April 4, 2018

Dampak Negatif Menggunakan Kosmetik Kadaluarsa

Baca Artikel Lainnya

Mengoleksi makeup merupakan salah satu hobi yang kerap dilakukan oleh sebagian orang. Namun, hal tersebut biasanya tidak diimbangi dengan pemakaian produk-produk tersebut. Tidak heran jika koleksi makeup Anda kerap berakhir di tempat sampah tanpa pernah menggunakannya secara optimal. Kondisi yang demikian rupanya membuat sejumlah orang tetap menyimpan atau menggunakan makeup yang sudah kadaluarsa. Alih-alih ingin terlihat cantik, menggunakan makeup yang sudah kadaluarsa justru menimbulkan sejumlah hal berikut.


1. Menyebabkan Kulit Kering
Dilansir dari laman Women’s Health Mag, menggunakan makeup yang sudah kadaluarsa justru menjadikan kulit kering. Hal ini disebabkan oleh berubahnya tekstur serta komposisi bahan makeup yang sudah kadaluarsa. Bahkan, tidak jarang makeup yang kadaluarsa tersebut memicu terjadinya breakout.

2. Memicu Terjadinya Iritasi
Alih-alih ingin menghemat pengeluaran dengan menggunakan makeup yang sudah kadaluarsa, hal itu justru membuat Anda mengalami sejumlah masalah. Salah satunya adalah reaksi alergi mau pun iritasi. seperti yang telah diketahui, saat produk melewati tanggal kadaluarsa, kandungan serta tekstur dari formulanya akan ikut berubah. Bahkan, tidak jarang kandungan zat beracunnya meningkat. Menggunakan produk yang mengandung zat beracun tentu dapat menyebabkan iritasi seperti gatal, ruam hingga kulit yang melepuh.


3. Menjadikan Penampilan Kurang Sempurna
Formula bahan yang sudah berubah tentu akan memberi pengaruh pada hasil riasan. Tidak jarang pula makeup yang kadaluarsa tidak bisa menempel dengan sempurna saat diaplikasikan. Dilansir dari laman Women’s Health Mag, kandungan bahan aktif pada makeup yang semula dapat menutrisi dan melindungi kulit, kini justru tidak dapat memberikan fungsi serupa.

Nah, tiga hal di atas merupakan risiko menggunakan makeup yang sudah kadaluarsa. Maka dari itu, sebaiknya segera buang saja makeup yang sudah melewati tanggal kadaluarsa untuk mencegah efek buruk yang tidak diinginkan. Mempercantik wajah memang penting, tetapi menjaga kesehatan kulit wajah merupakan hal yang lebih penting.



Selain busana, make up merupakan elemen penting untuk menyempurnakan penampilan wanita. Namun sebelum menggunakannya, pastikan Anda memeriksa masa kadaluarsa peralatan make up Anda.

Pasalnya, setiap produk make up memiliki masa kadaluarsa yang berbeda. Selain itu, menggunakan make up kadaluarsa juga berisiko menyebabkan berbagai macam masalah kulit. Mulai dari jerawat, ruam, iritasi hingga kanker.

Berikut ciri-ciri make up yang sudah kadaluarsa yang dilansir dari Times of India.

1. Eyeliner
Eyeliner jenis pensil dinilai lebih tahan lama dan diganti setiap tiga bulan sekali. Eyeliner pensil yang sudah kadaluarsa biasanya menunjukkan tanda adanya titik putih. Sementara eyeliner cair yang sudah kadaluarsa akan terpisah dan mengeluarkan bau tak sedap.

2. Lipstik
Perubahan tekstur dan aroma menandakan lipstik sudah kadaluarsa. Biasanya, lipstik yang sudah kadaluarsa akan susah diaplikasikan ke bibir.

3. Foundation
Jenis make up ini hanya bertahan selama enam bulan sejak dibuka pertama kali. Biasanya, foundation yang kadaluarsa akan memiliki ciri aroma yang tak sedap, perubahan tekstur dan perubahan warna.

4. Maskara
Aroma yang tak sedap dan tekstur yang berubah menjadi tanda bahwa maskara Anda sudah harus dibuang. Umumnya, maskara hanya bertahan dua sampai tiga bulan.

5. Face powders
Pastikan face powders dan powder blush Anda tidak lebih dari dua tahun. Jika lebih, produk kosmetik ini akan memasuki kadaluarsa dan mengalami perubahan dalam tekstur serta aroma.

6. Eyeshadow
Pastikan eyeshadow Anda tidak memiliki bau yang tak sedap dan berubah warna. Normalnya, eyeshadow akan bertahan selama kurang lebih satu tahun. 

Para ahli pun menjelaskan,  menggunakan eyeshadow kadaluarsa bisa membawa bakteri ke area mata dan menyebabkan iritasi.

7. Lip Gloss
Tak berbeda dengan lipstik, lip gloss yang kadaluarsa memiliki tanda tekstur yang berubah dan bau yang tak sedap. Selain itu, lip gloss kadaluarsa juga memiliki tekstur yang lebih lengket dan sulit diaplikasikan di bibir.




references by rakyatku, sindonews

 
Like us on Facebook