MASUKAN KATA DI KOTAK BAWAH INI UNTUK MENCARI.. LALU KLIK TOMBOL "SEARCH"

January 30, 2018

Kenapa Pidi Baiq Pilih Iqbaal Sebagai Dilan?

Baca Artikel Lainnya

Kota Bandung miliki sejuta kisah dan berbagai keunikannya tersendiri, itulah salah satu alasan mengapa Film pertama yang diangkat dari Novel kisah nyata ini booming pada awal tahun 2018. Akankah Film ini berlanjut hingga Novel terakhirnya?



Sebaiknya jika ingin mendapat feels nya lebih baik baca dan beli Novelnya terlebih dulu

  • Dia Adalah Dilanku Tahun 1990
  • Dia Adalah Dilanku Tahun 1991
  • Milea, Suara Dari Dilan
Dan dikabarkan akan rilis novel dengan tema Suara Dari Cika (Ancika Mehrunisa Rabu)

Anak-anak zaman sekarang mungkin tak tau rasanya jika Rindu pada wajah seseorang di zaman dulu yang belum ada Handphone, samrtphone apalagi kamera  resolusi tinggi. Jika rindu pada seseorang yang kita suka pada saat ini, kita hanya tinggal mengunjungi akun facebook, sosial media atau melakukan video call, namun pada zaman dulu?


ungkapan kekecewaan terus mengalir seiring dipilihnya Iqbaal Coboy Junior untuk memerankan tokoh utama film Dilan. Kritik juga datang dari kalangan artis dan penyanyi.
Film yang diangkat dari novel Pidi Baiq dengan judul sama “Dilan” ini, menceritakan seorang pelajar SMA yang mengikuti geng motor di Kota Bandung. Zaman dulu Geng motor di Bandung tidak membegal dan merugikan masyarakat seperti sekarang. Mereka akan menyerang jika diserang. Dulu genk motor adalah adu skill balapan



Suara dari Mas Herdi, Suami Milea


Sang novelis Pidi Baiq pun angkat bicara menjawab cuitan bernada protes dari para pengguna Twitter. Berikut ini sejumlah fakta yang Pidi sampaikan di Twitter-nya pidibaiq:

1. Alasan pemilihan Dilan



Pidi Baiq menekankan, Iqbaal dan Dilan adalah dua sosok yang berbeda. Oleh karenanya, akting Iqbaal nantinya dituntut menyerupai Dilan yang ia tuturkan dalam novel.

Iqbal bukan Dilan, itu pasti. Iqbal hanya pemeran Dilan yg harus nurut pada arahanku, bgm hrs bicara, bgm hrs bersikap dll. @wowadit https://twitter.com/wowadit/status/887458027460206592 
Sy prnh bersamanya seharian, sy tdk mau menengok siapa dulunya dia, itu urusannya, sy hnya melihat dia di hari itu dan cukup @anakumaladewii https://twitter.com/anakumaladewii/status/887463458454687744 
Pidi juga banyak ditanya, kenapa tidak Jefri Nichol, Adipati Dolken, Bisma Karisma, Gusti Rahyan, atau aktor lain yang jadi Dilan?

Saya tahu Jefri Nichol pernah seharian bersamanya, dan suka saling SMSan, krn HP sy Nokia. Dia sgt keren. Dan sy juga tahu Dilan @aryandsy https://twitter.com/aryandsy/status/887474013059993601 

2. Mengarang soundtrack

Selain menuliskan cerita film, Pidi juga mengarangkan soundtrack untuk Dilan. Pidi lebih dulu merilis album CD Voor Dilan pada 2016. Lagu-lagunya sudah dibuat video klip dengan model Vanesha Prescilia (pemeran Milea). Diduga kuat lagu-lagu yang sudah ditampilkan itu juga untuk original soundtrack film Dilan.

