March 19, 2018

Suporter Persib: Welcome Aremania

Baca Artikel Lainnya

Misi damai yang diusung oleh penggawa Arema FC saat menjalani uji coba dengan Persib Bandung, tercapai. Pesan untuk pendukung kedua tim bisa duduk berdampingan dalam satu tribun terwujud, dengan bebasnya Aremania Bandung bisa berada di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Gede Bage, Minggu (18/3) lalu.

Tidak banyak memang Aremania yang hadir di Stadion Gede Bage. Informasi yang diperoleh Malang Post dari Aremania Bandung yang bertandang ke Hotel Grand Tjokro Bandung, tempat Dendi Santoso cs menginap, ada sekitar 20 Aremania yang akhirnya bisa memberikan dukungan. Tanpa khawatir bakal ditolak oleh suporter tuan rumah.


"Kalau yang datang bersama, mungkin sekitar 20 orang. Tetapi biasanya ada yang datang bebas tanpa atribut, seperti tahun-tahun sebelumnya," ujar Joko, Aremania Bandung.

Menurutnya, perubahan tersebut dirasakan sebagai anugerah bagi para Aremania. Sikap welcome pendukung tuan rumah, membuat banyak pihak optimis akan terjadinya kerukunan antar suporter tim biru barat dan biru timur itu.

"Setidaknya ini adalah awal yang bagus. Uji coba ini, pasti masih banyak yang belum yakin jika misi persahabatan dan perdamaian bisa langsung terwujud. Tetapi, keadaan di tribun kami benar-benar merasakannya. Memang aman," tuturnya.

Sebelumnya, suporter Persib memang sudah menunjukkan sikap respek dan welcome pada Arema. Ucapan permisi yang diunggah oleh akun official Arema FC, dibanjiri komentar pendukung Maung Bandung. Mereka mengucapkan selamat datang kepada para pemain Arema, selamat bertanding dan bahkan beberapa menyampaikan keinginannya untuk bisa lagi satu tribun dengan Aremania.
Persaingan hanyalah 90 menit saat pertandingan. Mereka mempersilahkan Aremania yang ingin datang ke GBLA dan tidak perlu khawatir. Sudah saatnya saling respek diusung oleh pendukung kedua klub, demi atmosfir pertandingan yang menarik di sepak bola Indonesia.


Aremania yang hadir di GBLA, berada di tribun utara. Sayang, jumlah mereka yang sedikit tidak terpantau kamera Malang Post.

"Kami ada di tribun utara sisi atas. Dekat dengan suporter yang menyalakan flare di akhir pertandingan. Kami berdampingan dengan Viking Cimahi" tambah dia.
Lantas ia berharap kondisi tersebut bakal menular di Malang. Dia berharap pendukung Persib bisa diterima saat Liga 1 nanti away ke Malang.

"Ayo kita tunjukkan sikap respek bagi mereka juga. Lebih enak bisa berdampingan di tribun," tandas dia.




Pertandingan uji coba Persib Bandung melawan Arema FC yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Bandung, Minggu (18/3/2018), berlangsung aman dan kondusif. Penonton yang mayoritas bobotoh berhasil mendapatkan apresiasi.

Pada laga tersebut, Persib meraih kemenangan 2-1 atas Arema FC. Gol kemenangan klub Maung Bandung dicetak Oh In-kyun (25') dan Airlangga Sucipto (82'), sedangkan gol Arema dibukukan Dendi Santoso (56').

Sepanjang pertandingan hampir tidak ada aksi-aksi tidak terpuji yang ditunjukkan suporter Persib. Mereka secara kompak menonton pertandingan sembari meneriakkan yel-yel penyemangat.

Pelatih Arema FC, Joko Susilo, ikut memberikan apresiasi terhadap bobotoh yang mampu menjaga rasa nyaman dan memberikan kenyamanan untuk timnya. Situasi ini diharapkan bisa menjadi contoh buat suporter lain di Indonesia.

"Sejak berangkat aman sampai di lapangan, kami merasa enak. Meski, kami harus bersaing dan berduel selama 90 menit, semua aman. Ini yang kami harapkan. Semoga suasana seperti ini menjadi awal bersatunya suporter-suporter sepak bola di Indonesia dan Alhamdulillah, mentalitas pemain kami siap dengan situasi seperti ini," ucap pelatih yang akrab disapa Getuk itu.

Satu di antara hal yang masih mengecewakan dan menjadi pekerjaan rumah buat pihak keamanan adalah dengan masih bisa lolosnya suar. Pada laga Persib kontra Arema terdapat dua titik pembakaran suar yang bisa membahayakan pemain.






refernces by malangpost, bola.com
photso by bobotoh.id

 
Like us on Facebook