November 19, 2014

Tips Memotret Menggunakan Smartphone agar Hasilnya Maksimal

Kamera pada smartphone sekarang ini tidak dipungkiri turut membantu penggunanya dalam meringkus momen penting. Bahkan tidak sedikit merek ponsel yang memiliki piksel mampu menghasilkan gambar tajam menandingi kamera profesional Digital Single Lens Reflex Camera (DSLR).


Menurut fotografer profesional Gabriel Ulung, hal itu bukan semata-mata karena tingginya megapiksel kamera ponsel tersebut. Bahkan resolusi standar pun mampu menghasilkan gambar yang baik. Ada beberapa hal soal teknik dasar fotografi dan perangkat kamera yang perlu diketahui. Berikut adalah tips bagaimana memotret untuk pengguna smartphone.

Lensa Kamera

Gabriel mencatat bahwa mayoritas pengguna smartphone meletakkan perangkat tidak dalam kondisi yang baik. Akibatnya, saat digunakan lensa kamera kotor dan hasil gambar yang kurang prima. Sebelum memotret perhatikan lensa kamera pada smartphone Anda dalam keadaan bersih.

Cahaya Ruang

Kamera smartphone tidak memiliki fitur yang mendukung pengambilan gambar dalam kondisi pencahayaan minim, karenanya Gabriel menyarankan agar pengguna smartphone memperhatikan kondisi pencahayaan sebelum meringkus gambar.

Gunakan Kualitas High

Untuk menghasilkan gambar yang baik, ada kalanya sebelum memotret perhatikan pengaturan terkait kualitas gambar, disarankan menggunakan kualitas yang maksimum agar memperoleh hasil yang baik.

Namun, perlu diingat bila menggunakan kualitas gambar yang tinggi, pastinya akan menguras ruang media penyimpanan.

Posisi Memotret

Gabriel menyarakan para pengguna smartphone lebih menggunakan posisi memotret horizontal (landscape) ketimbang menggunakan posisi vertikal (potrait).

Penggunaan Komposisi

Bagi Anda yang telah memahami teknik fotografi, komposisi ini mungkin telah menjadi panduan utama. Namun, bagi yang belum mengetahuinya, gunakanlah komposisi 1/3 atau 2/3 bagian agar frame gambar yang dihasilkan gelas.

Piranti Lunak Tambahan

Usai menjepret dengan memperhatikan sejumlah saran diatas, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana mengolah gambar agar tampilannya lebih menarik. Bagi Anda para pengguna smartphone dapat menggunakan aplikasi photo editing yang banyak tersedia di toko aplikasi seperti  Windows Store, Google Play dan iTunes.







references by okezone

 
Like us on Facebook