July 1, 2018

Fitur & Kelebihan Apple macOS Mojave

Baca Artikel Lainnya

Apple mengumumkan kehadiran sistem operasi desktop terbarunya dalam konferensi WWDC yang berlangsung di San Jose, Amerika Serikat, awal pekan ini. Apa saja fitur-fitur yang dibawa OS baru yang diberi nama Mojave ini?



Salah satu fitur baru yang Apple tanamkan pada Mojave adalah Dark Mode. Selain itu, mereka juga memperbarui Mac App Store dan Finder window. Mojave juga dilengkapi dengan wallpaper Dynamic Desktop dan Desktop Stacks.

Melalui Mojave, Apple juga menambahkan News, Stocks, Home dan Voice Memos. Anda bahkan bisa menggunakan Siri pada Mac untuk mengendalikan produk HomeKit.

Pengguna juga bisa menggunakan Group FaceTime melalui Mojave. Mojave mendukung Mac yang dibuat dari 2012, seperti MacBook (2015 atau lebih baru), MacBook Air (2012 atau lebih baru), MacBook Pro, Mac Mini, dan iMac Pro, baik iMac Pro 2017 atau Mac Pro yang dikeluarkan pada 2013, 2010 dan 2012.

Menggunakan Mac selalu menginspirasi pekerjaan yang luar biasa. Kini macOS Mojave menghadirkan berbagai fitur baru yang terinspirasi dari para penggunanya, namun tetap didesain bagi semua orang. Dapatkan fokus yang lebih baik pada pekerjaan dengan Mode Gelap. Atur file secara otomatis menggunakan Stacks. Ambil jepretan layar tanpa bersusah payah. Coba dua aplikasi bawaan baru, dan temukan aplikasi yang luar biasa di Mac App Store, yang kini hadir dalam desain baru. Kini, Anda mampu menghadirkan lebih banyak hal dalam sekali klik.


Desktop Dinamis

Desktop yang bergerak bersama waktu.
Sesuaikan lingkungan kerja Anda dengan gambar desktop yang berubah sesuai waktu, berdasarkan waktu di mana pun Anda berada. Mac Anda kini tampil lebih menawan, sepanjang hari.

Stacks
Cara rapi mengatur file Anda.
Stacks merapikan desktop yang terlihat berantakan dengan mengatur file Anda ke dalam set yang berhubungan. Kelompokkan berdasarkan jenis untuk melihat gambar, dokumen, spreadsheet, PDF, dan lainnya dikategorikan secara otomatis. Atur berdasarkan tanggal untuk mengelompokkan pekerjaan Anda dari periode waktu tertentu. Dan jika Anda memberi tag pada file dengan metadata spesifik untuk proyek, misalnya nama klien, pengurutan bertumpuk dapat membantu Anda mengelola berbagai pekerjaan dengan mudah. Jelajahi semua file di dalam tumpukan dengan mengusapnya menggunakan kursor Anda. Atau klik untuk memperluas tumpukan dan membuka file yang Anda perlukan.

Finder
Cara baru  untuk menemukan. Lebih banyak cara untuk melakukan lebih banyak hal.
Dengan macOS Mojave, Finder kini mampu membantu Anda lebih jauh lagi. Kini Anda dapat mencari file dengan cepat berdasarkan bentuknya. Lakukan tindakan yang sesuai pada file tanpa membuka aplikasi. Dan lihat semua metadata pada file.



Tampilan Galeri
Dengan Tampilan Galeri, Anda dapat menggulir file Anda dalam pratinjau besar agar lebih mudah mengenali file yang Anda cari. Jadi menemukan gambar wanita tersenyum di samping bianglala atau PDF dengan diagram pai warna-warni tak pernah secepat ini.


Tindakan Cepat
Dengan Tindakan Cepat di panel Pratinjau, Anda dapat mengerjakan file langsung dari Finder. Putar gambar, lindungi dokumen dengan kata sandi, pangkas video, dan lainnya — tanpa perlu membuka aplikasi atau mengubah nama dan menyimpan file Anda. Anda bahkan dapat mengerjakan beberapa file sekaligus, atau menetapkan tugas Automator sebagai Tindakan Cepat.


Metadata Lengkap
Metadata menyediakan detail utama pada file. Kini panel Pratinjau dapat menampilkan semua metadata pada file, atau Anda dapat menyesuaikannya untuk menampilkan hanya metadata yang ingin Anda lihat. Jadi, jika Anda mencari gambar tertentu, Anda dapat mengonfirmasi model kamera, bukaan, eksposur, dan lainnya dengan cepat.


