MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

March 30, 2023

Firefox Untuk WIndows 7 dan WIndows 8 Akan Berhenti Di 2024

Baca Artikel Lainnya

Kabar bahwa Firefox akan memberikan dukungan pada Windows 7 dan Windows 8 hingga Agustus 2023, dimana dengan itu pengguna browser ini setidaknya bisa sedikit merasa lebih aman untuk berselancar di Internet menggunakan browser Mozilla ini. 



Mengenai kabar ini, baru baru ini Mike Kaply, seorang karyawan Mozilla mengungkapkan bahwa Firefox 115 ESR yang akan hadir pada 4 Juli 2023 mendatang akan tetap mendukung Windows 7 dan 8, dimana browser itu akan menerima update dan perbaikan keamanan hingga setidaknya Q3 tahun 2024.

Bagi yang belum tahu, Firefox ESR sendiri adalah versi Firefox yang mendapatkan Extended Support Release dan mendapatkan update hingga 13 bulan lamanya.

Nah menurut informasi yang yang diungkapkan Mike, pengguna Firefox masih cukup banyak yang menggunakan Windows 7, setidaknya di tahun 2020 lalu masih ada 33% pengguna Firefox yang menggunakan OS tersebut.

Meskipun begitu mungkin untuk versi Firefox Browser (non ESR) tetap akan mendapatkan dukungan maksimal hingga bulan Agustus 2023 nanti, namun jika pengguna ingin tetap menggunakan OS yang sudah obsolete tersebut dan masih ingin menggunakan Firefox, menggunakan Firefox ESR akan menjadi pilihan terbaik untuk pengguna gunakan.

Tidak seperti Firefox yang cukup baik pada pengguna Windows 7 dan 8, Google Chrome sudah meninggalkan dukungan browsernya pada kedua OS tersebut, dan bahkan berdasarkan kabar terbaru


 Sebagaimana browser modern lainnya, Mozilla Firefox juga mendapatkan update secara berkala. Secara default, Moilla Firefox diatur untuk melakukan update otomatis bila versi baru telah tersedia. Update sangat penting untuk semua browser termasuk Mozilla Firefox. Dengan melakukan update, celah keamanan yang ditemukan di versi sebelumnya dapat diperbaiki.

Perbaikan celah kemanan menjadi faktor utama update browser perlu dilakukan. Anda tidak disarankan untuk menggunakan browser Mozilla Firefox versi lama (older version) karena ini sangat beresiko. Browser Mozilla Firefox versi lama rentan terhadap serangan dan dapat membahayakan sistem komputer serta informasi pribadi Anda.


Selain perbaikan celah keamanan yang ditemukan, update browser Mozilla Firefox juga membawa fitur baru atau peningkatan pada fitur yang ada. Namun demikian, tidak jarang update browser juga menghapus fitur yang ada, add-on menjadi tidak kompatible atau didapati versi terbaru tidak lebih stabil dari versi sebelumnya.

Ada kebaikan dari melakukan update browser Mozilla Firefox, namun juga ada yang tidak diharapkan. Anda mungkin lebih memerlukan fitur yang dihapus dari pada fitur baru yang ditambahkan. Anda berharap tidak ada masalah kompatibilitas add-on yang terinstal. Anda juga ingin versi terbaru lebih stabil dari versi sebelumnya. Di sisi lain, perbaikan pada celah keamanan harus dilakukan melalui update.

Dihapusnya fitur yang digunakan, add-on yang tidak kompatibel, versi baru yang tidak lebih stabil menjadi alasan sebagian pengguna Mozilla Firefox tetap bertahan dengan versi lama. Mereka yang sudah melakukan update kemudian melakukan downgrade dengan kembali menginstal Mozilla Firefox versi lama dan mengatur untuk menonaktifkan browser Firefox agar tidak update otomatis.

Menghadapi dilema update browser Firefox standar, Mozilla menyediakan versi lain Firefox yang disebut dengan Firefox Extended Support Release (ESR). Firefox ESR tidak diperbarui dengan fitur-fitur baru seperti pada browser Mozilla Firefox standar. Namun demikian, Firefox ESR tetap terus diperbarui dengan perbaikan pada keamanan, bug yang ditemukan dan stabilitas yang dianggap sangat penting.

Firefox ESR bisa menjadi alternatif untuk Anda yang ingin melakukan downgrade browser Mozilla Firefox karena dihapusnya fitur yang digunakan. Bila Anda ingin menggunakan Firefox ESR, Anda dapat mengunduh (download) melalui website resmi Mozilla di halaman unduhan Firefox ESR.

Di halaman unduhan Firefox ESR, di area sebelah kanan, pastikan Anda memilih Firefox Extended Support Release


 
Like us on Facebook