MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

April 26, 2018

Piala Indonesia 2018 Dimulai 8 Mei 2018

Baca Artikel Lainnya

PSSI memastikan Piala Indonesia 2018 digelar setelah Anniversary Cup 2018 berakhir. Plt Ketum PSSI, Joko Driyono, mengungkapkan Piala Indonesia 2018 akan digelar mulai 8 Mei 2018.

Setelah awalnya direncanakan mulai April 2018, Piala Indonesia akhirnya diputuskan untuk digelar mulai 8 Mei 2018. Kompetisi bentukan PSSI yang terakhir kali digelar pada 2012 itu akan melibatkan 128 klub dari Liga 1 hingga Liga 3.



"Setelah enam tahun istirahat, di mana 2012 menjadi tahun terakhir digelar, PSSI ingin kembali melaksanakan Piala Indonesia dengan tajuk Everyone Can Play. Maknanya adalah PSSI ingin kompetisi di mana semua orang dari kasta tertinggi sampai terendah bisa terlibat," ujar Joko Driyono dalam keterangan persnya di Jakarta, Rabu (25/4/2018) malam.

"128 klub akan berpartisipasi. Ini upaya PSSzi agar Piala Indonesia melibatkan semua klub dari semua strata. PSSI akan melakukan drawing pada 3 Mei 2018 pukul 13.30 di Stadion Pakansari. Kick-off diputuskan pada 8 Mei setelah Anniversary Cup selesai," lanjut Plt Ketum PSSI itu.

Rencananya babak 128 besar dan 64 besar akan digelar dengan format single match. Sementara mulai dari 32 besar akan digelar dengan sistem kandang tandang.

Dengan sistem tersebut, besar kemungkinan Piala Indonesia 2018 akan berakhir pada Desember 2018 atau Januari 2019.


PSSI memastikan Jadwal Piala Indonesia 2018 dimulai pada Selasa, 8 Mei 2018. Pelaksana tugas Ketua Umum PSSI Joko Driyono menyampaikan pengundian grup bakal dilakukan pada Kamis (3/5) usai laga terakhir turnamen PSSI Anniversary Cup 2018 di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat.

Menurut Joko Driyono, Piala Indonesia 2018 bakal diikuti 128 klub dari Liga 1 hingga Liga 3. Skema kompetisi adalah 128 besar, 64 besar, 32 besar, delapan besar, semifinal dan final.

Dia melanjutkan, babak 128 besar diproyeksikan berlangsung hingga awal Agustus 2018 dan di setiap fase akan dilakukan pengundian kecuali 16 besar dan seterusnya.

Joko menjelaskan, di babak 128 dan 64 besar, pertandingan dilakukan dengan laga tunggal (single match). Kemudian dari 32 besar dan seterusnya, laga dilaksanakan dengan sistem knock out kandang-tandang.

"Tim-tim Liga 1 akan ikut dari babak awal atau 128 besar," tutur Joko.

Adapun setiap klub di Piala Indonesia akan mendapatkan bayaran per-laga (match fee) yang besarannya meningkat seiring berlangsungnya putaran. Pada babak 128 besar yang berformat single match, match fee yang disediakan sebesar Rp100 juta dengan pembagian 40:60, atau Rp40 juta untuk tim kandang dan Rp60 juta untuk tim tandang.

Format 40:60 masih berlaku di babak 64 besar, tetapi jumlah match fee meningkat menjadi Rp125 juta.

Lalu di babak 32 besar yang berformat kandang-tandang, setiap tim akan mendapatkan Rp150 juta. Kemudian di babak 16 besar Rp200 juta per-tim dan di babak delapan besar Rp250 juta per tim.

"Di semifinal sampai final tidak ada lagi match fee karena semuanya sudah mendapatkan hadiah yaitu Rp3 miliar untuk juara, Rp2 miliar untuk peringkat kedua, Rp1 miliar untuk peringkat ketiga dan Rp500 juta untuk peringkat keempat," kata Joko.



