March 19, 2018

Apakah Boleh Mandi Setelah Olahraga?

Baca Artikel Lainnya

Setelah berolahraga tubuh akan berkeringat lebih dari biasanya. Anda mungkin akan merasakan tubuh berkeringat, bau, dan lengket. Nah, biasanya setelah itu Anda mungkin akan langsung ingin cepat-cepat mandi.  Namun ada mitos yang menyebutkan bahwa langsung mandi setelah olahraga tidak disarankan. Lantas, benarkah mandi setelah olahraga itu buruk bagi kesehatan?



Mandi setelah olahraga dapat membantu Anda untuk meringankan nyeri otot dan sendi. Selain itu mandi juga membantu membersihkan keringat dan bakteri di kulit Anda. Lalu apakah boleh langsung mandi setelah olahraga? Ternyata jawabannya tidak.

Ya, bila Anda mau mandi setelah olahraga, Anda harus memberikan jeda waktu antara olahraga dan mandi. Jangan baru benar-benar selesai olahraga langsung mandi, justru ini yang bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Saat Anda berolahraga, jantung memompa darah yang kaya oksigen ke otot lebih banyak dari biasanya. Hal ini membuat suhu tubuh meningkat dan detak jantung berdenyut lebih cepat. Jika Anda langsung mandi maka pembuluh darah akan melebar dan membuat Anda rentan terhadap berbagai penyakit yang bisa menyerang tiba-tiba seperti serangan jantung.

Oleh karena itu, hal terpenting yang harus Anda lakukan persis setelah berolahraga adalah melakukan pendinginan. Pendinginan wajib dilakukan untuk membuat detak jantung dan suhu tubuh kembali normal. Para ahli menyarankan untuk melakukan pendinginan minimal 20 menit sebelum Anda memutuskan untuk mandi.

Sebaiknya mandi air dingin atau air hangat?

Mandi air hangat dan dingin sama-sama bermanfaat bagi tubuh. Dr. Kristin Maynes, spesialis terapi fisik di California menyatakan bahwa mandi air hangat memicu lancarnya aliran darah ke seluruh tubuh, membantu menenangkan otot, dan memulihkan otot serta sendi. Selain itu, mandi air hangat juga membuat Anda lebih rileks setelah rasa lelah yang mendera.

Sedangkan mandi air dingin dapat membantu tubuh untuk melindungi organ dalam tubuh dengan mendorong darah mengalir jauh hingga ke kulit. Ketika Anda berolahraga, detak jantung akan meningkat. Dilansir laman hellosehat, saat itu kebutuhan oksigen meningkat dan tubuh secara alami akan menghasilkan asam laktat di otot.

Kondisi ini normal terjadi saat Anda sedang melakukan olahraga yang cukup intens, karena tubuh mengandalkan cadangan energi yang ada. Nah. saat jumlah asam laktat meningkat, maka akan menimbulkan perasaan seperti rasa terbakar saat berolahraga. Jadi mandi air dingin bisa jadi pereda rasa panas ini.

Selain itu, mandi air dingin juga mengurangi risiko terjadinya radang otot dan rasa nyeri yang disebabkan oleh olahraga yang terlalu intens. Secara keseluruhan, mandi air dingin setelah latihan membantu menyempitkan pembuluh darah yang melebar dan mengurangi aktivitas metabolik yang bisa menjadi penyebab kerusakan jaringan serta pembengkakan.

Mandi setelah berolahraga tidak mengancam kesehatan Anda asalkan memberikan jeda antara waktu olahraga dan mandi. Anda bisa mencoba mandi dengan air dingin atau hangat sesuai dengan keinginan Anda. 



references by rakyatku

 
Like us on Facebook