Bekerja tanpa membuka file Anda.
Kini, satu ketukan pada bar spasi menampilkan lebih banyak hal dibandingkan hanya sekadar tampilan ringkas sebuah file. Memberikan Anda kekuatan untuk melakukan tindakan spesifik pada file yang sedang Anda lihat — tanpa harus membuka aplikasi. Jadi, Anda dapat menandai PDF, memutar dan memotong gambar, bahkan memangkas audio dan video. Jika sudah selesai, Anda juga dapat membagikannya langsung dari Lihat Cepat.


  • Menandai gambar dan PDF
  • Memotong gambar dan PDF
  • Memutar gambar dan PDF
  • Memangkas file audio dan video
  • Berbagi melalui Mail, Pesan, atau AirDrop



Jepretan Layar
Jepretan Layar kini semudah menjentikkan jari.
Dengan macOS Mojave, semua kontrol yang Anda perlukan untuk mengambil semua jenis jepretan layar kini dapat dilakukan dengan satu pintasan saja. Tersedia menu yang mudah digunakan, termasuk alat perekaman layar, serta opsi seperti mengatur waktu mulai timer, menampilkan kursor, dan bahkan menyesuaikan tempat Anda menyimpan jepretan layar. Ambil jepretan layar dan letakkan thumbnail di sudut layar, lengkap dengan animasi. Biarkan jepretan layar di posisi tersebut untuk menyimpannya secara otomatis ke tempat yang Anda pilih. Atau klik untuk menandainya dan membagikannya langsung — tanpa perlu menyimpan salinannya. Tidak hanya mudah, namun juga tertata rapi.

Kamera Berkelanjutan
Tampilkan foto di Mac Anda dengan cepat.
Kini Anda dapat menggunakan iPhone untuk mengambil gambar di sekitar atau memindai dokumen dan membuatnya muncul secara otomatis di Mac. Cukup pilih Sisipkan Foto dari menu Edit. Anda dapat mengambil foto apa pun di meja Anda dan langsung melihatnya di dokumen Pages Anda. Atau pindai tanda terima, dan versi pindaian yang sudah diratakan langsung tersedia di Finder dalam format PDF. Kamera Berkelanjutan berfungsi di Mail, Catatan, Pesan, Keynote, Numbers, dan lainnya. Ini adalah bukti lain dari keselarasan antara iPhone dan Mac.


FaceTime
Ajak banyak orang bergabung dalam percakapan.
Dengan macOS Mojave, Anda dapat melakukan panggilan FaceTime bersama hingga 32 orang. Undang siapa pun untuk bergabung dalam panggilan yang sedang berlangsung. Dan panggilan yang sama dapat dilakukan dengan audio atau beserta video. Jadi, Anda dan teman atau kolega dapat terhubung dengan perangkat apa pun yang terletak dekat — Mac, iPhone, iPad, bahkan Apple Watch.



Aplikasi Baru
Siap untuk tampil perdana di layar lebar.

Dua aplikasi yang banyak disukai di iOS kini siap tampil dalam versi Mac. Anda dapat merekam perkuliahan, atau mematikan AC, tanpa perlu meninggalkan desktop.

Dengan aplikasi Home, Anda dapat mengontrol aksesori berkemampuan HomeKit langsung dari Mac. Nyalakan lampu di rumah sambil menyelesaikan presentasi di kantor. Atau pantau bayi Anda sambil mengedit video.


Mac App Store
Cara hebat menemukan aplikasi favorit Anda yang akan datang.
Mac App Store yang dirancang ulang kini memiliki tampilan baru dan konten editorial baru yang menarik. Membaca berbagai kisah menarik, telusuri koleksi yang terkurasi, bahkan menonton video — seluruhnya didesain untuk membantu Anda menyesuaikan pencarian aplikasi yang sempurna. Dan semuanya diatur berkaitan dengan berbagai hal yang Anda suka lakukan di Mac Anda.

Temukan
Di sini Anda dapat menemukan aplikasi baru dan diperbarui, dipilih secara cermat tiap minggunya oleh editor ahli kami. Lihat kisah dan video lengkap tentang aplikasi, sudut pandang inspiratif dari kreator yang menggunakannya, peringkat teratas, koleksi bertema, dan banyak hal lainnya.


Tab Bertema
Selain tab Kategori yang didesain ulang, Mac App Store kini memiliki empat tab bertema: Berkreasi, Bekerja, Bermain, dan Kembangkan. Masing-masing tema didukung dengan konten hasil kurasi editor, mulai dari rekomendasi ahli dan daftar tutorial yang bahkan disukai oleh pengguna yang berpengalaman.

Cerita
Nikmati cerita inspiratif tentang bagaimana aplikasi berperan dalam kehidupan kita, menggunakan gambar, video, dan komentar dari pengembang dan seniman yang menghadirkan aplikasi ini ke hadapan kita semua.

Video
Di sini Anda dapat menemukan aplikasi baru dan diperbarui, dipilih secara cermat tiap minggunya oleh editor ahli kami. Lihat kisah dan video lengkap tentang aplikasi, sudut pandang inspiratif dari kreator yang menggunakannya, peringkat teratas, koleksi bertema, dan banyak hal lainnya.

