July 12, 2018

Spesifikasi & Review Dell XPS 13 9370

Baca Artikel Lainnya

Penggunaan warna rosegold meluas ke berbagai elemen kehidupan. Warna yang awalnya muncul dari campuran emas kuning dan perunggu ini memberikan kesan yang mewah dan modern sehingga tak heran warna ini memiliki banyak peminat.



Misalnya ramalan tren fesyen tahun ini mengatakan warna rosegold akan jadi salah satu warna rambut yang paling digemari. Pun dari sektor desain interior, banyak artikel menyebut perabot dengan sentuhan warna ini jadi favorit.

Dunia gawai juga sepertinya tak ingin ketinggalan tren satu ini. Apalagi urusan gawai kini tak lagi hanya sekadar fungsi, tetapi juga sebagai sarana untuk menguatkan identitas diri. Salah satunya dengan pemilihan warna.

Beberapa vendor diketahui telah merilis produk mereka dalam varian warna rosegold, paling baru adalah Dell. Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat ini meluncurkan laptop dari lini premium mereka, Dell XPS 13 (9370), dengan pilihan warna ini.



Laptop yang pertama kali diperkenalkan secara resmi pada ajang Consumer Electronics Show 2018 di Las Vegas ini diklaim sebagai laptop berukuran 13 inci paling kecil di dunia. Dell XPS 13 (9370) hadir dalam 2 tipe warna yakni Silver dan Rosegold.

Secara desain, tampilan Dell XPS 13 (9370) terlihat mewah dan tangguh dengan bodi yang terbuat dari serat karbon yang berpadu dengan aluminium mesin. Cocok untuk target pasar mereka yaitu para profesional muda yang mementingkan gaya dan untuk kebutuhan software di tahun 2018 yang memerlukan spek hardware menengah keatas.

Adapun untuk interior, kedua varian warna memiliki material yang berbeda. Varian warna tradisional, Silver, memiliki interior berbahan karbon hitam, sementara varian Rosegold mengusung interior berwarna Alphine White yang memiliki tekstur seperti tenunan dengan material serat gelas (fiberglass).



Dell menyebut mereka merupakan perusahaan teknologi pertama yang menggunakan material serat gelas untuk perangkat laptop. Material ini diklaim tahan kotor dan debu serta mudah dibersihkan.

Pun, untuk mengatasi masalah yang kerap muncul pada material berwarna putih, yakni memudar atau menguning setelah pemakaian selama beberapa waktu, interior Dell XPS 13 (9370) dilengkapi dengan lapisan khusus membuat warna putih pada bagian interior tetap awet.

Untuk layar, Dell XPS 13 (9370) mengusung generasi terbaru layar InfinityEdge dengan bezel yang lebih tipis dibandingkan dengan seri sebelumnya yakni hanya 4 milimeter. Kualitas layarnya pun meningkat, yang tadinya hanya Full HD dan Quad HD (2K) dengan kontras 1000:1, kini menjadi Full HD dan Ultra HD (4K) dengan kontras 1500:1. Plus, dibekali teknologi antireflektif 0,65% untuk memastikan ketajaman layar saat berada di luar ruangan atau di bawah sinar matahari.

Fitur Sinema

Selain layar, dukungan untuk fitur hiburan juga dapat dinikmati pengguna dengan adanya teknologi Dell Cinema. Pertama, ada CinemaColor untuk pengalaman menonton tayangan berkualias High Definition Range (HDR). Kedua, CinemaSound dengan kualitas bas dan volume yang lebih tinggi sehingga pengguna dapat mendengar audio yang lebih nyata.

Terakhir, CinemaStream dengan fitur Killer and SmartByte yang merupakan solusi berbasis peranti lunak yang dikembangkan Dell bersama Rivet Networks. Fitur ini berguna untuk mengoptimalkan proses streaming daring dan video interaktif, sehingga mengurangi masalah buffering, bandwidth yang lebih besar, dan menampilkan resolusi yang lebih baik.

Dari segi dalaman, di atas kertas kemampuan Dell XPS 13 (9370) tak perlu diragukan. Sebagai laptop premium, Dell XPS 13 (9370) dibekali prosesor Intel Quad Core Generasi ke-8 terbaru, XPS 13 ini menghadirkan kinerja mobile terbaik dengan SSD hingga 1 TB.

Adapun, untuk menyokong kinerja para profesional yang sering berpergian, laptop ini dilengkapi dengan baterai yang diklaim dapat bertahan hingga hingga 20 jam untuk layar FHD dan hingga 11 jam untuk layar UHD.

Dell XPS 13 (9370) dilengkapi pula Windows 10 Pro, termasuk fitur Windows Halo yang menggunakan Face Recognition untuk membuka kunci laptop. Fitur lainnya adalah pemindai sidik jari sebagai alternatif untuk membuka akses.

Selain itu, andalan lain dari Dell XPS 13 (9370) adalah teknologi pendinginnya. Dell XPS 13 (9370) mengusung insulasi Gore Thermal Insulation yang terbuat dari materi silika aerogel. Menurut Dell, material tersebut merupakan bahan yang sama yang digunakan di unit Mars Rover untuk menyebarkan dan menghilangkan panas.

Dengan adanya teknologi ini, Dell XPS 13 (9370) area tangan di laptop ini tidak akan mengalami panas berlebih dan tetap terasa nyaman meski digunakan untuk tugas berat dan dalam waktu yang lama.

Dell XPS 13 (9370) telah mulai tersedia di pasar Indonesia dengan banderol mulai dari Rp22.999.000. Harga yang tak jauh berbeda dengan para kompetitornya di pasaran.

Bicara mengenai kompetitor, ada Spectre 13 dari Hewlett-Packard (HP) dengan spesifikasi yang boleh dibilang amat serupa. Secara dalaman keduanya tak jauh berbeda, hanya saja Dell XPS 13 (9370) menawarkan pilihan RAM yang lebih beragam yakni 4 GB, 8 GB, dan 16 GB sementara HP tak memiliki pilihan 4 GB.

Kemudian dari sisi desain dan bentuk, keduanya pun sama-sama menjual bodi tipis nan ringan. Dell XPS 13 (9370) memiliki berat 1,2 kilogram dan Spectre 13 berbobot 1,1 kilogram. Karena tipis, keduanya juga tak dibekali lubang konektivitas seperti port USB dan HDMI sehingga membutuhkan adaptor tambahan. Namun, sedikit kelebihan Dell XPS 13 (9370) adalah memiliki slot microSD. Adapun untuk pilihan warna Spectre 13 hadir dalam warna Dark Ash dan Ceramic White.


Spesifikasi Lengkap

CPUIntel Core i7-8550U
Operating SystemWindows 10
RAM8GB
RAM Upgradable to16GB
Hard Drive Size256GB SSD
Hard Drive TypeSSD
Display Size13.3
Highest Available Resolution3840 x 2160
Native Resolution1920x1080
Optical DriveNone
Optical Drive Speedn/a
Graphics CardIntel UHD Graphics 620
Video MemoryShared
Wi-Fi802.11a/b/g/n/ac
Wi-Fi ModelKiller 1535 Wireless AC 2x2
BluetoothBluetooth 4.1
Touchpad Size4.1 x 2.3 inches
Ports (excluding USB)Headphone
Ports (excluding USB)Thunderbolt 3
Ports (excluding USB)Noble Lock
USB Ports2
Warranty/Supportone-year
Size11.98 x 7.88 x 0.46 inches
Weight2.65 pounds
Company Websitehttp://www.dell.com




references by bisnis

 
Like us on Facebook