3. Iqbaal "dididik" geng motor asli Bandung

Pidi menjawab pertanyaan seorang pengguna Twitter terkait kabar bahwa Iqbaal dididik menjadi ‘preman jalanan’ selama sepekan. Tak tanggung-tanggung, gurunya benar-benar gangster di Kota Bandung! Sebanyak 60 casts dalam film Dilan juga diambil dari XTC, Brigez, GBR, dan Moonraker.
Saya sangat berterimakasih ke kawan2 XTC, GBR, Brigez, Moonraker yang sudah merapat ke Rumah The Panasdalam. Salut buat mereka @dinikn03 https://twitter.com/dinikn03/status/887462293633507328 

 

4. Dilan yang orang Bandung, dan Iqbaal orang mana?

Banyak anggapan pembaca novel bahwa Dilan yang besar di Bandung dan identik dengan ke-Sunda-annya harus diperankan orang Bandung asli. Beginilah jawaban Pidi:

Sy tdk tertarik membahas primordial tapi Dilan lahir di Bandung, Ibunya orang Aceh. Dan ayah Iqbal adalah orang Bandung. @SoniGMaulana https://twitter.com/SoniGMaulana/status/887463995954806784 

5. Pidi marah ke Falcon Pictures?

Pidi menyiratkan bahwa ia pernah marah terkait pembuatan film Dilan, jika ada keputusan yang diambil di luar pengetahuannya. Meskipun ia tidak menegaskan, apakah pemilihan Iqbaal CJR jadi Dilan merupakan salah satunya.

Sekali waktu mereka mencoba memotong salah satu bagian kecil, dan aku sangat berang, kemudian tdk jadi dilakukan. Trmksh ke mrk @fiskafadila https://twitter.com/fiskafadila/status/887468675623567360 
Aku entah brp kali sdh memarahi kwn2 yang nangani film Dilan ketika mrk mmbuat keputusan tanpa konfirmasi, dan mrk sgt kooperatif @eka_neh https://twitter.com/eka_neh/status/887467236927066112 
Namun, tenang saja, para kru di balik laya sangat kooperatif dengan Pidi untuk memperkaya “Dilan”

6. Disemangati Viny JKT48, begini reaksi Ayah



7. Dikritik Anji, ini cara Ayah ‘ngeles’

Pelantun lagu “Dia”, Anji pun mengkritik pemilihan Iqbaal CJR yang punya image alim dan anggota boyband.

8. Meminta maaf jika mengecewakan

Untuk kamu yang merasa kecewa karena Iqbaal CJR belum sesuai dengan imajinasi tentang Dilan yang ada di novel, Pidi Baiq pun meminta maaf. Ia berharap filmnya nanti bisa mengubur kekecewaan kalian.


Jika benar-benar kecewa, maafkan saya, tetapi pd intinya kami sudah berusaha melakukan semampu yg bisa kami lakukan @nurhidayati253 https://twitter.com/nurhidayati253/status/887477786939498496 


Berperan Sebagai Dilan, Iqbaal CJR Dipilih Langsung Oleh Milea Adnan Hussain yang Asli





Sebelum film dirilis, Kontroversi hasil pemilihan karakter Dilan masih ramai berdatangan dari para fans Dilan.Banyak yang tidak setuju dengan terpilihnya Iqbaal CJR sebagai Dilan. Namun tak sedikit pula yang akhirnya pasrah dengan pilihan tim film.



Mereka mempercayai apa pilihan sang penulis, Pidi Baiq, karena ia yang tahu betul seperti apa sosok Dilan.



Pidi Baiq sendiri menjelaskan bila untuk memilih pemeran Dilan melewati proses yang berlangsung cukup alot.



Milea Adnan Hussain yang asli pun menyetujui Iqbaal sebagi pemeran Dilan.



Pidi Baiq sendiri mempercayai pilihan wanita yang akrab disapa Lia itu.



Karena Lia merupakan kekasih Dilan yang sangat paham dengan karakter Dilan.


Pidi Baiq menjelaskan informasi mengenai Lia ikut andil dalam pemilihan pemeran Dilan melalui caption Instagram.


"Waktu kami (tim pembuat film Dilan) mengajukan nama Iqbaal sebagai pemeran Dilan ke Milea Adnan Hussain, dia setuju.


Mau gimana lagi, Lia tentu saja lebih tau Dilan daripada si Untung Wardoyo dan saya dengan segala hormat menghargai keputusan Lia itu," tulis Pidi Baiq.



Ia tak mau banyak ambil pusing soal pemilihan pemeran Dilan dania mempercayakan pilihan kepada Lia.