Selain tab Kategori yang didesain ulang, Mac App Store kini memiliki empat tab bertema: Berkreasi, Bekerja, Bermain, dan Kembangkan. Masing-masing tema didukung dengan konten hasil kurasi editor, mulai dari rekomendasi ahli dan daftar tutorial yang bahkan disukai oleh pengguna yang berpengalaman.

Nikmati cerita inspiratif tentang bagaimana aplikasi berperan dalam kehidupan kita, menggunakan gambar, video, dan komentar dari pengembang dan seniman yang menghadirkan aplikasi ini ke hadapan kita semua.

Video
Video pratinjau aplikasi memberikan sedikit gambaran kepada Anda tentang fitur, fungsi, dan antarmuka pengguna aplikasi tersebut. Jadi, Anda dapat melihat cara kerja aplikasi atau pratinjau game sebelum mengunduhnya.



Privasi dan Keamanan
Berkomitmen untuk menjaga privasi Anda.
Kami selalu berupaya melindungi privasi dan keamanan Anda. macOS Mojave melakukan hal lebih jauh dengan menjaga kontrol data Anda dan membuatnya tidak bisa dilacak begitu saja.



Mengontrol Data Anda Lebih Baik
Informasi, gambar, dan suara Anda — adalah milik Anda, dan Anda dapat memutuskan untuk membagikannya dengan aplikasi atau tidak. macOS Mojave memerlukan aplikasi mendapatkan persetujuan Anda sebelum dapat mengakses kamera atau mikrofon pada Mac Anda. Hal yang sama juga berlaku pada data seperti riwayat Pesan dan database Mail.

Pencegahan Pemantauan yang Lebih Pintar
Ketika Anda menjelajah internet, karakteristik perangkat Anda dapat digunakan oleh pengiklan untuk membuat “sidik jari” untuk melacak Anda. Safari kini mencegah hal ini dengan hanya membagikan profil sistem secara lebih ringkas. Dan kini Pencegahan Pemantauan Pintar menjaga tombol Suka, tombol Bagikan, atau widget komentar di media sosial agar tidak memantau Anda tanpa seizin Anda. Kami tahu Anda akan menyukainya.

Kata Sandi Sulit yang Otomatis
macOS Mojave berupaya lebih keras untuk memastikan kata sandi Anda tetap aman. Safari secara otomatis membuat, mengisi otomatis, dan menyimpan kata sandi untuk Anda. Safari juga menandai kata sandi yang ada yang pernah digunakan kembali dalam preferensi Safari, jadi Anda dapat memperbaruinya dengan mudah. Keamanan tidak pernah semudah ini.

Lebih banyak fitur yang membantu Anda mengerjakan lebih banyak di Mac.

Lihat favicon pada tab Safari
Identifikasi semua situs web yang terbuka secara sekilas dengan mengaktifkan ikon favorit di Preferensi Safari.


Tambah emoji ke dalam Mail dengan mudah
Tulis email yang lebih ekspresif dengan mengklik tombol Emoji yang baru. Dan ketika Anda memilih sebuah pesan di kotak masuk, Mail dapat menyarankan kotak pesan yang tepat untuk email tersebut.

Mac yang lebih fasih dari yang pernah ada
macOS Mojave menambahkan bahasa Inggris (Inggris), bahasa Inggris (Australia), bahasa Prancis (Kanada), dan bahasa Tionghoa Sederhana untuk opsi bahasa Hong Kong; peta yang ditingkatkan untuk Tiongkok; menambahkan input bahasa Inggris ejaan latin untuk papan ketik bahasa Jepang.



JENIS MACBOOK YANG SUPPORT macOS MOJAVE


  • Late-2013 Mac Pro (with the exception of some mid-2010 and mid-2012 models)
  • Late-2012 or newer Mac mini
  • Late-2012 or newer iMac
  • iMac Pro
  • Early-2015 or newer MacBook
  • Mid-2012 or newer MacBook Air
  • Mid-2012 or newer MacBook Pro




Seperti yang sudah diprediksi sebelumnya, kemarin saat acara WWDC berlangsung, Apple telah mengkonfirmasi bahwa macOS 10.14 Mojave adalah versi terakhir dari sistem operasi macOS yang akan mendukung aplikasi / program 32-bit.

Apple berencana untuk meninggalkan program / aplikasi 32-bit di Mac, hal ini berlangsung sejak macOS High Sierra 10.13.4. Ketika aplikasi yang masih menggunakan legacy 32-bit dibuka di High Sierra, pengguna mendapatkan peringatan bahwa aplikasi tersebut akan menjadi tidak didukung di sistem operasi berikutnya.






 
Like us on Facebook