MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

November 21, 2018

Kenapa Kaca Helm atau Visor MotoGP Hitam?

Baca Artikel Lainnya

Ada banyak jenis visor helm. Mulai dari bening (clear), hingga ada yang berwarna gelap macem model iridium atau dark smoke. Masing-masing visor jelas punya keunggulannya. Kalo visor clear (bening) lebih enak dipake buat berkendara di malam hari. 



Tapi buat sebagian pengendara, pemakaian visor clear kurang nyaman buat kondisi siang hari panas terik bagai "neraka". Makanya, banyak juga yang visor awal helmnya clear, diganti jadi gelapkayak iridium atau dark smoke.

Tapi pemakaian visor helm yang gelap buat kondisi harian sebenarnya nggak disaranin, lho.

Dilansir dari Gridoto.com, meski pun visor gelap enak buat dipake di siang hari, tapi malah jadi bahaya kalo dipake saat gelap malam. Apalagi kalo daerah itu nggak ada lampu jalannya. atau pencahayaan jalannya redup

"Ditakutkan saat riding pakai visor gelap di malam hari, kondisi jalanan enggak terlihat jelas. Bisa-bisa motor menghajar lubang, jika ketemu jalan rusak," terang Dani Sena, owner Toko HelmKu.

Helm pake visor gelap pun juga nggak cocok kalo dipake pas kondisi hujan. 

"Itu mengapa sebabnya, kami kerap mengedukasi konsumen, bahwa ketika pilih visor gelap seperti iridium dan dark smoke, yang dipertimbangkan bukan hanya dari aspek desain atau gaya saja. Tapi pertimbangkan juga faktor safety-nya," pungkas Dani.

Nah, sebagai alternatif, lo bisa pake helm model double visor (clear-dark) yang sekarang banyak dipasarin beberapa merek helm di Indonesia.

 Pebalap MotoGP tak bisa sembarangan memilih helm. Balapan yang dipacu hingga kecepatan lebih dari 300 km/jam itu butuh proteksi yang mumpuni, juga mendukung aerodinamika untuk memacu kecepatan lebih tinggi.

Direktur Marketing PT Danapersadaraya Motor Industry Johannes Cokrodiharjo sebagai produsen helm NHK menjelaskan banyak perbedaan antara helm balap MotoGP dan helm-helm biasa. Johannes sebagai perwakilan NHK yang helmnya sudah dipakai di balapan MotoGP oleh Karel Abraham itu mengatakan, setiap detail kecil helm balap MotoGP dipikirkan.

"Jauh perbedaannya. Begitu dipegang aja sudah tahu bedanya. Apalagi kalau dipakai. Pokoknya yang bisa saya katakan adalah itu semuanya ada perbedaan. Kalau di helm balap, semuanya itu dipikirin. Hal secuil pun dipikirin. Masalah batok dipikirin, ventilasi mulut, itu detail kecil-kecil yang juga dipikirin," kata Johannes menjawab pertanyaan detikOto.

Misalnya dari helm balap MotoGP NHK. Helm itu di bagian ventilasi mulutnya juga diperhitungkan. Sehingga saat motor dipacu di kecepatan tinggi, angin masuk tak terlalu signifikan, tapi tetap membuat nyaman.

"Ventilasi mulut dengan desain yang kita bikin memungkinkan kita setel saat lari 100 km/jam, 150 km/jam, 200 km/jam, 250 km/jam, 300 km/jam, 350 km/jam itu beda-beda jumlah angin yang masuk. Jadi lari 100 km/jam ke bawah angin nggak masuk, lari 250 km/jam angin masuk tapi nggak terlalu kencang," sebutnya.

Begitu juga dari bagian dalam helm. Busanya dibuat senyaman mungkin dan tidak memungkinkan helm goyang-goyang saat dipacu di kecepatan tinggi.

Soal visor atau kacanya pun berbeda. Ketebalan kaca dan kualitas optikal visor tersebut dibuat agar pebalap bisa tetap fokus di kecepatan sekencang apa pun.

