MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

November 3, 2017

Liga 1 Indonesia 2018/2019 Dimulai Maret 2018

Baca Artikel Lainnya

Hal itu disampaikan Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi usai memimpin pertemuan dengan klub Liga 1 2017 di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa 10 Oktober 2017 sore. Pertemuan itu juga dihadiri direksi PT LIB. Bila kompetisi musim depan dimulai Februari lagi, maka akan ada jeda sekitar 3 bulan. Dengan perhitungan kompetisi Liga 1 2017 selesai pekan kedua November, dan Liga 1 2018 dimulai pada pekan ketiga Februari.


"Februari (20180 kompetisi Liga 1 dibuka lagi. Dari sana diminta ada perbaikan-perbaikan," kata Edy Rahmayadi. Namun Ketua Umum PSSI yang akan mencalonkan diri sebagai Gubernur Sumatra Utara itu, tidak menyebutkan apakah PT LIB akan dipercaya kembali menjadi operator kompetisi atau tidak.

Jeda waktu sekitar 3 bulan itulah yang akan dipakai untuk perbaikan pengelolaan kompetisi. Termasuk persiapan klub Liga 1. Musim depan Liga 1 tetap diikuti 18 tim dengan format 1 wilayah


PT LIB Gelar Pelatihan Medis Sebelum Liga 1 2018 Bergulir

 PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana untuk menggelar workshop atau pelatihan medis kepada pemain di awal tahun atau sebelum kompetisi Liga 1 2018 bergulir.

Chief Operating Officer (COO) PT LIB, Tigor Shalomboboy menjelaskan, kali terakhir pihaknya menggelar workshop serupa pada tiga tahun lalu. Saat itu ia mencoba mengumpulkan semua dokter tim, namun tidak semua hadir.

"Di situ [workshop] memang ada ahli atau dokter-dokter khususnya olahraga. Mungkin mendatang kami juga akan undang Komite Medis PSSI untuk jadi pembicara di workshop itu," kata Tigor kepada CNNIndonesia.com di Kantor PT LIB, Selasa (17/10).

"Mungkin perlu dilakukan beberapa hari. Misalnya ada sedikit simulasi ketika ada cedera di lapangan, alat-alat mana saja yang harus dimiliki, obat-obatan yang mesti dipunyai oleh setiap tim itu sendiri."

"Dan yang penting bagi kami adalah, ini masih dalam wacana: Kalau tidak ada dokter tim, pertandingan tidak bisa dimulai. Ini untuk menjamin lah bahwa pertandingan ini juga risikonya dapat dibilang aman dari sisi medis serta layak dari sisi teknis," katanya menambahkan.

Pelatihan tersebut, lanjut Tigor, rencananya akan dihelat antara Desember 2017 dan Januari 2018. Di periode itulah Tigor akan mengundang seluruh perwakilan klub yang bersifat wajib.

Senada, Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono menganggap pentingnya edukasi pertolongan pertama untuk pemain. Menurut Joko, edukasi medis tidak boleh berhenti untuk dilakukan setiap tahun karena selalu ada tantangan dan perkembangan terkait regulasi medis dari FIFA.

"Menurut saya, kasus kemarin menjadi penting. Dan kami berharap betul apa yang dilakukan Komite medis dalam satu dua pekan ke depan akan jadi bahan buat course atau kursus," ucap Joko.

Kontennya seperti apa? Menurut saya studi kasus jadi penting. Rasanya dokter tim Persela dan Rumah Sakit jadi penting untuk memberikan testimoni dan berbagi terkait insiden kemarin," ucapnya melanjutkan.

Joko sendiri memprediksi workshop tersebut lebih baik dilaksanakan pada Januari 2018, ketika semua klub sudah memiliki komposisi tim yang pasti untuk musim depan.

"Nanti di tahun 2018, klub urutan satu sampai 24 yang saat ini ada (di Liga 2) tetap di Liga 2. Kemudian sisanya, 36 klub, akan masuk ke dalam Liga 3. Klub Liga 3, atau yang kita sebut Liga Nusantara saat ini, nantinya akan masuk dalam Liga 4," ujar Ketua Umum PSSI, Letjen TNI Edy Rahmayadi kepada wartawan, Kamis 30 Maret 2017.

"Kami ingin menjadikan kompetisi ini nantinya profesional. Jadi, Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 ini profesional. Jenjangnya (promosi-degradasi) akan dimulai di tahun 2018. Kan, enggak mungkin klub amatir tiba-tiba jadi profesional," katanya.

Kesimpulannya, Indonesia akan memiliki empat kasta sepakbola di 2018. Tiga level teratas akan menjadi kompetisi profesional, sedangkan Liga 4 akan jadi kompetisi di level amatir.



MUSIM DEPAN, PESERTA LIGA 2 BAKAL MENYUSUT DRASTIS

PSSI selaku federasi sepakbola Indonesia akan melakukan reduksi terhadap jumlah peserta Liga 2 untuk tahun depan. Hal itu beriringan dengan rencana menjadikan kompetisi menjadi empat jenjang.
Saat ini, tim yang ikut serta pada kompetisi Liga 2 berjumlah 60, mereka akan dibagi ke delapan grup dengan tiga tim terbaik promosi ke Liga 1. Hal tersebut otomatis membuat banyak tim yang bakal turun kasta dari Liga 2 ke Liga 3 Nusantara.

