April 9, 2018

Kepribadian Seseorang Berdasarkan Sepatu

Baca Artikel Lainnya

Ingin mengetahui kepribadian seseorang? Kebanyakan hanya bisa menebak-nebak. Namun sebuah penelitian menyebut kita bisa mengetahui hal itu dari sepatu yang dikenakannya. Peneliti dari University of Kansas bahkan menyebut bukan hanya kepribadian saja yang bisa diketahui dari sepatu seseorang, melainkan hingga ke usia, penghasilan, termasuk afiliasi politiknya.


Untuk sampai pada kesimpulan ini, peneliti melibatkan 63 responden yang diminta mengamati foto-foto 208 pasang sepatu milik sukarelawan. Sebelumnya peneliti telah meminta mereka untuk mengisi sebuah kuesioner tentang kepribadian mereka dan menanyakan sepatu mana yang paling sering mereka pakai.

Ke-63 responden diminta mengamati setiap foto dan menebak jenis kelamin, usia, status sosial, dan kepribadian si pemilik sepatu. Ketua tim peneliti, Omri Gillath menjelaskan, hanya dengan mengamati gaya sepatu, harga, warna dan kondisi sepatu, responden dapat menebak kepribadian si pemilik sepatu, bahkan dengan tingkat akurasi hingga 90 persen.

"Bahkan kita bisa mengambil kesimpulan jika orang-orang mengenakan sepatu untuk mengungkap kepribadian mereka, baik disadari, disengaja atau tidak," katanya seperti dilaporkan Medical Daily.

Misalnya sepatu mahal relatif lebih banyak dimiliki orang yang berpenghasilan tinggi, sedangkan mereka yang suka memakai sepatu yang mencolok atau berwarna-warni dimiliki oleh orang yang cenderung ekstrovert dan blak-blakan. 

Sepasang sepatu yang tidak baru tetapi tidak bernoda biasanya dimiliki oleh orang-orang yang teliti atau pandai menjaga barang-barangnya.

Mungkin petunjuk-petunjuk ini terdengar lumrah, tetapi ada petunjuk lain yang mengejutkan. Semisal mereka yang suka memakai sepatu yang praktis dan fungsional umumnya ramah dan mudah diajak berdiskusi. Sedangkan pemakai ankle boots cenderung lebih agresif.

Menariknya, pemakai sepatu yang tampak tidak nyaman rata-rata justru memiliki kepribadian yang kalem. 

Orang yang sering memakai sepatu baru atau tersimpan dengan baik juga biasanya lebih mudah khawatir dengan relasi sosial mereka. Peneliti menduga ini karena mereka sering mencemaskan penampilan mereka dan apa yang orang pikirkan tentang mereka.

Para liberal atau pemikir bebas cenderung mengenakan sepatu yang tak terlalu bersih dan tidak terlalu mahal.

Meski demikian Gillath mencatat jarang ada orang yang memilih sepatu dengan sengaja untuk menyampaikan imej yang berbeda dengan kepribadian mereka sebenarnya. Tak percaya? Buktikan sendiri.



references by detik
images by theshoegame

 
Like us on Facebook