Baca Artikel Lainnya
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengumumkan pada Selasa (20/11/2018) recall dua produk miliknya yakni R25 dan MT-25. Diberitahukan Yamaha dalam pernyataan resmi miliknya kedua produk tersebut harus mendapatkan pemeriksaan lanjutan. Yamaha menyebutkan pemeriksaan dilakukan pada komponen Spring Torsin (berkenaan dengan kinerja mesin) dan selang radiator (berkaitan dengan fungsi pedinginan).
Produk recall adalah suatu proses yang dilakukan oleh produsen / pabrikan untuk mengambil part yang terindikasikan cacat dari tangan konsumen dimana komponen yang cacat ini dapat membahayakan para konsumen jika tetap dipaksakan memakainya. Biasanya ketika suatu produk kendaraan bermotor terkena racall, pabrikan atau manufaktur akan memberikan surat pengumuman publik mengenai adanya masalah keamanan pada produk yang mereka buat / ciptakan dan sebaiknya segera dilakukan penggantian dengan part atau komponen yang lebih aman. Dan recall ini ialah suatu bentuk tanggung jawab dari pihak manufaktur / perusahaan / pabrikan terhadap semua produk yang mereka buat dan mereka pasarkan.
Ingat bahwa pengujian suatu produk tidak saja dilakukan di lingkungan pabrik sebelum produk tersebut dibuat dan dijual, akan tetapi mereka ( manufaktur ) juga melakukan monitoring ( pemantauan ) terhadap suatu produk yang telah mereka jual dan digunakan oleh para konsumen. Biasanya mereka mendapatkan masukan serta keluhan dari beberapa konsumen kemudian menganalisanya. Dan biasanya keluhan semacam ini tidak hanya ditindak lanjuti ala kadarnya, namun mereka juga akan melakukan penelusuran penyebab kenapa hal itu ( keluhan ) bisa terjadi.
Nah dengan keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa dengan adanya recall ini para konsumen tidak akan menjadi korban akibat kesalahan manufaktur dan tidak menderita kerugian yang jauh lebih besar dikemudian hari.
Memang tidak semua produk kendaraan yang telah dibuat dan dipasarkan ini 100% sempurna, selalu ada kesalahan kesalahan yang mengakibatkan beberapa komponen yang ada didalam kendaraan bermotor tersebut " cacat " semenjak produksi sehingga mudah rusak dan dapat berakibat fatal jika tidak segera dilakukan penggantian. Dan melakukan recall ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis, bayangkan mereka mau mengeluarkan banyak sekali dana hanya untuk memberikan pelayanan terbaik agar kualitas produk mereka terlihat baik dimata konsumennya.
Coba bayangkan saja jika suatu produsen kendaraan bermotor mengetahui tentang adanya kecacatan dari produk mereka dan mereka hanya diam membiarkan masalah tersebut tanpa adanya tindakan recall, tentu konsumen lah yang dirugikan
Sebagai bentuk komitmen Yamaha, mereka akan melaksanakan penggantian pada kedua produk tersebut secara cuma-cuma. Ada pun produk yang terindikasi bermasalah adalah R25 produksi 2014 sampai 2017 serta MT-25 produksi 2014 sampai 2016.
Ingat bahwa pengujian suatu produk tidak saja dilakukan di lingkungan pabrik sebelum produk tersebut dibuat dan dijual, akan tetapi mereka ( manufaktur ) juga melakukan monitoring ( pemantauan ) terhadap suatu produk yang telah mereka jual dan digunakan oleh para konsumen. Biasanya mereka mendapatkan masukan serta keluhan dari beberapa konsumen kemudian menganalisanya. Dan biasanya keluhan semacam ini tidak hanya ditindak lanjuti ala kadarnya, namun mereka juga akan melakukan penelusuran penyebab kenapa hal itu ( keluhan ) bisa terjadi.
Nah dengan keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa dengan adanya recall ini para konsumen tidak akan menjadi korban akibat kesalahan manufaktur dan tidak menderita kerugian yang jauh lebih besar dikemudian hari.
#1. Recall Produk Bagi konsumen
keuntungan recall :
- Konsumen akan dijamin keamanan serta kualitas dari produk yang mereka pakai / beli serta mengurangi kerugian yang diakibatkan oleh produk yang cacat dilain waktu.
kerugian recall :
- Pihak konsumen atau pembeli tentu saja akan rugi jika tidak tahu bahwa produk yang mereka gunakan tersebut telah direcall. Atau dengan kata lain, produk yang direcall ini lebih memberikan keuntungan kepada konsumen.
#2. Recall produk bagi perusahaan
keuntungan recall :
- Dengan melakukan recall ini maka dapat meningkatkan citra yang bagi bagi pihak manufaktur oleh para konsumennya karena mereka adalah manufaktur yang bertanggung jawab. Walaupun terkadang sebagian konsumen memiliki anggapan yang sebaliknya.
- Membuat tingkat kepercayaan para konsumen menjadi lebih meningkat karena mereka membeli produk dari perusahaan yang sangat bertanggung jawab.
kerugian recall :
- Kerugian dari proses recall ini bagi pihak manufaktur adalah timbulnya kerugian material dan tenaga serta sumberdaya yang sangat besar dikarenakan mereka harus melakukan penggantian komponen / part dengan jumlah yang sangat banyak tergantung seberapa banyak produk yang direcall ( termasuk pemberian kompensasi bila ada ).