Dari delapan grup Liga 2 2017, posisi satu dan dua tiap grup akan masuk 16 besar sekaligus terbebas dari degradasi. Lalu, tiga tim tambahan akan berasal dari hasil promsi Liga Nusantara 2018.
Joko Driyono selaku wakil ketua umum PSSI pun menjelaskan bagaimana menentukan sisa tim yang akan menjadi kontestan Liga 2 2018, yang diikuti 24 tim tersebut.
"16 tambah tiga, sudah 19, tinggal kurang lima untuk 24. Kurang lima itu dari urutan tiga dan empat dari delapan grup, masuk ke grup 16 kecil," kata Joko.

"16 kecil ini akan dibagi ke dalam empat grup untuk melakukan sistem home tournament, dicari lima yang terbaik melengkapi yang 19.

"Sisanya, ranking lima ke bawah, 11 yang tidak lolos dari babak play-off akan masuk ke Liga 3 2018. Tahun 2018 Liga 3 yang isinya sekitar 40 tim, formatnya akan ditentukan nanti."
Peraturan lain yang diterapkan pada Liga 2 2017 adalah terkait pembatasan usia. Setiap tim hanya boleh memiliki lima pemain dengan usia 25 tahun sampai 34, hanya boleh memiliki dua pemain berusia 35 tahun dan sisanya merupakan pemain di bawah 23 tahun.


PIALA PRESIDEN 2018

Turnamen sepak bola Piala Presiden 2018 akan digelar pada minggu kedua Januari 2018 hingga pertengahan Februari 2018. Demikian disampaikan Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden 2018 Berlinton Siahaan.



"Kami sudah menghadap Presiden Joko Widodo. Terkait rinciannya akan kami umumkan kemudian," ujar Berlinton dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.



Dia melanjutkan, Piala Presiden 2018 akan diikuti oleh 20 tim. Mereka merupakan 18 tim Go-Jek Traveloka Liga 1, yaitu 15 tim yang bertahan musim lalu dan tiga tim promosi.


Dua klub lainnya adalah Martapura FC dan PSPS Pekanbaru sebagai peringkat keempat dan kelima di putaran akhir Liga 2 2017.

Piala Presiden 2018 rencananya digelar di lima kota yakni Bandung, Surabaya, Malang, Bali dan Makassar. Adapun pertimbangannya adalah kelayakan.

"Sebenarnya kami ada yang dilangsungkan di Sumatera tetapi sepertinya belum siap. Contohnya stadion di Medan, kan, masih direnovasi," kata Berlinton.



Piala Presiden 2018 hampir pasti dihelat pada 16 Januari mendatang. Indosiar akan menjadi stasiun televisi yang menyiarkan pertandingan turnamen pramusim itu.


Ini adalah kali kedua Indosiar menyiarkannya. Piala Presiden 2016 juga disiarkan oleh stasiun televisi yang sama.

Ketua Organizing Commite (OC) Piala Presiden, Berlington Siahaan mengatakan, Piala Presiden 2018 akan diikuti 20 peserta.


“Dengan rincian, kami akan mengundang 18 klub dari Liga 1 yang terdiri dari 15 klub yang bertahan di musim lalu dan tiga klub berstatuskan promosi. Sedangkan dua klub berikutnya adalah Martapura FC dan PSPS Pekanbaru. Pemilihan kedua klub tersebut karena pada musim lalu mereka menduduki peringkat keempat dan kelima di babak akhir Liga 2 2017,” katanya, beberapa waktu lalu.

Terkait tempat pelaksanaan, panitia telah menentukan akan digelar di lima kota sekaligus. Kelima kota tersebut adalah Bandung, Surabaya, Malang, Bali, dan Makassar. Tapi Makassar urung ditunjuk. Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui kota pengganti Makassar.

Khusus untuk penunjukkan tempat berlangsungnya pertandingan final, sejauh ini belum ditentukan. Semua akan menyesuaikan dengan perkembangan. “Kami inginnya laga final bisa dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Semua tengah kami usahakan,” pungkas Berlington.



COPA INDONESIA/ PIALA INDONESIA 2018
Selain Liga1, Tahun depan bakal digelar Piala Indonesia 2018. Sebuah turnamen panjang yang bakal melibatkan berbagai tim dari semua kasta kompetisi di Indonesia.

Piala FA dan Piala Liga dari Inggris menjadi acuan penghelatan turnamen yang sudah vakum sejak lima tahun lalu ini. Ada maksud kembali digulirkannya ajang ini agar mendorong klub mendapat pengalaman kompetitif.

"Kami akan menyongsong musim depan dengan kembali menggelar Piala Indonesia. Mulai musim depan itu ibaratnya Piala FA-nya benar-benar dari Liga 3 sampai kasta atas dan berikutnya mungkin akan bahas soal agenda pramusim," ucap Tisha.

Piala Indonesia terakhir kali digulirkan lima tahun lalu ketika Liga Primer Indonesia masih menjadi kompetisi resmi Tanah Air. Persibo Bojonegoro berhasil menyegel titel Piala Indonesia dengan membekuk Semen Padang satu gol tanpa balas.

