April 18, 2018

Anak Wanita Yang Lahir Dari Ibu Obesitas Cepat Pubertas

Baca Artikel Lainnya

Bicara mengenai pubertas, sebuah studi terbaru yang dimuat di American Journal of Epidemiology menyebutkan bahwa anak-anak perempuan yang terlahir dari ibu dengan masalah obesitas cenderung mengalami pubertas lebih cepat dari anak-anak dari ibu dengan berat badan ideal atau cenderung kurus. Dilansir dari laman ABC News, studi ini telah dilakukan pada sedikitnya 15.000 anak perempuan di North Carolina. 


Anak-anak yang menjadi objek penelitian ini adalah anak-anak usia 6 hingga 11 tahun. Dari objek yang ada, peneliti menemukan bahwa 39% anak mengalami pubertas dini. Dari 39% anak ini, sebagian besar dari mereka adalah anak-anak yang memiliki ibu dengan berat badan berlebih atau obesitas. 

Hasil penelitian menemukan bahwa anak-anak yang lahir dari ibu obesitas mengalami pubertas 7 bulan lebih cepat dari usia normal mereka. Mengenai pubertas sendiri, usia normal memasuki pubertas adalah usia 8 hingga 13 tahun. Kurang atau lebih dari usia ini kemungkinan besar seorang anak mengalami masalah pada organ reproduksinya. 

"Apa yang kami pelajari adalah bahwa lingkungan termasuk lingkungan in-utero dan kondisi ibu pasca kelahiran berpengaruh pada waktu pubertas anak di masa depan. Ini masuk akal karena otak manusia dikembangkan di rahim dan otak juga diketahui melepaskan hormon yang berpengaruh pada pubertas," ungkap Ai Kubo, salah satu peneliti di Kaiser Permanente Institute. 

Selain ditemukan fakta bahwa pubertas dini dipengaruhi oleh kondisi ibu, ini juga ditemukan fakta bahwa pubertas dini berkaitan erat dengan kesehatan anak di masa depan. Para peneliti mengungkapkan bahwa anak perempuan yang mengalami pubertas lebih awal dikatakan lebih rentan terhadap risiko stres, depresi dan mengalami gangguan payudara saat dewasa. 





images by Bumrungrad International Hospital

 
Like us on Facebook