October 8, 2012

Apa Perbedaan Antara Software Asli dan Bajakan ?

Apa yang membedakan Windows asli, software asli dengan bajakan ? 

Pada dasarnya semua sama karena terdapat master atau Installer yang digunakan, yang membedakan software Asli dan bajakan adalah lisensi yang digunakan. Biasanya pada setiap program atau Windows bisa dilihat di Menu About, disitu akan ada lisensi/serial number ataupun informasi mengenai lisensi pengguna aplikasi Wndows atau Software yang digunakan. kalo pakai nama kita sendiri pastinya keren kan :D



Disinilah peran hacker dan cracker berperan untuk menciptakan sebuah program (crack atau patch) agar software, windows, dan aplikasi lainnya bisa menjadi asli atau Original dan semua fungsi dari software atau sistem operasi bisa menjadi sama seperti versi asli (originalnya). Biasanya setiap antivirus akan mendeteksi program crack atau patch dan lain-lain sebagai virus karena mungkin udah janjian sama yang buat softwarenya  :D
pinter-pinter kalian aja milih patch atau crack yang bukan virus...

Tanpa Hacker dan Cracker mungkin kalian tidak akan bisa mencicipi maupun mempelajari aplikasi-aplikasi seperti Microsoft Office, Windows, Adobe, Corel, berbagai software atau aplikasi lainnya Dengerin musik/film, instal aplikasi di smartphone/tablet.
http://www.techwireasia.com/wp-content/uploads/2012/06/Anonymosu-Protests-in-India.jpg


Kalian download film, lagu MP3, video, dan lain-lain dinternet secara gratis, dan semua file FILM, SOFTWARE, MUSIK yang sumbernya dari download itu juga namanya membajak, kalian pikir yang  ngasih caranya di blog/forum + upload konten itu pertama kali ke internet itu hantu?
siapa lagi kalau bukan sama hacker dan cracker...

Ngelakuin modifikasi di software open source atau juga smartphone juga termasuk ngebajak, kalau dalam keterangan software/OS smartphone itu gak boleh ngelakuinmodifikasi., karena bisanya yang ngasih cara ngelakuin modifikasi software/OS smartphone adalah hasil karya hacker dan cracker.

Para hacker melakukan hal tersebut untuk kalian yang kondisi keuangannya terbatas atau dalm pas-pasan. karena bagi para hacker dan cracker, Knowledge Is for FREE, make closed to open source.
Dan digunakan untuk tujuan pembelajaran



Jangan pernah percaya kalau ada artikel yg nulis bahwa software bajakan mengandung virus, malware..
blaa..blaa.bllaaa..
Karena hampir seluruh antivirus kayaknya udah janjian bwt ngedeteksi sebuah patch, keygen sebagai sebuah virus.. 

Menurut saya pribadi sihh, teknologi  dan ilmu pengetahuan itu seharusnya Open source agar bisa digunakan dan bermanfaat  oleh orang banyak, dan bagi yang ingin mempelajari aplikasi tersebut. Bukannya di monopoli dengan harga yang keterlaluan mahalnya.

Kalaupun ingin menghargai aplikasi buatannya, mungkin pemerintah ataupun orang-orang kaya bisa mendonasikan hasil karya dari program yang mereka buat.

Bagi kalian yang orang-orang kaya yang berpenghasilan diatas angka 2 juta keatas ada baiknya kalian membeli aplikasi atau software yang asli (original) yang harganya berkisar antara $20 sampai $500 atau ada juga yg harganya diatas itu US$ 2.472,09 (Adobe CS6), bahkan saya pernah menemukan ada software yang harganya diatas angka tersebut hampir 50 juta.

Kalau kalian yang termasuk orang kaya bisa beli  di situs resmi dari aplikasi atau toko resminya untuk mendukung para pembuat softwarenya, namun bagi kalian yang berpenghasilan kurang atau pas-pasan itu terserah pada pribadi kalian masing-masing...



Software Open Source juga sama halnya dengan software berbayar menurut saya ,
kalian juga sama harus menghargai mereka, jangan hanya bangga menggunakan software Open Source dan membandingkan dengan software closed source.

Kalau yang punya uang ada baiknya kalian melakukan donasi ke pembuat software/OS aplikasi open source tersebut.

Kalau semua orang download open source tap gak ada yang donasi, terus yang nanti kasih uang buat mereka beli kopi siapa ? buat makan sehari-hari gimana? mending kalau orang yg ngembangin software/os itu orang kaya, nah coba kalau dianya orang yang hidupnya pas-pasan juga ?

Nah kalau kalian ada uang, wajib buat kasih donasi bagi mereka yang ngembangin aplikasi-aplikasi open source, masa mereka kerja keras-keras ngebuat software open source tapi kalian gak donasi ?
itu sama aja kalian gak menghargai mereka dan gak lebih baik.dari software closed source.
mereka juga butuh beli kopi buat begadang...


Software Freeware juga ada ketentuan penggunannya, ada yg hanya diperbolehkan digunakan untuk komputer/laptop pribadi dan tidak boleh digunakan di lebih dari 1 komputer, komputer/laptop perusahaan atau digunakan pada komputer/laptop yg bertujuan bisnis
Maka dari itu baca dulu sebelum menginstal.


Sebenernya gak akan ada habisnya kalo ngebahas tentang ini..
tapi semuanya kembali pada pembuat software dan diri kalian masing-masing...
Saya yakin rata-rata disetiap komputer/laptop orang Indonesia entah pemerintahan/masyarakat pasti ada file Lagu/MP3, video, Film, Software, Game  hasil download di internet atau meng-copy software asli dari temen, ketika dicopy , software/file tersebut akan menjadi bajakan tergantung licensee agreement pembuat softwarenya..

Kalo bagi komputer/laptop perusahaan/ yg bergerak dibidang bisnis dan kalian yg orang kaya..,
kalian harusnya pakai software, CD/DVD asli..
Hargai kerja keras yang buat software, musik, film, games sob..

 http://www.groupin.pk/blog/wp-content/uploads/2011/09/pirated-software.jpg


Kalo pesen saya sih..
Rasanya tidak adil kalau hanya orang-orang kaya dan berpendidikan formal saja yg bisa menikmati atau mempelajari software tertentu, bayangkan bagaimana mereka yg kurang beruntung yang tidak memiliki biaya untuk melanjutkan sekolah atau bersekolah secara formal untuk sekolah ke ke jenjang yg lebih tinggi?
sementara keinginan mereka yg kuat untuk mempelajari software ilmunya secara otodidak..
Rasanya tidak adil kalau hanya orang-orang yang berduit saja yg bisa mempelajarinya..

Apalagi saat ini para perusahaan/kantor dan lowongan pekerjaan formal biasanya mencantumkan  dan mewajibkan para karyawan/pegawainya harus menguasai software-software tertentu,..

Buktikan bagi kalian yg hidup dari kalangan pas-pasan
kalian bisa mengalahkan skill orang kaya atau yg berpendidikan formal..
dan jangan lupa beli software yg aslinya kalo kalian udah sukses..
Yang buat softwarenya juga perlu biaya untuk makan sob.. :)

Nanti diupdate lagi yaaa artikel ini yaa..


http://4.bp.blogspot.com/-5cq6IIiQpJ4/UgQ5x0D3DAI/AAAAAAAABjU/qiqmppZ-xFU/s1600/TO+PRISON+FOR+MUSIC+SHARING.jpg

 
Like us on Facebook