"Pertama dites Karel itu helm ada sedikit masalah di visor. Kalau dipakai kecepatan rendah nggak ada masalah. Tapi begitu di kecepatan sangat-sangat tinggi, pas di tikungan itu sedikit getar sehingga bisa membuyarkan fokus. Akhirnya kita konsultasi sama dia, dan sekarang masalahnya sudah selesai," cerita Johanes.

"Karena, di tikungan saat motor kencang, misalnya belok kanan, kepala pebalap kan keluar ke kanan, itu getaran helm bisa kencang (terhantam angin). Pebalap itu harus fokus melihat racing line. Kalau pas lagi nikung helm goyang-goyang sehingga bikin fokus pebalap buyar, racing line bisa miss. Karena itu, kaca nggak boleh ada getaran sedikit pun," sambungnya.

Bicara tingkat safety, helm MotoGP harus lebih aman karena untuk melindungi kepala pebalap yang memacu motornya hingga lebih dari 300 km/jam. Pengujian pun dilakukan benar-benar detail sehingga aspek keamanan lebih diutamakan.

"Kalau diuji itu helm-helm kan dibanting gitu, itu dihitung angka G-nya berapa. Nah kalau helm balap ini, kita jaga angkanya itu sebagus mungkin jadi menyerapnya itu harus bagus sekali. Dan penyerapan yang harus bagus sekali itu ribet R&D-nya. Itu juga habis waktu lama," ucap dia.

Selain itu, bahan helm juga berbeda antara helm biasa dan helm buat balapan MotoGP. Jadi, helm lebih aman dan lebih ringan.

"Bahannya composite carbon kevlar (untuk helm MotoGP yang dipakai Karel Abraham). Kalau helm biasa itu thermoplastic, fiber biasa. Itu semua pengaruh. Ngaruhnya untuk ringan dan sebagainya," katanya.

"Yang beda juga catnya. Warna boleh sama (dengan helm biasa), tapi kualitas catnya beda," ucapnya


Apa Keuntungan Kerugian Kaca Helm / Visor Putih ? 


Pertama, kaca helm bening atau clean berfungsi untuk melindungai pengendara dari angin, air hujan dan debu. Selain itu jenis kaca ini sangat cocok digunakan untuk berkendara di malam hari, dan suasana gelap.

Kelemahan kaca jenis ini jika di pakai siang hari akan tersa silau.Ini terjadi jika terkena sinar matahari karena kacanya yang bening


Apa Keuntungan Kerugian Kaca Helm / Visor Hitam / 
Pelangi / Iridium ? 

Jenis kaca ini sebenarnya sangat cocok digunakan dipakai pada siang hari.

Kaca helm jenis ini sangat kuat melindungi pengendara dari bebagai cahaya.

Kelemahannya adalah sangat sulit dipakai pada saat malam hari karena akan bertambah gelap. dan jarak pandang menjadi terbatas



Karena gelap, biasanya pengendara motor tidak menggunakan visor.

Pengendara biasanya memakai helm dengan mengankat kacanya ke atas.

Sekarang banyak helm yang memakai dua visor.

Biasanya kaca yang gelap berbentuk kecil seperti kaca mata.




Nah, sebaiknya dalam memilih kaca helm / visor digunakan atau disesuaikan dengan kebutuhan , kondisi cuaca, dan kapan aktifitas yang sering kamu banyak habiskan di jalanan. Siang hari atau malam hari.? dan kondisi cuaca Hujan atau Panas..


Jika kamu ingi keduanya sebaiaknya, siapkan kaca helm / visor cadangan baik yg berwarna putih bening, maupun yang berwarna gelap atau hitam. Jadi akan mudah diganti disaat ondisi yang tepat.

atau jika tak ingin repot gonta ganti kamu bisa gunakan helm yang dilengkapi double visor yang ada fitur keduanya





references by tribun otomotif, detik, 
modified by agunkzscreamo


 
Like us on Facebook