Undian Piala Indonesia dijadwalkan berlangsung pada 3 Mei, sebelum laga pamungkas Anniversary Cup 2018. Sedangkan, kick off akan berlangsung pada 8 Mei.

Piala Indonesia sendiri akan melibatkan 128 tim dari tiga strata kompetisi sepak bola Indonesia. Match fee berjenjang dari Rp100 juta sampai Rp250 juta akan diterima klub-klub yang bertanding di ajang yang sudah absen selama enam tahun ini. 


"Match fee yang diberikan setiap babak bertingkat. Di babak 128 besar, PSSI menyediakan Rp100 juta, dengan komposisi Rp40 juta untuk tim tuan rumah, Rp60 juta untuk tim tamu. Misal saja, laga di 128 besar tim Liga 3 menjamu Liga 1, maka, tim Liga 3 mendapatkan Rp40 juta, Liga 1 mendapatkan Rp60 juta," ujar Joko Driyono, Plt Ketum PSSI saat konferensi pers.

"Komposisi ini dilanjutkan ke babak 64 besar tapi jumlah match fee nya naik jadi Rp125 juta. Kemudian meningkat sampai Rp150 juta di babak 32 besar, tapi ingat di babak 32 besar itu home and away. Sehingga setiap tim masing-masing dapat Rp150 juta," lanjutnya


PARTAI / LAGA PEMBUKA PIALA INDONESIA 2018

Persibo Bojonegoro bakal menjadi tuan rumah pada pembukaan turnamen resmi Piala Indonesia 2018. Laga yang digelar Selasa (8/5) mendatang rencananya bakal mempertemukan Persibo dengan salah satu klub dari pentas Liga 1.

Pengundian pertandingan akan dilaksanakan pada Selasa (1/5). Piala Indonesia nantinya akan disiarkan secara streaming lewat laman resmi PSSI.

"Manajemen belum mendapat informasi, siapa lawan Persibo. Tetapi menurut regulasi ialah klub dari Jawa Timur," ujar Chief Executive Officer (CEO) Persibo Bojonegoro, Abdulloh Umar, Sabtu (28/4).

Umar mengatakan, Persibo siap melawan klub manapun. Akan tetapi skuad Laskar Angling Dharma membutuhkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat Bojonegoro, khususnya sporter fanatik tim oranye agar bisa tampil maksimal di laga pembuka nanti.

"Kami sangat membutuhkan support dari masyarakat. Tanpa dukungan mereka, laga tentunya akan sulit. Harapan kami, masyarakat ikut memberi support nyata dengan hadir di stadion," tuturnya.

Bila mengacu pada regulasi, berarti saat ini ada empat tim yang berpeluang dijamu oleh Persibo Bojonegoro. Keempatnya adalah Arema FC, Madura United, Persela Lamongan, atau Persebaya Surabaya.


Ada dua pertandingan pembuka, yakni Persibo Bojonegero selaku juara bertahan Piala Indonesia tahun 2012 melawan Madura United. Lalu partai pembuka kedua ada PSBK Blitar kontra Arema FC


PEMBAGIAN WILAYAH/GROUP/ZONA 
PIALA INDONESIA 2018



Zona 1: PSMS Medan, Persiraja Banda Aceh, Aceh United, Kuala Nangroe, PSBL Langsa, PSDS Deli Serdang, PS Keluarga USU

Zona 2: Semen Padang, PSPS, PS Pekanbaru, Nabil FC, Batang Anai FC, PES Pessel, Kepri 75 Jaya, PS Bintan

Zona 3: Sriwijaya FC, Persimura Musi Rawas, PS Bengkulu, PS Benteng, Persijam Jambi, PS Timah Bangka, PS Bangka Selection, PS Belitung Timur

Zona 4: Bhayangkara FC, Persita Tangerang, Cilegon United, Perserang Serang, Lampung Sakti FC, Persilat Lampung Tengah, Sakai Sambayan Lampung FC, Persitangsel Tangerang Selatan

