MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

March 27, 2023

Kenapa Banyak Tawuran Di Jabodetabek Saat Ramadhan?

Baca Artikel Lainnya

Kenapa banyak tawuran di Jabodtabek saat Ramadhan, Orangtua memberikan izin keluar malam atau shubuh hari karena dianggapnya anak mereka melakukan shalat taraweh di Masjid, Nyatanya sebagaian anak-anaka remaja tanggung tersebut menyalahgunakan kebebasanttersebut untuk keluar rumah dan berkumpul dengan teman-teman lainnya buka untuk ke Masjid, namun untuk nongkrong atau berbuat onar yang meresahkan warga.



Semakin maraknya tawuran di berbagai wilayah Jabodetabek membuat pihak kepolisian harus bertindak tegas. Pihak Polda Metro Jaya menjelaskan bahwa pihaknya akan mengedepankan tindakan preventif dalam menekan angka rejahatan di bulan Ramadhan termasuk tawuran.

Hingga saat telah tercatat sebanyak delapan kali aksi tawuran wilayah hukumnya Polda Metro Jaya. Bahkan tawuran Ramadhan makan korban sehingga pihak kepolisian mengungkapkan jika sanksi pidana menunggu pelaku.

Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko selaku Kabid Humas Polda Metro Jaya menjelaskan jika  dalam hal preemtif berbagai cara telah dilakukan, mulai dari program Polisi RW, Bhabinkamtibmas, Jumat Curhat hingga program Subuh Keliling. 

Selain itu tindakan preventif antara lain antara lain patroli Perintis Presisi, Kampung Tangguh, hingga razia terus dimaksimalkan.

Bahkan Irjen Fadil Imran selaku Kapolda Metro Jaya juga telah mengeluarkan beberapa larangan kegiatan sepanjang bulan Ramadan.

"Penerapan sanksi pidana merupakan sanksi pamungkas (terakhir) dalam penegakan hukum," terang Kombes Pol Trunoyudo.

Kombes Pol Trunoyudo menjelaskan pihaknya menurunkan sebanyak 2.000 personel selama Ramadhan, di mana mereka akan menyisir semua wilayah hukum Polda Metro Jaya untuk mengantisipasi aksi tawuran. Dari delapan aksi tawuran yang dicatatkan Polda Metro Jaya, terdapat satu korban jiwa.

 

Aksi tawuran tersebut terjadi dikarenakan adanya kesempatan untuk saling berkumpul seperti saat menunggu sahur.

"Dua kasus pelaporan dan enam (berhasil dilakukan) pencegahan oleh Tim Patroli Perintis Presisi," ujar Kombes Pol Trunoyudo.

"Tawuran tersebut terjadi karena adanya potensi, ngabuburit atau menunggu buka puasa, menunggu sahur, ketika jalan keliling kemungkinan ketemu dan berkonflik sehingga terjadinya tawuran," sambungnya 

Adapun delapan tawuran sejak Ramadhan 2023 antara lain:

1. Jagakarsa, Jakarta Selatan, 24 Maret 2023 (Dicegah Patroli Presisi)

Sebanyak 15 remaja melakukan tawuran dengan menggunakan sarung yang ujungnya diikat batu di Jalan Durian, Jagakarsa, Jakarta Selatan (Jaksel) dan para remaja itu berhasil diamankan polisi.

2. Palmerah, Jakarta Barat, 23 Maret 2023

Tawuran itu terjadi di Pasar Gili, Jatipulo, Palmerah, Jakbar pada Kamis 23 Maret sekitar pukul 02.00 WIB dini hari yang mengakibat satu korban meninggal dunia berinisial MJ (29).

3. Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, 24 Maret 2023 (CCTV dan dilaporkan masyarakat)

Tawuran dua kelompok remaja terjadi di Jalan Sarbini I, Kelurahan/Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, di mana aksi tawuran itu terekam video rekaman CCTV dan viral di media sosial.

Puluhan remaja saling serang dengan tangan kosong, petasan, bahkan satu orang remaja di antaranya tampak menenteng sebilah celurit. 

 

4. Tanjung Priok, Jakarta Utara, 23 Maret 2023 (Dicegah Patroli Presisi)

Pada lokasi ini Polisi mengamankan tiga pelajar yang diduga hendak tawuran di kawasan Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara (Jakut) dengan membawa senjata tajam.

5. Jatiuwung, Kota Tangerang, 25 Maret 2023 (Dicegah Patroli Presisi)

17 orang remaja yang diduga hendak melakukan perang sarung atau tawuran di wilayah Kecamatan Cibodas dan Periuk, Kota Tangerang, Jum’at 24 Maret dinihari berhasil diamankan Polsek Jatiuwung.

6. Cipondoh, Kota Tangerang, 24 Maret 2023 (Dicegah Patroli Presisi)

Sebanyak 6 remaja di wilayah hukum Polsek Cipondoh, Polres Metro Tangerang Kota kembali diamankan polisi patroli. 

 

7. Ciledug, Kota Tangerang, 23 Maret 2023 (Dicegah Patroli Presisi)

Polisi mengamankan 9 remaja diduga kuat hendak melakukan aksi tawuran dengan membawa tiga bilah senjata tajam (sajam), di wilayah hukum Polsek Ciledug, Polres Metro Tangerang Kota, Polda Metro Jaya.

8. Benda, Kota Tangerang, 22 Maret 2023 (di cegah Patroli Presisi)

Polisi mengamankan sembilan remaja pelaku tawuran di Jalan Husein Sastra Negara, Kelurahan Jurumudi, Kecamatan Benda, Kota Tangerang pada Rabu 22 Meret 2023 sekira pukul 23.00 WIB.

 

 



 
Like us on Facebook