"Saya mengerti dan cukup paham, tapi daripada bingung, lebih baik saya memilih apa yang jadi keputusan Milea Adnan Hussain, karena dia pasti sangat tau Dilan dibanding si Untung Wardoyo atau si Iting Ciwastra," sambungnya.



Vanessa Prescilla perankan Milea sebelum film Dilan Rilis


Vanessa, gadis kelahiran tahun 1999 merupakan adik kandung aktris Sissy Priscillia. Ia sempat mengikuti ajang Gadis Sampul pada tahun 2014.

Vanessa dipilih sendiri oleh Pidi Baiq untuk memerankan sosok Milea  dalam debut awalnya di film. Sebelum pemilihan pemeran dalam film Dilan, Vanessa sudah berperan sebagai Milea dalam video klip Voor Dilan. Video klip itu diunggah di akun Youtube resmi milik ThePanasdalam Agustus 2016. Jauh sebelum film ini dirancang.







Latar belakang Pidi Baiq memilih Vanessa karena wajah yang mirip dengan sosok Milea. Selain itu sosoknya pun sama dengan Milea dalam buku, yang merupakan gadis kelas 2 SMA berasal dari Jakarta.  Kesamaan lain antara Vanessa dan Milea adalah sang ibu yang merupakan penyanyi tahun 80-an.





Dalam novel ketiga, "Milea, Suara Dari Dilan", sedikit disinggung mengenai hubungan yang dijalin Dilan seusai kisah romantisnya bersama Milea berakhir. Diketahui dalam novel tersebut, Dilan menjalin hubungan dengan Cika, meski kisahnya tidak diceritakan lebih lanjut.

Rupanya, Cika yang diketahui bernama lengkap Ancika Mehrunisa Rabu itu kini buka suara. Pada Minggu, 22 Oktober 2017, Pidi Baiq melalui akun twitternya tiba-tiba mengutarakan isi hati Cika.

Dalam kultwit tersebut, terungkap padangan Cika terhadap kisah romantika Dilan-Milea.

"Apapun yang mereka katakan, itu bagian dari sejarah mereka. Itu privasi mereka laaah ((Ancika Mehrunisa Rabu)," tulis Pidi Baiq dalam akun twitter miliknya, @pidibaiq.

Diutarakan, Cika tidak terlalu ambil pusing dengan kisah Dilan-Milea yang diangkat menjadi novel tersebut. Meskipun, ia tidak menampik merasakan sedikit cemburu.


"Kayaknya itu saja dari saya. Kalau harus cemburu, sedikit saja sudah cukup. (Ancika mehrunisa Rabu)," tulis Pidi Baiq.

Dalam kulwit tersebut juga diungkap, bahwa hubungan Dilan dan Cika dimulai pada tahun 1995. " Saat itu saya sudah SMA kelas dua, sebagai seorang perempuan berambut pendek," ujar Cika, seperti diungkapkan Pidi Baiq.


Dilan dan Disa (Iqbaal dan Zara JKT48)




Seperti diketahui, Novel Dilan diangkat dari kisah nyata. Meski tidak diungkapkan kisah asli siapa, namun spekulasi yang diyakini para penggemar novel tersebut, bahwa Dilan adalah sang penulis sendiri yaitu Pidi Baiq. 

PiDi LIa adnaN = DiLan ??




Pidi Baiq tidak menjelaskan mengapa ia tiba-tiba mengungkapkan sudut pandang Cika terhadap kisah Dilan-Milea. Namun, ia mengatakan, bahwa hal itu sebagai sebuah penghormatan bagi Cika, dan apa yang dituliskannya tersebut berdasarkan penuturkan Cika sendiri.


"Tunggu cerita beliau selanjutnya. Apa yg saya tulis sdh sesuai dg yang beliau katakan, hanya saja sedikit aku reka kata2nya," tulis Pidi Baiq.




Jatuh cintalah saat kamu siap, bukan karena kesepian. Well, salah jika kamu menganggap orang yang sudah memiliki pasangan tidak akan kesepian. 



Rasa sepi dapat dirasakan oleh setiap orang, tidak peduli bagaimana status kamu. Sendiri atau sudah memiliki pasangan bukan jaminan untuk tidak akan pernah merasa kesepian.





references by pikiran rakyat, 
dan berbagai sumber

 
Like us on Facebook