Dalam sejarahnya, Sriwijaya FC menjadi tim yang paling sukses dengan mencatatkan tiga kali juara Piala Indonesia (2008, 2009 dan 2010). Diikuti oleh Arema Malang yang dua kali mengangkat trofi pada dua edisi awal turnamen panjang ini.

PSSI sendiri sedang meramu bagaimana tatanan kompetisi untuk musim depan yang kabarnya akan memiliki empat tingkatan. Keputusan terkait kompetisi tersebut akan ditetapkan pada kongres tahunan yang digelar 13 Januari 2018, di Jakarta.

Menurut Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria, di Jakarta, Selasa, pihaknya sedang menggodok semua yang berkaitan dengan kompetisi terakhir kali digelar di Indonesia pada tahun 2012 itu.

"Saat ini sedang dilakukan pematangan persiapan termasuk sponsor," ujar Ratu.

Dia melanjutkan, Copa Indonesia digelar di sela bergulir Liga Indonesia dengan peserta seluruh tim di Liga 1 hingga Liga 3 Indonesia.Piala Indonesia atau Copa Indonesia awalnya digelar pada 2005 dengan format layaknya Piala FA di Inggris.

Sebelumnya, kompetisi ini digelar dengan sistem kandang dan tandang hingga babak empat besar.Juara terakhir Piala Presiden yang dilangsungkan tahun 2012 adalah Persibo Bojonegoro.Adapun juara Piala Presiden penyelenggaraan pertama tahun 2005 yaitu Arema Malang yang menaklukkan Persija Jakarta di final.

Selain Copa Indonesia, kejuaraan lain yang digelar PSSI selain liga adalah kompetisi pra-musim bertajuk Piala Presiden.

PSSI Pastikan Piala Indonesia Bergulir Tahun Ini

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memastikan bahwa Piala Indonesia dipastikan bakal bergulir tahun ini. Saat ini, segala urusan teknis sudah masuk tahap finalisasi.

"Piala Indonesia dipastikan bergulir, dan sudah kami godok (teknis-nya). Nanti akan kami sampaikan teknisnya seperti apa," kata Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono seperti dikutip Bolaskor.com

PSSI sangat yakni penyelenggaraan Piala Indonesia tidak akan berbenturan jadwal dengan kompetisi Liga 1 hingga Liga 3. Pasalnya, Piala Indonesia bergulir dengan batas waktu yang tidak ditentukan akan selesai di bulan apa.

"Saya rasa tidak ada masalah (benturan jadwal), karena itu (Piala Indonesia) selesai pada Desember 2018. Kompetisi usai, Piala Indonesia masih bisa jalan," ujar pria yang akrab disapa Jokdri tersebut.



Piala Indonesia Akan Digelar April 2018

Rencananya ajang tersebut berakhir pada Desember 2018 atau Januari 2019. jadwal pertandingan Piala Indonesia masih dalam proses kajian. Itu lantaran, padatnya agenda pertandingan di Tanah Air pada tahun ini sangat padat.

Mengingat, pada Agustus 2018 tidak boleh ada pertandingan sepakbola digelar, karena Asian Games berlangsung.




Juara Piala Indonesia Berhak Kantongi Tiket Berlaga Di Piala AFC


Kepastian itu diungkap Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha. Yang menarik, tim yang tampil sebagai juara berhak mendapatkan 1 tiket ke Piala AFC.

“Di Piala Indonesia yang rencananya digelar dalam April-Desember, juaranya itu hendak menuju Piala AFC. Formatnya 128 tim, tersusun daripada Liga 1, 2, dan tiga. Kami harapkan ini dapat menjadi gegap gumpitanya daerah, di ketika Persigubin Gunung Bintang dapat ketemu dengan Persib Bandung dan sebagainya,” kata Tisha.

SKEMA PIALA INDONESIA 2018

setiap klub hanya akan memainkan satu atau dua pertandingan setiap bulannya. Untuk klub yang melaju hingga ke partai final, maksimal hanya akan melakukan sepuluh sampai 11 pertandingan.

Pria asal Ngawi itu menjelaskan, nantinya Piala Indonesia akan diikuti 128 tim dari tiga kasta kompetisi, yakni Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Pada babak pertama, menggunakan sistem pertandingan tunggal, dan klub dari Liga 1 akan langsung bye ke babak kedua yang diikuti 64 tim.

Kemudian, dari 64 tim akan dikerucutkan kembali menjadi 32 tim dengan sistem pertandingan tunggal. Nah, di babak 32 besar ini, sistemnya akan mengikuti seperti yang diterapkan di Piala FA Inggris. Jika hasilnya ada yang menang di laga pertama, maka tim yang menang akan langsung lolos ke babak 16 besar. Tapi kalau hasilnya imbang, kedua tim akan melakoni laga kedua untuk mencari pemenangnya di kandang tim yang sebelumnya berstatus sebagai tim tamu.
Selanjutnya, untuk babak 16 besar, perempat-final, dan semi-final akan menerapkan sistem kandang-tandang. Sedangkan untuk partai final akan diterapkan kembali sistem pertandingan tunggal.
"Jadi seperti itu skemanya dan tidak akan menakutkan seperti yang dibayangkan oleh orang-orang karena begitu banyak tim yang berpartisipasi. Dan ini akan tetap berjalan, meski nanti berbenturan dengan jadwal Piala AFF 2018 di akhir tahun," kata Joko, kepada wartawan.
Rencananya, Piala Indonesia 2018 bakal digelar pada Maret atau April, dan berakhir pada Desember nanti. 

