July 9, 2018

Inilah Jurusan Kuliah Yang Diprediksi Akan Punah & Sepi Peminat

Baca Artikel Lainnya

Seiring dengan berjalannya waktu, kemajuan teknologi dan perkembangan zaman, berbagai hal pun akan berubah, termasuk pada jurusan kuliah yang ditawarkan. Di antara banyaknya jurusan kuliah yang saat ini ditawarkan, ada beberapa jurusan kuliah yang akan punah di masa depan.




Ketika masuk SMA, siswa/siswi menghadapi pilihan masuk jurusan IPA atau IPS. Penjurusan ini biasanya berdasarkan minat dan pilihan siswa, walaupun ada yang masuk jurusan tertentu karena nilainya bagus atau atas saran orangtua dan guru. Bagi siswa, apa pun jurusan yang mereka pilih harus sesuai dengan minat mereka. Alasannya, jika sesuai dengan minat, mereka akan lebih mudah mempelajari materi pelajaran. Sekalipun nilai mereka cukup dan bagus untuk masuk jurusan tertentu, tetapi jika jurusan itu bertentangan dengan minat, mereka pun bakal kesulitan.

Umumnya penjurusan pada SMA diberlakukan pada tahun kedua atau kelas XI. Pada semester kedua atau semester genap tahun pertama, siswa kian memahami pelajaran-pelajaran di SMA dan konsekuensinya ketika memilih jurusan.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, maka sebagian tenaga manusia akan tergantikan oleh sistem komputer demi efisiensi Perusahaan. berikut ini daftar jurusan kuliah yang diprediksi akan punah dan sepi peminat di masa depan. Apa saja?

Akuntansi

Dengan kemajuan teknologi, perusahaan-perusahaan nantinya lebih membutuhkan adanya pajak online dan membutuhkan sedikit saja pegawai. Sehingga jurusan di bidang akuntansi pun akan menurun atau punah. Prediksi mengatakan, kalau Quickbooks – software akunting untuk bisnis kecil – bisa melakukan pekerjaan akuntan, maka gak dibutuhkan lagi nih jasa akuntan. Di Amerika, misalnya, perusahaan yang menghitung pajaknya secara online makin banyak. Akuntansi hanya benar-benar diperlukan untuk perusahaan besar, dan akuntansi pajak untuk kebanyakan individu dapat dilakukan secara online.

Perhotelan dan Pariwisata

Banyak industri yang mulai menggantikan pekerja dengan teknologi, dan membutuhkan sedikit saja pegawai. Termasuk dalam bidang perhotelan, agen travel sampai pariwisata.

Paralegal

Kebanyakan saat ini tugas dari seorang paralegal bisa dikerjakan menggunakan komputer. Bahkan bisa dilakukan secara mudah dengan menggunakan online tanpa bantuan manusia.

Broadcast dan Komunikasi

Jurusan broadcast adalah hal yang bisa berubah. Seperti halnya TV yang menjadi outlet berita. Namun kini, semua komunikasi berfokus pada teknologi dan online. Namun jika mau berinvoasi maka kemungkilan kecil jurusan ini akan punah menjadi kecil

Farmasi

Resep yang biasanya diberikan oleh mereka yang bekerja di bidang farmasi, bisa tergantikan dengan kehadiran robot. Di masa depan pekerjaan ini, nantinya bisa tergantikan.


Perbankan
Demi efisiensi perusahaan, maka diprediksi semua pekerjaan yang berhubungan langsung dengan Nasabah akan digantikan dengan sistem kompuier. dan membutuhkan sedikit saja pegawai untuk mengoprasikannya

 
Like us on Facebook