- Menurunnya tingkat kepercayaan kepada manufaktur dilantai bursa saham yang biasanya akan berdampak pada menurunnya pergerakan harga saham mereka.
- Biasanya jika suatu manufaktur mengadakan recall produk, mereka harus siap dijatuhkan oleh manufaktur rival dengan anggapan mereka hanya menjual barang cacat.
Memang tidak semua produk kendaraan yang telah dibuat dan dipasarkan ini 100% sempurna, selalu ada kesalahan kesalahan yang mengakibatkan beberapa komponen yang ada didalam kendaraan bermotor tersebut " cacat " semenjak produksi sehingga mudah rusak dan dapat berakibat fatal jika tidak segera dilakukan penggantian. Dan melakukan recall ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis, bayangkan mereka mau mengeluarkan banyak sekali dana hanya untuk memberikan pelayanan terbaik agar kualitas produk mereka terlihat baik dimata konsumennya.
Coba bayangkan saja jika suatu produsen kendaraan bermotor mengetahui tentang adanya kecacatan dari produk mereka dan mereka hanya diam membiarkan masalah tersebut tanpa adanya tindakan recall, tentu konsumen lah yang dirugikan
Sebagai bentuk komitmen Yamaha, mereka akan melaksanakan penggantian pada kedua produk tersebut secara cuma-cuma. Ada pun produk yang terindikasi bermasalah adalah R25 produksi 2014 sampai 2017 serta MT-25 produksi 2014 sampai 2016.
Program penggantian ini akan dilaksanakan serentak pada 28 November 2018 mendatang.
Warna baru 2017 Yamaha MT-25, Heroic Silver dan Black Silver.Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)
Berikut daftar produk sepeda motor yang terkena recall
1. Hose Radiator (Hose 2 (1WD-E2577-00) & Hose 3 (1WD-E2579-00)
Model - No.Rangka - Tanggal Produksi
R25
- Non ABS - MH3RG1020EK001001-MH3RG1020JK024683 - Jul 2014 - Nov 2017
- ABS - MH3RG0140FK001001-MH3RG1040HK002700 - Feb 2015 - Okt 2017
- MT-25- MH3RG1010FK001001-MH3RG1010HK007783 Mei 2015 - Des 2017
2. Spring Torsion (90508-29806)
Model- No.Rangka- Tanggal Produksi
R25
- Non ABS- MH3RG1020EK001001-MH3RG1020GK020502- Juli 2014 - Maret 2016
- ABS - MH3RG0140FK001001-MH3RG1040GK002260- Feb 2015 - Maret 2016
- MT-25 -MH3RG1010FK001001-MH3RG1010GK006308- Mei 2015 - Maret 2016
Program recall ini akan dilakukan serentak diseluruh jaringan dealer R-Shop Yamaha mulai 28 November 2018 mendatang. Biasanya recall dilakukan tanpa memungut biaya sepeserpun dari konsumen.
Jika dihitung-hitung ini merupakan recall ketiga kalinya untuk motor tersebut. Pertama adalah penggantian komponen pada rumah kopling dan gir pompa oli mesin tahun 2016 lalu. Berikutnya pada 2017 untuk penggantian sub main switch dan dudukan tangki bahan bakar.
2 komponen dimaksud adalah spring torsion (berkaitan dengan kinerja mesin), dan hose radiator (berkaitan dengan sistem pendinginan motor).
Adapun unit R25 yang terkena recall untuk spring torsion adalah produksi Juli 2014-Maret 2016 dan produksi Februari 2015-Maret 2016 (R25 ABS). Sedangkan MT25 produksi Maret 2015-Maret 2016.
Untuk penggantian hose radiator sendiri adalah R25 produksi Juli 2014-November 2017 dan produksi Februari 2015-Oktober 2017 (R25 ABS). Untuk MT25 merupakan produksi November 2015-Desember 2017.
Jika Yamaha R25 dan MT-25 kamu masuk dalam program recall, siapkan beberapa hal berikut ini. Pertama pastikan nomor rangka termasuk ke dalam daftar Yamaha R25 dan MT-25 yang terkena recall. Jika memang terkena recall kamu bisa mendatangi dealer R-Shop terdekat.
Syaratnya juga enggak susah, hanya identitas diri dan kendaraan bermotor. "Untuk mendaftarnya cukup fotokopi KTP dan STNK," ucap M. Jaji, Service Advisor R-Pit Yamaha Harapan Motor kepada GridOto.com di Depok, Jawa Barat.
Terakhir pihak dealer akan menggesek nomor rangka serta nomor mesin. "Kalau nomor rangka dan nomor mesin untuk laporan pelaksanaan recall saja," sahutnya lagi.
Recall Yamaha R25 dan MT-25 ini serentak akan dilaksanakan pekan depan. "Persisnya mulai hari Rabu, tanggal 28 November 2018," sahut pria yang akrab disapa Aji ini.
Yamaha R25 dan MT-25 kali ini mengalami recall di bagian Hose Radiator dan Spring Torsion. Jadi, pemilik motor yang masuk dalam daftar recall silakan datang ke dealer Yamaha R-Shop untuk melakukan penggantian.
referencs by msnindonesia, motorplus