Jadwal Liga 1 2018

COO PT LIB, Tigorshalom Boboy mengatakan, pihaknya tengah sibuk melakukan pembuatan jadwal Liga 1 2018. Nantinya seluruh jadwal tersebut akan disahkan ketika PSSI menggelar Kongres Tahunan. Dijadwalkan, kongres tersebut dilaksanakan pada 13 Januari 2018 di Jakarta.

"Kami sudah menyiapkan draf jadwal. Bola ada di PSSI. 13 Desember deadline penyerahan draft jadwal seluruh kompetisi. Namun, diputuskan pada Kongres PSSI 13 Januari. Kami berharap tidak ada perubahan signifikan terkait perubahan format kompetisi, peserta kompetisi, dan lain-lain," ujar Tigor.

Tigor menambahkan, merancang jadwal Liga 1 2018 tidaklah mudah. Sebab, harus disesuaikan dengan jadwal timnas Indonesia, mengingat pasukan Merah Putih akan terjun dalam berbagai ajang mulai dari Asian Games, Piala AFF, Piala Asia U-19, Piala AFF U-18 hingga Piala AFF U-15.

"Sinkronisasi dengan timnas juga perlu kita cermati, selain Asian Games kita banyak menjadi tuan rumah. Tidak ada libur bagi kami, klub pun begitu," ucapnya.

PERTANDINGAN PEMBUKA LIGA 1 2018

Bhayangkara FC dipastikan bakal menandai kick-off  Liga 1 musim 2018. Meski begitu, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 masih menyimpan siapa lawan untuk juara Liga 1 musim 2017 tersebut sekaligus stadion tempat dilangsungkannya laga pembuka kompetisi.

"Kami sudah punya satu nama untuk melawan Bhayangkara FC pada laga perdana," ucap COO PT LIB, Tigorshalom Boboy, Senin (12/1/2018).

Sementara itu, pada laga perdana Liga 1 musim 2017, Persib Bandung yang berstatus sebagai juara Indonesia Super League (ISL) 2014 menghadapi juara Piala Presiden 2017, yakni Arema FC.

Liga 1 musim 2018 dijadwalkan mulai bergulir pada 10 Maret mendatang.


Peringatan Keras BOPI untuk Tim Peserta Liga 1 dan 2

BOPI dalam rapatnya Selasa (28/11) memutuskan, rekomendasi yang akan dilakukan dalam usaha menegakkan hukum negara tahun depan akan diperketat. “Klub-klub peserta Liga 1 dan 2 harus benar-benar bersih dari cacat-cacat hukum negara, seperti ligalitas, administrasi keuangan, selain yang terkait dengan persoalan imigrasi, pajak, termasuk pula penyelesaian gaji atau honor pemain, pelatih atau perangkat pertandingan lainnya yang sudah dilepas klub,” jelas Noor Aman. Ditegaskan Ketua Umum BOPI, semua klub peserta Liga 1 dan 2 yang akan berkompetisi tahun depan, sejak sekarang sudah harus mempersiapkan diri untuk memenuhi semua persyaratan sesuai dengan peraturan yang berlaku di Republik Indonesia.

Sehubungan dengan masalah tersebut, Ketua Tim Verifikasi BOPI Iman Suroso, menyatakan, 3 klub yang promosi ke Liga 1, Persebaya Surabaya, PSMS Medan dan PSIS Semarang, akan diverifikasi secara ketat, karena 60 klub peserta Kompetisi Liga 2 yang lalu belum sempat dilakukan verifikasi secara menyeluruh. "Toleransi yang diberikan pada  kompetisi liga 2 yang baru saja  berlalu, tidak akan terulang lagi,” ucap Iman.

Seperti ditetapkan PSSI, peserta Liga 2 tahun depan terdiri dari 21 klub hasil Komptisi Liga 2 plus 3 klub degrasi dari Liga 1, yakni Persegres Gresik, Persiba Balikpapan dan Semen Padang FC.

Sesuai kesepakatan dengan PT LIB, 24 klub Liga 2 dipastikan akan diverfikasi total sebelum pelaksanaan kompetisi 2018. Jika ada yang tidak lulus, demikian Iman Suroso, harus disingkirkan dalam kepesertaan,

Sementara itu Sekjen BOPI Heru Nugroho menegaskan bahwa menghadapi kompetisi tahun depan, BOPI tidak akan ada kompromi, karena status dan fungsi BOPI sebagai pembina, pembimbing, pengawas dan pengendali olahraga profesional, tidak bisa dintervensi siapa pun.

Kompetisi Liga 1 2018 Tetap Satu Wilayah

Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria membantah kompetisi Liga 1 2018 akan dilangsungkan menjadi dua wilayah.  Tisha menyebut tidak ada landasan kuat yang membuat PSSI akan membagi kompetisi ke dalam dua wilayah seperti yang pernah terjadi pada penyelenggaraan liga sepak bola Indonesia beberapa waktu lampau.