Zona 5: Persija Jakarta, Persiwa Wamena, Persika Karawang, Persikabo Bogor, Persikad Depok, Villa 2000 B, Bintang Kranggan, Patriot Candrabagha

Zona 6: Persib Bandung, Persibat Batang, Maung Anom FC, PSKC Cimahi, PSGC Ciamis, PSCS Cilacap, Persibas Banyumas, Persibangga Purbalingga

Zona 7: PSIS Semarang, Persik Kendal, PSIR Rembang, Persijap Jepara, Persekat Tegal, Persip Pekalongan, Persab Brebes, PSIP Malang

Zona 8: PS Tira, PSS Sleman, PSIM Yogyakarta, Persiba Bantul, Gadjah Mada FC, PSD Demak, Persibara Banjarnegara, Persitema Temanggung

Zona 9: Arema FC, Persis Solo, Blitar United, Persinga Ngawi, Madiun Putra, Persekam Metro, PSBK Blitar, Persega Trenggalek

Zona 10: Madura United FC, Madura FC, Persegres GU, Persepam MU, Perssu Sumenep, Persatu Tuban, Persekap Pasuruan, Persivbo Bojonegoro

Zona 11: Persela Lamongan, Persebaya Surabaya, PSMP Mojokerto, Persid Jember, Persik Kediri, Persekabpas Pasuruan, Blitar Putra, PSBI Blitar

Zona 12: Bali United FC, Persigo Semeru FC Lumajang, Persewangi Banyuwangi, PS Badung Bali, Persekaba Badung Bali, PS Sumbawa Barat, PSKT Sumbawa, Perse Ende

Zona 13: PS Barito Putera, Kalteng Putra FC, Martapura FC, Persipon Pontianak, Persibeng Bengkayang, Persebun Pangkalan Bun, Perseban Banjarmasin, Kota Baru FC

Zona 14: Mitra Kukar FC, Borneo FC, Persiba Balikpapan, PSAD Balikpapan, Persekap Kapuas, Persida Sidoarjo, Deltras Sidoarjo

Zona 15: PSM Makassar, Celebest FC, Persipal Palu, Persbul Buol, Persbit Bitung, Persidago Gorontalo, Persiter Ternate, Matra Mamuju, Persidrap Sidrap

Zona 16: Persipura Jayapura, Perseru Serui, PSBS Biak, Persintan Intan Jaya, Yahukimo FC, Persewar Waropen, Perseka Kaimana, Pelauw Putra


Ketua Organizing Comitte (OC) Iwan Budianto baru menentukan dua laga pembuka yang akan digelar pada 8 Mei mendatang. Juara bertahan Persibo Bojonegoro akan menghadapi Madura United dilanjutkan laga PSBK Blitar melawan Arema FC.

Iwan Budianto mengatakan Piala Indonesia akan dilakukan dari Mei hingga akhir Januari.

"Babak 64 besar akan dilangsungkan pada Agustus hingga akhir September, 32 besar antara Oktober hingga akhir November dan babak 4 besar hingga final diadakan dari Desember sampai Januari," jelas Iwan.



PSSI resmi mengeluarkan jadwal lengkap babak lanjutan 128 besar Piala Indonesia 2018. Beberapa tim besar akan segera menunjukkan tajinya mulai akhir Juni dan awal Juli mendatang.

Nantinya akan ada 60 pertandingan yang bakal diselesaikan 29 Juli sampai 13 Agustus 2018 mendatang. Beberapa tim besar akan langsung berlaga, seperti Yahukimo FC vs Persipura Jayapura (3/7/2018) sampai PSKC Cimahi yang akan menjamu Persib pada 4 Juli mendatang.

Itu berarti pada pertengah Agustus mendatang sudah terlihat tim-tim mana saja yang akan lolos ke babak 64-besar. Seluruh pertandingan pada 128 besar dan 64 besar bersistem satu laga saja tanpa kandang-tandang.

