October 12, 2012

Taukah Kamu ? Rajin Menyisir Rambut Bisa Mengatasi Kerontokan Pada Rambut

Kerontokan rambut sebenarnya hal yang wajar, karena setiap hari rambut juga menjadi tua dan mati. Normalnya dalam satu hari 100 helai rambut akan rontok, dan digantikan dengan rambut baru. Namun, yang perlu dikhawatirkan adalah kerontokan yang terlalu sering dan dalam jumlah yang banyak. Kerontokan seperti ini merupakan pertanda bahwa rambut Anda tak sehat.
Sebenarnya ada banyak penyebab kerontokan rambut, antara lain kulit kepala yang tidak sehat, stres, kulit kepala berminyak, dan pemakaian produk perawatan yang tidak sesuai dengan jenis rambut.
"Cara termudah untuk melihat apakah rambut rontok ini terjadi alami atau karena penyebab lain adalah dengan melihat warna kulit kepala," kata Chandra Gupta, hairstylist profesional Indonesia sesaat setelah peluncuran produk perawatan rambut di Jakarta, Selasa (9/10/2012) lalu.
Ia menambahkan, warna kulit kepala yang sehat adalah yang berwarna putih kehijauan. Sedangkan kulit kepala yang bermasalah biasanya berwarna putih kekuningan atau putih kecoklatan.

Rajin menyisir rambut
Chandra mengungkapkan ada banyak cara untuk mengurangi kerontokan rambut, misalnya dengan memilih produk perawatan rambut yang tepat. "Namun ada kesalahan yang sering dilakukan orang ketika tahu rambut mereka rontok, yaitu jadi malas menyisir rambut," imbuhnya.
Banyak orang beranggapan bahwa terlalu sering menyisir rambut saat mengalami masalah ini bisa membuat kerontokan rambut semakin parah. Padahal menurutnya, ketika mengalami kerontokan seharusnya Anda justru harus semakin sering menyisir rambut. Syaratnya, sisir rambut dengan lembut sampai menyentuh kulit kepala.


"Gigi" sisir yang menyentuh kulit kepala akan berfungsi seperti memijat kulit kepala, dan memperlancar sirkulasi darah. Proses ini akan membantu kulit kepala untuk memperbaiki kondisi kulit kepala dan kesehatan rambut. Selain itu, proses menyisir rambut akan membantu rambut untuk "latihan kekuatan".

"Sama seperti otot, agar kuat maka rambut harus dilatih kekuatannya. Rambut juga butuh hal ini, agar bisa kuat dan tak mudah rontok," sarannya.

Namun, yang harus diperhatikan saat menyisir adalah tidak melakukannya dengan kasar, atau memaksa menarik rambut kusut. Selain itu, sebaiknya sisir rambut dengan menggunakan sisir rambut yang memiliki bulatan kecil di setiap giginya. Bulatan di setiap gigi sisir ini akan menghindarkan terjadinya luka di kulit kepala yang dapat menimbulkan masalah baru.





refererences by kompas

 
Like us on Facebook