May 12, 2018

Kenapa Cinta Memudar Usai Menikah?

Ketika awal menjalin hubungan cinta, sudah sewajarnya jika seseorang merasakan kasmaran dan cinta berlebih yang seakan-akan tak ada habisnya untuk pasangan. Namun kebanyakan orang akan merasakan perbedaan setelah menikah, yaitu memudarnya rasa cinta. Tak sedikit yang berakhir dengan perceraian, Apa penyebabnya?

Mengapa hal ini bisa terjadi? Seperti dilansir dari Boldsky pada Minggu (29/4/2018), ternyata ada beberapa alasan mengapa rasa cinta bisa memudar untuk pasangan menikah.

1. Ekspektasi

Setiap orang memiliki ekspektasi tersendiri terhadap pasangan dan mengenai seperti apa mereka menjalani kehidupan rumah tangga. Namun ketik harapan dan ekspektasi tersebut tidak sesuai perkiraan, muncullah rasa kecewa. Dan inilah yang kemudian memicu memudarnya rasa cinta. Rasa cinta yang ada seakan menjadi melelahkan karena adanya tekanan dari ekspektasi.

2. Tanggung jawab

Terkadang tanggung jawab berlebihan juga bisa menimbulkan kelelahan pada pasangan. Pihak yang terlalu menekankan tanggung jawab sehingga menjadi beban untuk satu pihak saja, bukan hanya bisa memicu pertengkaran namun juga memudarkan cinta. Misalnya tanggung jawab dibagi dengan adil dan seimbang, cinta bisa dipertahankan.


3. Argumen kebencian

Karena terlalu banyaknya masalah, akhirnya emosi juga terpancing. Ketika tidak bisa mengendalikan emosi, baik kamu maupun pasangan akan meluapkan kemarahan dengan cara yang salah, yaitu dengan kata-kata kasar, mengungkit kesalahan, dan bahkan saling merendahkan.

4. Kehilangan rasa hormat dan menghargai

Ketika di antara kalian sudah kehilangan rasa hormat dan saling menghargai, maka kalian seakan seperti orang asing meski berada di satu rumah dan tidur di satu ranjang. Suasana pernikahan menjadi dingin karena hanya ada ego masing-masing. Apalagi kalau kalian berdua mulai saling menghindar bertemu satu sama lain.

5. Masalah yang tidak pernah berakhir

Karena tidak ada komunikasi yang baik, pada akhirnya hanya menyisakan banyak masalah menumpuk tanpa penyelesaian, tanpa akhir. Ketika masalah satu ditimpa dengan masalah lain yang belum selesai, akan ada rangkaian masalah tanpa akhir.

Itulah sekian hal yang seringkali memicu pudarnya rasa cinta setelah menikah. Lebih baik jika pasangan menikah mengetahui hal ini dan mencoba menghindarinya



references by liputan6

 
Like us on Facebook