Berikut jadwal lengkapnya:

29 Juni
Lampung Sakti FC vs Perserang, Stadion Sumpah Pemuda Bandar Lampung
Kotabaru FC vs Barito Putera, Stadion Kotabaru
Persibeng Bengkayang vs Martapura FC, Pontianak (TBC)

30 Juni
PSDS Deliserdang vs Aceh United, Stadion Baharuddi Siregar Deliserdang
Persitangsel vs Bhayangkara FC, Stadion Krakatau Steel, Cilegon
Sakai Sambayan FC vs Cilegon United, Stadion Pahoman, Bandar Lampung
Persatu Tuban vs Persegres Gresik United, Stadion Loka Jaya, Tuban
Blitar Putra vs Mojokerto Putra, Stadion Gelora Panataran, Blitar
Persipon Pontianak vs Kalteng Putra, Stadion Sultan Syarif Abdurrahman Pontianak

1 Juli
Persepam Madura vs Madura FC, Stadion Gelora Bangkalan
PSBI Blitar vs Persebaya, Stadion Panataran, Blitar
PS Badung vs Persigo Semeru FC, Stadion Gelora Samudera Badung

2 Juli
PS Sumbawa Barat vs Bali United, Stadion 17 Desember, Mataram

3 Juli
Yahukimo FC vs Persipura Jayapura, Stadion Mandala Jayapura

4 Juli
PSKC Cimahi vs Persib, Stadion Sangkuriang, Cimahi

5 Juli
Keluarga USU Medan vs Mandailing Raya FC, Stadion Mini USU Medan

6 Juli
Persipur Purwodadi vs Persik Kendal, Stadion Krida Bhakti, Purwodadi

7 Juli
Villa 2000 B vs Persiwa Wamena, TBC

8 Juli
PES Pessel vs Batang Anai FC, Stadion Kebun Dalam

9 Juli
Patriot Chandrabagha vs Bintang Kranggan FC, TBC

10 Juli
Persekap Pasuruan vs Perssu Sumenep, Stadion Untung Suropati Pasuruan

11 Juli
Perseban Banjarmasin vs Persida Sidoarjo, Stadion 17 Mei, Banjarmasin

12 Juli
PSIP Pemalang vs PSIR, Stadion Sirandu Pemalang

13 Juli
Pelauw Putra vs Perseka Kaimana, TBC

14 Juli
Persip vs Persijap, Stadion Jenderal Hoegeng, Pekalongan

15 Juli
Persibas vs PSGC, Stadion Satria Purwokerto

16 Juli
PSCS vs Persibangga, Stadion Wijaya Kusuma Cilacap

17 Juli
Madiun Putra vs Blitar United, Stadion Wilis Madiun
Persiter Ternate vs Celebest FC, Stadion Gelora Kie Raha, Ternate

18 Juli
PSD Demak vs PSS, Stadion Pancasila Demak

19 Juli
PSKT Sumbawa Barat vs Persewangi, Stadion Lalu Megaparang
Persidrap Sidrap vs PSM, Stadion Ganggawa Sindereng Rappang

20 Juli
Persibara Banjarnegara vs Gadjah Mada FC, Stadion Sumitro Kolopaking, Banjarnegara
Persidago Gorontalo vs Matra Mamuju Utara, Stadion Gelora 23 Januari Gorontalo

21 Juli
Persilat Lampung Tengah vs Persita, Stadion Sumpah Pemuda Bandar Lampung
Maung Anom FC vs Persibat, Stadion Arcamanik Bandung

22 Juli
Persitema vs PSIM, Stadion Bhumi Phala, Temanggung
Persekam Metro FC vs Persega Trenggalek, Stadion Kanjuruhan, Kab Malang

