kurir maks. 05 Jun, 23:59 WIB.Resi tidak terlacak. Ubah nomor resi atau upload resi fisik.
Kurir bisa diganti untuk jenis resi yang bukan resi AWB Otomatis, artinya pembatalan dilakukan pihak kurir yang dipilih oleh pembeli
Jika kurir yang dipilih pembeli bersifat RESI OTOMATIS seperti Anteraja, ID EXPRESS, Sicepat, atau Ekspedisi lainnya yang bekerjasma dengan Tokopedia tidak bisa dirubah. Uang akan dikembalikan ke Saldo Tokopedia Pembeli dan status pesanan menjadi dibatalkan dan Tokomu akan terkena penalti dari Admin Tokopedia karena paket / pesanan gagal terkirim karena kesalahan pihak kurir jasa ekspedisi