Selain membantah isu soal penyelenggaraan liga dengan dua wilayah, Tisha juga menyangkal akan ada 20 kesebelasan yang menjadi peserta di kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia itu.
“Enggak ada [kompetisi dua wilayah]. Tidak ada juga 20 tim peserta,” tegas Tisha di Jakarta, Selasa (19/12).
“Formatnya masih sama. Tidak ada penambahan 20 tim atau dibagi jadi dua wilayah,” sambungnya menegaskan kontestan Liga 1 musim depan tetap berjumlah 18 kesebelasan.

Berseberangan dari beragam isu yang dibantah PSSI, Tisha menegaskan induk sepak bola tertinggi di Indonesia itu justru dituntut agar konsisten menjalankan berbagai regulasi yang telah dibuat.

Pada musim sebelumnya, PSSI mendapat banyak kritik setelah pada tengah musim mengubah aturan kewajiban penggunaan pemain U-23 yang telah diputuskan pada awal musim guna menunjang persiapan Timnas Indonesia di SEA Games 2017.  

Menurut Tisha, perubahan aturan mengenai kewajiban memainkan lima pemain U-23 adalah permintaan masyarakat.

Timnas Indonesia Juga Jadi Penentu Jadwal Kick-off Liga 1

Jadwal kick-off Liga 1 hingga sekarang masih belum jelas. Besar kemungkinan, kick-off Liga 1 akan molor hingga awal Maret 2018. Salah satunya karena Timnas Indonesia.

Banyak faktor yang membuat kick-off Liga 1 diundur. Pertama adalah Piala Presiden yang baru mencapai ujungnya di 17 Februari 2018.

PT Liga Indonesia Baru menyatakan, kompetisi idealnya digelar dua pekan setelah Piala Presiden.

Ada faktor lain yang harus dilirik LIB dalam menetapkan jadwal kick-off Liga 1. Yaitu pemusatan latihan Timnas Indonesia untuk Asian Games 2018.

Memang, pada Februari 2018 nanti, Timnas berencana untuk kembali menggelar pemusatan latihan. Klub pastinya mengeluh jika tak diperkuat para pemain yang ikut pemusatan latihan Timnas saat melakoni pekan perdana Liga 1. Makanya, LIB ingin menyesuaikan kick-off Liga 1 di dengan jadwal TC Timnas.

"Jujur, hingga sekarang belum ada tanggal pasti kapan Liga 1 dimulai. Gambaran kami, awal Maret 2018 sudah paling ideal," kata Direktur Operasional LIB, Tigorshalom Boboy.

"Kami baru bertemu dengan PSSI pada pekan ini untuk harmonisasi jadwal. Semoga, secepatnya rampung," lanjutnya.

PSSI JANJI TIDAK ADA PERUBAHAN REGULASI DI TENGAH KOMPETISI MUSIM DEPAN

Regulasi di kompetisi Tanah Air sering kali mengalami perubahannya setiap memasuki musim baru. Hal ini berbeda dengan kompetisi Eropa yang tak mengubah peraturan secara signifikan sehingga tak membingunkan klub.

Contoh paling nyata adalah penerapatan pembatasan usia di Liga 1 dan klub diwajibkan memainkan U-23 sebanyak tiga orang dari menit awal. Peraturan tersebut tentu sangat mengejutkan karena tidak ada yang melakukan hal serupa dalam kompetisi manapun di dunia ini.

Namun, PSSI memutuskan peraturan pemain U-23 tidak diterapkan lagi saat putaran kedua berlangsung. Alasannya karena mereka tidak ingin klub terbebani dengan dipanggil sejumlah pemain buat berlaga di SEA Games 2017.

Pada saat itu pelatih Luis Milla kesulitan mencari pemain-pemain bekualitas jika harus blusukan ke berbagai daerah Indonesia, sementara event SE GAMES sudah semakin dekat

Sejumlah klub akhirnya mencak-mencak karena dihapusnya regulasi berdampak besar. Mereka harus mencari formasi baru lagi dan menyesuaikan dengan peraturan yang baru tersebut.
Akan tetapi, khusus musim depan PSSI menegaskan tidak bakal ada perubahan regulasi di tengah jalan. Oleh karena itu saat ini induk sepakbola nasional tersebut sedang mengkaji kekurangan apa saja dari regulasi musim lalu.

"Saya rasa tidak. Regulasi harus menjamin konsistensi dari semua lini, baik itu di level PSSI, Liga Indonesia Baru [operator kompetisi], maupun klub. Tentu ada perubahan-perubahan yang akan dilakukan nantinya lebih konkret untuk kompetisi yang lebih baik," kata wakil ketua umum PSSI Joko Driyono.

Pria yang karib disapa Jokdri ini melanjutkan, bila regulasi yang sudah jadi akan dibawa ke Kongres Tahunan PSSI yang digelar tahun depan. Nantinya, dari pertemuan tersebut baru bisa diputuskan.
"PSSI sampai 13 Desember menggodok rancangan semua regulasi kompetisi. Finalnya itu di tanggal 13 Januari 2018 saat Kongres PSSI. Seperti yang ditanyakan tadi konsen PSSI tentang marquee player dan regulasi pemain asing. Saat ini, PSSI akan mendalami ini semua. Di tunggu keputusannya," ujarnya.

