May 15, 2018

Apa Manfaat Olahraga Bagi Otak ?

Baca Artikel Lainnya

Selain mendapatkan tubuh menjadi lebih bugar, olahraga juga bisa bermanfaat untuk otak. Seperti yang ditulis Gretchen Reynolds dalam bukunya 'The First 20 Minutes', tidak perlu menjadi olahragawan untuk mendapatkan manfaat menguatkan otak.


"Dua puluh menit pertama dalam olahraga, jika seseorang benar-benar bergerak, itu akan memberikan sebagian besar manfaat kesehatan. Juga mendapatkan kesempatan hidup lebih lama serta mengurangi risiko berbagai penyakit. Semua hal itu terjadi selama 20 menit pertama," tulisnya.

1. Memperbaiki mood

Beberapa orang memilih berolahraga saat mengalami stres. Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh American Psychological Association menunjukkan bahwa olahraga dapat merangsang otak untuk mengubah mood seseorang. "Biasanya dalam lima menit setelah olahraga ringan, seseorang akan mendapatkan efek peningkatan mood," kata profesor psikologi du Universitas Boston, Michael Otto, PhD.

2. Merasa lebih fokus

Menurut ahli saraf dari Universitas Pittsburgh School of Medicine, Judy Cameron, PhD, olahraga akan meningkatkan aliran darah yang memberi manfaat ke otak. Hal ini meningkatkan fungsi sel-sel di otak, yang akhirnya membuat seseorang lebih merasa fokus dan waspada.

3. Memperbaiki ingatan / Akses Memori Otak 

Dalam otak terdapat bagian yang disebut hippocampus yang terlibat dalam pembelajaran dan ingatan. Saat olahraga, jantung akan memompa lebih banyak oksigen ke otak untuk mendukung pembentukan sel otak baru. 

Sebuah penelitian di Irlandia menunjukkan setelah berolahraga, fungsi ingatan seseorang akan meningkat secara signifikan dibanding prang yang tidak melakukan olahraga.


4. Membuat lebih kreatif 

Suatu penelitian yang diterbitkan di British Journal of Sports Medicine menunjukkan bahwa dengan olahraga walau dalam waktu yang singkat bisa meningkatkan kreativitas seseorang.




references by detikhealth
photo by hijup

 
Like us on Facebook