July 2, 2018

Efek Negatif Sering Minum Sambil Berdiri

Baca Artikel Lainnya

Jika Anda memiliki kebiasaan minum sambil berdiri sebaiknya hentikan mulai sekarang. Pasalnya, selain tidak dianjurkan dalam ajaran agama, kebiasaan ini juga bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan. Berdasarkan ilmu Aryuveda, minum air sambil berdiri bisa menekan dinding perut.

Kondisi ini disebabkan oleh air yang mengalir langsung dari kerongkongan ke lambung. Selain itu, minum sambil berdiri juga membuat nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tertolak. Berikut masalah kesehatan yang ditimbulkan dari kebiasaan minum sambil berdiri seperti dilansir dari Times of India.

1. Nyeri sendi / Cepat Kram
Minum air sambil berdiri dapat mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh. Akibat kebiasaan buruk ini, terjadi penumpukan cairan pada sendi dan menyebabkan artritis yang ditandai dengan gejala nyeri sendi.

2. Masalah pada ginjal
Saat minum air sambil berdiri, air akan mengalir dengan tekanan tinggi ke ginjal. Tanpa disadari, kebiasaan ini bisa membebani kerja ginjal karena air datang dalam volume yang besar secara tiba-tiba sehingga muncul masalah pada ginjal.

3. Masalah pada paru-paru
Masalah kesehatan lainnya adalah minum sambil berdiri bisa menekan suplai oksigen pada saluran pipa makanan dan batang tenggorokan. Kondisi ini bisa mengakibatkan masalah pada paru-paru dan jantung.



Makan dan minum sambil berdiri selain dilarang lantaran alasan norma kesopanan, juga berdampak buruk pada kesehatan. Makan dan minum sambil duduk lebih menyehatkan daripada sambil berdiri. Pasalnya, dalam tubuh manusia terdapat jaringan penyaring atau filter yang disebut sfringer, yakni struktur maskuler (berotot) yang berfungsi membuka dan menutup. Air yang kita minum akan disalurkan pada pos-pos penyaringan di ginjal. Filter penyaring ini terbuka disaat kita duduk dan tertutup disaat berdiri.

Secara internal, tubuh kita memiliki jaringan penyaring yang dapat membuka dan menutup, maka kebiasaan makan dan minum sambil berdiri sangatlah riskan dan bisa berakibat fatal untuk kesehatan ginjal. Dan ternyata, jika kebiasaan buruk ini sering terjadi dapat mengakibatkan pelakunya pingsan atau mati mendadak.

Selain itu, makan sambil berdiri akan menyebabkan terjadinya reflux asam lambung, asam lambung akan naik ke esofagus dan membuat sel-sel kerongkongan teriritasi. Karena itu cara mencegah reflux asam lambung ini dengan makan sambil duduk.


Cara yang benar minum sambil duduk, minum perlahan, lalu tunggu sekitar 30 detik hingga 1 menitan agar air mencapai lambung kemudian kamu bisa berdiri lagi



references by sindonews, klikdokter

 
Like us on Facebook