Regulasi Liga 1 2018 Hanya Berubah 20 Persen Dari Regulasi 2017

EO PT Liga Indonesia Baru, Risha Adi Wijaya masih belum mau berbicara banyak terkait sejumlah regulasi Liga 1 musim 2018. Menurut Risha saat ini pihaknya masih menunggu keputuasan PSSI sebelum mengumumkannya ke publik.

Namun sejatinya regulasi Liga 1 2018 tidak terlalu banyak mengalami perubahan. Ia menyebutkan hanya akan ada 20 persen yang berubah. Selebihnya menurut Risha akan sama dengan musim lalu.

Salah satunya yang kemungkinan sama adalah penggunaan pemain asing. Jumlah pemain asing untuk musim depan tetap akan empat, di mana rinciannya adalah dua pemain asing non Asia, satu pemain Asia dan satu pemain berlabel Marquee Player.

“Jadwal dan regulasi memang dari kami ini sudah ada dan saat ini sedang di-review dan dipelajari oleh PSSI tentunya karena sebagai induk organisasi sepak bola kan perlu mereview, mempelajari, dan akhirnya mengimprove draf regulasinya. Saat ini kita menunggu feedback dari PSSI,” papar Risha, Jumat (29/12).

“Soal perbedaan atau tidak kita menunggu keputusan PSSI saja karena draf ini kan tidak boleh dibicarakan isinya. Tapi kalau boleh saya bilang sih mungkin sekitar 80 persenan itu tidak berubah,” tambahnya.

Menyesuaikan regulasi AFC

Lebih lanjut Risha menambahkan regulasi nantinya juga akan disesuaikan dengan regulasi kompetisi yang ada di AFC. Mengingat saat ini ada dua klub Indonesia yakni Bali United dan Persija Jakarta yang tampil di ajang kompetisi antar klub Asia musim depan.

“Tapi yang jelas kita mengajukan draf regulasi itu lebih mencocokan lagi dengan regulasi yang ada di AFC. Supaya nanti apapun yang kita bikin itu ada dasarnya yaitu kita mengacu kepada AFC,” tambahnya.

“Walaupun tidak menutup kemungkinan dari sisi FIFA sendiri maupun AFC setiap kompetisi domestik itu diberikan hak untuk menentukan sendiri mengenai regulasi yang dibuat. Tapi secara umum kita mengacu kepada AFC,” tutupnya.

Baru-baru ini ada sedikit bocoran soal regulasi Liga 1 2018, di mana setiap klub wajib beranggotalan. Rinciannya 23 nama merupakan pemain senior sisanya merupakan pemain U-23. Namun dalam musim depan tidak mewajibkan setiap klub menurunkan pemain U-23.



Tigor mengatakan, jadwal kick-off untuk Liga 2 adalah 3 Maret sampai 19 November 2018, sedangkan untuk Liga 3 mulai bergulir 24 Maret hingga 21 Oktober.

"Liga 2 diikuti 24 klub. Liga 3 lebih banyak lagi, yakni 40 klub," ujarnya



Tim Promosi Ke Liga1
  • Persebaya Surabaya (Juara 1)
  • PSMS Medan (Juara 2)
  • PSIS Semarang (Juara 3)

Tujuh Syarat Wajib Stadion untuk Menjadi Markas Klub Liga 1


Berikut tujuh standar wajib stadion yang harus dipenuhi peserta Liga 1 2018:

1. Ada 2 ruang ganti yang dilengkapi beberapa fasilitas. Kamar mandi minimal empat shower, empat toilet duduk, dan dua urinoir.

2. Ruang ganti dilengkapi dengan 25 tepat duduk beserta lokernya. Ditambah dengan pendingin ruangan, papan tulis.

3. Ruang medis dan doping control. Kedua ruangan tersebut harus dilengkapi dengan obat-obatan sesuai standar sepak bola.

4. Ruangan pengawas pertandingan. Harus ada koneksi internet, komputer atau laptop, printer dan mesin fotocopy. Letak ruangan harus dekat dengan ruangan kedua tim dan wasit.

5. PT LIB wajibkan stadion memiliki lumen lampu minimal 800 lux dan merata di seluruh area lapangan untuk menggelar pertandingan malam.

6. Stadion yang dipilih juga harus memiliki cadangan listrik (genset) jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

7. Tribun VIP yang minimal dilengkapi 30 kursi. Tempat parkir untuk bus kedua tim, tamu VIP, sponsor, dua unit ambulance, dan hak siar televisi.




Wasit
PSSI juga  menyatakan adanya kemitraan yang dijalin beberapa waktu lalu dengan Jepang, dalam hal ini Federasi Sepak Bola Jepang atau JFA, terkait tiga hal utama termasuk pengembangan wasit.

Ratu Tisha Destria menyebut, tiga hal tersebut adalah rencana pengembangan wasit, pengembangan pemain muda, dan kerja sama di bidang kompetisi termasuk pertandingan persahabatan internasional.

