April 23, 2018

Perbaiki Layar iPhone, Tukang Servis Dituntut Apple

Baca Artikel Lainnya

Dialah Henrik Huseby, seorang pemilik toko reparasi gadget di Norwegia bernama PCKompaniet. Toko milik tuan Huseby ini menerima reparasi segala gadget termasuk menerima servis iphone. Tuan Huseby pada tahun 2017 pernah bermasalah dengan sebuah perusahaan besar yaitu Apple Inc., beliau dikirimi sebuah surat “damai” yang berisikan permintaan penghentian reparasi layar iPhone di tokonya, dan mengiriminya sejumlah uang 27.700 kron sebagai tanda “uang damai”.




Apple menganggap bahwa Huseby telah melanggar merek dagang mereka dengan mengimpor sejumlah spare-part layar dan LCD Apple untuk produk iPhone 6 dan iPhone 6S yang berasal dari Hong-Kong.


Menanggapi hal tersebut, Huseby menolak permintaan “damai” dan memilih untuk terus melanjutkan jasa reparasi iPhone 6 dan iPhone 6S.

Apple yang merasa permintaannya ditolak, akhirnya mengambil jalur hukum dengan menggugat langsung Huseby. Singkat cerita, perkembangannya di meja hijau menghasilkan kemenangan hukum terhadap Huseby.

Pengadilan mengatakan bahwa hukum Norwegia tidak melarang para warganya untuk mengimpor spare-part pihak ketiga yang berasal dari Asia, yang kompatibel terhadap perangkat yang ditujukan seperti iPhone 6 dan iPhone 6S ini. Syarat yang penting adalah dalam spare-part tersebut tidak memiliki logo Apple.

Sumber: engadget.com
Pengacara Huseby, Par Harald Gjerstad bahkan menuding Apple mencoba untuk menerapkan bisnis monopoli dengan memanfaatkan hukum di Norwegia atas bisnis reparasi iPhone.

Spare-part resmi Apple hanya tersedia untuk toko-toko mitra Apple yang memiliki lisensi dalam “Authorized Service Provider”. Toko yang memiliki tanda tersebut perlu membayar fee kepada Apple. PCKompaniet dalam hal ini tidak memiliki lisensi tersebut dan perlu untuk mengimpor spare-part tidak resmi.

Konsekuesi yang akan diterima oleh toko-toko tidak resmi adalah akan digugat langsung oleh Apple karena memang Apple memiliki hak cipta untuk produk-produk mereka bahkan spare-part-nya.


 
Like us on Facebook