23 Juli
Persbul Buol vs Persbit Bitung, Stadion Mini Kuonoto, Kab Buol

24 Juli
Persiba Bantul vs PS Tira, Stadion Sultan Agung

25 Juli
Bangka Selection vs Sriwijaya FC, Stadion Orom Sungai Liat

26 Juli
Persipal Palu vs Persigubin Peg Bintang, Stadion Gawalise, Palu
Persintan Intan Jaya vs Perseru, Stadion Mandala Jayapura

28 Juli
PS Benteng vs Persijam Kota Jambi, TBC

30 Juli
PS Bintan vs Nabil FC, Stadion Bintan Tanjung Pinang

31 Juli
Persekap Kapuas vs Mitra Kukar, Stadion Panunjang Tarung Kapuas

1 Agustus
PSBL Langsa vs Persiraja, Stadion Langsa
Kepri 757 Jaya vs PSPS, Stadion Gelora Citra Mas, Batam
Persikabo vs Persija Jakarta, TBC

2 Agustus
Persinga vs Persis, Stadion Ketonggo, Ngawi
PSAD Balikpapan vs Borneo FC, Stadion Parikesit Balikpapan
Persewar Waropen vs PSBS Biak, Stadion Gelora Waropen

4 Agustus
PS Belitung Timur vs PS Bengkulu , Stadion Belitung Timur

5 Agustus
Persekaba Bali vs Perse Ende, Stadion I Waya Dipta, Gianyar

7 Agustus
Persimura Musi Rawas vs PS Timah Bangka, Stadion Sekundang Bara Muara Enim

8 Agustus
Kuala Nangroe vs PSMS, Stadion Haji Dimurtala, Banda Aceh

9 Agustus
Persab Brebes vs PSIS, Stadion Karang Birahi, Brebes

13 Agustus
Persih Tembilahan vs Semen Padang, Stadion Beringin Tembilahan
Bogor FC vs Persika, Stadion Pajajaran, Bogor
Deltras Sidoarjo vs Persiba Balikpapan, Stadion Gelora Delta, Sidoarjo

catatan: Jadwal bisa berubah sewaktu-waktu


HAK SIAR PIALA INDONESIA 2018

Hak siar Piala Indonesia 2018 akan disiarkan melalui stasiun televisi Jawa Pos dan MNC Grup yaitu

  • RCTI
  • MNCTV
  • JTV / SKTV atau jaringannya
Dan sebagai laga pembuka, Piala Indonesia menggelar pertandingan antara Persibo Bojonegoro vs Madura United pada 8 Mei mulai pukul 15:30 WIB. Pertandingan itu kemudian dilanjutkan dengan PSKB Blitar vs Arema FC pada pukul 21:00 WIB.




Rencananya, final Piala Indonesia akan berlangsung pada Desember atau Januari. Semua masih tergantung Liga 1, Piala AFF, dan event PSSI lainnya.

Berikut Rincian Match Fee / Hadiah Piala Indonesia:

  • Babak 128 Besar: Rp100 juta
  • Babak 64 Besar: Rp125 juta
  • Babak 32 Besar: Rp150 juta
  • Babak 16 Besar: Rp200 juta
  • Babak 8 Besar: Rp250 juta

Pada turnamen kali ini, tim-tim dari Liga 3 dan Liga 2 berpeluang bertemu langsung dengan klub dari kasta tertinggi Liga 1. Artinya, kemungkinan tim dari Liga 1 berpotensi tersingkir sejak awal.

PSSI membagi peserta ke dalam 16 zona yang masing-masing berisikan perwakilan dari kompetisi Liga 1, 2, dan 3.

  • Juara Piala Indonesia akan mendapatkan hadiah sebesar Rp3 miliar, 
  • peringkat kedua Rp2 miliar, dan peringkat ketiga Rp1 miliar.



Juara 1 Piala Indonesia 2018 akan mendapat 1 tiket berlaga pada ajang AFC CUP



references by bola, tirto
photos by viva

 
Like us on Facebook