"Kerja sama ini juga berkaitan dengan peringatan 60 tahun hubungan bilateral Jepang dan Indonesia," ujarnya.

Mengenai wasit, dia mengatakan, PSSI kedatangan seorang warga negara Jepang calon direktur wasit di Indonesia.

Sosok tersebut adalah mantan wasit FIFA yang dianggap memiliki pengalaman kelas dunia perihal perwasitan. Dia akan membantu PSSI memberikan pendidikan kepada referee assessor dan instruktur wasit di Indonesia.

Sementara untuk pertandingan persahabatan, pada 2018, Jepang akan mendatangkan tim nasional U-19 Jepang dan salah satu tim liga utama Jepang.

Pertemuan PSSI dan JFA dilangsungkan pada pekan pertama Desember 2017 di Jepang dan menghasilkan beberapa keputusan yang disepakati kedua belah pihak untuk dituangkan dalam dokumen resmi.

Dalam penandatanganan dokumen itu, PSSI diwakili Wakil Ketua Umum Joko Driyono dan Sekjen Ratu Tisha. Sementara JFA diwakili Presidennya, Tashima Kozo dan Sekjen Kazumichi Iwagami




PERTANDINGAN PEMBUKA LIGA 1 2018


Setelah mengalami perubahan jadwal beberapa kali, akhirnya kick off Liga 1 2018 akan mulai digelar 23 Maret dan berakhir 2 Desember mendatang.

Keputusan ini diumumkan setelah PT LIB selaku operator liga menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) bersama klub peserta Liga 1 di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (8/3/2018).

"Kalau tidak salah hari Jumat," kata Berlinton Siahaan Direktur PT LIB dilansir dari Tribunnews.com, Kamis (8/3/2018) malam.

Nantinya akan ada sembilan pekan padat dari total 34 pekan, dan untuk kick off perdana akan menampilkan pertandingan Bhayangkara FC sebagai juara Liga 1 2017 melawan Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Karno.

"Rencana di Gelora Bung Karno laga antara Bhayangkara sebagai pemenang tahun lalu melawan pemenang Piala Presiden, Persija Jakarta," jelasnya.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) akhirnya melansir jadwal kick-off Liga 1 musim 2018. Setelah beberapa kali mengalami penundaan, PT LIB memutuskan untuk menggelar laga pembuka Liga 1 2018 pada tanggal 23 Maret 2018 yang akan mempertemukan Bhayangkara FC sebagai juara Liga 1 2017 dengan Persija Jakarta sebagai pemenang Piala Presiden 2018.

"Pertandingan pembukaan sesuai dengan kesepakata bersama akan berada di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Nama kompetisi tetap Gojek-Traveloka Liga 1," kata Direktur Utama PT LIB Berlington Siahaan dalam jumpa pers Rapat Umum Pemegang Saham di Jakarta, Kamis (8/3/2018).

Liga 1 2018 akan diikuti oleh 18 klub sepak bola nasional dari sebelumnya 15 klub sepak bola pada Liga 1 2017. "Kami kedatangan klub baru dari liga 2, yaitu Persebaya Surabaya, PSMS Medan, dan PSIS Semarang," kata Berlington.

Kompetisi Liga 1 2018, katanya, akan sempat terjeda menyusul penyelenggaraan Asian Games 2018, Pemilihan Kepala Daerah 2018, dan libur Idul Fitri.

"Kami akan melihat jadwal pertandingan lagi pada besok. Jika kompetisi selesai pada 2 Desember, kami akan punya sembilan pekan yang padat dari jadwal ideal kompetisi sebanyak 34 pekan," kata Berlington.

Selain jeda karena Asian Games, kompetisi Liga 1 2018 juga akan berlangsung secara bersamaan dengan Piala AFF 2018. Untuk hal ini, PT. LIB, kata Berlington akan menggelar pertemuan dengan para manajer klub lebih dulu 15 Maret nanti, sebelum membuat keputusan.

Berlington juga menjanjikan siaran langsung kompetisi Liga 1 2018 menjadi 300 pertandingan dari Liga 1 2017 sebanyak 260 pertandingan selain siaran melalui jaringan internet untuk 124 pertandingan.

Dilansir dari Antara, kompetisi Liga 1 2018, kata Berlington, masih akan memberlakukan subsidi kepada masing-masing klub Rp7,5 miliar.

PT LIB juga menetapkan kompetisi Liga 2 2018 yang akan diikuti 24 klub sepak bola yang terbagi dua wilayah, yaitu timur dan barat. Liga 2 2018 akan berlangsung 7 April hingga 25 November dengan jumlah siaran langsung untuk 62 pertandingan.


"Jadi, launching itu tanggal 19 Maret 2018, tepatnya Senin pukul 16.00 WIB di Jakarta. Tempatnya belum ditentukan. Nanti dalam perkenalan resmi, akan kami jelaskan siapa partner komersial kami. Sama seperti launching kompetisi musim sebelumnya, kami juga akan melakukan pengenalan klub Liga 1 musim ini, pemain, serta kostum tim," ujar Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Berlinton Siahaan usai Manager Meeting klub Liga 1 di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Kamis 15 Maret 2018. 

Menurutnya, peluncuran Liga 1 kemungkinan besar akan disiarkan secara langsung oleh televisi. Namun, dia belum bisa membocorkan di stasiun televisi mana yang akan menyiarkannya. Jika mengacu pada pemegang hak siar Liga 1, kemungkinan besar akan disiarkan di stasiun televisi milik grup Emtek.

"Tadi di Manager Meeting juga telah dibahas masalah jadwal. Seperti yang diputuskan pada 8 Maret lalu, kick off sudah ditetapkan pada 23 Maret 2018 dan kompetisi akan berakhir di 9 Desember 2018. Kompetisi musim ini akan diawali pertandingan antara juara bertahan Bhayangkara FC dengan juara Piala Presiden Persija Jakarta di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)," tuturnya. 

Ada beberapa perubahan dalam regulasi kompetisi musim ini. Selain kontribusi, yang berubah adalah sistem pembayarannya, serta tidak berlakunya lagi atruan marquee player tahun ini. 

Terkait pemain asing, hal itu akan kembali lagi kepada aturan tiga plus satu seperti masa kompetisi Indonesia Super League.

"Jika musim sebelumnya komposisi pemain asing 3-1-1 dengan marquee player, musim ini hanya tiga pemain asing non-Asia ditambah satu pemain Asia (3+1). Mengapa marquee player dihapus, karena kesepakatan. Kalau musim lalu memang untuk menambah daya tarik pertandingan, tapi sekarang fokusnya (Liga 1) adalah untuk meningkatkan kualitas pemain-pemain dari Indonesia. Jadi, kami batasilah pemain asing," ujarnya.

Dana untuk klub peserta
Tidak ada penambahan dana kontribusi untuk klub peserta Liga 1 musim 2018. Dana kontribusi yang diberikan PT LIB sebagai operator kompetisi tetap berjumlah Rp 7,5 miliar, tetapi sistem pembayarannya berbeda. 

Jika pada musim sebelumnya uang kontribusi senilai tersebut diberikan semua kepada klub secara bertahap. Untuk musim ini, uang kontribusi akan dibagi untuk dua unit. 

"Pertama untuk klub langsung Rp 5 miliar dan sisanya Rp 2,5 miliar akan berdasarkan penyempurnaan dari PSSI terkait dengan pengembangan usia muda. Artinya, untuk bisa mendapatkan sisa dana kontribusi, tiap tim harus terlebih dahulu memberikan laporan kegiatan pengembangan usia muda di klubnya. Setelah mendapatkan persetujuan kegiatan klub tersebut dari PSSI, baru nanti Liga (PT LIB) akan membayarkan sisanya dana kontribusi tersebut berdasarkan catatan dari PSSI," ujar Berlinton Siahaan. 


Dana kontribusi itu akan dibayarkan dalam musim ini, tetapi secara bertahap. Dengan waktu  pembayaran mulai April sampai November. Namun, jumlah Rp 2,5 miliar yang akan diberikan ke klub belum tentu akan diberikan 



  • Hilangkanlah kebiasaan bernyanyi mengolok/ujaran kebencian, memasang spanduk & Kaos rasis/bunuh di stadion atau saling ejek di sosial media yang bisa berujung saling benci di dunia nyata. 

  • Jika tim kesayanganmu kalah, jangan berbuat rusuh atau onar didalam maupun diluar stadion yang akan merugikan klub dan terkena denda. Lebih baik uang denda ratusan juta atau miliaran tersebut untuk membangun infrastruktur klub , membangun bisnis atau untuk membeli pemain mahal. JIKA kecewa lebih baik tinggalkan/kosongkan stadion seperti di Liga Ingrris atau Liga-Liga Eropa. Jadilah supporter Elegan, bukan supporter ababil.

Apa sebenarnya yg ada dipikiran mereka sehingga mudah melukai dan menghilangkan nyawa seseorang padahal itu dosa besar yang diancam kekal di neraka. 

Kebanyakan oknum pendukung klub yg berlaku kekerasaan masih abg labil atau yang belum dewasa pemikirannya meski usia sudah tua, padahal sepakbola hanya permainan di dunia.

Jangan sampai kamu ikut menabung dosa jariyah yang akan ditagih kelak di pengadilan ALLAH SWT. karena memprovokasimenanamkan kebencian pada anak-anak yang masih kecil, apalagi jika ada korban tewas atau luka-luka



Dosa Jariyah, Setelah BADAN KITA Mati,  Dosa Terus Mengalir

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Siapa yang mempelopori satu kebiasaan yang buruk dalam islam, maka dia mendapatkan dosa keburukan itu, dan dosa setiap orang yang melakukan keburukan itu karena ulahnya, tanpa dikurangi sedikitpun dosa mereka.” (HR. Muslim).


لاَ تُقْتَلُ نَفْسٌ ظُلْمًا إِلَّا كَانَ عَلَى ابْنِ آدَمَ الأَوَّلِ كِفْلٌ مِنْ دَمِهَا
“Tidak ada satu jiwa yang terbunuh secara dzalim, melainkan anak adam yang pertama kali membunuh akan mendapatkan dosa karena pertumpahan darah itu.” (HR. Bukhari 3157, Muslim 4473 dan yang lainnya).




references by berbagai sumber

 
Like us on Facebook